Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci dengan Touring Motor Lintas 8 Negara

12/21/2022 Add Comment


Pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah merupakan impian bagi umat Islam. Bahkan kini, banyak Muslim yang lebih memilih umrah daripada pergi haji karena waktu tunggu yang lama. Meski begitu, sedikit sekali umat Islam yang mampu mewujudkan mimpi tersebut. Entah itu karena terkendala biaya, ataupun karena hal lainnya.

Jika masalah biaya, mengajukan pinjaman tanpa agunan mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda. Setelah memiliki dana yang cukup, impian ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan umrah pun bisa terwujud. Mendaftar paket umroh di agen travel menjadi salah satu jalan yang bisa membuat Anda pergi melaksanakannya.

Namun, pernahkah Anda terpikirkan opsi lain untuk pergi ke Mekkah tanpa daftar ke agen travel? Jika Anda penyuka traveling atau bahkan seorang biker, dan punya mimpi ke Tanah Suci untuk umrah, Anda bisa coba touring menggunakan motor untuk sampai di Arab Saudi dengan melintasi 8 negara.

Source : Freepik

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Perjalanan


Pergi ke Arab Saudi untuk melaksanakan umrah menggunakan motor, bukanlah hal yang bisa Anda lakukan secara instan. Melainkan, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan guna mengantisipasi kendala yang mungkin saja akan Anda temui selama perjalanan. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perjalanan!

1. Fisik dan Mental yang Kuat

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ialah rider yang memiliki ketahanan fisik dan mental yang sehat. Dilansir dari gridoto.com, Kang Jeje, salah satu rider Indonesia yang berhasil melakukan tur keliling dunia dengan motor mengungkapkan bahwa skill atau keahlian bermotor bukanlah hal yang terlalu penting.

Asalkan Anda bisa mengendarai roda empat ini dengan baik dan benar, sudah cukup. Jika dibarengi dengan kontrol mental yang bagus, skill sang pengendara pun akan berkembang dengan sendirinya.

2. Kendaraan yang Memadai

Jika Anda ingin melakukan perjalanan lintas negara menggunakan motor, tentu harus memiliki kendaraan bermotor yang memadai. Stephen Langitan, penulis buku “Naik Motor Seorang diri, Jakarta - London 30.000 KM”, menyarankan menggunakan motor dengan kapasitas diatas 150cc agar kuat menghadapi segala medan.

Source : Unsplash


3. Memiliki Dokumen dan Persyaratan yang Lengkap

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah mempersiapkan dokumen yang diperlukan, yaitu:

  • CPD (Carnet de Passages en Douane); merupakan paspor khusus untuk motor atau mobil yang dikeluarkan oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA) melalui Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat yang berada di Jakarta.
  • Paspor yang sudah dilengkapi visa negara yang ingin dilalui.
  • SIM Internasional.
  • Visa umrah; berfungsi sebagai izin untuk mengunjungi Arab Saudi dan melaksanakan ibadah umrah.

4. Memahami Prosedur Memasuki Wilayah

Menggunakan atau membawa kendaraan pribadi untuk memasuki wilayah atau negara lain, sebenarnya Anda hanya cukup menggunakan SIM Internasional. Dari sana, Anda bisa mengajukan permohonan semacam paspor. Selain itu, memiliki CPD juga penting untuk kendaraan yang akan digunakan keliling dunia.

Mulai Rencanakan Destinasi yang Dituju


Setelah semua persiapan lengkap, kini Anda bisa mulai merencanakan destinasi apa saja yang akan dituju. Untuk mencapai negara Arab Saudi dengan naik motor, tentu Anda harus melewati beberapa negara sebelum tiba di negara tujuan Anda.

Dilansir dari tempo.co, Stephen Langitan dalam akun pribadinya @steplangitan menyebutkan bahwa jalur yang dilalui untuk sampai di Tanah Suci dimulai dari Jakarta - Sumatera, Malaysia, Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Afghanistan, Uni Emirat Arab, hingga Arab Saudi.

Dalam unggahan tersebut, Stephan juga memaparkan rincian biaya perjalanan dari Jakarta ke Arab yang mencapai 201 juta rupiah. Jumlah ini sudah termasuk biaya transportasi, penginapan, makan, paspor, CPD, servis motor, pesawat pulang, simcard dan pulsa di 7 negara, hingga riding gars dan apparels.

Namun, angka tersebut tampaknya belum termasuk tarif umroh di Makkah, deposit 25% untuk CPD Canet, dan harga unit sepeda motor dan modif. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Stephen juga menyebutkan saat melintasi negara Myanmar, Anda wajib dikawal local tourist agen dan ada biaya khusus yang harus Anda bayarkan.

Anda bisa menggunakan pinjaman dana KTA untuk biaya-biaya tidak terduga seperti ini. Sehingga perjalanan Anda pun akan lebih tenang nantinya. Selain itu, mengutip dari kompas.com, Gunadi, yang juga merupakan biker Indonesia yang melakukan petualangan dari Jakarta ke Himalaya, mengungkapkan bahwa negara Thailand merupakan negara yang tidak menerima SIM Internasional.

Karena itu, untuk bisa masuk ke negara tersebut, Anda harus mengurus pembuatan SIM negara yang bersangkutan. Bila ditambah dengan pengurusan dokumen lainnya, biaya yang dikeluarkan oleh Gunadi selama melintasi negara Thailand bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp25 juta.

Nah, setelah mengetahui wilayah mana saja yang akan Anda lewati saat perjalanan menuju Arab Saudi. Anda bisa mulai merencanakan destinasi apa saja yang akan Anda tuju, di mana saja Anda akan singgah untuk menginap, dan hal lainnya.

Siapkan Budget dengan Pinjaman Tanpa Agunan DBS KTA


Rencana untuk bisa mengunjungi Mekkah dalam rangka umroh, akan bisa terlaksana ketika Anda memanfaatkan program pinjaman tanpa jaminan dari DBS KTA. Program ini cukup mudah proses pengajuannya. Anda cukup menunjukkan jika tinggal di area Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, gaji 5 juta per bulan, serta kredit di bank lain dengan minimal limit Rp10 juta.

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp100 juta hingga Rp300 juta. Approval pinjaman ini hanya dalam 3-5 hari kerja. Cicilan bisa Anda bayarkan hingga 36 bulan dengan bunga flat mulai dari 0,88%. Jadi, biaya yang harus Anda bayarkan tiap bulannya akan tetap dan ringan.

Dengan syarat yang simple dan keuntungan yang banyak, pinjaman tanpa agunan DBS KTA akan cocok digunakan untuk mewujudkan mimpi Anda berkunjung ke tanah suci Mekkah bersama keluarga atau pasangan. Informasi lengkap bisa Anda temukan disini.

Inspirasi Taman Gaya Minimalis untuk Kamu yang Ingin Merenovasi Taman

11/23/2022 Add Comment
Rumah tanpa taman kurang afdol rasanya. Karena itulah, kamu perlu merenovasi taman depan rumah agar lebih nyaman. Jangan khawatirkan tentang anggaran, karena kamu bisa gunakan kredit tanpa agunan dari bank terpercaya.

Di masa sekarang, membuat taman tidak harus di lahan yang luas. Ada berbagai macam gaya taman minimalis modern yang bisa mempercantik sebuah hunian. Sebelum mengintip inspirasi taman bergaya minimalis, ketahui dulu langkah-langkah pembuatannya.

Source : Pixabay

Langkah Dalam Membuat Taman Depan Rumah Gaya Minimalis


Taman modern bergaya minimalis cocok untuk hunian yang memiliki lahan terbatas. kehadiran taman minimalis seperti ini dapat menambah elemen hijau yang membuat rumah semakin betah. Untuk itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

• Cek Ukuran Lahan yang Dimiliki

Langkah pertama adalah mengecek ulang ukuran lahan di depan rumahmu. Biasanya, untuk ukuran rumah tipe 36, luas area depan kira-kira 3,5 x 6 meter. Ukuran ini bisa lebih kecil atau lebih besar bergantung pada pengembang yang menggarap rumah. Jika ukuran rumah sudah didapatkan, kamu bisa menentukan akan memasukkan apa saja di dalam taman tersebut.

• Tentukan Konsep Taman yang Serasi dengan Tema Rumah

Konsep taman merupakan bagian penting dari langkah-langkah membuat taman. Kamu dapat memilih konsep taman sesuai seleramu. Apakah kamu ingin menambahkan air mancur atau kolam ikan di sana? Atau kamu hanya ingin taman dengan tanaman hijau dan bunga-bungaan? Selaraskan konsep taman dengan gaya rumah yang kamu tinggali.

• Buat Denah Kasar Tata Letak Elemen Taman

Buat denah kasar sebelum membangun taman. Denah kasar ini berisi layout elemen tamannya dulu, lalu pikirkan area untuk tanaman hijaunya. Usahakan area ini meng-cover sepertiga dari luar lahan. Selanjutnya, kamu bisa memikirkan letak elemen lain yang kamu inginkan.

• Pikirkan Saluran Air

Saluran air merupakan bagian penting dari taman. Dengan adanya saluran air, kelebihan air yang masuk ke area taman tidak akan menggenangi taman.

• Pilih Tanaman Hijau dengan Cermat

Taman depan rumah akan semakin cantik jika dihiasi oleh tanaman tropis beraneka warna. Jangan kalap dalam memilih tanaman yang kamu sukai. Pilih tanaman yang memiliki komposisi warna yang akan mempercantik taman. Agar lebih estetik, atur peletakan tanamannya.

Inspirasi Berbagai Gaya Taman Minimalis Depan Rumah

Source : Pexels

Seperti yang disinggung di atas, taman minimalis tidak membutuhkan lahan luas. Penataan taman dan elemen lain yang serasi dan selaras dapat menciptakan taman yang mempercantik hunian. Nah, simak inspirasi gaya taman minimalis di bawah ini.

• Taman Minimalis Bertingkat

Desain taman minimalis satu ini merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang memiliki hunian lebih tinggi dari pada jalan perumahan. Membuat taman seperti ini tidak harus melulu di tempat datar. Kamu bisa memanfaatkan kontur tanah yang berundak atau berbukit.

Taman minimalis bertingkat seperti ini menyesuaikan kontur tanah yang tidak rata. kamu bisa membuat undakannya menjadi lebih estetik dan multifungsi sebab bentuk taman bertingkat bisa juga difungsikan sebagai pagar rumah.

• Taman Minimalis dengan Ruang Bersantai

Untuk hunian yang memiliki lahan sempit, pastinya setiap ruangan harus digunakan semaksimal mungkin, termasuk taman di depan rumah. Taman mungil ini tidak hanya bisa digunakan sebagai ruang terbuka hijau, tapi juga bisa difungsikan sebagai ruang tamu terbuka yang memberikan kenyamanan berbeda.

Ciptakan taman dengan konsep minimalis yang ada area tempat duduk! Atau, bisa pula kamu sisakan space khusus untuk meletakan kursi panjang dan meja kecil di depannya. Elemen sederhana ini memberikan dampak yang besar pada suasana.

• Taman Depan Rumah dengan Batu

Batu adalah elemen natural yang banyak digunakan untuk melengkapi taman minimalis depan rumah. Ada banyak warna batu yang bisa kamu pilih untuk taman kamu. Selain itu, batu memiliki pola, ukuran dan bentuk yang beraneka ragam sehingga bisa digunakan sebagai elemen dekoratif yang unik.

Untuk kamu yang menyukai taman minimalis bergaya natural, kamu bisa buat taman berkonsep batu. Tambahkan rumput dan batu koral putih untuk membuat taman lebih cantik. Taman berkonsep batu tidak hanya sederhana, tapi perawatannya mudah.

• Taman Minimalis Depan Rumah dengan Kolam

Taman tidak selalu identik dengan tanah, rerumputan atau tanaman. Tak banyak yang berpikir bahwa taman minimalis bisa juga dibuat dari elemen air. Air bisa menjadi elemen alternatif jika kamu ingin taman yang unik.

Taman berelemen air ini bisa kamu buat di atas kolam. Kolam membantu kelembaban udara dan membuat lingkungan sekitar tetap sejuk. Keuntungan lainnya, kamu bisa mempunyai taman sekaligus memelihara ikan yang membuat suasana menjadi lebih hidup. Tambahkan air mancur untuk menghasilkan efek suara gemericik air yang membuat suasana lebih tenang.

digibank KTA: Solusi Tepat Untuk Mendapatkan Dana Kredit Tanpa Agunan


Renovasi taman jadi lebih mudah dengan hadirnya digibank KTA. Produk kredit satu ini menawarkan sejumlah keuntungan terbaik. Berikut diantaranya :

  • Layanan yang bisa diakses selama 24 jam dari Aplikasi digibank by DBS, sehingga kamu dapat mengajukan kredit kapan saja dari mana saja
  • Hanya butuh 60 detik untuk approval
  • Kredit bunga rendah langsung cair dan dikirimkan ke rekening digibank dengan limit sampai Rp200 juta
  • Nominal bisa diatur sesuai kemauanmu
  • Angsuran sampai 36 bulan
  • Bebas dokumen fisik
  • Proses pengajuan lebih praktis karena tidak membutuhkan dokumen fisik. Cukup pastikan kamu berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang, memiliki e-KTP, NPWP, dan pendapatan minimum Rp5 juta.

Nah, itu dia sejumlah keuntungan dari menggunakan kredit tanpa agunan satu ini. Pelajari lebih lengkap mengenai digibank KTA di sini dan apply segera untuk cairkan dananya!

Berikut Sederet Manfaat Kamera Pengintai di Sekolah

10/03/2022 Add Comment
Kamera pengintai CCTV yang ada di sekolah menjadi representasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Keberadaannya memang tidak dirasa perlu, sampai ada kejadian yang menyebabkan kita berpikir, kalau saja ada kamera di sekolah, tentu hal-hal yang tidak diinginkan tersebut bisa dicegah. Itulah sebabnya banyak sekolah kini memasang CCTV.

Kegunaan Kamera Pengintai CCTV di Area Sekolah


Menjaga ketertiban sekolah bisa dilakukan dengan adanya satpam dan guru piket. Tapi Sekolah yang besar dan luas membuat tugas pengawasan yang diberikan pada beberapa tenaga pengajar dan satpam jadi terasa berat. Pemasangan CCTV di Sekolah bermanfaat untuk melakukan pemantauan di area sekolah beserta benefit lainnya.

Source : Pexels


1. Bagian dari Sistem Keamanan

Banyaknya pemberitaan tindak kejahatan atau pelanggaran lainnya di Sekolah, membuat beberapa institusi pendidikan memutuskan memasang CCTV di beberapa area. Lab komputer, pintu gerbang, lorong kelas dan lain sebagainya menjadi lokasi ideal untuk bisa memantau Sekolah baik dari bagian dalam maupun luar.

Satpam Sekolah bisa memantau sekolah dari parkiran sampai kelas-kelas tanpa harus berkeliling Sekolah untuk melakukannya. Dengan demikian, tugas satpam jadi lebih mudah dan tentu lebih bisa diandalkan karena semua kejadian bisa terekam dengan jelas.

2. Pengawasan Ujian

Kamera CCTV juga bisa dipakai untuk mengawasi ujian. Pengawas memiliki keterbatasan dan hanya bisa melihat kecurangan ketika terjadi di depan matanya. Tapi dengan adanya CCTV di ruang kelas, maka bisa dilihat apakah ada gerakan mencurigakan yang menjadi indikasi pelanggaran ujian. Siswa juga jadi lebih disiplin dan tertib khususnya saat ujia. Mereka tidak ingin bermasalah karena terbukti mencontek atau memberikan jawaban saat ujian.

3. Media Mendisiplinkan Siswa

Siswa yang sering terlambat, melakukan tindakan bully dan perilaku buruk lainnya bisa terlihat pada kamera pengintai. Hal ini tentu bisa ditindaklanjuti dengan membawa bukti rekaman CCTV. Sekolah dapat memanggil orang tua dan siswa dan membicarakan mengenai perilakunya. Karena ada bukti kuat, tentu Sekolah jadi lebih mudah untuk mendisiplinkan siswa, khususnya bagi mereka yang melakukan pelanggaran.

4. Pemantauan Perilaku Siswa di Sekolah

CCTV dengan IP camera atau Internet Protocol camera, menggunakan kabel LAN atau UTP dan bisa dihubungkan langsung ke internet sehingga bisa diakses dari mana saja. Jadi, CCTV bisa di pasang di luar ruangan, lorong tanpa kesulitan atau membuat Sekolah dipenuhi dengan jalur kabel.

Pemantauan perilaku Siswa di Sekolah bisa terpantau bukan hanya dalam kelas saja. Bisa saja ketika telat masuk sekolah atau pergi sebelum Sekolah selesai yang tertangkap dari CCTV yang ada di area parkiran atau dekat pintu gerbang.

5. Menghindari Tindak Kejahatan

Menghindari lebih baik daripada menyelesaikan masalah. Ini adalah manfaat lain adanya kamera CCTV di Sekolah. Siswa jadi segan untuk melanggar aturan karena bisa mendapat tindak pendisiplinan dari sekolah.

Orang lain yang ingin melakukan tindakan kejahatan seperti membobol Sekolah juga akan mengurungkan niatnya karena melihat adanya sistem CCTV di Sekolah. Ada banyak kasus tidak menyenangkan yang bisa dihindari dengan adanya beberapa kamera CCTV terpasang di area-area tertentu di Sekolah.

6. Memeriksa Situasi Setelah Sekolah Selesai

CCTV juga bisa dipakai untuk memeriksa kondisi sekolah setelah anak-anak pulang. Bisa untuk memeriksa adakah orang dalam Sekolah sebelum pintu gerbang ditutup. Dengan demikian, pemantauan jadi lebih mudah daripada harus berkeliling dari kelas ke kelas dan bangunan sekolah lainnya.

CCTV dari Hikvision, Tepat Untuk Pengawasan Sekolah


Sekolah dapat mempercayakan sistem kamera pengintai dari Hikvision ColorVu yang pas untuk pemasangan di berbagai lokasi. Kamera CCTV Hikvision mengadopsi teknologi canggih yang memberikan hasil rekaman yang jernih sehingga dapat mengenai siswa, guru dan petugas Sekolah lainnya dengan mudah. Berikut adalah beberapa keunggulan dari paket CCTV Hikvision ColorVu yang membuatnya menjadi opsi terbaik untuk Sekolah.

Source : Pexels


1. Informasi Warna Sesungguhnya

Masalah terbesar dari hasil rekaman CCTV adalah gambarnya yang tidak jelas. Tapi dengan kamera Hikvision ColorVu, render warnanya akurat dan hasil rekaman terlihat jelas dan tajam. Hal ini didukung dengan kinerja CCTV yang luar biasa bahkan pada lingkungan dengan cahaya rendah. Jadi, pengawasan bisa dilakukan siang dan malam dengan kualitas optimal.

2. Detail Lebih Banyak

Umumnya CCTV menghadirkan tampilan hitam dan putih yang tidak merepresentasikan warna sesungguhnya dalam kehidupan nyata. Kamera CCTV Hikvision ColorVu merekam informasi warna dengan jelas serta disertai dengan lebih banyak detail. Ini adalah teknologi yang lebih baik daripada pencitraan hitam dan putih yang kerap ditemukan pada paket CCTV.

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Keuntungan memakai kamera dari Hikvision ColorVu yang paling utama adalah visualisasinya yang optimal. Hal ini didukung dengan kecerahan seimbang berkat Apertur super F1.0 yang stabil dan handal. Hasil rekaman akan jernih dan bisa dilihat dengan jelas. Sensor lanjutan yang menjadi fitur pendukungnyA menjamin perenderan yang realistis.

Jadi, Satpam atau petugas Sekolah lainnya tidak akan mengalami kesulitan berarti memantau seisi Sekolah melalui layar monitor. Itulah berbagai manfaat dari kamera pengintai Hikvision ColorVu yang didukung dengan IP camera handal untuk berbagai pemakaian. Mari kita jaga ketertiban dan keamanan Sekolah dengan memasang kamera CCTV di beberapa tempat sekitar Sekolah.

Bila dipasang sesuai dengan tempatnya, maka Sekolah dapat terpantau secara optimal. Baik pihak Sekolah, orang tua maupun siswa akan terbantu. Kegiatan belajar-mengajar akan jadi lebih terarah dan terpantau dengan baik.

Restoran Terbaik di Bangkalan Rumah Makan Tera' Bulan

7/24/2022 Add Comment
Terkenal dengan kuliner bebeknya ternyata di Bangkalan Madura ada satu rumah makan yang wajib dikunjungi dan menu yang disajikan bukan cuma bebek. Rumah Makan Tera' Bulan yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia Tera' Bulan atau Bulan purnama. Rumah makan ini diam-diam berhasil menjadi rujukan rumah makan favorit banyak orang saat datang berkunjung ke Bangkalan.

Terbukti, pengunjungnya pun beragam mulai dari masyarakat biasa, artis, turis lokal, ulama, turis mancanegara bahkan Presiden pun pernah datang berkunjung menikmati beragam menunya yang terbilang unik dan variatif. Pada daftar menu terdapat beberapa nama menu yang menarik dan bisa bikin penasaran salah satunya Gurami Tera' Bulan.
 

Pemilik rumah makan yakni HM. Gunawan Wibisono merupakan pecinta kuliner yang bisa dibilang sudah hafal dengan beragam jenis makanan. Beliau juga turun tangan langsung dalam mengurus semua hal tentang menu yang disajikan, mulai dari menyiapkan resep, mengolah makanan hingga saat memilih koki yang handal dalam menyajikan setiap hidangan di rumah makannya. 
 
Bagi masyarakat Bangkalan, Tera' Bulan sudah sangat dikenal karena bisa dibilang rumah makan ini merupakan salah satu rumah makan kelas premium yang ada di Bangkalan. Terletak di Jalan Raya Ketengan no. 69 Bangkalan dan masih satu arah dengan beberapa tempat kuliner terkenal salah satunya adalah Bebek Sinjay.
 

Menikmati Beragam Kuliner Enak di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Meskipun dikepung dengan bermacam rumah makan yang menyajikan menu kuliner bebek namun nyatanya, Tera' Bulan tidak pernah kalah pamor dan tetap menjadi salah satu tujuan wisata kuliner para wisatatawan yang berkunjung ke Bangkalan. Banyaknya foto bersama orang penting yang terpajang di dalam rumah makan Tera' Bulan sudah menandakan kalau tempat kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.
 

Resmi dibuka pada 27 September 2010 sampai sekarang menjadi bukti eksistensi rumah makan yang terkenal dengan ragam menu ikan guraminya yang enak sekali. Bagi kamu pecinta kuliner seafood terutama ikan gurami wajib mencoba menu Gurami Tera' Bulan yang selalu menjadi primadona karena sering dipesan.
 
Bukan cuma Gurami Tera' Bulan saja tapi juga ada menu Gurami Mayonaise, Gurami Telur Asin, Sate Gurami, Sup Gurami dan yang paling unik adalah Steak Gurami yang empuk. Disana juga tersedia menu Bebek Bengal, Bebek Goreng, Sate Bebek, Sate Jamur, Sate Kerapan, Sate Sakera, Tumis Kangkung, dan Cah Baby Kailan.
 


Untuk menu minumannya juga beragam mulai dari Es Degan, Es Cincau, Aneka jus buah seperti alpukat, jambu merah, apel, dan masih banyak lagi. Untuk dessertnya sendiri ada Coconut Jelly dan Fruit Cocktail Puding. Tentunya masih banyak jenis menu makanan dan minuman yang tersedia dengan harga yang terbilang bersahabat di kantong.
 
Di Tera' Bulan kamu juga akan menemukan beberapa menu khas makanan Bangkalan yakni Topa' Ladeh dan Soto Madura yang kuahnya merah dan dari daging. Topa' Ladeh merupakan makanan khas yang disajikan orang Bnagkalan setiap ada perayaan besar seperti hari Raya Idul Fitri, Lebaran Ketupat sampai acara resmi dan sakral.
 
Menurut Bapak Gunawan, menu Topa' Ladeh ini kerap dicari dan dipesan pelanggan yang asli orang Bangkalan namun sudah lama tinggal di luar Bangkalan karena rindu masakan khas Bangkalan. Jadi, bisa dibilang Tera' Bulan bukan hanya menyajikan menu makanan nusantara tapi menu khas Bangkalan juga tersedia.
 
Topa' Ladeh sendiri terdiri dari irisan ketupat janur yang disiram dengan kuah berwarna merah kecoklatan yang teksturnya kental terasa sekali aroma kelapa karena bahan dasarnya memang terbuat dari kelapa. Di kuahnya terdapat irisan daging, empal sampai usus. Untuk sayurnya sendiri ada kacang panjang dan potongan buah manisa atau pepaya muda.
 
Kalau beruntung, kamu bisa mencoba menu Topa' Ladeh ini rasanya gurih dan cocok sekali untuk yang suka makanan berkuah. Disantap saat waktu sarapan ataupun makan siang juga bisa. Di rumah makan Tera' Bulan, kamu akan dimanjakan dengan beragam menu yang unik, variatif dan pastinya enak untuk disantap.
 

Fasilitas dan Pelayanan di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Untuk jam buka rumah makan Tera' Bulan mulai buka dari pukul 9 pagi dan tutup pukul 10 malam. Setiap hari selalu buka dan tidak ada hari libur, jadi kalian bisa sesuka hati datang untuk menikmati berbagai hidangan menu makanan dan minuman yang tersedia di sana selama rumah makan masih buka.

Kalau dilihat dari luar bangunan rumah makan ini seperti bangunan rumah yang direnovasi menjadi tempat makan yang nyaman untuk disinggahi. Tidak terlalu mewah tapi fasilitas yang tersedia di dalamnya lengkap dan pastinya bersih. Ruang makan dengan ukuran besar modern dan berAC.
 
 
Yang paling khas dan unik adalah koleksi lukisan yang dipanjang di hampir setiap dindingnya. Konon, semua lukisan yang dipajang merupakan hasil karya dari salah seorang seniman Bangkalan dengan nilai seni yang tinggi. Kebetulan Bapak Gunawan selaku pemilik rumah makan dikenal pecinta kesenian Madura.
 
Di dalam juga terdapat ruangan khusus untuk merokok yang terletak di sebalah kiri bangunan. Ada ruang untuk meeting, ruang VIP, Mushola dan toilet yang semuanya bersih serta sangat nyaman. Area parkir di depan rumah makan bisa digunakan untuk sepeda motor, mobil bahkan bus juga bisa.
 

Untuk para wisatawan dari luar Bangkalan juga bisa sekalian membeli oleh-oleh khas Bangkalan seperti aneka macam kerupuk, petis Madura dan aneka jajanan riangan untuk dijadikan bekal saat perjalanan pulang. Bahkan Batik Madura juga tersedia di rumah makan Tera' Bulan. 
 
Sehingga tidak heran kalau pada tahun 2015 Presiden Joko Widodo pernah mampir di restoran terbaik di Bangkalan yakni Tera' Bulan. Bahkan disana juga menjadi rujukan tempat makan bagi para petinggi negara saat mengadakan acara di Bangkalan. Kalau ingin mengadakan acara tau sewa ruangan di Tera' Bulan juga bisa, tinggal reservasi saja.
 
 
Rumah makan Tera' Bulan benar-benar menggambarkan rumah makan dengan suasana Madura Bangkalan namun dikemas lebih modern. Untuk pelayanannya sangat juara, mulai dari penyambutan pelanggan di pintu masuk, saat memesan menu, penyajian hidangan, sampai pelanggan keluar dari pintu rumah makan semuanya terbaik.
 
Mungkin ini salah satu rahasia yang membuat rumah makan ini tetap dikenal dan menjadi favorit sampai belasan tahun.Semua pelanggan yang datang dilayani dengan sangat baik dan sepenuh hati oleh para karyawan. Bahkan pelanggan yang datang jika beruntung bisa disapa dan disambut langsung oleh pemiliknya. 
 
Suasana yang nyaman dan tenang, seperti sedang makan di rumah sendiri. Karyawannya juga tidak segan untuk datang saat dipanggil maupun sigap saat melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan. Itu kenapa rumah makan Tera' Bulan ini dibilang rumah makan premium yang ada di Bangkalan, kamu tidak akan rugi saat berkunjung kesana.

Lokasi Restoran Terbaik di Bangkalan RM. Tera' Bulan

 
Nah bagi kamu yang ingin mencoba berbagai makanan khas dan unik didalamnya, langsung saja datang ke Jl. Raya Ketengan No. 69 atau klik tautan dibawah ini via Google Maps dan segera rasakan sensasi masakan yang beda dari biasanya.


Jadwal Penerbangan dan Harga Tiket Bandara Trunojoyo - Sumenep

6/29/2022 Add Comment
Kabupaten Sumenep letaknya di penghujung timur Pulau Madura, meskipun begitu Sumenep memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi sampai wisata budayanya yang sangat terkenal bahkan langganan mengadakan event setiap tahunnya.

Bahkan sepanjang tahun 2018 kemarin ada sebanyak 36 event yang berhasil diselenggarakan. Mulai dari, Sumenep Mengukir, Batik on The Sea, Kontes Kucing Internasional, Gathering Media dan Pelaku Usaha Pariwisata se-Indonesia, Jalan–Jalan Santai 5.000 Egrang hingga yang paling ditunggu adalah event Royal Dinner dan Pembukaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-ASEAN V.

Jadwal Penerbangan Pesawat Bandara Trunojoyo Sumenep

Ada dua keunggulan pariwisata di Kabupaten Sumenep, yakni Sumenep merupakan daerah penghasil oksigen terbesar kedua di dunia setelah Jordania. Pulau Giliyang merupakan pulau oksigen karena memiliki kandungan oksigen yang tinggi mencapai 21,5 persen dan kandungan karbondioksida paling rendah.

Banyak penduduk di Pulau Giliyang yang hingga kini berusia hingga lebih dari 100 tahun dan hidup sehat di sana. Keunggulan yang kedua adalah Sumenep merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang masih memiliki keraton yang utuh dan terpelihara. Sehingga tidak heran kalau Kabupaten Sumenep berhasil menarik 15.000 wisatawan untuk datang per tahunnya.

Bandara Trunojoyo Menghubungkan Sumenep dan Dunia Luar

Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 pulau yang jaraknya berjauhan. Dulu transportasi di Sumenep masih susah, perjalanan darat dari Surabaya harus ditempuh selama 5 jam lamanya. Saat ini, Sumenep telah memiliki bandara, yakni Bandara Trunojoyo, sehingga lebih mudah dan lebih cepat dijangkau oleh wisatawan.

Bandara Trunojoyo memiliki landasan pacu 1.600 meter. Nantinya landasan pacu akan diperluas menjadi panjang 2.500 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat digunakan oleh pesawat jet yang lebih besar. Bandara Trunojoyo merupakan Bandara kelas III yang dikelola dan dioperasionalkan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
Bandara saat ini mempunyai dimensi landas pacu 1600 meter x 30 meter dan memiliki dua Apron (Apron I : 40 meter x 40 meter Apron II : 75 meter x 80 meter). Sedangkan dari sisi darat, bandara ini mempunyai gedung terminal seluas 12 meter x 11 meter dan gedung operasional seluas 144 meter persegi.

Bandara ini resmi dibuka pada tahun 2017 dan penerbangan komersial pertama dari maskapai Wings Air. Wings Air sendiri sudah melayani menerbangi rute Bandara Juanda (Surabaya) - Bandara Trunojoyo (Sumenep) pp tiap hari dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 -600. 

Bandar Udara Trunojoyo Sumenep - Madura

Resmi Dibuka Penerbangan Pagerungan

Penerbangan rute Sumenep-Pagerungan sebenarnya sudah resmi dibuka pada tahun 2019. Penerbangan perintis untuk daerah kepulauan akhirnya terealiasai setelah melalui proses panjang. Diharapkan penerbangan ini didukung dan diimanfaatkan oleh masyarakat Sumenep dan masyarakat pulau, untuk aktivitas yang lebih cepat dan efesien.

Sebagai informasi, penerbangan perintis tujuan Bandara Pagerungan ini terealisasi setelah statusnya berubah dari bandara khusus menjadi bandara umum melalui Keputusan Menteri Perhubungan pada awal September 2019 lalu. Penerbangan ke Pulau Pagerungan tersebut hanya dilayani Susi Air dengan kapasitas sepuluh penumpang.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal.
Penerbangan pesawat perintis di Bandara Trunojoyo Sumenep, sebenarnya baru kembali beroperasi, setelah sebulan lebih dihentikan karena tingginya angka kasus harian Covid-19. Sementara itu, aturan penerbangan antarbandara di Jawa-Bali, antara lain diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Bagi yang baru vaksin dosis pertama harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Namun, bagi penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis kedua, bisa menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Jadwal Penerbangan Bandara Trunojoyo Sumenep

Mungkin banyak yang bertanya atau mencari informasi tentang jadwal terbaru penerbangan rute kedatangan dan keberangkatan Pesawat di Bandara Trunojoyo Sumenep, dibawah ini adalah sekilas gambar atau flyer yang diambil dari media sosial resmi bandara trunojoyo untuk diketahui banyak orang.


Daftar Harga Tiket

Pastinya untuk bisa mengikuti pesawat yang melayani berbagai rute di bandara trunojoyo kita harus memiliki tiket dengan membelinya di agen atau secara online entah itu harga tiket untuk maskapai pesawat perintis susi air, wings air atau citilink namun sayangnya hingga saat ini masih belum ada harga dicantumkan di laman resmi bandara trunojoyo.

Kemungkinan jika harga tiket sudah tertera di media sosial bandara trunojoyo akan kami update sebagai bahan informasi dan persiapan bagi calon konsumen yang ingin menggunakan jasa pesawat perintis antar pulau tersebut.

Terima Dana Salah Transfer? Cek Rekening Bank dan Lakukan Ini

6/21/2022 Add Comment
Sebagian orang pasti pernah mendapatkan kiriman uang dari sumber tidak dikenal yang disebabkan karena salah mentransfer dana. Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika menghadapi hal ini yaitu dengan mencari cara cek rekening bank untuk melihat daftar transaksi yang sedang berlangsung.

Dengan melihat daftar mutasi kamu bisa mengetahui nomor rekening orang yang salah mentransfer dana. Dengan begitu kamu bisa langsung mengembalikan dana tersebut secara pribadi.



Selain Cek Rekening Bank, Lakukan Hal-hal Ini Saat Menerima Dana Salah Transfer


Menerima uang dari orang asing terkadang membuat panik apalagi jika jumlah dana yang dikirim cukup besar. Sebenarnya kamu tidak perlu panik dan bisa langsung mencari cara cek rekening bank serta mengembalikannya langsung secara pribadi. Kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk jika menemui kondisi di atas.

1. Cek Mutasi Rekening

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan melihat mutasi rekening. Melalui daftar mutasi kamu bisa mengetahui lebih detail transaksi tersebut. Biasanya di dalam daftar mutasi terdapat data-data seperti nama dan nomor rekening pengirim serta tanggal dan jam dana diterima.

Oleh karenanya penting sekali mengetahui cara cek rekening bank untuk melihat daftar mutasi yang ada pada rekeningmu. Usahakan tetap tenang dan tidak panik, agar aliran dana yang tak dikenal tersebut bisa segera ditangani dan dikembalikan.

2. Segera Melapor ke Bank Terkait

Selain mencari cara cek rekening bank, kamu juga harus melapor kepada pihak bank yang bersangkutan. Jadi setelah kamu melakukan cek rekening bank sebaiknya segera hubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk membuat laporan tersebut, usahakan di hari yang sama dengan hari transaksi terjadi agar bank dapat segera memproses pengembalian dananya kepada pengirim. .

3. Jelaskan Kronologi Secara Terperinci

Saat melapor ke pihak bank, berikan kronologinya secara lengkap dan terperinci agar proses pengembalian dana lebih lancar. Beberapa contoh pertanyaan yang harus kamu jawab saat melapor kejadian menerima dana salah transfer:

Kapan transaksi terjadinya? Jawab secara lengkap mulai dari hari, tanggal, bulan, hingga jamnya yang bisa kamu dapatkan saat melakukan cek rekening bank. Apa metode pengiriman dana yang digunakan? Apakah lewat transfer rekening, atau dari merchant payment? Jawablah sesuai yang kamu ketahui.
Berapa jumlah dana yang diterima? Jawablah sesuai yang tertera pada mutasi rekening yang kamu lihat.

Dan beberapa pertanyaan verifikasi data lainnya.

4. Menunggu Konfirmasi dari Pihak Bank

Setelah melakukan pelaporan, biasanya bank akan memberikan perkiraan waktu proses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan bank masing-masing, mengingat proses seperti ini melibatkan bank pengirim dana dan konfirmasi pemilik rekening. Sambil menunggu proses tersebut, kita bisa rutin secara berkala cek rekening bank untuk mengetahui apakah sudah terjadi pendebetan rekening.



Cek Rekening Bank dengan Praktis Melalui PermataMobile X


PermataMobile X adalah layanan mobile banking dari PermataBank yang dibekali dengan beragam fitur unggulan. Berikut keunggulan yang ditawarkan kepada para nasabah:

  • Cek rekening bank untuk semua akun PermataBank mulai tabungan, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA, reksa dana, hingga obligasi menjadi lebih praktis karena dapat dilakukan di satu layar
  • Cek daftar transaksi hingga 12 bulan terakhir di semua akun PermataBank
  • PermataMobile X menawarkan ratusan fitur transaksi untuk mempermudah aktivitas keuangan nasabah dan memenuhi berbagai kebutuhan perbankan

Melakukan cek rekening bank menjadi lebih mudah melalui aplikasi PermataMobile X, tidak hanya itu tersedia berbagai fitur unggulan yang di antaranya adalah:

1. Investasi

Investasi Reksadana jadi lebih mudah karena proses pembelian dan penjualan hingga switching investasi bisa dilakukan secara online.

2. Kartu Kredit

Pengajuan kartu kredit, penambahan kartu, mengubah transaksi menjadi cicilan (convert to installment) hingga mendapatkan kenaikan limit sementara bisa dilakukan secara online di aplikasi.

3. Pinjaman

Dana tunai (Cash on Call) melalui fasilitas personal loan juga diajukan dengan proses cepat melalui aplikasi.

4. Finger Print dan Face ID

Login ke PermataMobile X dengan praktis dan aman dengan fitur finger print dan Face ID atau teknologi pengenalan wajah.

5. QR Pay

Lakukan pembayaran lebih cepat dengan menggunakan barcode melalui dompet digital di banyak toko dan merchant.

6. PermataStore

Tidak perlu lagi pergi ke bank untuk membeli bermacam produk perbankan karena pembelian bisa dilakukan secara online.

7. Transfer ke Nomor HP dan Whatsapp

Transfer secara instan dalam hitungan detik lebih mudah dengan menggunakan nomor HP atau bisa menggunakan kartu ucapan digital ke nomor whatsapp.

8. Digital Token

PermataMobile X telah menggunakan digital token yang dibuat sendiri dalam aplikasi sehingga tidak perlu lagi menerima SMS OTP.

Cek rekening bank dengan mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X, caranya berikut cara pendaftarannya:

1. Unduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS
2. Setelah terunduh buka aplikasi dan pilih ‘Mulai’
3. Akan muncul pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” pilih “Ya” Jika sudah memiliki rekening dan sebaliknya pilih “Tidak” bila belum memiliki rekening, dimana selanjutnya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk pilihan rekening simpanan
4. Setelah itu akan muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?” pilih “Tidak”
5. Kamu bisa pilih menggunakan kartu kredit atau nomor rekening untuk lanjut ke proses pembukaan rekening selanjutnya
6. Terakhir ikuti petunjuk sesuai arahan hingga kamu menerima user ID

Tunggu apalagi? Segera daftar dan gunakan aplikasi PermataMobile X untuk mempermudah aktivitas keuanganmu, termasuk cek rekening bank dan melakukan berbagai transaksi lainnya kapan saja dengan praktis.

Mau Jadi Fotografer Andal? Beli Kamera Terbaik Pakai Pinjaman Bunga Rendah

6/20/2022 Add Comment
Ternyata, kini pinjaman bunga rendah bisa bantu Anda menjadi fotografer andal, lho! Anda bisa membeli kamera terbaik ala fotografer profesional menggunakan dana pinjaman ini dengan mudah.Kamera merupakan salah modal utama yang harus dimiliki ketika ingin menjadi seorang fotografer andal.

Selain dibutuhkan skill yang mumpuni, kualitas dari kamera yang digunakan juga bisa mempengaruhi hasil jepretan Anda. Karena itu, sudah saatnya Anda beli kamera baru untuk mendapatkan foto yang maksimal.



Dapatkan Kamera Terbaik Pakai Pinjaman Bunga Rendah


Pada dasarnya, sebuah kamera akan dinilai terbaik atau tidak bergantung pada kebutuhan masing-masing. Namun, di bawah ini kami mencoba merekomendasikan beberapa kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan menggunakan pinjaman online dengan bunga rendah. Berikut selengkapnya!

1. Nikon D850 – Rp41 Jutaan

Rekomendasi pertama kita mulai dari yang harganya paling bersahabat, yakni Nikon D850 yang dibandrol pada harga mulai dari Rp40 jutaan. Anda bisa membelinya dengan pinjaman bunga rendah.

Nikon D850 mampu memberikan hasil gambar yang sangat tajam. Pasalnya, Kamera DSLR yang satu ini telah mampu merekam hingga resolusi 4K. Hebatnya lagi, Nikon D850 juga mampu menangkap gambar timelapse dengan resolusi mencapai 4K. Karenanya, tidak jarang kamera ini juga digunakan oleh para youtuber untuk membuat konten.

Di samping itu, kamera ini juga mampu menghasilkan jepretan yang detail sehingga sangat cocok untuk dijadikan kamera andalan oleh fotografer profesional. Lensanya telah dilengkapi dengan CMOS sensor sehingga dapat mengakomodasikan lensa 45,7MP FX-Format dengan mutakhir.

2. Canon EOS 5D Mark IV – Rp44 Jutaan

Kamera yang satu ini sudah mulai terjun di pasaran sejak tahun 2016 lalu. Meskipun sudah cukup lama, hingga saat ini Canon EOS 5D Mark IV ternyata masih menjadi kamera yang sangat populer di kalangan fotografer andal.

Kamera DSLR yang satu ini bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan megapiksel yang tinggi tanpa harus mengorbankan banyak kecepatan burst.

Dengan resolusi kamera 30,4 megapiksel, hasil jepretannya tentu tidak perlu diragukan. Anda akan mendapatkan gambar yang bersih dan bebas dari noise. Selain itu, Canon EOS 5D Mark IV ini juga sudah mendukung resolusi 4K meskipun ukuran file yang dihasilkan cukup besar. Jika tertarik, Anda bisa membawanya pulang dengan pinjaman bunga rendah.

3. Canon EOS R6 Mirrorless Camera – Rp 46 Jutaan

Rekomendasi berikutnya masih dari Canon, yaitu Canon EOS R6 Mirrorless Camera yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp46 jutaan. Meski harganya cukup tinggi, Anda tetap bisa membawanya pulang pakai pinjaman online dengan bunga rendah. Kamera ini telah dilengkapi dengan prosesor DIGIC X dan sistem Dual Pixel CMOS AF II dengan AF area coverage.

Dengan fitur tersebut, EOS R6 ini mampu mengambil gambar dengan stabil dalam berbagai kondisi cahaya. Kameranya terbuat dari bahan magnesium alloy dan body plastik dengan weather seal sehingga tahan terhadap cuaca. Selain itu, kamera ini membawa resolusi 3,69 juta dot dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

4. Fujifilm GFX 50S II – Rp62 Jutaan

Beralih ke kamera yang harganya sedikit lebih pricey, yaitu Fujifilm GFX 50S II. Kamera ini hadir dengan resolusi 51,4MP x 32,9mm CMOS Sensor dan X-Processor 4 Image Processor. Meskipun pricey, Anda bisa mengandalkan pinjaman bunga rendah untuk membelinya.

Selain itu, terdapat pula fitur 3,2”2.36m-Dot Tilting Touchscreen LCD dan 117-Point Contrast-Detection AF System. Kamera ini juga mampu dipakai untuk merekam video dengan full HD1080p 30 fps. Dengan fitur tersebut, dijamin hasil gambar Anda akan tampak sangat profesional.

5. Canon EOS 1D X Mark II – Rp84 Jutaan

Di rekomendasi terakhir, ada Canon EOS 1D X Mark II yang harganya paling mahal diantara rekomendasi sebelumnya. Dibekali dengan sensor full frame CMOS 20 MP, Anda bisa mengambil gambar dengan hasil yang berkualitas dan sangat tajam.

Salah satu keunggulan dari kamera ini yaitu memiliki sistem autofocus yang dirancang khusus untuk menangkap objek berkecepatan tinggi. Karena itu, kamera ini juga sering digunakan untuk mengabadikan ajang balap mobil bergengsi seperti F1. Jika ingin memilikinya, pinjaman bunga rendah bisa jadi solusi yang sangat praktis.

DBS KTA: Solusi Beli Kamera Terbaik Tanpa Khawatir Harga



Sudah tidak sabar ingin segera pakai kamera profesional? Segera wujudkan bersama DBS KTA. Pinjaman bunga rendah ini juga menawarkan beberapa keuntungan untuk Anda, yakni sebagai berikut.

1. Limit Tinggi

Berapa banyak dana yang Anda butuhkan untuk bisa memiliki unit kamera terbaik? Rp50 juta? Rp100 juta? DBS KTA bisa bantu danai hingga Rp300 juta.

2. Bunga Flat Kompetitif

DBS KTA menawarkan pinjaman online dengan bunga rendah untuk semua nasabahnya. Anda bisa menikmati limit yang tinggi dengan bunga flat mulai dari 0,88% saja per bulannya.

3. Tenor Panjang

Pinjaman ini juga menawarkan pilihan tenor yang cukup panjang. Saat pengajuan pinjaman, Anda akan ditawarkan tenggang pinjaman hingga 36 bulan.

4. Syarat Pengajuan Mudah

Untuk bisa menikmati pinjaman bunga rendah ini syaratnya sangat mudah. Cukup sediakan e-KTP dan NPWP. Selain itu, Anda harus berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulan, memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp10 juta, serta berdomisili di area Jabodetabek.

Semoga beberapa rekomendasi di atas bisa jadi referensi untuk Anda agar tidak bingung saat membeli kamera. Yuk, segera jatuhkan pilihan Anda dan ajukan pinjaman bunga rendah bersama DBS KTA.

Belajar dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Kursus Online GreatNusa

4/06/2022 Add Comment
Bicara soal kursus saat ini sudah ada banyak sekali kursus online yang bisa kamu ambil tanpa mengharuskanmu untuk keluar rumah. Mengingat ini masih dalam masa pandemi sudah sebaiknya kalau kita membatasi kegiatan di luar rumah. Namun meskipun begitu bukan berarti membatasi kita untuk belajar.

Salah satu keuntungan belajar online di rumah adalah proses pembelajaran bisa diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone, komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Berhubung dapat diakses dengan mudah, bisa dilakukan proses belajar di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga di tempat lain yang suasananya lebih nyaman.

Keuntungan belajar online di rumah yang lainnya adalah kamu bisa lebih mengembangkan diri. Waktu belajar yang lebih singkat bisa membuatmu lebih bisa untuk mengeksplorasikan diri pada hal lain. Kamu bisa melakukan hal lain yang disukai dan menggeluti hobi dengan lebih leluasa.

Tahukah kamu saat memilih untuk kursus online sebenarnya ada salah satu kelebihan yang jarang disadari yakni biaya yang lebih hemat. Pernahkah kamu menghitung berapa biaya yang kamu habiskan untuk mengikuti sebuah kursus? Belum lagi ditambah biaya ongkos untuk pergi ke tempat kursus.



Pasti makin mahal kan? Dengan mengikuti kursus secara online, biasanya biaya yang ditawarkan jauh lebih murah. Padahal, materi yang ditawarkan tidak beda jauh bahkan bisa lebih update dibandingkan dengan kursus konvensional. Kamu bisa lebih irit dan bisa mengalokasikan dananya ke hal lain atau untuk mengikuti kursus materi lainnya.

Cara Memilih Kursus Online yang Tepat


Nah, apakah sekarang kamu sudah semakin yakin untuk memilih kursus online sebagai sarana pembelajaran? Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana cara memilih kursus online yang tepat. Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak kursus online tersedia sehingga kamu akan bingung mau pilih yang mana.

Karena tidak adanya bentuk fisik yang bisa kita lihat, saat memilih kursus virtual ini bisa dikatakan membeli kucing dalam karung. Beruntung jika mendapatkan materi dan teknik pengajaran yang baik, jika tidak? Pastinya kamu akan kecewa dan merasa rugi. Tapi tidak perlu khawatir, ada dua cara mudah yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu dalam memilih kursus online.

Tentukan Dahulu Kriteria

Sebelum kamu ikut dalam sebuah kursus, kamu harus menentukan dahulu kriteria apa saja yang ingin kamu dapatkan untuk diri kamu sendiri. Untuk menentukannya, kamu bisa menjawab dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kamu mengikuti kursus untuk bersenang-senang atau untuk perkembangan karier di dunia kerja?
  • Berapa lama dalam seminggu waktu yang bisa kamu sisihkan untuk belajar?
  • Apakah kamu ingin memperdalam skill yang spesifik? Jika iya, apa saja itu?
  • Topik apa yang membuatmu tertarik untuk mempelajarinya?

Luangkan Waktu untuk Explore

Jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan dalam mengikuti kursus. Kamu harus meluangkan waktu untuk explore sebanyak mungkin mengenai materi serta perusahaan yang mengadakan kursus. Pilihlah materi yang benar-benar ingin kamu pelajari, karena kursus membutuhkan komitmen tinggi untuk menyelesaikannya.

Pilih juga perusahaan yang memang terpercaya untuk mengadakan kursus secara online. Dengan begitu, belajar tidak hanya mencari ilmu saja, tetapi juga bisa mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada dirimu. Nah, saat ini sudah ada kursus online sekaligus tempat untuk mengembangkan diri yang bisa kamu ikuti.

GreatNusa Kursus Online untuk Generasi Milenial


Dengan mengikuti kursus online kamu bukan hanya mendapatkan pelajaran namun juga bisa mengembangkan diri sesuai potensi yang kamu miliki. Salah satu kursus yang bisa saya rekomendasikan adalah GreatNusa. GreatNusa merupakan sebuah platform pembelajaran daring yang dapat diakses di mana saja, kapan saja. Materi kursus pada platform GreatNusa tersedia baik dalam bentuk berbayar maupun gratis.

Tentunya dengan deskripsi dapat dilihat pada masing-masing halaman kursus, serta dapat diakses oleh siapa saja yang terdaftar dan memiliki akun GreatNusa. GreatNusa sendiri telah menghadirkan beragam materi pembelajaran praktis, berkualitas, terpilih dari para ahli, praktisi profesional berpengalaman.

 Ada beragam kursus manajemen bisnis yang ada di GreatNusa yang tentunya bisa kalian ikuti. Apabila teman-teman ada yang tertarik dalam menggeluti suatu usaha, ada baiknya mempelajari hal-hal dasar dalam bagaimana dapat memenej bisnis dengan baik, salah satunya dengan mengikuti kursus ini.

GreatNusa juga merupakan institusi pendidikan dengan tujuan mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai SDM Unggul Indonesia Maju. Sesuai visi mereka yakni membina dan memberdayakan pemimpin masa depan Indonesia (empower Indonesia' future leaders). Selain itu di GreatNusa tersedia berbagai kursus praktis berkualitas.

Terpilih bekerja sama dengan expert dan institusi pendidikan unggulan terkemuka yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0. Tunggu apalagi, sudah bukan waktunya untuk menunda-nunda belajar dan mengembangkan diri. Belajar dari mana saja dan kapan saja sehingga tidak ada yang bisa membatasimu.

Fakta Unik Rumah Adat Madura Tanean Lanjhang

3/05/2022 Add Comment
Rumah adat bernama Tanean Lanjhang merupakan pemukiman bagi masyarakat Pulau Madura. Dalam satu lingkungan terdapat beberapa bangunan. Pada pemukiman rumah adat ini terdapat satu rumah induk. Rumah ini memiliki tanda berupa hiasan 2 jengger ayam di bagian atap dengan posisi berhadapan.

Hiasan ini mengingatkan penghuni rumah pada kematian, yang pasti akan dijalani oleh setiap makhluk hidup. Rumah induk ini ditempati oleh orang tertua pada keluarga tersebut. Orang tua ini disebut kepala somah. Ibarat raja kecil, kepala somah adalah yang menguasai semua kebijakan keluarga, terutama menyangkut masalah perkawinan.

Terdapat filosofi pada hiasan 2 jengger ayam tersebut, yaitu untuk mengingatkan penghuni rumah tentang kematian yang pasti akan dialami oleh setiap makhluk hidup. Selain itu, dalam rumah adat Tanean Lanjhang ini terdapat beberapa keunikan. Apa saja fakta unik dari rumah adat Suku Madura ini? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut!



3 Fakta Unik Rumah Adat Madura Tanean Lanjhang


1. Keunikan dari Segi Bagian-Bagian Rumah

Rumah adat Tanean Lanjhang hanya memiliki satu pintu di bagian depan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemilik rumah ketika mengontrol aktivitas keluar masuk anggota keluarganya. Pintu utama tersebut dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Madura yang berwarna hijau dan merah.

Hiasan tersebut melambangkan perjuangan pahlawan Madura dan kesetiannya. Selanjutnya pada bagian dinding depan terdapat gambar lukisan bunga. Gambar tesebut menggambarkan keharmonisan keluarga penghuni rumah. Kemudian di dalam ruangan rumah terdapat 4 buah pilar penyangga (pilar pasarean) yang kokoh.

Pilar-pilar tersebut terbuat dari bahan kayu jati dan terhubung antara satu pilar dengan pilar yang lain dan membentuk bujur sangkar.

2. Keunikan dari Segi Letak Ruangan di dalam Rumah

Tata letak pemukiman rumah adat Tanean Lanjhang ini sangat rapih dan teratur. Semua rumah berjejer dan satu rumah induk ditempatkan di tengah-tengah pemukiman. Letak rumah adat ini sangat dekat dengan lahan garapan mata pencaharian, sungai, dan mata air di daerah sekitarnya.

Rumah induk tersebut sebagai hunian para sesepuh yang terkenal dengan julukan kepala somah. Kepala somah adalah orang yang menentukan kebijakan-kebijakan keluarga, terutama kebijakan tentang pernikahan. Bangunan langgar berada pada bagian ujung Barat, sedangkan bagian utara mereka bangun untuk kelompok rumah yang tersusun berdasarkan hierarki keluarga.

Adapun bagian barat ke timur adalah rumah orang tua, anak-anak, cucu hingga cicit dari keturunan pihak keluarga wanita. Kelompok keluarga seperti itu disebut sebagai koren atau rumpun bambu. Istilah ini sangat cocok karena satu koren berarti satu keluarga inti.

3. Memiliki Filosofi Rumah

Sama seperti rumah adat miliki suku lainnya rumah adat suku Madura yakni Tanen Lanjhang juga memiliki banyak filosofi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hiasan 2 Jengger Ayam

Dalam suatu pemukiman rumah adat Madura terdapat satu rumah induk yang memiliki tanda berupa hiasan 2 jengger ayam pada bagian atap. Tanda 2 jengger ayam tersebut memiliki filosofi, yaitu untuk mengingatkan penghuni rumah pada kematian yang pasti akan terjadi pada setiap makhluk hidup.

Ukiran di Pintu Depan

Bagian pintu pada rumah adat Madura biasanya mereka lengkapi dengan hiasan ukiran-ukiran khas Madura berwarna hijau dan merah. Warna hijau dan merah pada ukiran tersebut merupakan lambang kesetiaan dan perjuangan para pejuang Madura.

Lukisan Bunga di Dinding

Terdapat lukisan bunga pada dinding depan rumah, lukisan bunga tersebut menggambarkan keharmonisan keluarga penghuni rumah. Tersimpan peringatan hidup bahwa orang Madura pekerja keras tapi tidak melupakan kehidupan baru setelah kematian di dunia. Simbol keharmonisan keluarga, tercermin dalam ukiran-ukiran motif bunga di dinding kayu rumah dengan paduan cat warna yang mencolok.

Atap Rumah Berbentuk Perahu

Simbol pekerja keras bisa dilihat dari atap rumah yang berbentuk seperti perahu, dimana ini menandakan bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang handal. Atau bisa juga dimaknai bahwa atap rumah seperti nisan kuburan itu, sebagai bentuk bahwa orang Madura selalu ingat akan kematian dan kehidupan abadi setelah kematian.

Itulah beberapa keunikan yang terdapat pada rumah adat suku Madura, meskipun saat ini sudah hampir jarang ditemukan karena masyarakat madura sudah beralih ke bentuk rumah modern. Terlebih mereka yang memang tinggalnya sudah tidak di Madura karena merantau ke kota besar yang kawasan perumahannya sudah modern.

Salah satunya Komplek Kolmas Regency berlokasi di Jalan Raya Kolmas. Lokasinya yang strategis di Utara Kota Cimahi, lingkungan yang asri dan suasana alam yang masih segar.Kawasan Utara Kota Cimahi masih memiliki sumber air yang baik dan melimpah, sangat dekat dengan berbagai tempat wisata terkenal di Indonesia seperti Dusun Bambu leisure park, dan hanya berjarak 1km dari pusat kota Cimahi.

Meskipun jarang ditemukan namun rumah Tanean Lanjhang sangat terjaga dan terawat. Ketika butuh renovasi harus disegerakan karena kawatir kerusakan yang ada, akan merembet ke bagian rumah yang lain. Kalau ada anggota keluarga yang mau membangun rumah baru, kami larang merusak rumah Sangkolan. Silahkan pindah ke tanah lain dan membangun rumah modern, dan itu sudah menjadi kesepakatan dalam keluarga Tanean Lanjhang.

Lagu Kacong tor Jhebbing Ajakan untuk Mengenal Budaya Madura

2/25/2022 Add Comment
Lagu memiliki fungsi sebagai media komunikasi untuk mentransmisikan atau menyebarkan pesan. Melalu konsep New Media semua kalangan bisa mengakses lagu kapan saja dan dimana saja tanpa batasan. Lagu adalah salah satu metode komunikasi kreatif dalam mengirim pesan kepada orang banyak.

Mendengarkan lagu merupakan peristiwa terjadinya proses komunikasi dimana khalayak sebagai komunikan tidak hanya mendengarkan lirik. Namun komunikan juga ikut meresapi pesan dalam lirik lagu yang dibawakan oleh penyanyi. Lagu merupakan media komunikasi yang mudah diterima dan didengar oleh semua kalangan.

Sehingga lagu kemudian dipakai sebagai media komunikasi yang universal dan efektif. Pesan yang terkandung dalam lirik lagu memiliki muatan berupa nilai-nilai tertentu baik pesan moral, budaya, atau bahkan kritikan. Melalui lagu proses transmisi nilai budaya bisa dilakukan yakni dengan menggunakan lirik-lirik yang mengandung pesan moral.



Lagu Kacong tor Jhebbing Ajakan untuk Mengenal Budaya Madura


Lagu bisa menjadi media dalam mewariskan identitas kultural antar generasi. Bahkan lagu bisa berfungsi sebagai bentuk kritik sosial dan ajakan kepada masyarakat untuk kembali peduli dengan budaya leluhurnya. Lagu berbahasa Madura berjudul “Kacong tor Jhebbing” adalah sebuah contoh komunikasi kreatif melalui sebuah lagu.

Didalamnya terdapat proses transmisi pesan tentang budaya Madura kepada khalayak khususnya orang madura. Lirik lagu ciptaan Adrian Pawitra ini berisi representasi identitas kultural orang Madura. Konotasi citra positif tentang orang Madura divisualisasikan melalui subtansi lirik lagu.

Ajakan untuk peduli & melestarikan adat Madura terdapat dalam lagu “Kacong tor Jhebbing”. Stereotype orang Madura yang terkesan negatif berusaha diluruskan kembali melalui lirik lagu “Kacong tor Jhebbing”. Lagu sebagai salah satu media komunikasi dengan pengaruh dan penyebaran cukup luas merupakan fakta penting untuk dikaji.

Lirik Lagu Theme Song Kacong tor Jhebbing


Sè ngangghit : Adrian Pawitra
Sè ngèjhung : Titik Garin

Ḍu pasèra sè ta’ lèburrâ, nangalè rèng raddhin pojhâân

seḍḍhâ’ robâna, ngapèncot atè, alos andhikana

Anḍhâp asor atèna, lèbur ongghu tèngka ghulina

gânṭeng robâna, ngapèncot atè, manès pamèsemma

Reff:

Torè oladhi KACONG JHEBBHING, sè binè’ asampèran,

ngangghuy ghellung malang, sè lakè’ atongkosân, ḍu cè’ èsagghâ

Pottra-pottrè Madhurâ sadhâjâna, paḍâ areng-sareng Tarongghu t’rèsna adhât Madhurâ, sè ampon abit ta’ èsarbhi.......

TERJEMAHAN

(Bahasa Indonesia)

Oh.. siapa yang tidak tertarik akan seorang wanita cantik pujaan, wajahnya yang elok, memesona hati, halus tutur katanya,

Sopan santun hatinya, sangat menyenangkan tingkah prilakunya,

wajahnya yang ganteng, memesona hati, manis senyumannya...

Reff:

Mari dilihat, Kacong dan Jhebbhing, yang perempuan memakai kain panjang,

menggunakan sanggul melintang, yang lelaki memakai tongkos, oh indah nian...

Putra putri Madura, semuanya bersama-sama

dengan bersungguh hati mencintai adat Madura yang sudah lama tidak di pedulikan...

Jika dilihat dari artinya lagu ini memiliki pesan untuk para anak muda Madura untuk tidak pernah ragu dengan jati diri sebagai orang Madura. Terlebih saat ini budaya Madura kerap dilupakan dan tidak lagi mendapatkan perhatian. Padahal melestarikan budaya itu merupakan hal penting demi generasi muda.

Smartfren Luncurkan Paket Unlimited Nonstop


Hal senada juga dilakukan oleh Smartfren yang selalu punya kejutan bagi para penggunanya, apalagi anak muda yang tidak bisa jauh-jauh dari internet. Apalagi buat mereka yang kegiatan sehari-harinya mengandalkan koneksi internet. Pasalnya paket yang satu ini benar-benar simpel, serta bisa dipakai untuk banyak hal.

Paket ini punya keunggulan yang menarik. Misalnya Smartfren Unlimited Nonstop dengan batas bulanan bisa dipakai internetan dari lokasi mana pun, untuk aplikasi apapun selama 24 jam. Ditambah lagi dengan benefit akses nonstop, extrabenefit untuk akses aplikasi kebutuhan sehari-hari, dan promo kuota lokal up to 4 GB.

Memakai paket Unlimited Nonstop bakal memberi kamu pengalaman yang betul-betul berbeda. Berikut ini kelebihan-kelebihan yang bisa dirasakan saat menikmati Smartfren Unlimited Nonstop.



Bebas Worry dengan Unlimited Nonstop


Menggunakan paket Smartfren Unlimited Nonstop terbaru ini, internetan terasa lebih nyaman dan bebas worry. Waktu mengaktifkan paket Smartfren Unlimited Nonstop, akan langsung dapat batas bulanan.

  • Unlimited Nonstop 6 GB seharga Rp30.000 
  • Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000
    Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000
  • Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000
  • Unlimited Nonstop 60 GB seharga Rp125.000.

Selain itu ada juga Unlimited Nonstop 3 GB seharga Rp15.000 untuk masa aktif 14 hari, dan Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp 10.000 untuk masa aktif 10 hari. Menariknya ketika batas bulanan habis, masih bisa mengakses internet karena paket ini punya Akses Nonstop. Bahkan, ada tambahan extrabenefit untuk akses aplikasi kebutuhan sehari-hari.

Yaitu aplikasi pesan instan, aplikasi e-commerce, aplikasi transportasi online, serta aplikasi pembayaran digital. Jadi sekali aktifkan paket ini, bisa langsung internetan dengan happy dan bebas worry.

Buat pengguna yang heavy internet user bisa langsung menikmati paket Unlimited Nonstop ini untuk upload konten video terbarumu ke YouTube, TikTok atau Instagram Reels. Kalau ingin menikmati streaming film seperti film K-Drama horor All of Us Are Dead yang per episodenya punya durasi sekitar satu jam.

Unlimited Nonstop Bebas Banget

Satu lagi yang menarik dari Smartfren Unlimited Nonstop ini, paketnya bebas banget buat akses aplikasi apapun. Begitu paket ini sudah aktif, maka pengguna sudah bisa akses media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, e-commerce apapun streaming video atau lainnya juga bisa dipakai berkirim pesan menggunakan aplikasi WhatsApp, Line, dan sejenisnya.

Paket Unlimited-nya pun makin terasa karena bisa semua aplikasi tersebut bisa kamu pakai selama 24 jam, tanpa syarat tambahan. Unlimited Nonstop yang tidak dibatasi aplikasi dan bisa dipakai 24 jam memang penting banget. Misalnya saja buat pengguna yang memang rajin membuat konten video. Dengan Smartfren Unlimited Nonstop, video yang baru dibuat bisa langsung di-upload ke Instagram Reels, YouTube, atau TikTok dari lokasi manapun dan kapanpun diinginkan.

Promo Extra Kuota Lokal untuk Paket Unlimited Nonstop

Smartfren memberikan bonus dan promo yang melimpah di Unlimited Nonstop. Ada dua varian yang bisa ngasih manfaat lebih besar buat pengguna. Khusus buat pengguna Smartfren Unlimited Nonstop 3 GB bisa mengklaim promo Kuota Lokal up to 3 GB dan pengguna Smartfren Unlimited Nonstop 6 GB bisa mengklaim promo Extra Kuota Lokal up to 4 GB.

Cara cek dan klaim Kuota Lokal ini mudah saja. Cukup gunakan aplikasi MySmartfren atau gunakan USSD *123#789# di smartphone dan perangkat genggam lainnya. Kuota Lokal ini bisa digunakan untuk mengakses aplikasi apapun selama 24 jam. Mudah dan murah banget, bukan?

Paket Unlimited Nonstop ini coock sekali untuk kamu pengguna internet aktif tanpa harus kepikiran harganya. Anak muda butuh untuk mengeksplorasi ide, tidak boleh malu dengan jati diri darimanapun kamu berasal. Terutama dalam pengenalan budaya, ikut terlibat aktif memperkenalkan kepada dunia.