Terima Dana Salah Transfer? Cek Rekening Bank dan Lakukan Ini

6/21/2022
Sebagian orang pasti pernah mendapatkan kiriman uang dari sumber tidak dikenal yang disebabkan karena salah mentransfer dana. Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika menghadapi hal ini yaitu dengan mencari cara cek rekening bank untuk melihat daftar transaksi yang sedang berlangsung.

Dengan melihat daftar mutasi kamu bisa mengetahui nomor rekening orang yang salah mentransfer dana. Dengan begitu kamu bisa langsung mengembalikan dana tersebut secara pribadi.



Selain Cek Rekening Bank, Lakukan Hal-hal Ini Saat Menerima Dana Salah Transfer


Menerima uang dari orang asing terkadang membuat panik apalagi jika jumlah dana yang dikirim cukup besar. Sebenarnya kamu tidak perlu panik dan bisa langsung mencari cara cek rekening bank serta mengembalikannya langsung secara pribadi. Kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk jika menemui kondisi di atas.

1. Cek Mutasi Rekening

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan melihat mutasi rekening. Melalui daftar mutasi kamu bisa mengetahui lebih detail transaksi tersebut. Biasanya di dalam daftar mutasi terdapat data-data seperti nama dan nomor rekening pengirim serta tanggal dan jam dana diterima.

Oleh karenanya penting sekali mengetahui cara cek rekening bank untuk melihat daftar mutasi yang ada pada rekeningmu. Usahakan tetap tenang dan tidak panik, agar aliran dana yang tak dikenal tersebut bisa segera ditangani dan dikembalikan.

2. Segera Melapor ke Bank Terkait

Selain mencari cara cek rekening bank, kamu juga harus melapor kepada pihak bank yang bersangkutan. Jadi setelah kamu melakukan cek rekening bank sebaiknya segera hubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk membuat laporan tersebut, usahakan di hari yang sama dengan hari transaksi terjadi agar bank dapat segera memproses pengembalian dananya kepada pengirim. .

3. Jelaskan Kronologi Secara Terperinci

Saat melapor ke pihak bank, berikan kronologinya secara lengkap dan terperinci agar proses pengembalian dana lebih lancar. Beberapa contoh pertanyaan yang harus kamu jawab saat melapor kejadian menerima dana salah transfer:

Kapan transaksi terjadinya? Jawab secara lengkap mulai dari hari, tanggal, bulan, hingga jamnya yang bisa kamu dapatkan saat melakukan cek rekening bank. Apa metode pengiriman dana yang digunakan? Apakah lewat transfer rekening, atau dari merchant payment? Jawablah sesuai yang kamu ketahui.
Berapa jumlah dana yang diterima? Jawablah sesuai yang tertera pada mutasi rekening yang kamu lihat.

Dan beberapa pertanyaan verifikasi data lainnya.

4. Menunggu Konfirmasi dari Pihak Bank

Setelah melakukan pelaporan, biasanya bank akan memberikan perkiraan waktu proses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan bank masing-masing, mengingat proses seperti ini melibatkan bank pengirim dana dan konfirmasi pemilik rekening. Sambil menunggu proses tersebut, kita bisa rutin secara berkala cek rekening bank untuk mengetahui apakah sudah terjadi pendebetan rekening.



Cek Rekening Bank dengan Praktis Melalui PermataMobile X


PermataMobile X adalah layanan mobile banking dari PermataBank yang dibekali dengan beragam fitur unggulan. Berikut keunggulan yang ditawarkan kepada para nasabah:

  • Cek rekening bank untuk semua akun PermataBank mulai tabungan, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA, reksa dana, hingga obligasi menjadi lebih praktis karena dapat dilakukan di satu layar
  • Cek daftar transaksi hingga 12 bulan terakhir di semua akun PermataBank
  • PermataMobile X menawarkan ratusan fitur transaksi untuk mempermudah aktivitas keuangan nasabah dan memenuhi berbagai kebutuhan perbankan

Melakukan cek rekening bank menjadi lebih mudah melalui aplikasi PermataMobile X, tidak hanya itu tersedia berbagai fitur unggulan yang di antaranya adalah:

1. Investasi

Investasi Reksadana jadi lebih mudah karena proses pembelian dan penjualan hingga switching investasi bisa dilakukan secara online.

2. Kartu Kredit

Pengajuan kartu kredit, penambahan kartu, mengubah transaksi menjadi cicilan (convert to installment) hingga mendapatkan kenaikan limit sementara bisa dilakukan secara online di aplikasi.

3. Pinjaman

Dana tunai (Cash on Call) melalui fasilitas personal loan juga diajukan dengan proses cepat melalui aplikasi.

4. Finger Print dan Face ID

Login ke PermataMobile X dengan praktis dan aman dengan fitur finger print dan Face ID atau teknologi pengenalan wajah.

5. QR Pay

Lakukan pembayaran lebih cepat dengan menggunakan barcode melalui dompet digital di banyak toko dan merchant.

6. PermataStore

Tidak perlu lagi pergi ke bank untuk membeli bermacam produk perbankan karena pembelian bisa dilakukan secara online.

7. Transfer ke Nomor HP dan Whatsapp

Transfer secara instan dalam hitungan detik lebih mudah dengan menggunakan nomor HP atau bisa menggunakan kartu ucapan digital ke nomor whatsapp.

8. Digital Token

PermataMobile X telah menggunakan digital token yang dibuat sendiri dalam aplikasi sehingga tidak perlu lagi menerima SMS OTP.

Cek rekening bank dengan mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X, caranya berikut cara pendaftarannya:

1. Unduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS
2. Setelah terunduh buka aplikasi dan pilih ‘Mulai’
3. Akan muncul pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” pilih “Ya” Jika sudah memiliki rekening dan sebaliknya pilih “Tidak” bila belum memiliki rekening, dimana selanjutnya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk pilihan rekening simpanan
4. Setelah itu akan muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?” pilih “Tidak”
5. Kamu bisa pilih menggunakan kartu kredit atau nomor rekening untuk lanjut ke proses pembukaan rekening selanjutnya
6. Terakhir ikuti petunjuk sesuai arahan hingga kamu menerima user ID

Tunggu apalagi? Segera daftar dan gunakan aplikasi PermataMobile X untuk mempermudah aktivitas keuanganmu, termasuk cek rekening bank dan melakukan berbagai transaksi lainnya kapan saja dengan praktis.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »