Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Keluarga

10/14/2023 Add Comment
Salah satu bentuk usaha memberikan perlindungan kesehatan untuk keluarga adalah dengan mengikuti asuransi kesehatan. Saat ini memiliki asuransi kesehatan sangatlah penting, karena kita sebagai manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Apakah kita bisa terus sehat seperti sekarang? Tidak ada yang bisa menjamin, bukan?

Jenis penyakit kritis yang semakin bermacam yang seakan menjadi momok menakutkan karena seperti datang mendadak, sedangkan kita tidak ada persiapan apapun. Alih-alih bisa cepat sembuh seperti sedia kala, ternyata tubuh semakin sakit dan banyak hal yang dikorbankan seperti waktu, tenaga, pikiran serta biaya yang jumlahnya tidak sedikit.

Bukan bermaksud untuk memberi rasa takut, tapi sebagai manusia kita wajib waspada pada sesuatu yang berkemungkinan terjadi pada diri kita dan keluarga. Menjaga kesehatan merupakan investasi awal yang bisa dilakukan sejak saat ini. Selain itu jangan lagi ragu untuk menyisihkan dana guna mengikuti polis asuransi kesehatan.


Bagi pemula mungkin akan bingung bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga, sedangkan saat ini ada banyak macam asuransi kesehatan yang ditawarkan. Memilih asuransi kesehatan keluarga merupakan keputusan penting bagi setiap orang yang membutuhkan.

Menerima asuransi kesehatan melalui tunjangan yang diberikan oleh pemberi kerja. Namun, tidak sedikit juga yang membeli asuransi kesehatan keluarga secara individu. Selain itu, memilih asuransi kesehatan keluarga pun perlu menelusuri begitu banyak jenis kebijakan, fitur, inklusi, dan batasannya. Hal ini bisa menjadi tugas yang menakutkan.

Hal ini menjadi alasan beberapa orang menunda memiliki asuransi kesehatan. Dan untuk menghindari kerumitan atau kendala waktu, banyak orang yang akhirnya membeli paket asuransi kesehatan keluarga tanpa mengetahui apakah itu akan cukup untuk mereka atau tidak.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Tepat


Cara memilih asuransi yang baik perlu diperhatikan dengan cermat agar kamu tidak salah pilih dan tidak kecewa di kemudian hari. Produk asuransi dari berbagai perusahaan memang cukup beragam, tetapi manfaatnya yang ditawarkan hampir mirip-mirip. Oleh sebab itu, sebelum kamu membeli asuransi sebaiknya perhatikan beberapa poin penting berikut sebagai pertimbangannya.

Setelah menikah atau berkeluarga, saatnya untuk membeli asuransi yang bisa memberikan proteksi untuk kamu dan keluarga tercinta. Intinya memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga itu tidak sulit asal kita paham caranya, serta setidaknya paham produk asuransi seperti apa yang kita butuhkan. Berikut beberapa tips memilih asuransi yang baik dan tepat.

Membeli Polis karena Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, paham dengan kebutuhan adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Pastikan kamu membeli polis asuransi karena memang kamu membutuhkannya, bukan karena kamu ikut-ikutan orang lain, merasa tidak enak dengan agen asuransi, atau hanya karena penawaran yang menggiurkan.

Perlu diingat bahwa asuransi ini termasuk jangka panjang, oleh karena itu kamu perlu membayar premi setiap bulan secara rutin. Jika asal membeli, mungkin di tengah jalan kamu akan merasa berat untuk membayarnya karena memang tidak berdasarkan kebutuhan. Apalagi jika sampai mengganggu pos keuanganmu lainnya.

Sebaiknya kamu hitung keuangan kamu dengan cermat agar bisa mengalokasikan dana untuk asuransi tanpa mengorbankan pos-pos keuangan lain yang lebih bersifat mendasar. Pastikan kamu memahami produk asuransi yang akan dibeli memang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Baca Daftar Manfaatnya

Setiap produk asuransi memiliki manfaat perlindungan yang berbeda. Jadi sebaiknya kamu pahami dulu dengan sejelas-jelasnya mengenai manfaat produk asuransi tersebut. Semua rencana usaha kecil dan individu harus mencakup rawat inap, layanan darurat, tes laboratorium, perawatan bersalin dan bayi baru lahir.

Termasuk juga perawatan kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, perawatan rawat jalan (dokter dan layanan lain yang diterima di luar rumah sakit), layanan pediatrik (termasuk perawatan gigi dan penglihatan ), obat resep, layanan pencegahan, dan layanan rehabilitasi. Memiliki beragam produk asuransi yang bisa menjadi solusi untuk kebutuhan kamu.

Pilih Cakupan Kebijakan yang Tepat

Pilih paket asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan perlindungan terhadap berbagai masalah medis, pertanggungan sebelum dan sesudah rawat inap, biaya ambulans, pertanggungan penyakit kritis, tunjangan persalinan, perawatan tanpa uang tunai, tunjangan tunai rumah sakit harian, rawat inap rawat inap, dll.

Jika kamu membeli asuransi kesehatan keluarga, pastikan polis tersebut memenuhi kebutuhan setiap anggota yang harus diasuransikan. Pertimbangkan kebutuhan, bandingkan paket yang berbeda, lihat fitur kebijakan, dan batasan. Mungkin ada faktor tersembunyi seperti sub-batasan, masa tunggu, dan lainnya, yang cenderung dilewatkan.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempelajari susunan kalimat yang terlampir pada polis untuk semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Ini akan memastikan bahwa kamu dan keluarga tidak akan menghadapi masalah apa pun pada saat pengajuan klaim asuransi kesehatan keluarga.

Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat Plus Pro Prudential Indonesia


Masih banyak orang yang mengira kalau menyisihkan uang setiap bulan untuk membayar premi asuransi kesehatan hanya menambah pengeluaran saja. Padahal, menurut saya itu menjadi salah satu investasi penting yang sebaiknya dimiliki setiap orang. Selain itu, asuransi kesehatan merupakan salah satu hadiah terbaik yang bisa diberikan untuk keluarga tercinta.

Membayar polis asuransi kesehatan nyatanya bukan untuk melindungi kita jika tiba-tiba jatuh sakit. Namun, dengan memiliki polis asuransi kesehatan dapat menjaga kita dari kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan lalu lintas hingga kematian. Asuransi kesehatan menjadi dana darurat dalam perencaan keungan keluarga tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keluarga.

Hal ini sejalan dengan asuransi kesehatan PRUSolusi Sehat Plus Pro dari Prudential Indonesia. asuransi kesehatan murni yang hadir untuk menjawab berbagai tantangan seluruh keluarga Indonesia dengan manfaat komprehensif dan fleksibel untuk melindungi kebahagiaan dan mimpi keluarga Indonesia, kini dan nanti.

PRUSolusi Sehat Plus Pro memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari pra perawatan inap, perawatan inap hingga perawatan lanjutan pasca rawat inap. Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat Plus Pro merupakan inovasi produk terbaru dari Prudential Indonesia yang hadir dengan beberapa keunggulan.

Mulai dari fleksibilitas dalam menentukan wilayah pertanggungan, pilihan kamar, dan batas harga kamar sesuai plan yang dipilih, batas manfaat tahunan hingga sebesar Rp70 Miliar sesuai dengan plan yang dipilih (termasuk PRUSolusi Sehat Limit Booster), manfaat Perawatan Tradisional termasuk obat-obatan herbal dan direkomendasikan oleh dokter yang merawat sebelumnya.

Terakhir, mendapatkan manfaat Telehealth di Indonesia dan Telehealth untuk Perawatan Kanker di Malaysia dan Singapura hanya di Rumah Sakit Rekanan Prudential Indonesia. PRUSolusi Sehat Plus Pro merupakan asuransi kesehatan yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi pemilik polis.