Lezatnya Kuliner Soto Khas Madura Pak Rusmin di Bangkalan

2/06/2019
Siapa yang tidak kenal dengan Soto Madura? Rasanya hampir semua orang sudah tahu dan kenal dengan makanan yang satu ini. Sama seperti Sate Madura, Soto Madura juga tidak kalah terkenal di dunia kuliner. Soto Madura juga menjadi icon dari Pulau Madura, hampir di seluruh daerah di Indonesia selalu ada penjual Soto Madura ini.


Beberapa waktu yang lalu Tim Gerbang Pulau Madura berkesempatan meliput langsung kuliner khas Madura tersebut. Soto Madura Pak Rusmin yang terletak di Jalan Pemuda Kaffa atau bersebelahan dengan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Bangkalan dan RSUD Syamrabu Bangkalan. Bukan warung atau pun restoran, Soto Madura Pak Rusmin masih berbentuk rombong sederhana dengan satu meja panjang dan beberapa kursi yang disediakan untuk pembeli yang ingin makan di tempat.

Sebelumnya Kami sudah menulis artikel Soto Merah Daging yang juga Khas dari Bangkalan, bedanya adalah Soto Merah menggunakan Daging Sapi sementara Soto Pak Rusmin menggunakan Ayam sebagai lauknya.

Setiap pagi mulai dari sekitar jam 6 pagi rombong Soto Madura Pak Rusmin ini sudah ramai didatangi oleh pembeli. Satu porsi Soto Madura seharga Rp. 10.000,- sudah lengkap dengan kerupuk dan segelas air mineral. Soto Madura Pak Rusmin ini sudah sejak lama ada, sebelumnya Pak Rusmin membuka rombongnya di sekitar gedung Rumah Sakit Syamrabu Bangkalan.


Namun beberapa waktu yang lalu berpindah ke sebelah kantor PMI Bangkalan setelah RSUD Syamrabu dirombak lebih besar lagi. Sudah banyak masyarakat yang tahu dengan kuliner yang satu ini, rasanya yang nikmat dan harga yang murah membuat Soto Madura Pak Rusmin ini laris dalam sekejap. Seporsi Soto Madura berisi nasi hangat, kuah soto yang khas dengan selera Madura, irisan daging ayam, mihun dan irisan sayur kol.

Di atas kuah soto ditaburi bawang goreng dan sedikit perasan jeruk nipis tapi bagi yang tidak suka dengan jeruk nipis bisa meminta untuk tidak usah diberi. Setiap makan Soto Madura belum lengkap rasanya tanpa taburan koya dan tentu sambal. Soto Madura memang memiliki cita rasa sendiri dan sebenarnya untuk rasa tidak jauh berbeda dengan kuliner Soto di daerah lainnya.


Bagi teman-teman yang ingin membeli Soto tanpa nasi juga bisa, kuah soto bisa dibungkus menggunakan plastik atau teman-teman membawa tempat khusus seperti rantang. Biasanya orang-orang membeli kuah Soto sekitar harga 10 ribu sampai 15 ribu tergantung permintaan.

Cocok sekali bagi teman-teman yang malas atau tidak sempat memasak, dan ingin makan cepat tingga tambahkan nasi di rumah. Soto Madura Pak Rusmin ini juga ramai dijadikan langganan oleh pegawai Rumah Sakit. Setiap pagi Pak Rusmin berjualan Soto Madura bersama istrinya, Pak Rusmin sendiri sebenarnya bukan warga Bangkalan melainkan berasal dari daerah Robatal Kabupaten Sampang.


Kalau teman-teman sedang berkunjung ke Bangkalan jangan lupa untuk menyempatkan waktu makan Soto Madura Pak Rusmin yang enak dan murah. Dijamin kalian tidak akan kecewa dengan rasanya dan yang paling penting adalah pelayanan yang bersih dan ramah dari Pak Rusmin dan istri. Selamat Kuliner ya.



Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »