Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah versi Bahasa Madura

3/29/2021 Add Comment

Penanggalan Islami atau yang disebut dengan Hijriyah merupakan sistem penanggalan yang dihitung berdasarkan peredaran bulan. Artinya, pergantian hari dari rotasi Bulan sehingga terjadi saat waktu Maghrib ketika bulan baru muncul. Selain itu pergantian tahun dilihat dari revolusi Bulan sehingga jumlah harinya lebih sedikit yaitu 354 hari. 

Inilah penyebab terjadinya selisih hari raya dalam islam selalu bergerak maju 11 hari dari kalender masehi. Hidup di Madura membuat masyarakatnya terbiasa dengan penggunaan penanggalan Hijriyah dengan penyebutan menggunakan bahasa Madura yang dikenal dengan Bulen Madhureh (bulan Madura). 

Meskipun standar kalender yang digunakan saat ini adalah sistem Masehi yang terdapat 12 bulan dimulai dari bulan Januari sampai Desember, namun kebanyakan masyarakat Madura masih berpegang teguh dengan hitungan kalender Islam Madura. Seperti menghitung hari kelahiran, hari kematian, membangun rumah, tanggal pernikahan dan kegiatan skaral lainnya.

Pada dasarnya nama-nama bulan yang ada dalam penanggalan Madhureh sebagian menggunakan penanggalan Hijriah dengan nama-nama menggunakan bahasa Arab, namun sebagian menggunakan bahasa Sanskerta seperti pasa dan sura. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai nama-nama bulan Madhureh.

Kalender ritual yang bernafaskan kultural dapat dilihat dari penamaan sekaligus pemaknaan / nama bulan dalam Kalender Hijriyah versi Bahasa Madura, seperti : 


1. BULAN SORA 
bermakna suci sebagai simbol manusia itu dibekal fitrah kesucian atau potensi manusia untuk berbuat baik.  Untuk itu, bulan tersebut disimbolisasi dengan warna putih, yang diformulasi dengan pembuatan bubur putih atau Tajin Sora.


2. BULAN SAPPAR
sebagai kelanjutan bulan yang pertama, yaitu walaupun manusia memiliki fitrah suci, akan tatapi manusia berpotensi berbuat jelek, karena itu perlu dikendalikan dengan simbolisasi warna merah, yang diformulasi dengan pembuatan Tajin Sappar yakni Tajin warna putih dan merah. 


3. BULAN MOLOD
bermakna bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, karena itu masyarakat Madura memperingatinya dengan bermacam kegiatan seperti dibâ’ân. 


4. BULAN RASOL 
Artinya adalah masa kembalinya kaum pria yang merantau ke rumah masing-masing dan menetap, Bulan ini juga termasuk bulan yang istimewa karena pada bulan inilah, diangkat menjadi Rasul, melakukan hijrah, dan wafat.


5. BULAN JUMADIL AWAL
Berasal dari kata "Jumadi" (kering) dan "Awal" (pertama). Hal ini karena pada bulan Jumadil Awal atau Jumadil Ula merupakan awal dari musim kemarau dan mulai terjadi kekeringan. Dilihat dari kejadian tersebut sulit untuk bertanam dan beternak.


6. BULAN JUMADIL AKHER
Artinya adalah masa penghujung musim kemarau dalam bahasa Madhurâna kasebbut "NèmorKara" dan terbebasnya dari masa kekeringan dalam bulan ini. Nama lain dari bulan ini yaitu Jumadil Tsaniyah. 


7. BULAN RAJAB
Kurang mendapat perhatian khusus masyarakat Madura, sehingga pada bulan-bulan tersebut diyakini sebagai bulan yang bebas melakukan aktifitas apapun termasuk tasyakuran, perayaan dan lain-lain. 


8. BULAN REBBA
yang berarti memberikan sadaqah kepada orang lain.


9. BULAN PASA
bermakna menahan untuk tidak makan dan minum mulai terbit fajar sampai terbenam matahari dengan dibumbuhi bacaan al-qur’an, maupun amalan-amalan sunnah lainnya. 


10. BULAN SAWWAL ATAU SABAL
bermakna bulan saling maaf-memaafkan sebagai penyempurna dan memperbaiki hubungan antar manusia.
 

11. BULAN TAKEPE'
bermakna bulan sempit atau tidak luas karena berada diantara bulan Sawâl/Sabel dan #Dzulhijjah.
 

12. BULAN RERAJA
bulan pengorbanan dan harapan. 


Sedangkan nama kalender Islam yang dikenal oleh masyarakat Arab (arabisme) seperti bulan :

1. Muḥarram   مُحَرَّمٌ 
diartikan Haram (haram berperang).


2. Safar صَفَرٌ  
diartikan Perjalanan (musim para kabilah berdagang keluar daerah).


3. Rabi' al-awwal رَبِيْعُ اْلأَوَّلِ 
diartikan awal Musim Semi.


4. Rabi' al-akhir/Robiuts Tsani  رَبِيْعُ الثّانِي 
 diartikan akhir Musim Semi.


5. Jumadal Awal  جُمَادَى اْلأُوْلَى
diartikan awal Musim Kering/mati (tumbuhan).


6. Jumadal Akhir  جُمَادَى اْلآخِرَةِ 
diartikan akhir Musim kering/mati (tumbuhan).


7. Rajab  رَجَبٌ
diartikan Menghormati persiapan bekal (fisik & mental) menuju Ramadhan).


8. Sya'ban   شَعْبَانٌ
diartikan Berpencar (berpencar mencari mata air).


9. Ramadhan  رَمَضَانُ
diartikan bulan diturunkanNYA ayat-ayat al-Qur'an.


10. Syawal   شَوَّالٌ
diartikan Membawa (musim hewan berkembang biak betina membawa isi).


11. Dzu al-Qa'idah  ذُواْلقَعْدَةِ 
diartikan pemilik sikap duduk/tidak berdiri (masa tenang, tidak berperang).
 
12. Dzu al-Hijjah  ذُو اْلحِجَّةِ 
diartikan pemilik masa Hajj/Haji (musim Haji).


Dengan demikian, dari penamaan dan pemaknaan dua kalender tersebut menemukan istilah dan makna yang berbeda, walaupun sebenarnya dalam kalender Madura sudah banyak mengalami inkulturasi dengan tradisi setempat masyarakat yang dipengaruhi oleh kalender Jawa Islam.

oleh: Hidrochin Sabarudin

Kenapa Perusahaan Harus Meningkatkan Employee Engagement?

3/23/2021 Add Comment
Karyawan merupakan salah satu sumber daya berharga dalam perusahaan. Tanpa adanya karyawan, perusahaan tidak akan mampu untuk meningkatkan bisnis. Nah, maka dari itulah perusahaan mulai berusaha mengelola dan menjaga kualitas hubungan karyawan dengan perusahaan. Metode yang digunakan adalah employee engagement. Apa itu employee engagement?

Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh Gallup. Simpelnya, employee engagement adalah keterikatan psikologis, emosional karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan. Dengan tingkat employee engagement yang tinggi, karyawan dapat bekerja jauh lebih efektif dibandingkan yang tidak terkoneksi atau terhubung dengan perusahaan dan pekerjaannya.

Employee Engagement



Kenapa Employee Engagement Sangat Penting?


Bagaimanapun juga, karyawan adalah manusia yang membutuhkan pendekatan manusiawi dalam pengelolaannya. Untuk mengelola karyawan dengan baik dan benar, perusahaan harus memahami bagaimana keterkaitan baik secara emosional maupun profesional karyawan dengan perusahaan.

Tingkat keterikatan karyawan secara emosional dengan perusahaan ini ditunjukkan melalui employee engagement. Semakin tinggi tingkat engagement karyawan dengan perusahaan, maka akan semakin bagus kualitas kinerjanya. Sebaliknya, jika tingkat employee engagement-nya rendah, maka akan semakin buruk juga kualitas kinerja karyawan.

Cara Meningkatkan Employee Engagement


Untuk membuat karyawan merasa terikat secara emosional dengan perusahaan tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja sama dan niatan baik dari pihak perusahaan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis. Adapun berbagai cara untuk meningkatkan employee engagement adalah:

1. Apresiasi karyawan dengan memberikan kompensasi

Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan gaji yang layak sesuai perjanjian kerja dan regulasi berlaku. Memberikan bonus dan tunjangan di samping gaji pun tidak ada salahnya, loh!

2. Berikan masukan atas kinerja karyawan

Kinerja karyawan tidak akan selalu berjalan mulus. Namun, memecat atau memberhentikan karyawan begitu saja juga bukanlah hal yang tepat. Perusahaan sebaiknya memberikan masukan yang membangun untuk karyawan agar karyawan dapat meningkatkan kualitas kinerja secara berkelanjutan.

3. Buka peluang bagi karyawan untuk meningkatkan karir

Karyawan mana yang tidak suka jika jenjang karirnya akan meningkat pesat? Setiap karyawan akan merasa betah dan mampu bekerja lebih loyal jika perusahaan membuka jenjang karir yang pasti. Niatan karyawan untuk beralih ke perusahaan kompetitor pun dapat diminimalisir.

4. Jangan abaikan pendapat dan masukan dari karyawan

Karyawan adalah orang yang langsung bekerja dan berjibaku dengan rumitnya proses produksi di lapangan. Bisa dibilang, pengetahuan karyawan tidak bisa diragukan begitu saja. Jadi, catat dan pertimbangkan semua masukan atau pendapat dari karyawan. Sebab, bisa saja pendapat tersebut adalah pendapat yang penting bagi perkembangan perusahaan.

5. Lakukan employee survey secara rutin.

Perusahaan harus terlebih dahulu memahami bagaimana kondisi karyawan di perusahaan. Untuk itu, HRD dapat memanfaatkan employee survey. Implementasi employee survey ini dapat membantu HRD menghimpun informasi soal kepuasan karyawan di perusahaan, kemudian HRD akan menganalisisnya.

Salah satu cara untuk mengadakan employee survey adalah melalui Performance Management System dari LinovHR. Dengan fitur employer survey Performance Management System dari LinovHR, perusahaan dapat mengadakan survei dengan sistematis dan serentak untuk banyak karyawan. Lalu, barulah perusahaan dapat menyusun rencana untuk meningkatkan employee engagement.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan kenapa perusahaan harus meningkatkan employee engagement. Dengan employee engagement yang kuat, perusahaan dapat memaksimalkan kinerjanya dengan optimal. Maka penting bagi perusahaan untuk meningkatkan employee engagement agar dapat meningkatkan kualitas operasional keseluruhan.

Ini Dia Kuliner Nasi Bebek Paling Murah dan Enak di Bangkalan

3/16/2021 Add Comment

Salah satu kuliner andalan yang paling banyak dicari saat berkunjung ke Bangkalan adalah Nasi Bebek. Sepertinya nasi bebek menjadi icon kuliner dari kota sholawat ini, apalagi ditambah dengan terkenalnya Bebek Sinjay. Di Bangkalan sendiri ada banyak macam restoran maupun warung yang menu utamanya adalah nasi bebek mulai dari bebek bumbu hitam, bebek goreng rempah, sampai bebek cetar yang merupakan salah satu menu favorit di restoran Ole Olang Bangkalan.

Tampak depan Ole Olang Resto

Ole Olang sendiri merupakan rumah makan yang ada di Bangkalan, letaknya berada di Jalan Ketengan atau sekitar 15 menit dari Bangkalan kota dan 30 menit dari Jembatan Suramadu. Berdirinya juga sudah cukup lama, sehingga tidak heran kalau banyak wisatawan yang penasaran untuk mencoba menu makanan di restoran yang menawarkan sensasi budaya tersebut. 

Review Singkat Pesta Bebek Madura Ole Olang Resto

Saat pertama kali masuk ke dalam, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana tempat makan dengan gaya Madura. Mulai dari bangunannya, ornamen yang dipasang di dalamnya, tempat makan, tempat minum, tempat cuci tangan hingga busana yang dikenakan oleh karyawannya menampilkan kesan budaya Madura. 

Bagi kamu yang suka makan di tempat dengan suasana alam yang asri, rumah makan ini sangat cocok untuk kamu coba. Di bagian halaman belakang rumah makan ini berhadapan langsung dengan sawah hijau yang sangat indah sekali. Menikmati nasi bebek sambil duduk lesehan di atas dipan dengan semilir angin sawah.

Pesta Bebek Murah Madura

Bagi yang ingin duduk di kursi dengan suasana formal pun juga ada, biasanya di bagian depan sering dipakai sebagai tempat untuk rapat ataupun pertemuan. Soal pelayanan? Jangan diragukan lagi, rumah makan ini memiliki servis pelayanan yang sangat baik dan ramah yang membuat banyak pengunjung betah makan di sana. 

Semua menu yang ada di rumah makan ini enak dan recomended. Meskipun bahannya sama dengan kebanyakan rumah makan lainnya yang ada di Bangkalan yakni bebek namun cara pengolahan dan bumbu yang tersaji jelas sangat beda serta unik seperti, Bebek Cetar yang rasanya pedas mantap.

Kuliner Nasi Bebek Murah Ole Olang Resto

Tidak hanya sekadar rasa pedasnya saja yang begitu kuat dan nikmat akan tetapi juga rasa gurih serta racikan dari bahan rempah-rempah khas Madura yang benar-benar menyatu dengan daging bebeknya. Semua olahan bebek di sana benar-benar empuk apalagi ditambah dengan sambalnya yang dijamin bikin ingin nambah lagi dan lagi.

Mencoba Kuliner Bebek Rolas Ole Olang, Paling Murah di Bangkalan!

Selain menu Bebek Cetar, di Ole Olang ada satu menu nasi bebek yang paling murah, bahkan mungkin termurah di Bangkalan. Namanya Bebek Rolas, satu porsi nasi bebek Rolas ini seharga Rp 12.000 saja. Meskipun murah tapi rasanya masih tetap sama, gurih dan khas bebek Ole Olang yang empuk dengan bumbu super meresap hingga ke tulang.

Satu porsi sangat cukup membuat orang dewasa kenyang saat menghabiskannya. Nasinya banyak, potongan bebeknya juga tidak kecil dengan bumbu tambahan yang disiram di atas nasi hangat plus sambalnya yang nikmat sekali. Sangat direkomendasikan untuk kamu coba  dengan harga nasi bebek semurah ini.

Bebek Rolas Ole Olang Resto

Menu Bebek Rolas paling pas bila dinikmati dengan Es Ole Olang yang memiliki rasa manis dan kecut yang segar sekali. Info dari pemiliknya kalau es ini diberi tambahan madu kelengkeng, sehingga bukan hanya nikmat dan segar saat diminum tapi juga baik untuk tubuh, untuk harganya sendiri yakni Rp 15.000.

Tidak perlu khawatir dengan jadwal buka tutup Ole Olang Resto karna resto ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam, sangat cocok bagi mereka yang kerja atau beraktifitas di pagi hari dan membutuhkan sarapan atau pulang larut malam kemudian menginginkan makan bebek, Ole Olang Resto siap untuk melayani konsumen.

Lokasi dan Fasilitas Cafe Wisata Kapal dan Dermaga Rindu di Bangkalan

3/10/2021 Add Comment

Di Bangkalan belum lama ini ada tempat wisata baru dengan konsep unik dan sangat menarik. Namanya wisata Dermaga Rindu, tempat wisata ini merupakan sebuah cafe dengan bangunan kapal kayu Bugis yang sangat menarik. Terbukti baru resmi dibuka pada awal bulan Desember tahun lalu namun tempat ini sudah banyak menarik perhatian pengunjung untuk datang ke sana.

cafe wisata kapan rindu bangkalan

Lokasinya berada di Desa Kesek, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan persis di pinggir selat madura dan berdekatan dengan Jembatan Suramadu. Kalau dari arah Surabaya jaraknya sekitar kurang dari 15 km saja. Sedangkan apabila berangkat dari arah Bangkalan kota jarak yang ditempuh sekitar 12 km. Akses jalan menuju kesana sudah baik dan bisa dilewati baik sepeda motor, mobil maupun bus pariwisata.

Awalnya tempat ini bernama Wisata Alam Kesek namun seiring waktu berubah menjadi Wisata Dermaga Rindu. Salah satu daya tarik tempat wisata ini ialah panorama jembatan Suramadu yang bisa dinikmati dari atas kapal. Untuk model wisata yang serupa di Bangkalan memang masih belum ada, jadi tempat wisata ini sangat unik dan berbeda dari lainnya.

dermaga rindu bangkalan

Sebelumnya, di Kabupaten Pamekasan sudah ada wisata sejenis yang bernama Kapal Jodoh yang masih satu pemilik dengan wisata Kapal Rindu. Menurut informasi dari salah satu karyawan di sana kalau sebentar lagi akan dibuka lagi cabang baru yang berdekatan dengan Kapal Rindu. Cabang baru ini letaknya lebih dekat dengan gerbang Jembatan Suramadu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Wisata Kapal Rindu

Untuk bisa masuk ke dalam para wisatawan yang datang tidak dikenakan biaya masuk, namun sebagai gantinya diharuskan untuk memesan menu makanan dan minuman. Akses pintu masuknya dibuat hanya bisa dimasuki satu orang, jadi harus berjejer dan mengantri. Melewati pintu masuk tadi ada meja kasir sebagai tempat memesan menu sekaligus pengunjung diminta menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan selain wajib menggunakan masker.

Beragam menu yang disajikan mulai dari nasi ayam, pisang kejus, aneka jus buah sampai siomay pun tersedia. Harganya berkisar dari Rp 10.000,-  sampai Rp 40.000,- saja. Setelah selesai memesan dan membayar pesanan, pengunjung baru dibolehkan masuk ke area dermaga. Setelah melewati pintu masuk, ada musholla dan toilet yang terletak berdampingan yang bisa digunakan pengunjung selama berada di sana.

Kemudian turun melalui anak tangga, kamu bisa masuk ke area dermaga yang terbuat dari papan kayu yang kokoh. Ada pintu masuk dermaga dengan tulisan Dermaga Rindu yang biasa dijadikan spot foto oleh banyak pengunjung. Pengunjung akan menyeberangi jembatan kayu yang lebar dan memanjang, dipinggir jembatan diberi pembatas yang terbuat dari kayu serta tali kapal.

Panjang jembatan sekitar 10 meter di atas selat Madura, saat berada di atas jembatan kayu kamu bisa menyempatkan waktu untuk berfoto. Setelah melewati jembatan, akhirnya masuk ke area kapal. Di sebelah kiri terdapat beberapa meja dan kursi yang bisa digunakan untuk duduk dan menikmati menu yang sudah dipesan tadi dengan konsep outdoor. 

Meja dan kursi yang disediakan juga terbuat dari kayu dan jaraknya diatur rapi sehingga tidak berdempetan, jarak per mejanya sekitar 2 meter. Meskipun berkonsep outdoor, namun di bagian atas dipasang jaring penutup supaya cahaya matahari tidak langsung masuk. Lampu-lampu hias yang cantik digantung sebagai pemanis untuk menambah indahnya suasana.

Suasana dan Panorama Indah di Dua Lantai Kapal Rindu

Kapal Rindu sendiri memiliki dua lantai dan bagian bawah kapal disulap menjadi dapur serta tempat karyawan. Untuk bisa naik ke lantai pertama pengunjung harus melewati beberapa anak tangga. Di lantai pertama sebelah ujung depan terdapat alat nahkoda kapal, persis sekali seperti yang ada pada kapal Bugis, di tempat ini biasanya digunakan untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan Suramadu dan tentunya pemandangan laut Madura.

Di bagian tengah hingga ujung belakang berjejer rapi meja dan kursi yang disediakan untuk pengunjung. Setiap meja berisi empat kursi, tidak lupa hiasan lampu-lampu bohlam dan daun-daun plastik yang terpasang rapi di atas atap menghiasi lantai pertama di Kapal Rindu. Suasan pinggir laut ditambah dengan pemandangan yang membuat tenang saat melihatnya akan membuat kamu betah berlama-lama berada di sana.

Belum puas dengan pemandangan di lantai satu? Kamu bisa naik ke lantai dua yakni lantai paling atas yang ada di Kapal Rindu. Dari atas lantai dua kamu bisa puas menikmati pemandangan indah Selat Madura, Jembatan Suramadu yang menjadi primadona dan suasana di lantai dua ini yang semakin syahdu.

Di lantai dua ini juga tersedia beberapa meja dan kursi yang bisa digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati menu makanan dan minuman yang sudah dipesan tadi. Hiasan lampu-lampu bohlam dengan hiasan daun-daun sekilas memberikan suasan seperti sedang berada di taman yang asri dekat dengan laut.

Di setiap lantai juga sudah disedikan tempat cuci tangan yang berada di bagian belakang kapal. Jadi, setiap kamu berkunjung kesana dipastikan terjaga kebersihannya terlebih di masa pandemi seperti sekarang. 

Belajar Bahasa Madura dalam Kehidupan sehari-hari

3/04/2021 Add Comment
Untuk bisa Belajar Bahasa Madura tentu dibutuhkan sumber tertentu bagi mereka yang awam tentang bahasa madura, tentu akan ada kesulitan sendiri jika orang luar madura ingin menguasai tentang bahasa dan juga penulisan tentang Madura. Dari segi pengucapan saja seringkali salah dan dibutuhkan waktu yang tidak sedikit agar mulut dan lidah bisa menguasai berbagai kosakata atau kalimat bahasa madura.

Artikel Belajar Bahasa Madura dalam kehidupan sehari-hari

Tidak hanya pengucapan saja, tapi penulisan-pun juga ada aturannya sendiri jadi tidak asal-asalan saja dan saat ini banyak sekali orang madura tidak paham bagaimana menulis bahasa madura yang sesuai dengan aturan yang berlaku ditambah semakin sedikit tutur tingkat halus yang dipergunakan dalam sehari-hari karna kebanyakan kita menggunakan bahasa kasar kepada siapapun.

Beberapa artikel tentang Bahasa Madura sudah kami rangkum dalam beberapa tulisan, silahkan dibaca terlebih dahulu untuk memahami berbagai seluk beluk tentang Bahasa Madura itu sendiri agar lebih mudah memahami kedepannya.


Nah berikut ini adalah beberapa kutipan tentang Belajar Bahasa Madura dalam kehidupan sehari-hari yang diambil langsung dari Kamus Bahasa Madura - Indonesia disusun oleh Adrian Pawitra:

POLA KANONIK DALAM BAHASA MADURA

KATA DASAR

a. yang bersuku satu.
contoh:
BAHASA MADURA BAHASA INDONESIA
è di (kata perangkai)
yang (kata penghubung / kata ganti penghubung)
cè' sangat/amat
ḍâ' ke / kepada
bân dan / dengan
ka ke (kata perangkai)
ghun hanya
tor dan

b. Yang bersuku dua
Contoh:
BAHASA MADURA BAHASA INDONESIA
apa (a - pa) apa
ampon (am - pon) sudah
bhâdân (bhâ - dhân) badan
cabbhur (cab - bhur) cebur
dhika (dhi - ka) anda
ghâbây (ghâ - bây) buat

b. Yang bersuku tiga
Contoh:
BAHASA MADURA BAHASA INDONESIA
satèya (sa-tè-ya) sekarang
kobâtèr (ko-bâ-tèr) khawatir
kajhâbhâ (ka-jhâ-bhâ) khawatir
sanèrbhâ (sa-nèr-bhâ) semua
sanèrbhâ (sa-nèr-bhâ) semua
otama (o-ta-ma) utama
manabi (ma-na-bi) kalau
akanṭa (a-kan-ṭa) seperti
ompama (om-pa-ma) umpama


Nah selanjutnya dibawah ini akan dijelaskan penggunaan bahasa madura translate yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan akan dibahas perkata agar mudah dimengerti dan dipahami juga ada beberapa kalimat yang sering dipakai untuk menambah perbendaharaan dalam merangkai kalimat bahasa madura lengkap dengan ejaan-nya.


UCAPAN BAHASA MADURA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Saya / Aku = Engko' ; Sèngko' ; Abâ'

Kami = Engko' ban bâ'na kâbbhi

Kita = Engko' ban sakabbhinna bhâreng

Kamu = Bâ'na ; bâ'en {Pmk} ; bâ'eh {Bkl} ; kakè(h) {Bkl} ; hèḍâh {Bkl} ; sèḍâh {Bkl} ; dhika {T} ; sampèyan {A} ; padhâna {AT} ; panjhennengngan {AT} ; ajunan dhâlem {AT}

Ini = Arèya ; jiya(h) {Bkl}

Itu = Rowa

Sini = Ḍinna'; Ka' ḍinto {A}

Sana = Kassa(h) ; Ka' kassa {A}

Haus = Arjhâng

Nama = Nyamah

Air = Aèng

Sobek = Bheḍḍhâ

Nangis / Menangis = Nangès

Hati - Hati = Ngastètè

Permisi = Gâlânon / Glènon (bkl) ; Pangapora (smp)

Perjaka = Lancèng

Perawan = Prabèn

Laki-laki = Lakè'

Perempuan = Binè' 

Timur = Tèmor

Barat = Bèrè'

Utara = Dejeh

Selatan = Lao'

Masjid = Masèghit

Makan = Ngakan

Tahun = Taon

Besok = Lagghu'a

Anak Lelaki = Kacong 

Anak Perempuan = Jhebbing

Rumah Sakit = Masakè'

Sakit = Sakè'

Air Liur = èber

Suka / Ingin = Terro

Kangen =  Kerrong

Musim Panas = Nèmor

Musim Hujan = Nambhârâ'

Hati - Hati = Tè - Ngatè / Ngastètè

Menyetubuhi = Nganco'

Mengamuk = Ngamok

Rapi = Prèmpen 

Sabar = Sâbbhar

Lonte, Lacur, Jalang = Sondhel

Tamu = Tamoy

Khawatir = Kabater

Dosa = Dhusa(h)

Kelapa Muda = Begghân 

Pingsan = Klengnger

Sampah = Sarpaan

Lempar = Tambu'

Berdiri = Manjheng

Arang = Areng

Angkuh / Sombong = Angko

Belajar = Ajhâr

Musholla / Langgar = Langghâr

Menyetubuhi = Nganco' 

Celup = Cangrep

Cangkir = Cangkèr

Dukun =  Ḍhukon

Kertas = Dhlubâng

Jatuh = Ghâgghâr

Marah = Ghighir

Ikan = Jhuko'

 
 

ANGKA ATAU BILANGAN DALAM BAHASA MADURA

1. Satu = Sèttong

2. Dua = Ḍuwâ'

3. Tiga = Tello'

4. Empat = Empa'

5. Lima = Lèma'

6. Enam = Ennem

7. Tujuh = Pètto'

8. Delapan = Bâllu'

9. Sembilan = Sanga'

10. Sepuluh = Sapolo 

20. Dua Puluh = Du polo

25. Dua Puluh Lima = Saghâmè'

50. Lima Puluh = Sèket

60. Enam Puluh = Sabidhâk

100. Seratus = Satos

 

NAMA HARI DALAM BAHASA MADURA:

1. Senin = Sennèn

2. Selasa = Slasah

3. Rabu = Rebbuh

4. Kamis = Kemmès

5. Jumat = Jum'at

6. Sabtu = Sabtoh

7. Minggu = Minggu 


ARAH MATA ANGIN DALAM BAHASA MADURA

1. Timur = Tèmor

2. Barat = Bere'

3. Utara = Dejeh

4. Selatan = Lao'


KALIMAT /  UCAPAN PENDEK DALAM BAHASA MADURA

Rendah Hati = Anḍhâp Asor Atèna

Saudara Sendiri = Trètan Ḍhibi'

(Salam) Satu Darah = (Salam) Sèttong Ḍhârâ

Terima Kasih = Mator Sakalangkong 

Selamat Ulang Tahun = Slamet Molang Arè

Jatuh Cinta = Nyanḍhang Tarèsna

Meninggal Dunia = Adhinggâl Omor

 

KALIMAT CINTA / SAYANG DALAM BAHASA MADURA

Aku Mencintaimu / Aku Cinta Kamu = Bulâ tarèsna ka Dhika

Cinta itu Buta = Tarèsna nèko Buta

Sesungguhnya Cinta itu dibawa Mati = Saongghuna tarèsna nèka èkèba matè

Cinta Suci =  Tarèsna sè èsto

Benang - benang asmara = Bây-lâbây Tarèsna

Oh, teganya meninggalkan hati yang terpesona akan cinta =  Ḍu, tèghana ningghâllaghi atè sè kapèncot tarèsna

Teringat akan Cinta-nya = èmot ka tarèsnana

Jika memang cinta mari dengan kesungguhan, jangan sampai aku terkenang-kenang = Mon tarèsna torè bi' ongghu, jhâ kangsè bulâ ngen-bângennan

Benar - benar Cinta = Tarèsna Ongghu

Mempersembahkan Cinta dengan seribu senyuman = Nyaos tarèsna saèbu pèsem