Wisata Kuliner Campor Lorjuk Khas Kabupaten Pamekasan

12/28/2016 Add Comment
Berkunjung ke Kabupaten Pamekasan rasanya kurang lengkap jika teman-teman tidak mencoba wisata kuliner yang ada disana. Salah satunya adalah Kuliner Campor Lorjuk yang katanya hanya ada di Kabupaten Pamekasan saja tepatnya di Kecamatan Pademawu. Buat kalian yang asli berasal dari Pamekasan pasti tidak heran dengan kuliner yang satu ini bukan ?.

Tapi sebelum kami menjelaskan apa itu Campor Lorjuk ? seperti apa bentuknya dan bagimana rasanya, sekarang teman-teman harus tahu apa itu Lorjuk ?. Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura.


Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa teman-teman temukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai. Untuk bisa mendapatkan kerang bambu bukanlah pekerjan yang mudah, Kenapa ? karena butuh kesabaran, kejelian dan keahlian juga.

Campor Lorjuk sendiri kalau dilihat sekilas seperti Soto, tapi kali ini sotonya berbahan Lorjuk. Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto’) yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan tidak lupa diberi taburan Lorjuk yang sudah dimasak dibagian atasnya sebagai topping.
Kuah gurih dari Campor Lorjuk sendiri semakin khas dengan campuran petis yang juga terbuat dari kerang bambu. Petis Lorjuk sendiri cukup terkenal di tengah-tengah masyarakat Madura, rasanya yang asin dan gurih sempurna. Panganan yang satu ini biasa disediakan jika ada tamu penting yang datang karena dirasa sangat spesial.

Harga Campor Lorjuk


Ada satu rahasia yang membuat kuah Campor Lorjuk ini terasa sangat berbeda dengan kuah lainnya. Yakni air rebusan kerang bambu ( kerang kuku ) yang membuat perbedaan rasa antara soto- soto biasa dengan campor lorjuk. Setelah lorjuk sudah dipastikan bersih secara keseluruhan, kemudian direbus lagi dengan air rebusan tadi.
Untuk menambah cita rasa, lalu dicampur bersama dengan racikan bumbu lengkap secukupnya, yang terdiri dari bawang merah, cabe merah, merica, bawang putih, pala, jahe dan juga garam. Menurut penjelasan dari salah satu penjualnya, Campor Lorjuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

Harga satu porsi Campor Lorjuk ini berkisar Rp. 5.000,- sampai Rp. 7.000,- sangat murah dan terjangkau. Kami merekomendasikan panganan ini untuk teman-teman pecinta kuliner terutama kuliner dengan rasa gurih yang juara. Penasaran ? segera datang ke Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dan nikmati langsung rasa gurih dari Campor Lorjuk ini ya.

Tips Merencanakan Liburan Tahun Baru Dengan Mudah dan Murah

12/20/2016 Add Comment
Tahun baru, hampir semua orang begitu antusias untuk menyambut dan merayakannya. Momen yang hanya sekali setahun ini memang menjadi momen berharga dimana semua orang mengharapkan merayakannya secara spesial di suatu tempat. Namun, tidak semua orang bisa merencanakan momen liburan tahun baru dengan baik.

Alih-alih lancar dan menyenangkan, liburan tahun baru bisa-bisa menjadi liburan yang menyebalkan karena persiapan yang kurang matang. Apalagi jika pada acara liburan tahun baru tersebut Anda mengajak serta keluarga atau teman-teman yang jumlahnya tak sedikit. Sebagai antisipasi agar liburan tahun baru tetap menyenangkan sesuai harapan, ada baiknya apabila Anda membuat catatan mengenai apa saja yang mungkin diperlukan untuk merealisasikan liburan nanti.


Mulai dari hal paling utama hingga hal yang paling kecil yang mungkin sering Anda lupakan, namun justru juga penting. Nah, untuk memaksimalkan momen liburan agar menjadi momen yang berkualitas, maka tips-tips kali ini diharapkan dapat membantu. Berikut adalah tips merencanakan liburan tahun baru dengan mudah dan murah.

1. Menentukan Moda transportasi yang Hemat Waktu

Momen tahun baruan sudah pasti dinantikan banyak orang. Oleh karena itu, Anda tidak hanya perlu memastikan dari jauh-jauh hari akan merayakan tahun baruan nati di mana, tapi juga menentukan moda transportasi apa yang nanti digunakan.

Mengingat waktu liburan tahun baru pada umumnya hanya sebentar, bagi Anda yang berencana liburan ke tempat yang cukup jauh, maka akan lebih baik jika Anda memilih moda transportasi yang bisa menghemat waktu perjalanan, seperti pesawat, sehingga waktu liburan tidak habis untuk perjalanan saja.


Cara mudah dan murah untuk membeli tiket pesawat pun bisa Anda lakukan, contohnya seperti membeli tiket pesawat dari maskapai yang terkenal memiliki tarif rendah, seperti airasia. Maskapai tersebut termasuk salah satu maskapai yang recommended dan sering digunakan para traveler, selain karena harga tiketnya yang lebih hemat, airasia juga punya banyak pilihan destinasi. Jika ingin mengetahui apakah destinasi Anda termasuk dalam rute destinasi airasia atau tidak, Anda bisa klik di sini untuk mengeceknya.

2. Menentukan Kapan Waktu yang Baik Untuk Membeli Tiket

Bagi Anda yang berencanakan pergi berlibur menggunakan moda transportasi pesawat, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menentukan kapan waktu yang baik untuk membeli tiket. Para traveler sepakat bahwa tiket pesawat biasanya jauh lebih murah ketika jauh dari peak season. Dan, waktu yang paling baik, yaitu 6 atau 8 minggu sebelumnya. Hal ini juga berguna untuk menghindari kemungkinan Anda kehabisan tiket.


3. Memilih Tempat Wisata

Pemilihan tempat wisata sebaiknya dipikirkan baik-baik dan disesuaikan dengan bersama siapa Anda akan pergi. Jika Anda berencana pergi bersama teman-teman, mungkin Anda bisa lebih leluasa memilih tempat wisata. Berbeda jika Anda pergi bersama keluarga dan anak-anak, maka tempat wisata pun harus yang jauh lebih ramah anak.


4. Memilih Paket Pesawat dan Hotel

Tips jitu yang mungkin jarang terpikirkan adalah, Anda bisa menekan biaya liburan dengan memesan paket tiket pesawat dan hotel. Saat ini, banyak juga maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan pihak hotel. Para traveler juga banyak yang sudah menerapkan cara ini dan terbukti efektif untuk menekan biaya yang cukup banyak, bahkan bisa menghemat beberapa juta.

5. Menyiapkan Dana Berlibur Dari Jauh-Jauh Hari

Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan dana berlibur dari jauh-jauh hari. Entah Anda berniat berlibur dengan sederhana ataupun mewah, Anda tetap butuh mempersiapkan dananya. Maka dari itu, mulailah sisihkan dana sedikit demi sedikit untuk mencukupi rencana liburan Anda supaya Anda bisa mendapatkan liburan tahun baru yang berkualitas.

6. Memanfaatkan Jasa One Day Tour

Meskipun tujuan utamanya adalah merayakan malam tahun baru, namun Anda pasti tidak begitu saja ingin melewatkan keesokan harinya tanpa berjalan-jalan, bukan? Nah, oleh karena itu, Anda perlu bijak dalam memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk menjangkau satu objek wisata ke objek wisata lainnya.

Untuk memaksimalkan liburan tahun baru yang mudah dan murah, Anda bisa memanfaatkan paket wisata di destinasi tujuan liburan. Menggunakan paket tur bisa lebih memangkas biaya dibandingkan Anda pergi sendirian menggunakan transportasi umum untuk menjangkau setiap objek wisata.

Selain itu, biaya masuk yang diterapkan di setiap objek wisata juga biasanya menjadi lebih murah jika Anda termasuk ke dalam rombongan wisatawan. Dan, tentunya dengan memanfaatkan paket tur, Anda bisa duduk santai tanpa harus repot membawa peta dan bertanya-tanya pada warga setempat untuk bisa sampai ke objek wisata yang dituju.


7. Memanfaatkan Kartu Mahasiswa

Pernah terpikirkan bagaimana Anda bisa menghemat biaya untuk masuk ke objek wisata di kota lain ataupun di luar negeri? Para traveler banyak yang sudah mencoba cara ampuh yang satu ini, yaitu dengan meminjam kartu mahasiswa setempat. Menggunakan kartu mahasiswa biasanya menjadi cara andalan untuk mendapatkan harga diskon. Tak tanggung-tanggung, di beberapa tempat jika Anda menunjukkan kartu mahasiswa, Anda bisa saja mendapat diskon hingga 50%.


8. Membawa Barang-barang Seperlunya

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat Anda berlibur ke suatu tempat, Anda pasti tak bisa menahan diri untuk berbelanja, entah untuk diri sendiri ataupun berbelanja souvenir. Namun, Anda perlu bijak juga dalam membawa banyak barang, terutama jika Anda bepergian menggunakan pesawat.

Pesawat memiliki batas maksimal bagasi, sehingga jika Anda terlalu banyak membawa barang, bukannya hemat Anda justru bisa saja membuat ‘kantong Anda bolong’ karena harus membayar ruang bagasi untuk kelebihan beban yang Anda bawa. Maka dari itu, pikirkan juga barang penting apa saja yang sangat perlu dibawa dan mana yang tidak terlalu penting, supaya Anda tetap bisa puas berbelanja di tempat Anda berlibur.


Itulah beberapa tips merencanakan liburan tahun baru dengan mudah dan murah. Semoga Anda bisa merealisasikan liburan tahun baru yang menyenangkan dan berkualitas, serta hemat tentunya. Selamat merencanakan liburan, traveler.

Menduniakan dan Membangun Madura oleh Blogger Madura dan BPWS

12/18/2016 Add Comment
Mimpi untuk bisa memperkenalkan Madura kepada dunia luar bukan lagi sekadar mimpi. Hal ini telah dibuktikan oleh teman-teman dari Komunitas Blogger Plat-M yang bekerjasama dengan pihak Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) beberapa minggu yang lalu. Kegiatan ini jelas tidak kita sia-siakan begitu saja, Tim Gerbang Pulau Madura juga turut berpartisipasi meramaikan kegiatan yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 22 – 26 November 2016

Lalu bagaimana cara yang dilakukan untuk bisa memperkenalkan Madura kepada dunia luar ?. Dengan memanfaatkan dunia maya yang menjadi acuan pertama masyarakat dalam menerima berbagai berita maupun informasi. Komunitas Blogger Plat-M mengudang sekitar 40 blogger yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk turut serta meramaikan kegiatan ini dengan Hastag #MenduniakanMadura dan #JejakBPWS


Ke 40 Blogger Nasional tersebut diajak untuk berkeliling Madura dan melihat apa saja potensi yang ada di Madura. Hal terpenting lagi mereka akan tahu bahwa BPWS berperan utama dalam pengadaan beberapa pembangunan infrastruktur yang ada di Madura. Selama empat hari kemarin para blogger bisa leluasa melihat Madura dari dekat untuk mereka tulis dalam blog pribadi bukan hanya itu para blogger diminta untuk meramaikan kegiatan ini pada setiap akun media sosial yang mereka miliki.

Blogger Diajak Melihat 3 Kawasan Pembangunan BPWS

Hal ini diharapkan bisa memberikan satu gebrakan dalam dunia maya bahwa Madura siap dikenal dimana saja. Ada beberapa kunjungan peserta yang menjadi titik utama untuk dipromosikan di media sosial. Beberapa kawasan tersebut sedang dalam proses pengembangan dan beberapa lainnya memang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.


Badan Pelaksana BPWS telah melakukan berbagai kegiatan pengelolaan dan pembangunan infrastruktur wilayah yang dilaksanakan di 3 (tiga) kawasan.

1. Kawasan Kaki Jembatan Sisi (KKJS) Surabaya (600 Ha).
2. Kawasan Kaki Jembatan Sisi (KKJS) Madura (600 Ha).
3. Kawasan khusus di Utara Pulau Madura (600 Ha).

Kawasan Kaki Jembatan Sisi Surabaya (KKJSS) dan Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura (KKJSM) dikembangkan untuk mendorong perkembangan ekonomi, sedangkan kawasan khusus di Utara Pulau Madura untuk pengembangan kawasan Pelabuhan Peti Kemas. Para peserta diajak melihat langsung ketiga kawasan yang masih dalam proses pembangunan tersebut.

Bukan hanya berkunjung ketiga kawasan utama tersebut tapi para blogger juga diajak untuk menikmati beberapa kawasan pariwisata yang juga dibangun dan dikembangkan oleh BPWS. BPWS juga memberikan perhatiannya kepada kawasan pariwisata yang ada di Madura yang berpotensi untuk bisa menarik masyarakat luar supaya datang ke Madura.

Menyusuri Kawasan Pesisir Pantai Utara di Madura

Hari pertama para blogger diantar untuk menikmati kawasan pesisir pantai utara di Madura. Kawasan ini memang menjadi pilihan kedua untuk bisa berkeliling Madura, bisa dikatakan pesisir utara ini akses transportasi jalan tercepat bila dibandingkan saat kita melewati jalan utama menembus 4 Kabupaten yang ada di Madura.

Di Pesisir Utara sendiri ada pembangunan kawasan peti kemas dan para blogger diajak masuk ke dalam tapi masih sebatas di rest area saja. Kemudian perjalanan dilanjut menuju kawasan wisata Hutan Kera Nepa dan Pantai Nepa, disanalah para blogger dan panitia menginap semalam untuk bisa menggali potensi Nepa lebih banyak lagi.

Selama semalam berada di Nepa, blogger diajak untuk berkomunikasi langsung dengan para masyarakat dan beberapa petinggi yang ada disana. Mereka mendapat penjelasan dari Kepala Desa langsung mengenai kawasan wisata Nepa. Selain Kepala Desa, juga hadir perwakilan dari BAPPEDA Sampang dan perwakilan dari pihak BPWS sendiri.

Keesokan paginya para blogger diajak untuk menikmati indahnya pantai Nepa yang masih alami dan memasuki Hutan Kera Nepa. Pada saat itu juga diadakan game khusus untuk bisa menyegarkan suasana dan bertujuan supaya panitia dengan blogger lebih dekat lagi. Setelah semua selesai dilanjut sarapan pagi yang disediakan khusus oleh para masyarakat sekitar langsung.

Menu sarapan yang disediakan adalah menu makanan yang biasa disantap oleh masyarakat sekitar sehari-harinya. Setelah selesai sarapan semua blogger dan panitia berpamitan untuk kembali melanjutkan perjalanan yakni destinasi wisata kedua Air Terjuan Toroan yang berada sekitar 5 Km dari kawasan Nepa.

Air Terjuan Toroan dan Pelabuhan Pasongsongan

Sama seperti kawasan wisata lainnya yang ada di Madura, Air Terjun Toroan diam-diam menyimpan keindahan alam yang begitu mengagumkan. Ditambah pemandangan aliran air terjun yang langsung turun ke laut berhasil membuat para blogger berdecak kagum. Menurut beberpa informasi yang kita dapat bahwa Air Terjun Toroan ini merupakan air terjun terbesar yang ada di Madura sementara ini.

Setelah puas menikmati indahnya kawasan Air Terjun Toroan rombongan pun kembali melanjutkan perjalanan yakni menuju Pelabuhan Pasongsongan yang masuk ke dalam Kabupaten Sumenep. Di Pelabuhan Pasosongan ini merupakan tempat aktivitas jual beli ikan, ada banyak nelayan yang langsung menjual dan memasok hasil tangkapan mereka jadi tidak heran kalau kawasan ini ramai dengan para penjual ikan.

Menyeberang Menuju Pulau Gili Iyang

Setelah selesai melihat aktivitas jual beli yang ada di Pelabuhan Pasongsongan, perjalanan hari kedua dilanjut menyusuri daerah pantai utara. Perjalanan kami pun berhenti di Pelabuhan Dungkek untuk menyeberang menuju Pulau Gili Iyang. Di Gili Iyang nanti semua peserta dan panitia akan kembali bermalam dan tentunya melihat apa saja infrastruktur yang telah dibangun BPWS disana.

Menggunakan perahu motor selama 45 menit perjalanan dimulai hingga akhirnya semua tiba di Gili Iyang. Disana para blogger dan panitia akan diangkut dengan dorkas untuk bisa mengelilingi Gili Iyang yang memiliki luas sekitar 9,15 Km tersebut. Akses jalan utama yang dipaving adalah bentuk pembangunan yang dilakukan oleh BPWS. Tentunya jalan utama tersebut sangat membantu aktivitas masyarakat sekitar sehari-hari.

Para rombongan diantar menuju Home Stay yang sudah disediakan oleh panitia dan masyarakat sekitar untuk menyimpan barang bawaan dan beristirahat sebentar. Kemudian dilanjut untuk makan siang di salah satu rumah warga dan disana kembali terjalin keakraban para peserta, panitia dan masyarakat sekitar. 

Perlu diketahui pula bahwa Home Stay di Pulau Gili Iyang juga dibangun oleh BPWS untuk para pengunjung yang akan berwisata ke Pulau Gili Iyang dan pengelolaannya diserahkan kepada Masyarakat sekitar.

Masuk Ke Gua Mahakarya dan Lanjut Bermalam di Home Stay Gili Iyang

Setelah selesai makan siang para blogger diberikan pilihan untuk destinasi wisata selanjutnya yakni Gua Mahakarya atau Beto Cangge. Beberapa blogger antusias dan bersemangat untuk bisa ke Batu Cangge namun akhirnya dibatalkan karena mengingat cuaca saat itu tidak memungkinkan untuk menuju kesana.

Akhirnya semua blogger diajak masuk ke Gua Mahakarya, perlu diketahui bahwa Pulau Gili Iyang sendiri memiliki beberapa kawan wisata alam yang indah selain kawan utamanya yakni Titik Oksigen. Selama berada di dalam gua yang diantar langsung oleh penjaga gua, para blogger bisa dengan bebas mengexplore semua hal yang ada di dalamnya.

Pintu masuk gua yang sempit dan beberapa terowongan yang ada di dalam gua yang hanya bisa dilewati dengan cara merunduk saja menjadi satu hal yang sangat menyenangkan bagi wisatawan. Karena rasa lelah sudah mulai datang menyapa, perjalanan hari kedua pun berakhir dan semua rombongan kembali ke Home Stay untuk beristirahat.

Home stay yang kami tempati ternyata merupakan titik oksigen kedua yang ada di Pulau Gili Iyang. Menurut informasi yang kami terima dari masyarakat sekitar bahwa waktu terbaik untuk bisa merasakan segarnya oksigen disana adalah pukul 2 pagi. Jadi, waktu tersebut tidak disia-siakan, banyak blogger yang sudah bangun terjaga untuk bisa menikmati sejuknya oksigen yang ada di Gili Iyang.

Sarapan Pagi di Pantai Ropet dan Melihat Fosil Ikan Paus

Pagi harinya para blogger diajak untuk sarapan di sekitar Pantai Ropet, pantai ini merupakan salah satu kawasan wisata yang ada di Gili Iyang. Sebelum menuju ke pantai, disempatkan untuk melihat fosil ikan paus yang pernah terdampar di Gili Iyang. Fosil tersebut disimpan dan menjadi tontonan bagi wisatawan yang kesana.


Sarapan di tepi jurang pantai Ropet ini memberikan kesan yang paling diingat oleh semua blogger. Menikmati sunrise, suara kicauan burung, deburan ombak yang menggulung dan angin sepoi-sepoi menambah akrab suasana pagi itu. Kembali masyarakat sekitar menyiapkan menu sarapan pagi untuk blogger dan panitia.

Tidak banyak waktu yang kami miliki untuk bisa menggali berbagai potensi yang ada di Gili Iyang. Sekitar pukul 8 pagi dua perahu motor kembali mengangkut kami menuju Pelabuhan Dungkek setelah berkemas. Hari ketiga ini agenda para blogger cukup padat, ada tempat selanjutnya yang sudah menanti.

Budidaya Rumput Laut dan Bandara Trunojoyo Sumenep

Setibanya kembali di Pelabuhan Dungkek kemudian para blogger kembali naik bus dan melanjutkan perjalanan menuju kawasan budidaya rumput laut yang berada di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep atau sekitar 10 Km dari Pelabuhan Dungkek. Disana semua blogger diajak untuk melihat langsung proses budidaya rumput laut yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar.

Waktu itu banyak rumput laut yang sedang dijemur di bawah terik matahari, hal tersebut menarik perhatian blogger untuk kembali mereka liput. Disana juga kami bisa mencicipi sajian berupa puding yang terbuat dari rumput laut yang dihasilkan oleh masyarakat yang membudidayakan rumput laut.

Tidak lama kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Bandara Trunojoyo Sumenep. Bandara ini menjadi satu-satunya akses transportasi udara yang bisa digunakan jika kita akan bepergian menuju Sumenep dan beberapa daerah sekitar seperti Pulau Bawean. Jadi, jika ada teman-teman yang ingin berkunjung ke Sumenep dan tidak ingin melewati jalan panjang yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam bisa mengunakan pesawat yang menuju Bandara Trunojoyo. 

Rencananya BPWS akan memperlebar jalan akses menuju Bandara Trunojoyo, semoga program ini bisa terealisasi segera demi kenyamanan semua orang yang akan bepergian maupun datang ke Kabupaten Sumenep melalui pesawat yang ada di Bandara Trunojoyo Sumenep.

Desa Batik Klampar di Kabupaten Pamekasan

Menujungi wisata alam dan melihat beberapa pembangunan infrastruktur BPWS, kali ini para blogger diajak untuk mengunjungi kawasan budaya yakni Desa Batik Klampar. Kembali BPWS memiliki peran utama dalam pembangunan desa ini, yakni membangun akses jalan dan penerangan di sekitar jalan utama Desa Klampar.

Disana juga teman-teman blogger bia melihat langsung proses pembuatan batik Klampar yang sudah terkenal itu. Hampir semua pemilik galeri batik yang ada di Madura mengambil batik dari Desa Klampar ini. Bapak Ahmadi selaku pemili Batik Klampar mentyambut rombongan blogger dengan antusias. Para blogger juga diajak masuk ke dalam galeri yang tersedia disana.

Ada banyak sekali koleksi batik yang sudah dihasilkan oleh para ibu-ibu pembatik di Desa Klampar. Dengan varian motif, corak, bahan dan tentunya harga yang sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai puluhan juta tersedia disana. Bapak Ahmadi juga menjamu blogger dan panitia yang datang berkunjung pada saat itu.

Setelah selesai makan siang dan membeli beberapa batik dari galeri, para rombongan blogger dna panitia melanjtkan perjalanan menuju Kabupaten Bangkalan. Malamnya para rombongan akan menginap disana tepatnya di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Menjadi tempat terakhir persinggahan para blogger dalam menapaki jejak BPWS di Madura.

Desa Kwanyar Syarat Keunikan dan Religius

Menempuh perjalanan darat sekitar 90 Km dari Desa Klampar cukup memakan waktu, Kamis malam akhirnya rombongan tiba di kantor Kecamatan Kwanyar dan disambut meriah oleh banyak masyarakat sekitar juga jajaran Dinas dari Kecamatan Kwanyar

Setelah mendapat sambutan dan mencicipi makanan khas Kwanyar rombongan dipersilahkan untuk sholat di Masjid Cendana yang berada tepat didekat makam Sunan Cendana, salah satu tokoh penting di Kwanyar dan Madura. Adanya makan Sunan Cendana ini menjadikan desa Kwanyar sebagai desa yang cukup religius.

Malamnya, semua blogger dan panitia disediakan tempat untuk bermalam di rumah penduduk. Pada malam terakhir setelah santap malam, blogger diperlihatkan bagaimana cara menggoreng krupuk udang tanpa minyak. Beberapa blogger lainnya berdiskusi dengan petinggi dan sesepuh di Desa Kwanyar.

Hadir juga pejabat DPRD Pariwisata malam itu, tentunya diskusi ringan berjalan cukup menarik dan banyak informasi mengenai pariwisata Bangkalan yang bisa didapat. Menjelang tengah malam, semua dipersilahkan untuk beristirahat, semalaman hujan mengguyur desa Kwanyar tanpa henti sampai pagi hari.

Setelah sarapan pagi, rombongan bersiap-siap untuk kembali menuju kawasan selanjutnya.Sekitar pukul 8 pagi rombongan blogger dan panitia berangkat, yakni menuju kawasan Universitas Trunojoyo Madura.

Kembali menapaki Jejak BPWS di kawasan kampus terbesar di Madura tersebut, berupa pembangunan akses jalan umum untuk bisa masuk ke area kampus. Dari dalam bus para blogger melihat jalan yang sudah dibangun dan beberapa titik yang masih dalam proses pembangunan. Akses jalan ini memudahkan semua orang juga masyarakat sekitar untuk bisa sampai ke UTM.

Perjalanan Terakhir Menapaki Jejak BPWS

Perjalanan terakhir kami berujung pada Galeri Oleh-Oleh khas Madura yakni Tresna Art. Bagi teman-teman yang asli Bangkalan tentu tidak akan asing lagi dengan tempat ini. Tresna Art menjadi salah satu tujuan wisata utama yang ada di Madura khususnya Bangkalan sendiri. Setiap harinya bahkan di akhir pekan banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi galeri yang di dalamnya kental dengan aksitektur Madura ini.

Akhirnya perjalanan kami menapaki Jejak BPWS selama 4 hari selesai sudah. Ada banyak pengalaman baru, informasi dan pelajaran dari perjalanan panjang ini. Blogger pun semakin tahu Madura dan semua potensi yang ada disini termasuk bagaimana BPWS berperan penting dalam membantu pembangunan wilayah Madura.

Menduniakan Madura bukan lagi mimpi, semakin kesini Madura banyak dikenal oleh masyarakat dari berbagai daerah. Peran serta Blogger dalam tulisan mereka menjadi harapan baru untuk bisa memperkenalkan Madura. Terima kasih yang tidak terhingga untuk BPWS, semoga semakin banyak lagi pembangunan di Madura.

Terima kasih juga untuk teman-teman dari Komunitas Blogger Plat-M karena kalian juga nih, Madura semakin dikenal dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung. SEMOGA MADURA MAKIN MENDUNIA!!

Wisata Pantai Sembilan di Pulau Gili Genting - Sumenep

12/08/2016 Add Comment
Kepulauan yang berada dalam wilayah Kabupaten Sumenep selalu berhasil membuat para wisatawan berdecak kagum melihat keindahannya. Setelah beberapa tahun terakhir Pantai Pulau Gili Labak menjadi perhatian hampir semua masyarakat Indonesia sekarang teman-teman akan kembali dibuat terkejut dengan salah satu pulau yang lainnya.

Pulau Gili Genting termasuk dalam daftar kepulauan yang ada di Sumenep, lalu ada apa saja di Pulau Gili Genting ini ?. Buat teman-teman yang suka sekali dengan pantai dan ingin berwisata ke pantai yang memiliki panorama sangat indah kalian harus datang ke Pantai Sembilan yang ada di Pulau Gili Genting Kabupaten Sumenep.


Pantai Sembilan terletak di Desa Bringsang Kecamatan Kepulauan Gili Genting Kabupaten Sumenep. Untuk bisa sampai di Gili Genting teman-teman harus menyeberang dari pelabuhan Saronggi dengan menggunakan perahu layar bermotor. Bagi kalian yang baru pertama kali menyeberang ke Gili Genting jangan khawatir karena perahu motor ini aman digunakan.

Perjalanan menyeberangi laut akan ditempuh waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Saronggi. Selain itu biaya menyeberang menggunakan motor cukup terjangkau yakni Rp. 10.000,- per orangnya. Di atas perahu kita juga bisa menikmati keindahan laut yang mengelilingi Kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep. Perahu motor yang menyeberang menuju Gili Genting juga selalu ada setiap harinya dari pagi sampai sore hari.

Pantai Sembilan, Surga Tersembunyi di Gili Genting 


Laut yang biru, air pantai yang bening, pasirnya yang putih dengan hembusan angin sepoi-sepoi merupakan paduan yang sangat pas bagi teman-teman yang memimpikan liburan dengan suasana tenang. Panorama keindahan pantai Sembilan bukan hanya bisa kalian nikmati dari atas saja lho, tapi teman-teman bisa terjun langsung menikmati pantai dari bawah.

Ayunan menikmati di Pulau Gili Genting

Sebagai catatan saja, bahwa panorama bawah pantai Sembilan berbeda dengan yang ada di Gili Labak. Apa yang membedakan ? di pantai Sembilan ini jarang ditumbuhi oleh terumbu karang bahkan hampir tidak ada. Jadi, selama melakukan snorkeling teman-teman tidak perlu takut menginjak terumbu karang maupun terluka.
Lalu, kenapa disebut dengan Pantai Sembilan ? Jika dilihat dari atas ketinggian pinggiran pantai ini akan membentuk angka sembilan. Namanya yang unik memudahkan kita untuk mengingatnya, selain panorama keindahan yang ada disana.

Berbicara tentang panorama alam yang ada di sekitar Pantai Sembilan juga tidak kalah mengagumkan. Pohon yang rindang dan masih terbilang sangat asri, banyak orang yang bilang kalau Pantai Sembilan ini Hawainya Sumenep. Bisa dipastikan disana teman-teman akan merasa sangat nyaman dan ingin kembali lagi.

Tempat berteduh di Pantai Sembilan - Gili Genting

Untuk fasilitas umum yang ada di Pantai Sembilan sampai saat ini masih belum tersedia Home Stay maupun penginapan untuk wisatawan. Jadi, jika ingin berlibur ke Pantai Sembilan tidak disarankan untuk bermalam disana kecuali teman-teman membawa tenda untuk didirikan di sekitar pantai bersama keluarga maupun sahabat.

LETAK PANTAI SEMBILAN DI PULAU GILI GENTING


Mungkin teman teman banyak yang bertanya seputar lokasi atau letak Pantai Sembilan ini, seperti judul diatas bahwa pantai ini terletak di Kabupaten Sumenep dan untuk bisa mencapai kesana bisa sewa mobil Surabaya silahkan transit dulu di Pelabuhan Tanjung menggunakan transportasi perahu karna jaraknya yang cukup dekat dengan Gili Genting dan hanya membutuhkan waktu tidak sampai 1 jam saja.

Lalu, apalagi yang bisa kami ceritakan untuk teman-teman kecuali saran agar kalian segera luangkan waktu untuk langsung datang ke Wisata Pantai Sembilan. Pastikan juga kalau rencana liburan kalian sudah terisi jadwal mengunjungi Pantai Sembilan ya. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesopanan selama berlibur.

VIDEO WISATA PULAU GILI GENTING - SUMENEP


INFO TRAVEL GUIDE PULAU GILI GENTING

087850035899 via WhatsApp | MaduraIndahWisata@gmail.com

Nikmatnya Kuliner Rujak Selingkuh di Kabupaten Sumenep

12/06/2016 Add Comment
Wisata kuliner ke Madura jangan lupa untuk sempatkan waktu ke Kabupaten Sumenep. Ada apa saja disana ? sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Madura, Sumenep memiliki banyak jenis wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah kuliner Rujak Selingkuh, mendengar nama kuliner ini pastinya teman-teman akan terkejut karena sangat aneh dan tentu tidak biasa.

Sama seperti rujak pada umumnya, Rujak Selingkuh ini terbuat dari campuran kacang dan petis khas Madura dengan potongan buah-buahan dan tidak lupa lontong. Lalu apa sih yang membuat Rujak Selingkuh bisa berbeda dengan rujak pada umumnya ?. Tim Gerbang Pulau Madura beberapa waktu yang lalu berkesempatan untuk mencicipi dan melihat langsung Rujak Selingkuh ini.

Rujak Selingkuh Sumenep

Ternyata yang membedakan Rujak Selingkuh dengan jenis rujak lainnya adalah adanya campuran kuah soto Babat yang ada di dalamnya. Jika teman-teman ingat dengan Rujak Soto sebenarnya tidak berbeda jauh namun, kuah yang digunakan berasal dari kuah soto Babat. Selain itu ada campuran Singkong yang ditumbuk lalu dikukus dan dipotong-potong kecil.

Untuk keseluruhan rasa Rujak Seingkuh ini sangat gurih dan lezat, untuk rasa pedasnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Nah, yang paling spesial adalah tambahan taburan kacang putih yang digoreng bersama campuran gula sehingga menghasilkan rasa yang manis juga kriuk-kriuk saat disantap di mulut.


HARGA RUJAK SELINGKUH

Satu porsi Rujak Selingkuh seharga Rp. 13.000 tapi teman-teman jangan kaget karena dengan harga tersebut kita sudah bisa mendapat satu porsi penuh. Jadi, buat teman-teman yang sedang lapar sangat cocok untuk memesan satu porsi full Rujak Selingkuh ini. Jika teman-teman penasaran dengan rasa unik dari Rujak Selingkuh kalian hanya bisa mendapatkan di Kabupaten Sumenep saja.

Warung Rujak Selingkuh ini berada di tengah kota Sumenep tepatnya di Jalan Dr. Wahidin Pajagalan Sumenep. Letaknya cukup strategis dan dekat dengan beberapa penginapan dan hotel yang ada di Sumenep. Lebih jelasnya lagi teman-teman bisa langsung datang ke Warung Rujak Selingkuh dan mencicipinya langsung.

Khusus bagi kalian para pecinta kuliner harus sempatkan waktu untuk datang mencoba kuliner unik yang satu ini.

Cara Mengatasi Mabuk Laut saat Berlayar dengan Perahu

12/02/2016 Add Comment
Salah satu syarat penting untuk bisa nyaman menikmati liburan adalah tubuh yang sehat dan kodisi prima. Kalau tubuh sedang tidak fit sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan wisata. Teman-teman pasti sering mendengar istilah mabuk laut maupun mabuk darat bukan ? Atau jangan-jangan pernah merasakannya langsung ?.

Bisa ditebak pasti rasanya tidak enak dan sangat mengganggu kenyamanan saat sedang liburan. Terutama jika teman-teman sedang melakukan perjalanan liburan dengan menyeberang laut dan itu membutuhkan waktu beberapa jam. Salah satunya saat teman-teman berencana berlibur ke kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep Madura, seperti ke Gili Labak dan Gili Iyang.



Berikut adalah beberapa tips sederhana dari tim Gerbang Pulau Madura untuk teman-teman yang mudah sekali terkena mabuk laut saat sedang menyeberang.

1. Makan Sesuai Porsi dan Tidak Berlebihan

Perlu teman-teman ketahui bahwa gelombang laut yang dihasilkan oleh ombak dan angin seringkali menjadi alasan seseorang mabuk laut. Hal itu otomatis membuat perut kita merasa tidak nyaman dan ingin muntah. Terlebih jika sebelum menyeberang teman-teman baru saja makan dengan porsi yang berlebihan sehingga semakin membuat perut kita terasa begah.

2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Percaya atau tidak, minuman bersoda yang diminum sesaat sebelum teman-teman akan menyeberang akan membuat perut semakin terasa mual. Goncangan yang terjadi pada perahu membuat perut juga bergoncang dan membuat minuman soda yang baru diminum keluar melalui cara yang tidak enak. Oleh karena itu, jika teman-teman ingin menyeberang laut disarankan untuk tidak minum minuman bersoda sebelumnya.

3. Istirahat Cukup

Salah satu faktor yang membuat tubuh kita semakin terasa fit saat melakukan perjalanan adalah dengan istirahat yang cukup. Sebelum berangkat temna-teman bisa tidur selama 2 – 3 jam untuk mengumpulkan tenaga agar tidak mudah terkena mabuk laut.

4. Jangan Lupa Minum Obat Anti Mabuk

Selalu memnyediakan kotak obat di dalam tas selama melakukan perjalanan liburang merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah obat anti mabuk yang biasanya banyak dicari, maklum saja mabuk laut memang bisa terjadi kepada siapa saja tidak tekecuali dengan anak kecil lho.

5. Jika Terasa Pusing Coba Lihat Laut

Saat teman-teman sudah mulai merasa pusing, mual dan sebagainya coba arahkan pandangan teman-teman untuk melihat laut. Hal ini cukup membantu mengurangi rasa pusing dan mual yang sedang kalian rasakan.

6. Jangan Pilih Tempat Duduk yang Penuh

Pemilihan tempat duduk juga bisa memberikan pengaruh pada tubuh untuk tidak mabuk laut. Disarankan agar teman-teman tidak memilih tempat duduk yang penuh dan pengap, untuk menghindari rasa mual dan pusing yang semakin menjadi. Namun, jika ternyata teman-teman mendapatkan tempat duduk yang penuh dan pengap biasakan untuk tetap tenang dan atur nafas supaya perut tidak kembali mual.

Mungkin itu saja beberapa tips sederhana namun cukup penting untuk diterapkan saat teman-teman akan melakukan perjalanan menyeberang laut. Terkena mabuk laut itu memang tidak enak dan sangat mengganggu sekali dengan semua kegiatan liburan kita. Jadi, sebelum berangkat bepergian ada baiknya teman-teman mempersiapkan stamina dan tubuh yang fit untuk menghidaari terkena mabuk laut ya.