Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi Maps Wisata Pantai Lon Malang - Sampang

1/16/2021 Add Comment

Pantai Lon Malang merupakan salah satu pantai yang pernah viral yang ada di Madura dan masih menjadi perhatian banyak wisatawan sampai saat ini. Pantai ini terletak di Desa Birah Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Lokasinya berada dalam jalur pantai utara Madura, jadi kalau teman-tema berkunjung ke sana selama perjalanan akan menikmati keindahan pinggir laut.


Pantai Lon Malang sendiri mudah dijangkau jika kamu pergi ke sana baik menggunakan motor dan mobil karena tempatnya berada di jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Sumenep dan Bangkalan. Bahkan apabila kamu pergi menggunakan tranportasi umum ada angkutan umum yang bisa mengantarmu yakni, mobil ELF jurusan Sampang yang berangkat dari Kota Bangkalan.

Banyak orang yang mengira bahwa pantai Lon Malang ini terletak di Malang, Jawa Timur karena namanya yang mirip. Padahal arti Lon Malang sendiri ialah kali melintang, dulunya di sana terdapat sebuah kali yang aliran ke hilirnya tidak lurus melainkan melintang. Pantai ini baru resmi dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu.

Sebelumnya pantai Lon Malang merupakan salah satu kawasan pesisir yang tidak terawat. Dulunya tempat ini banyak ditumbuhi semak belukar sampai akhirnya dibuka menjadi tempat wisata. Semak belukar dibersihkan dan diganti dengan tanaman pohon Cemara Udang, pohon yang sama yang ada di Pantai Lombang, Sumenep.


Di pantai eksotis ini teman-teman bisa menikmati indahnya pemandangan saat senja sore yang sangat menawan, langit dalam siluet keemasan menjadikan laut dan sekitarnya berwarna keemasan. Ada satu momen sebelum laut nampak berwarna keemasan, ia terlebih dulu berwarna jingga dan perlahan berubah keemasan yang diikuti oleh sekitarnya.

Banyak yang bilang momen inilah yang menjadi momen paling favorit wisatawan yang datang ke sana. Melihat momen laut dan langit yang berubah warna menjadi keemasan rasanya siapa yang bisa menolak untuk diajak berlibur ke pantai yang juga menjadi desa wisata tersebut. Bahkan pantai ini bisa disamakan dengan pantai yang ada di Bali yang terkenal keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Lon Malang

Pantai yang seindah pantai di Bali ditambah keeksotisan pantai yang memiliki panorama senaja yang sangat menawan nyatanya tidak membuat tempat wisata ini menjadi eksklusif dan mahal bagi pengunjung. Teman-teman cukup membeli tiket masuk sebesar 5.000 Rupiah untuk bisa masuk dan menikmati semua keindahan dan fasilitas yang ada di dalamnya.


Beberapa Fasilitas yang Ada di Pantai Lon Malang

Keindahan sebuah tempat wisata alam rasanya tidak lengkap jika tidak didukung dengan sarana dan fasilitas publik yang bisa digunakan oleh pengunjung saat berada di sana. Begitupula dengan pantai Lon Malang, 3 tahun lebih sudah dibuka untuk umum tentunya pantai ini memiliki banyak fasilitas yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Sewa Speed Boat dan Banana Boat

Berlibur di pantai sepertinya kurang puas kalau belum menantang diri untuk naik Banana Boat. Di pantai Lon Malang sendiri kamu bisa menyewanya untuk naik bersama teman-teman dengan membayar sewa sebesar 100.000 rupiah per 20 menit. Nikmati sensasi naik boat berbentuk pisang yang ditarik kencang dengan speed boat, kuat-kuatan untuk tidak jatuh ya.

Sewa All Terrain Vehicle (ATV)

Hamparan pasir yang luas di pinggir pantai Lon Malang rasanya sayang sekali kalau kamu tidak mencoba mengendarai ATV atau All Terrain Vehicle. Wahana yang satu ini terbukti menjadi salah satu yang favorit bagi pengunjung. Jika kamu tertarik untuk mencobanya bisa membayar sewa sebesar 20.000 Rupiah per 10 menitnya. 



Spot Foto

Fasilitas yang satu ini memang yang paling dicari oleh pengunjung yang hobi berswafoto. Kamu mau ambil foto atau selfie? Bisa. Di pantai Lon Malang ada banyak spot foto yang bisa kamu pilih untuk dimasukkan ke dalam frame fotomu. Bahkan berfoto dengan latar belakang hamparan pantai saja sudah bagus sekali.

Salah satu arena spot foto favorit ialah di atas batu karang tepat di pinggir pantai, kamu bisa naik ke atas dan berfoto bersama dengan tulisan khas pantai Lon Malang. Spot foto ini sekaligus menjadi icon wisata alam tersebut. Kalau kamu ingin berfoto di sana, harap sabar mengantri dan perhatikan saat akan naik ataupun turun dari tumpukan batu karang.

Cafe dan Warung Penjual Makanan dan Minuman

Setelah puas bermain air di pantai, naik Banana Boat, mencoba serunya naik ATV dan berakhir dengan foto-foto di beberapa spot foto yang ada di sana sekarang waktunya untuk memanjakan lidah dan perutmu untuk mencoba bermacam kuliner yang tersedia. Bermacam jenis kuliner yang bisa kamu coba seperti, Mie Ayam, Bakso, Rujak, sampai segala jenis minuman dingin pun ada sambil menikmati semilir angin dan berteduh dibawah rindangnya pepohonan serta tempat duduk yang telah disediakan pengelola disana.

 

Toilet dan Kamar Mandi

Namanya juga tempat wisata rasanya tidak mungkin kalau tidak ada fasilitas ini, bukan? Kamu bisa temukan fasilitas toilet dan kamar mandi di dekat musholla atau sebelah barat pintu masuk pantai Lon Malang. Untuk satu kali menggunakan toilet dan kamar mandi kamu cukup membayar tiket sekitar 2000 Rupiah saja.

Tips dan Saran Nyaman Liburan di Pantai Lon Malang Sampang

Supaya wisatamu di pantai Lon Malang nyaman dan lancar kamu bisa memperhatikan beberapa tips dan saran dari kami berikut ini.

1. Membawa Topi, Kacamata dan Payung

Berlibur ke pantai memang kurang lengkap kalau belum membawa tiga benda ini, topi, kacamata dan payung. Ketiganya berfungsi untuk melindungi tubuh dan sinar matahari langsung terlebih saat di siang hari. Jangan sampai pulang-pulang dari pantai kulit tubuh jadi belang-belang karena terkena sinar matahari.

2. Membawa Alas Duduk

Meskipun ada banyak tempat duduk untuk bersantai dan menaruh barang yang ada di pantai Lon Malang tapi tidak ada salahnya untuk membawa alas duduk sendiri dari rumah. Kamu bisa membawa tikar untuk digunakan saat semua tempat duduk yang tersedia penuh dipakai pengunjung lainnya, selain itu duduk lesehan sambil menikmati keindahan pantai juga tidak kalah menarik, lho.

3. Menggunakan Pakaian dan Sandal yang Nyaman

Pergi ke pantai memang untuk berlibur dan bersantai itu sebabnya gunakan pakaian dan sandal yang nyaman di tubuh. Teman-teman bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal, dengan ukuran yang pas di tubuh dan kainnya mudah menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk memakai sandal jepit supaya bisa bebas bergerak saat bermain di pantai.



4. Jangan Lupakan Pakaian Ganti

Pakaian ganti sudah sewajarnya selalu dibawa setiap kali pergi berlibur ke pantai. Meskipun kamu tidak berniat untuk bermain air di pantai tidak ada salahnya untuk tetap membawanya di dalam tas. Apalagi jika kamu memang sudah berniat untuk bermain air dan wahana yang ada di pantai Lon Malang, jangan lupa membawa pakaian ganti.

5. Membawa Kantong Plastik

Kamu bisa memasukkan pakaian yang kotor dan basah ke dalam kantong plastik, atau kalau tidak kamu bisa menggunakan tas khusus dari rumah. Selain sebagai tempat menyimpan pakaian kotor, fungsi kantong plastik ini juga bisa sebagai tempat sampah sementara saat kamu belum menemukan tempat sampah biasanya.

6. Menjaga Kebersihan Pantai

Meskipun pihak pengelola pantai sudah menyediakan fasilitas tempat sampah dan petugas kebersihan, menjaga kebersihan pantai juga menjadi tugas bagi semua pengunjung yang datang ke sana. Kamu bisa memulai melakukan hal kecil untuk menjaga pantai tetap bersih seperti jangan membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke pantai.

7. Jaga Tata Krama Selama di Pantai

Orang akan menghargai kita apabila kitapun menghargai orang lain. Menjaga tata krama selama berada di pantai Lon Malang dan menghargai peraturan yang ada di sana akan membuat semua pengunjung merasa nyaman dan tenang. Menikmati liburan di pantai bukan berarti kamu bersikap tidak sopan dan sembarangan, ya.

Lokasi Peta Google Maps

Alamat pantai Lon Malang ini berada di Jl. Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Sokobanah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur 69262. Kalau kamu ingin pergi ke sana bisa menggunakan peta Google Maps berikut ini, supaya lebih mudah dan tidak kesasar.

Klik untuk menuju Peta Digital Google Maps

Harap Untuk Selalu Taat Protokol Kesehatan

Pemerintah memberikan kebebasan bagi warganya untuk melakukan liburan di masa pandemi saat ini. Namun bukan berarti kamu menjadi bebas tanpa mau taat dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. Begitupula saat berlibur di pantai Lon Malang, jangan lupa menggunakan masker, mencucui tangan dan menjaga jarak.

Tour Guide

Berwisata akan lebih aman dan nyaman jika ada pendamping atau guide yang menemani juga memberikan banyak wawasan mengenai tempat yang dituju dan lain sebagainya, jika Anda membutuhkan Guide maka kami sarankan menggunakan Tour Guide "Madura Indah Wisata" yang sudah bersertifikasi dan berpengalaman mengantar tamu nasional maupun internasional selama di Pulau Madura, untuk lebih lanjut silahkan hubungi Saudara Vicky Faisal di : +6287850035899

Pesan Bapak Wagub Jawa Timur, Optimis di Tengah Keterbatasan!

1/04/2021 Add Comment
Tidak dipungkiri semenjak pandemi Covid-19 ini banyak sekali perubahan yang terjadi, dengan terpaksa kita harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Semua perubahan itupun menghasilkan masalah yang tidak sepele, mulai dari masalah ekonomi, kesehatan hingga tantangan dalam dunia pendidikan.

Namun, dampak yang paling memprihatikan dari adanya pandemi ini yakni perekonomian rakyat yang 'kalang kabut'. Sejak ada wabah virus corona, banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya, bahkan tak sedikit pula perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dalam situasi seperti ini, banyak orang yang beralih berjualan online untuk menghasilkan uang. Tren kerja di masa depan akan sepenuhnya berbasis digital. Apalagi sudah mulai banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan Work from Home yang mungkin akan semakin mengubah tren ini.




Wagub Jawa Timur Ajak Masyarakat Tetap Produktif di Masa Pandemi


Realistis di tengah keterbatasan, kira-kita itulah yang menjadi inti perbincangan sore itu bersama bapak Wakil Gubernur Jawa Timur Emir Dardak. Ya, provinsi Jawa Timur juga tidak terlepas dengan dampak pandemi saat ini. Pandemi Covid-19 mengubah pembangunan ketenagakerjaan nasional menjadi lebih kompleks karena banyak bermunculan sejumlah tantangan baru.

Diketahui data Kementerian Ketenagakerjaan menunjukkan bahwa sebanyak tiga juta tenaga kerja terdampak pandemi. Mayoritas pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah mereka yang berusia 15-29 tahun atau masuk pada angkatan kerja muda. Millenial tidak bisa berdiam diri dan pasrah dengan keterbatasan saat ini.

Bagi mereka yang memiliki passion atau bakat terpendam yang ingin dieksplor, dengan berbagai platform media sosial atau media di internet lainnya, kamu bisa menjual hasil karya di sana dengan biaya yang relatif kecil, bahkan bisa dibilang gratis.

Kalau ada bakat atau paham digital marketing, bukan tidak mungkin hasil karya kita akan dikenal lebih luas dan laku keras. Bagi generasi millenial yang mengalami PHK, ini bukan soal passion lagi, tapi dapat menjadi pekerjaan utama untuk tetap berpenghasilan di tengah pandemi ini.

Kabar baiknya bagi masyarakat Jawa Timur terutama para millenial yang tertarik untuk menjadi freelance saat ini Pemprov Jawa Timur telah menghadirkan program MJC atau Millenial Job Center. Menurut Bapak Wagub saat ini realitanya mencari pekerjaan tidaklah mudah. Namun, freelancer ini mampu bekerja secara independen mencari klien dan tidak terkekang oleh perusahaan.

Saat ini semua aspek berbasis digital, sehingga punya banyak peluang di bidang ekonomi kreatif dengan konsep freelance atau bekerja lepas. Di sini MJC menjembatani antara generasi milenial yang berbakat di bidang ekonomi kreatif (talent) dan perusahaan yang membutuhkan sumber daya di bidang tersebut (client).

Begitu pula yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini, sudah hampir satu tahun lamanya para siswa harus belajar daring dari rumah. Tentu ada tantangan dalam pembelajaran model jarak jauh ini, jika biasanya para siswa mendapat penjelasan langsung dari guru tapi sekarang terpaksa menggunakan fasilitas aplikasi meeting online seperti Zoom salah satunya.

Salah satu masalah yang dihadapi ialah biaya kuota internet yang tidak murah, terlebih di tengah konsidi perekonomian saat ini. Tentunya menjadi beban bagi para wali murid, bukan hanya para siswa da orang tua tapi guru-guru juga mendapat tantangan baru di masa pembelajaran daring ini. Beban para guru juga bertambah, mempersiapkan materi pembelajaran dengan sistem digital bagi sebagi besar guru bukan hal yang mudah.

Dalam bincang sore kemarin Bapak Wagub memberi solusi dengan menggunakan sistem pre recording atau merekan materi pembelajaran supaya bisa diunduh dan dipelajari oleh para siswa di rumah. Kemudian saat sesi Zoom tiba semua siswa sudah siap dengan materi yang akan dibahas, sehingga hasil yang didapatkan akan lebih maksimal dan tidak buang-buang waktu juga kuota internet.

Bapak Wagub juga berharap selama masa pandemi ini para siswa bisa menerapkan skill Independent Learner atau Pembelajaran Mandiri. Di sini siswa diminta untuk mandi dalam belajar, tidak harus menunggu perintah dari guru. Lebih kreatif dalam memecahkan soal dan tugas yang diberikan dan memiliki prioritas dalam belajar.

Tidak mudah memang, tapi kita semua mampu menjalani semua keterbatasan ini dengan tetap optimis dan berbesar hati. Rasa optimisme yang coba disalurkan oleh Bapak Wagub sore itu menjadi amunisi baru untuk para content creator yang hadir dan tentunya untuk semua yang sudah membaca tulisan ini. Tetap optimis di masa pandemi, ya.