Bardi Smart Home Membuat Rumah Menjadi Aman dan Nyaman

12/25/2020 Add Comment
Pernahkah kamu membayangkan bagaimana perangkat smart home bisa bekerja secara otomatis tanpa diperintah lebih dulu? Saklar menghidupkan lampu saat kita mendekati rumah dan mematikannya saat kita menjauh tanpa perlu kamu menyentuhnya sama sekali. Atau AC menyala saat suhu udara memanas?

Banyak otomatisasi yang bisa dilakukan di mana semua hal tersebut tentunya akan membuat hidup kita semakin mudah. Tidak bisa dipungkiri kalau teknologi smart home tersebut membuatnya menjadi menyenangkan.




Bardi Smart Home


Kali ini ada produk dari brand lokal yang akan mewujudkan konsep smart home alias rumah pintar di rumahmu. Bardi smart home merupakan brand lokal yang didukung oleh Tuya smart, sebuah perusahaan penyedia produk AIoT. Tuya Smart telah melayani 180.000 klien di seluruh dunia dan menghubungkan lebih dari 100 juta produk AIoT.

Tuya Smart juga memiliki platform cloud global loT dengan arsitektur yang terdistribusi dengan permintaan perangkat pemrosesan data harian yang mencapai hampir 80 miliar kali. Bardi pun juga menggunakan infrastruktur ini pada produk yang mereka tawarkan di Indonesia. Beberapa produk dari Bardi, diantaranya:

- Bardi Smart Light Bulb

- Bardi Smart IR Remote

- Bardi Smart IP Camera CCTV Wifi IoT Home Automation

Fitur pada aplikasi termasuk multiview kamera, pembagian kendali kepada smartphone lain, notifikasi bila ada perubahan pada perangkat. Dengan server di amerika, CDN di singapura dan Google Voice Cloud di Indonesia, aplikasi ini memberimu pengalaman yang terbaik dengan kecepatan respon sangat cepat.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa di pungut biaya apapun terkecuali cloud memory untuk menyimpan data dari ipcamera jika kamu tidak ingin menyimpannya pada micro sd card.

Bardi Smart Light Bulb, Si Lampu Pintar Bisa Diatur


Bola lampu pintar yang bisa menyesuaikan tingkat terang cahaya ruangan di rumah ini, sekaligus warna cahaya yang kamu inginkan hingga 16 juta varian. Melalui aplikasi di smartphone, saya bisa mengatur jam berapa ia otomatis mati atau menyala. Saya termasuk orang yang malas menyentuh saklar untuk mematikan lampu, maka dari itu saya memilih penggunaan Smart Light agar semua bisa dikontrol melalui Smartphone.




Tingkat brightness juga bisa diatur agar secara otomatis ditingkatkan atau dikurangi pada jam-jam tertentu yang kamu inginkan. Pola ini akan terus berulang setiap hari dan membuat perangkat smart home dapat bekerja secara otomatis tanpa ada campur tanganmu. Beberapa hari ini, saya belum pernah menekan saklar lampu lagi di kamar karena dimudahkan lewat aplikasi.

Bahkan saya tinggal menyuruh Google Assistant untuk mengatur lampunya, mengingat lampu ini sudah support smart assistant. Kalau kamu penggemar musik, ia dapat merespon musik yang kamu putar. Ia bahkan bisa dioperasikan dengan perintah suara melalui aplikasi Google Home, Amazon Alexa atau Siri. Jadi, saya sudah tidak perlu beranjak dari tempat untuk mengubah musik yang saya inginkan.




Bardi Smart IR Remote, Pengganti Semua Remot di Rumahmu


Alat ini berbentuk kepingan bundar kecil yang agak tebal berwarna hitam metalic. Agar semakin maksimal kerjanya, usahakan untuk menaruhnya di tempat yang strategis. Contohnya adalah ruangan tengah, dengan jarak maksimal ke setiap perangkat adalah 10 meter. Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang dapat dikendalikan secara nirkabel melalui aplikasi selama ada jaringan internet.

Fungsi remot ini dapat menggantikan semua remot infrared yang ada di rumah kamu, namun apabila tidak ada dalam daftar, kamu bisa menduplikasi signal infrared dari remot lama ke remot Bardi. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan menghubungkan IR Remote ke listrik lewat kepala adaptor yang sudah termasuk dalam pembelian.




Kemudian alat akan memancarkan signal dengan sudut pemancaran di 360o dan jarak hingga 10 m. Jadi IR Remote dari Bardi ini dapat mengendalikan banyak perangkat dalam satu ruangan dan saya dapat memberikan perintah kepada remot untuk on atau off perangkat dari jarak jauh. Beberapa perangkat yang bisa dikontrol adalah televisi, AC, DVD player, smart tv box, sampai lampu dan router wifi.

Bardi Smart IP Camera, Penjaga Rumahmu


Bardi Smart IP Camera merupakan kamera pintar yang berfungsi menyalurkan video beserta suara kepada smartphone dan sebaliknya. IP CAM BARDI ini mempunyai slot penyimpanan berupa SD Card mencapai max.128 GB (tidak termasuk). Produk IP Cam yang satu ini bisa memberi tahu melalui notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi.

Tidak hanya itu, pada posisi gelap, IP Cam ini dapat beralih ke mode night vision secara otomatis. Kamera yang satu ini juga sangat mudah dan praktis untuk dioperasikan karena saya hanya perlu menyambungkannya ke listrik dan diposisikan sesuai keinginan.

Selain itu, alat ini juga memiliki video orientasi dalam aplikasi yang bisa diputar 180° sesuai penempatan. Bardi Smart Indoor IP Static Camera memiliki bentuk yang cukup unik. Kepalanya memiliki dimensi yang lebih besar dari batang penyangganya. Bahannya sendiri terbuat dari plastik polikarbonat yang cukup kokoh sehingga lebih tahan terhadap benturan.




Batang penyangga pada Bardi Smart Indoor IP Static Camera dapat dibengkokkan sesuai dengan arah yang diinginkan. Hal ini tentu saja memudahkan saya untuk bisa ditempatkan di mana saja, di meja atau ditempel pada dinding. Kameranya sendiri memiliki jangkauan 105 derajat sehingga dapat menangkap gambar dengan cukup lebar.

Kamera mungil ini memiliki slot microSD pada bagian belakangnya. Selain itu, dapat juga ditemukan speaker, microphone, dan tombol reset ditempat yang sama. Pada sisi-sisinya terdapat beberapa lubang yang digunakan sebagai ventilasi untuk mengeluarkan panas dari perangkat yang satu ini.

Berbagai keunggulan dan kemudahan teknologi pintar yang ditawarkan produk-produk Bardi akan membuat rumahmu menjadi lebih aman dan nyaman. Semua produk Bardi Smart Home ini bisa kamu beli langsung di ecommerce atau cek Beaute femme Community. Nah, tunggu apalagi? Kalau kamu ingin rumahmu berubah menjadi smart home, saatnya kamu beralih ke Bardi Smart Home.

WARUNG NASI BEBEK SINJAY BANGKALAN YANG BARU DAN MODERN 2021

12/24/2020 Add Comment
Warung Bebek Sinjay merupakan salah satu wisata kuliner paling terkenal dari Kabupaten Bangkalan. Meskipun sudah membuka cabang di beberapa kota tapi nyatanya tidak mengurangi ketertarikan para wisatawan untuk datang mencoba langsung ke tempat asalnya di Bangkalan. Banyak yang mengatakan kalau belum pernah mencoba di tempat asalnya rasanya belum puas.

Hampir setiap hari terlebih di akhir pekan warung ini diserbu ribuan pengunjung dalam seharinya, baik dari Madura maupun luar Madura. Kalau kamu pernah ke sana, kamu pasti sudah tahu antrian yang harus dihadapi sebelum bisa menikmati nasi bebek di warung bebek Sinjay.


Mencoba Makan Nasi Bebek di Warung Nasi Bebek Sinjay yang Baru!

Nah, kali ini kami tim Gerbang Pulau Madura secara khusus datang ke warung bebek Sinjay yang baru. Meskipun tetap menggunakan kata warung tapi jangan salah, karena tempat parkirnya saja luas sekali. Ya, tanggal 7 Desember 2020 kemarin warung baru ini resmi dibuka untuk umum meski tidak banyak orang tau keberadaan warung sinjay yang baru ini.

Pertama kali datang ke situ terkesima dengan bangunan yang megah dan luas, satpam dan petugas kebersihan yang sigap dengan jobdesk masing-masing serta pelayanan yang cukup memuaskan. tidak begitu antri, semua terlayani dengan maksimal hanya saja masih terdengar deru mesin untuk penyempurnaan bangunan tapi tidak mengganggu aktifitas didalamnya.


Sejarah Warung Bebek Sinjay Bangkalan

Sedikit cerita, waung bebek Sinjay ini pertama kali di buka pada tahun 2000an, Hj Muslinah selaku pemilik warung tidak menyangka kalau keputusannya untuk berjualan kuliner nasi bebek mendapatkan keberhasilan yang terbilang mengagumkan. Kata Sinjay sendiri merupakan sebuah singkatan dari Sinar Jaya, bukan diambil dari kata dalam bahasa India, ya.

Untuk bisa membeli nasi bebek Sinjay ada aturan sendiri yang harus kamu patuhi apabila ke sana. tepat di bagian poros tengah dari pintu masuk ada meja kasir dan meja pengambilan makanan makan di tempat atau bungkus bawa pulang. Meja panjang yang terbuat dari batu marmer tersebut dibagi menjadi tiga bagian, untuk pemesan dan pembayaran kamu bisa mengantri di bagian tengah.

Harga Satu Porsi

di Tahun 2021 ini, Satu porsi nasi bebek sinjay lengkap dengan minumannya yakni Rp. 28.000,-. Untuk minumnya sendiri kamu bisa bebas memilih seperti air mineral, es teng, es jeruk, es kelapa muda dan teh Pucuk. Pembayaran yang digunakan juga ada beberapa macam mulai dari tunai, OVO, GoPay maupun QR BCA. Mengingat masih dalam masa pandemi ada baiknya kalau kamu memilih menggunakan uang elektronik sebagai pilihan pembayaran.

Setelah selesai melakukan pembayaran, nantinya kasir akan memberikan sebuah struk sebagai alat bukti pengambilan makanan. Kalau kamu berniat untuk makan di tempat, kamu bisa langsung bergeser ke sebelah kiri. Tinggal memberikan struk pembayaran kepada karyawan tidak lama pesananmu sudah bisa diambil.

Kemudian, bagi kamu yang masih enggan untuk mencoba makan di tempat atau ingin take away saja silahkan langsung bergeser ke sebelah kanan setelah menyelesaikan pembayaran dan mendapat struk. Langsung saja serahkan struk pembayaranmu kepada karyawan dan tidak butuh waktu lama, maka pesananmu siap kamu bawa pulang.

 

Isi Seporsi Bebek Sinjay

Tidak heran memang kalau kuliner yang satu ini paling populer di Bangkalan bahkan sampai di telinga masyarakat luar Bangkalan. Satu porsi nasi bebek, berisi nasi putih kumel yang hangat dengan porsi kenyang, bebek goreng dengan taburan bumbu kering yang krik di mulut, irisan mentimun, daun kemangi dan yang paling disuka sambel pencit buah mangga khas sinjay yang rasanya tiada duanya.

Bumbunya benar-benar meresap di setiap serat daging bebeknya, bahkan kamu bisa merasakan kelezatan bumbunya hingga ke bagian tulang bebek. Dagingnya juga banyak dan empuk sekali, jauh dari kata alot dan keras, lho. Satu lagi, tambahan jeroan bebek yang dimasak dengan bumbu bebeknya menjadi pelengkap sepiring nasi bebek Sinjay ini.

Lokasi Maps

Lokasinya berada di sebelah timur setelah warung bebek Sinjay yang lama, jika kamu dari arah kota Bangkalan sekitar 1 km. Kalau kamu dari arah Suramadu gedung baru ini terletak sebelum lokasi tempat yang lama, tepatnya di bagian kiri jalan jadi kamu tidak perlu repot untuk menyeberang lagi, tinggal belok kiri saja atau di Ketengan, Kelurahan Tunjung, Kec. Burneh - Bangkalan.

LOKASI GOOGLE MAPS

 

Gedung Baru Warung Bebek Sinjay Bangkalan

Pertama kali masuk kami sudah disambut gapura dengan dua tiang tinggi yang di atasnya ada tulisan warung Bebek Sinjay. Masuk melewati gapura, kami langsung memarkir kendaraan di salah satu sudut, di sana sudah tersedia parkiran untuk mobil dan sepeda motor yang luas. Sebelum masuk ke area parkir, nantinya kamu akan menerima sebuah karcis kemudian diarahkan untuk memarkirkan kendaraanmu.

Untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp. 2000,- sedangkan untuk parkir mobil kamu harus membayar Rp. 5000,-. Tenang saja, karena area parkir di gedung baru ini luas kamu bisa leluasa memarkirkan kendaraanmu dengan aman tanpa khawatir disenggol pengguna jalan lain, seperti pada area parkir di tempat yang lama.

Masuk ke dalam, para pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya oleh satpam dan diwajibkan untuk menggunakan masker. Di bagian depan dekat dengan pintu masuk sudah tersedia tempat cuci tangan sebanyak dua deret yang terletak di samping kanan dan kiri pintu masuk. Supaya lebih aman, kamu bisa cuci tangan dulu sebelum masuk ke dalam untuk duduk dan memesan.

Saat tiba, kamu jangan kaget dulu ya kalau ternyata di gedung ini baru siap pakai sebagian saja. Ya, pada bagian bawah sudah siap pakai, sedangkan untuk lantai atas masih melanjutkan renovasi. Di bagian bawah dibagi menjadi dua area makan, apabila kamu memilih duduk di bagian depan kamu bisa puas menikmati semilir angin suasana tengah sawah di ruang terbuka sambil menikmati nasi bebek.

Lain halnya jika kamu bergeser ke area dalam yang lebih tertutup, bagian ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati makanan dengan suasana lebih privat. Puluhan deretan meja panjang dengan kursi yang ditata rapi di dalam gedung baru ini sepertinya hampir saja tidak cukup untuk menampung banyaknya pengunjung warung bebek Sinjay di akhir pekan.

 

Jam Buka

Warung Bebek Sinjay sudah buka dari pukul 07.00 WIB pagi dan tutup hingga pukul 21.00 WIB malam, jangka waktu yang panjang dalam sehari untuk menikmati nasi bebek Sinjay. Di sana juga sudah tersedia lengkap fasilitas lainnya seperti, toilet, dan musholla sekaligus rest area bagi pengunjung dari luar kota. Meskipun masih harus mendengar bunyi tukang bangunan yang sedang kerja tapi gedung baru ini worth it untuk kamu coba.

Protokol Kesehatan

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 maka kami ingatkan lagi untuk terus menjaga protokol kesehatan. Gunakan masker, jangan lupa cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang sudah tersedia atau kamu bawa sendiri dari rumah. Yang paling penting saat sedang mengantri jangan lupa untuk tetap jaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Pandemi Covid-19 ini bukan alasan untuk tidak bisa menikmati lezatnya nasi bebek di warung bebek Sinjay Bangkalan asalkan harus patuh pada protokol kesehatan, ya. Setelah selesai makan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan antar pengunjung supaya kita semua bisa sama-sama menikmati kuliner bebek dengan nyaman dan aman.

Bagaimana? penasaran? segera datangi, ajak keluarga, teman ataupun sahabat untuk berkunjung dan melihat suasana yang baru dan modern serta tidak perlu antri terlalu lama, tentunya jauh lebih lega daripada warung sebelumnya.

5 Manfaat Memiliki Pompa Air Di Rumah

12/04/2020 Add Comment

Banyak manfaat yang didapat dari pompa air. Beberapa di antaranya seperti memenuhi kebutuhan air minum, kebutuhan mandi, mencuci, atau memasak.

Kebutuhan pompa air tidak sampai disitu saja. Pompa air juga bahkan bisa mengarah ke arah yang lebih luas, baik dalam bidang perkebunan, pertanian hingga peternakan. Ini dikarenakan kebutuhan akan air tidak tergantikan sebagai sumber daya yang penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pompa air biasanya digunakan di perumahan, namun seringkali orang-orang masih ragu untuk menggunakan pompa air karena dianggap rumit dan memakan banyak waktu. Padahal keberadaan pompa air benar-benar sangat dibutuhkan supaya suplai air di dalam rumah tetap tersedia.




Supaya Anda yakin, artikel ini akan membahas 5 manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda memiliki pompa air di rumah. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menjamin Ketersediaan Air Bersih

Salah satu manfaat penting dari pompa air adalah dengan terjaminnya ketersediaan air bersih di rumah. Pompa mampu mengangkat air dari dalam sumur yang memiliki filter sebagai penjernih hingga masuk ke dalam tangki atau dipakai secara langsung.

Filter pompa ini tidak hanya berfungsi sebagai pengangkat kotoran, namun juga mampu dalam mengangkat kotoran yang ada di dalam tangki.

Meskipun sudah disediakan filter, namun jenis pompa yang baik berupa pompa sumur dangkal atau jetpump harus mengganti filter pompa jika sudah menghitam. Hal ini supaya air tetap bersih dan kinerja pompa menjadi tetap terjaga.

2. Membuat Hidup Menjadi Lebih Praktis

Dengan adanya pompa air, maka Anda bisa mendapatkan air bersih dengan lebih mudah dan praktis. Pompa merupakan alat yang mampu menghisap air hingga mencapai belasan bahkan puluhan meter.

Sudah menjadi hal yang logis bahwa keberadaan pompa akan sangat memudahkan Anda untuk mendapat air bersih menjadi mudah, tanpa perlu mengangkat air, membayar tagihan air bulanan atau mengeruk langsung dari kedalaman yang sudah disebutkan.

3. Pengeluaran Lebih Terjangkau

Keberadaan air yang ada pada pompa juga membuat Anda relatif hemat dalam hal ongkos. Di samping hanya menggunakan listrik sebagai modal untuk mendapatkan air, keberadaan pompa juga membuat Anda lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan biaya untuk uang air bulanan.
 
Meskipun saat memiliki pompa harus mengeluarkan banyak biaya seperti biaya instalasi atau pemasangan awal serta biaya untuk pemeliharaan, namun biaya yang dikeluarkan ternyata jauh lebih murah dibandingkan membayar tagihan air bulanan.

4. Berkesempatan untuk Melakukan Kegiatan Ramah Lingkungan

Alasan lain mengapa pompa air lebih direkomendasikan karena pompa air lebih ramah lingkungan dibandingkan membayar tagihan air bulanan. Hal ini dikarenakan penggunaan air bulanan seperti PAM memerlukan sumber daya energi yang besar dalam membuat air menjadi jernih dan bersih. Ini berbeda dengan menggunakan pompa air yang jauh lebih alami karena hanya menggunakan air sumur dan filter hingga air siap digunakan.

Di samping itu, air sumur dianggap sebagai air yang selalu dapat diperbaharui dan selalu ada kapanpun. Dengan menggunakan pompa air, maka ini menjadi kesempatan bagi Anda dalam melakukan kegiatan ramah lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

5. Mampu Menambah Nilai Jual Rumah

Manfaat terakhir yang Anda dapatkan ketika memiliki pompa air adalah karena Anda mampu meningkatkan nilai jual atau harga rumah Anda. Rumah yang ditempati akan mendapat nilai plus karena memiliki ketersediaan air di dalam rumah.

Rumah yang memiliki pompa air biasanya harganya menjadi meningkat, apalagi bila diiringi dengan rumah yang punya kualitas air yang jernih dan bahkan bisa diminum. Keberadaan pompa air ini akan menjadi aset penting bila Anda ingin menjual rumah Anda ketika dalam keadaan terdesak.

Catatan

Pompa air merupakan produk yang wajib ada di dalam rumah, namun sebelum Anda merencanakan membeli pompa air, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum membeli berbagai rekomendasi pompa air yang ada di pasaran. Beberapa di antaranya seperti melihat kedalaman sumur atau sumber air yang ada di rumah, atau dengan memperhatikan daya listrik yang ditawarkan oleh pompa air.

Di samping itu, pemilihan pompa air juga dapat dilakukan dengan cara melihat ukuran pompa yang sesuai dengan kebutuhan, kualitas yang ditawarkan oleh pompa air dan tentunya pilih pompa air yang memiliki suara yang mulus.

Itulah artikel tentang 5 manfaat pompa air di rumah, semoga Anda mendapatkan pompa air yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan air di rumah Anda.

CIRI KHAS DAN PRINSIP ORANG MADURA

11/24/2020 Add Comment

Setiap suku di Indonesia pasti mempunyai adat atau kebiasaan tersendiri yang sudah ada sejak turun temurun, begitupula dengan Suku Madura yang mempunyai ciri khas dan prinsip yang selalu dipegang secara turun temurun. Meski tidak diajarkan secara langsung tapi ciri tersebut tetap lestari pada kebanyakan orang Madura.

Kalau kalian bergaul dengan masyarakat Madura, lambat laut juga akan mengerti ciri khas dan prinsip orang madura dari kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari salah satunya adalah menganggap Saudara siapa saja yang bertamu dan dijamu dengan istimewa.

Sudah banyak cerita orang luar madura yang begitu kagum dengan kebiasaan mereka karna jarang ditemukan di kehidupan luar sana. Tentu hal ini akan membuat mereka terkesan dan ada cerita atau pengalaman tersendiri saat menjalani kehidupan dengan mereka.

Berikut ini adalah Ciri Khas dan Prinsip Orang Madura yang perlu kalian ketahui:

1. Lebih percaya pada Kyai dari pada penegak hukum jika ada gesekan... dan setiap masalah yang dihadapi lebih banyak konsultasi ke Kyai (banyak orang Madura lebih banyak menggelar pengajian daripada acara adat lainnya).

2. Etos kerja tinggi lebih ulet dan gigih.

3. Orang madura belum dikategorikan sukses jika belum naik haji.

4. Anak yang sudah mencapai 5 tahun ke atas harus bisa ngaji dan sholat.

5. Semua orang madura dianggap saudaranya.

6. Bahasa persaudaraannya bahasa asli halus Madhurâ.

7. Jika ada tamu dari luar madura, biasanya sajian istimewanya penyembelehan hewan antara lain, ayam kampung atau kambing dll. Padahal madura dikelilingi laut, tapi enggan menyediakan menu ikan laut, karena dianggap kurang layak.

8. Jika ada yang santun orang madura lebih santun, sebaliknya bisa marah besar jika yang di hadapi lebih kasar alias tan santun.

9. Orang madura lebih mengutamakan persaudaraan (nyarè tarètan) daripada permusuhan.

10. Jika dipermalukan didepan umum orang madura, lebih memilih mati sebagai taruhannya... Tèmbhâng potè mata... Ango' potèya tolang.

11. Selalu siap dengan segala resiko... Jika agamanya di acak-acak.(Mayoritas orang madura memilih berhaluan ke Ahlussunnah Wal Jamaahnya NU), karena NU bagi mereka harga mati.

12. Bagi kaum lelaki madura, songkok merupakan tanda kehormatan, siapapun yang memegang kepala orang madura tanpa pamit atau alasan yang jelas, orang Madura bisa marah atau naik pitam.

13. Orang Madura akan merasa hina jika anaknya hamil di luar nikah.

14. Berapapun biayanya jika nama baiknya di nodai orang lain, orang Madura berani berkorban sampai nyawapun jadi taruhannya.

15. Orang Madura lebih halus perasaannya (nèserran) jika ada yang didholimi atau di sakiti perasaannya...!!! 

Sumber:
Dari berbagai sumber dan tambahan dari Pak Hidrochin Sabarudin (Budayawan Madura)

Itulah 15 Ciri Khas dan Prinsip Orang Madura yang perlu kalian ketahui, memang tidak semua berciri atau berprinsip demikian tapi secara keseluruhan sudah mewakili dari orang madura sendiri.

Tempat Wisata Populer di Medan, Jujukan Utama Para Wisatawan

11/12/2020 Add Comment
Sebagai tujuan wisata, Medan bisa jadi salah satu daftar kota yang bisa masuk dalam list. Karena tidak hanya memiliki beragam daya tarik wisata, transportasi di Medan juga sudah memadai. Bagi warga Jakarta yang ingin pergi ke Medan dengan menggunakan pesawat, ada Bandara Internasional Kualanamu yang sudah dibuka sejak 25 Juli 2013 lalu.

Kemudahan lainnya, jika ingin booking tiket pesawat, bisa melakukan transaksi di Traveloka. Perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket secara online ini sudah berpengalaman dalam bidangnya. Oleh sebab itulah jangan ragu untuk tiket pesawat Jakarta Medan Traveloka.

Tidak hanya terpercaya, Traveloka juga menggandeng berbagai pembayaran resmi plus bisa menawarkan tiket pesawat termurah dari Jakarta ke Medan. Setelah sampai ke Medan, ada banyak destinasi wisata populer untuk dikunjungi. Ada apa saja?




The Le Hu Garden

Taman bunga warna-warni ditambah dengan berbagai spot Instagenic, akan membuat kamu senang berada di The Le Hu Garden. Pepohonan yang rindang, ada air mancur lengkap dengan kolam akan membuat pikiran jadi lebih tenang. Tempatnya sangat bersih, ada beberapa permainan untuk anak-anak, jadi untuk destinasi keluarga juga bisa.

Meski terbilang baru dibuka tahun 2017, tempat wisata ini sudah sangat populer. Luasnya sekitar 4 hektar, lengkap dengan tempat makan di dalamnya. Alamatnya sendiri berada di Jl. Pendidikan, Deli Tua Barat, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang, Medan. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh Medan. Ini merupakan bangunan megah yang dibangun pada tahun 28 Agustus 1888 sampai 18 Mei 1891. Pendirinya adalah Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Salah satu daya tarik utama di tempat adalah arsitekturnya yang sangat megah dan perpaduan banyak negara dan dibuat oleh Theodoor van Erp.

Alamat Istana Maimun ini berada di Jl. Brigjen Katamso, No. 66, A U R, Kec. Medan Maimun, Medan. Jam bukanya mulai dari 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Untuk hari Jumat, mulai pukul 08.00-12.00 WIB tutup sebentar buka lagi mulai 14.00-17.00 WIB.

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, No. 105, Kec. Medan Barat, Medan. Ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang sudah dibangun sejak 1895. Dahulu ini merupakan kediaman seorang saudagar kondang bernama Tjong A Fie (1860-1921). Daya tarik utama dari tempat ini adalah gaya arsitektur perpaduan antara Melayu, China, dan juga Eropa. Tenang saja, jika bertandang ke wisata ini akan ada pemandu yang membantumu berkeliling.

Di dalamnya banyak perabotan, pernak-pernik yang masih sama seperti rumah ini dibangun. Meski rumah ini usianya sudah lebih dari 1 abad lamanya, tempatnya masih sangat bersih dan terawat dengan baik. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Graha Maria Annai Velangkanni

Jika dilihat sekilas dari luar, bangunan Graha Maria Annai Velangkanni ini mirip dengan vihara. Namun ini sebenarnya adalah bangunan gereja. Warnanya juga memang memiliki pilihan yang cukup berani, ada merah, biru, hijau, sampai dengan jingga. Karena keunikannya inilah, banyak orang yang menjadikannya sebagai destinasi wisata. Alamat tempat wisata ini berada di Jl. Sakura III No. 7-10, Tanjung Selamat, Kec. Medan, Tuntungan.

Merdeka Walk

Bisa dibilang, Merdeka Walk merupakan salah satu one stop destination yang ditawarkan meda. Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari nongkrong, foto-foto, berburu makanan, mencari souvenir, plus menikmati pemandangan. Lokasinya juga sangat strategis, berada di Jl. Balai Kota, Medan. Karena itulah tidak mengherankan jika Merdeka Walk menjadi salah satu tempat yang sangat ramai dan jadi destinasi utama para wisatawan.

Jam bukanya 24 jam, jadi bisa datang ke tempat ini kapan saja. Tambah malam, suasana yang ditawarkan menjadi semakin syahdu. Lampu-lampu yang menyerupai lampion membuat suasananya jadi tambah nyaman. Saat jalan-jalan ke Medan, jangan lupa untuk mengabadikan semua momen ya.

Bisa membuat video atau sekadar foto. Kamu nggak akan tahu kapan lagi kesempatan jalan-jalan ke Medan atau tempat lainnya. Manfaatkan momen dengan lebih optimal, untuk jadi kenang-kenangan yang indah di masa depan.

Belajar Bahasa Madura Edisi Arah Mata Angin

11/06/2020 Add Comment

Bahasa Madura sangat banyak sekali kosakata dan kalimat yang digunakan namun sayangnya tidak banyak orang mengetahui akan keberadaan kosakata serta kalimat tersebut karna makin hari semakin sedikit penuturnya. Adrian Pawitra selaku penyusun Kamus Madura - Indonesia seringkali menuliskan beberapa kosakata dan kalimat ketika membahas sesuatu termasuk Bab mengenai Mata Angin / Mata Angèn.

Arah Mata Angin (pexel.com)

AJHÂR OCA’ MADHURÂ - 03
BHÂB : NYAMA MATA ANGÈN
(NAMA MATA ANGIN)
(Sè ngangghit : Adrian Pawitra)


Bârâ’ = Barat
Tèmor = Timur
Lao’ = Selatan
Ḍâjâ(h) = Utara
Tèmor ḍâjâ(h) = Timur laut
Tèmor lao’ = Tenggara
Bârâ’ lao’ = Barat daya
Bârâ’ ḍâjâ(h) = Barat laut
Lao’ bârâ’ lao’ = Selatan barat daya
Lao’ tèmor lao’ = Selatan tenggara
Bârâ’ bârâ’ lao’ = Barat barat daya
Bârâ’ bârâ’ ḍâjâ(h) = Barat barat laut
Tèmor tèmor lao’ = Timur tenggara
Tèmor tèmor ḍâjâ(h) = Timur timur laut
Ḍâjâ(h) tèmor ḍâjâ(h) = Utara timur laut
Ḍâjâ(h) bârâ’ ḍâjâ(h) = Utara barat laut

Catatan : 
kata “Daya” bukan berarti Ḍâjâ(h)
kata “Laut” bukan berarti Lao’

Sumber :
1. Adrian Pawitra, “Kamus Lengkap Bahasa Madura – Indonesia”, Penerbit PT. Dian Rakyat Jakarta, Th 2009.
2. Adrian Pawitra, Kamus Bahasa Indonesia - Madura, belum diterbitkan
3. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Madurees-Nederlands, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
4. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Nederlands - Madurees, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
5. Sebuah catatan yang tidak diketahui sumbernya.

Inilah Ciri Pakaian Adat Madura untuk Pria dan Perempuan Lengkap

11/01/2020 Add Comment
Banyak orang yang salah kaprah mengistilahkan Pakaian Etnis Madura ini dengan istilah Sakèra'an & Marlèna'an. Pakaian pesa’an tidak hanya digunakan untuk acara pernikahan atau acara khusus, namun juga dapat digunakan sebagai pakaian keseharian pada jaman dahulu kala. Pakaian yang diperuntukkan bagi kaum pria Madura ini terdiri atas celana longgar dan kaos bergaris merah putih sehingga terkesan sangat sederhana, sementara untuk kaum wanita biasanya menggunakan kebaya dengan warna cerah yang mencolok. 
 

Warna cerah dan kuat dalam busana madura digunakan sebagai perlambang karakter masyarakat Madura yang berani, tegas, tidak pernah ragu-ragu dan terbuka dalam menyampaikan pendapatnya. Sementara untuk bangsawan madura umumnya menggunakan jas tutup polos dan kain panjang, lengkap dengan atribut yang menunjukan derajat kebangsawanan seseorang yakni dengan pemakaian tutup kepala atau odheng.

1. Pakaian Adat Madura Pria

Nama pakaian adat Madura adalah baju "Pesa’an". Baju ini sebetulnya adalah baju sederhana yang dikenakan sehari-hari oleh orang-orang suku Madura di masa silam, baik untuk melaut, berladang, maupun untuk menghadiri upacara adat. Penggunaannya pun tidak terbatas baik untuk usia maupun status sosial bagi orang yang mengenakannya. Tampilan baju pesa’an ini dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di bawah. Foto tersebut adalah Mas Donny Putra Pasangan Ny. BUW Soejanto dan Pak R.H Soejanto, sedangkan peraga Putrinya adalah Ernawati Putri dari Pasangan Pak Imam dan Bu Imam ketika foto ini diambil pada tahun 1984. 

Pakaian Adat Madura (tokomaduraonline.com)

Baju Pesa’an adalah baju hitam yang serba longgar dengan dalaman berupa kaos belang merah putih atau putih hitam. Baju ini dikenakan bersama celana gomboran, yaitu celana kain hitam yang panjangnya tanggung antara lutut dan mata kaki.

Penggunaannya dilengkapi pula oleh odeng yang disebut #OdhengSantabân, bisa juga dengan Kopiah Hitam atau Songkok, sarung kotak-kotak atau sampèr batik yang berfungsi sebagai #Sembhung serta sabuk atau katemang, trompa atau alas kaki, serta senjata Tradisional Madura yang berupa celurit. 

Secara filosofis, longgarnya pakaian adat Madura ini memiliki arti bahwa suku Madura adalah suku yang menghargai kebebasan. Kaos dengan warna belang yang kontras menunjukan bahwa masyarakat Madura adalah masyarakat dengan mental pejuang, tegas dan pemberani. 

Baca juga: Tradisi Tidur di Pasir Kampung Pasir - Sumenep

2. Pakaian Adat Madura Perempuan.

Sama seperti pakaian pria, pakaian adat Madura untuk perempuan pun memiliki desain dan motif yang sederhana. Nama pakaian untuk perempuannya adalah kebaya tanpa kutu baru dan kebaya rancongan.

Kebaya ini digunakan dengan dalaman berupa kotang atau beha warna kontras, seperti hijau, merah atau biru yang ukurannya ketat pas badan. Bahan kebaya yang menerawang dan disepadankan dengan kotang atau beha berwarna kontras yang membuat perempuan madura tampak molek.

Penggunaan kebaya ini memiliki nilai filosofis bahwa wanita Madura memang sangat menghargai kecantikan dan keindahan bentuk tubuh. Hal lain yang membuktikan filosofi ini adalah bahwa sejak remaja, gadis madura akan mulai diberi jamu-jamu khusus yang menunjang kecantikan dan kemolekannya, lengkap dengan berbagai pantangan makanan yang anjuran-anjuran lain seperti penggunaan #Pènggel untuk membentuk tubuh yang padat dan indah.

Kebaya sebagai atasan akan dipadukan dengan sarung batik dengan motif tertentu sebagai bawahan. Motif sarung yang biasa digunakan misalnya motif Tabiruan, Storjoan, atau Lasem, biasanya sarung atau sampèr yang dikenakan #Epangoldâ atau dilebihkan sebatas pantat hal ini bertujuan untuk melindungi bagian alat vital perempuan apabila terjadi sarung atau sampèr pas robek. 

Penggunaan kebaya dan sarung juga dipadukan dengan stagen Jawa (Odhet) yang panjang dan lebarnya masing-masing 1,5 m dan 15 cm diikatkan di perut. Dalam mengenakan pakaian adat Madura ini, para wanita umumnya juga akan menggunakan berbagai pernik aksesoris sebagai riasan kecantikannya mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki.

Beberapa aksesoris tersebut antara lain :

1. Cucuk sisir dan cucuk dinar adalah hiasan rambut yang terbuat dari logam emas yang bentuknya seperti busur dengan untaian kepingan uang.

2. Cucuk sisir dan cucuk dinar di cucukan ke dalam gelungan rambut yang dibuat bulat penuh.

3. Memakai Ghellung Sendhal / Ghellung Senta'

4.. Leng-oleng adalah tutup kepala yang terbuat dari kain tebal.

5. Antèng atau sentar penthol adalah giwang emas yang dikenakan pada telinga.

6. Antèng Kolang atau Anteng Aeng Sacapcap

7. Kalung brondong adalah kalung emas dengan rentangan berbentuk biji jagung yang dilengkapi dengan liontin bermotif uang logam atau bunga matahari.

8. Gelang dan cincin emas bermotif keratan tebu (Tebu Saèrès).

9. Pènggel adalah hiasan pergelangan kaki yang terbuat dari emas atau perak.

10. Selop tutup sebagai alas kaki.

© Catatan Sinopsis Inventarisasi Pakaian Adat Madura Seksi Kebudayaan Depdikbud Kab. Bangkalan tahun 1984 dan Hidrochin Sabarudin Budayawan Madura

5 Kelebihan Masker Kain Dibandingkan Masker Bedah

11/01/2020 Add Comment
Semenjak awal tahun 2020 penggunaan masker diwajibkan oleh sebagian besar pemerintah di dunia, karena telah menyebarnya virus covid-19. Masker surgical pada awal tahun sempat menjadi langka dan harganya sangat mahal hingga para petugas medis pun kesulitan mendapatkan masker surgical. Pada akhirnya dibuatlah inovasi agar masyarakat biasa yang merupakan non medis diharapkan menggunakan masker kain saja.

Pemerintah dari awal tahun telah mengumumkan bahwa masker kain harus dikenakan di tempat-tempat di mana jarak sosial tidak memungkinkan, seperti di transportasi umum dan di toko-toko, karena sekarang ini kasus covid di indonesia meningkat, sekarang masker adalah hal yang wajib digunakan bahkan sekarnag ini masyarakat yang tidak menggunakan masker seringkali terkena tilang.




Di indonesia sekarang ini sudah banyak yang menjual masker kain yang akan membantu menghentikan penyebaran COVID-19, dan membantu melindungi planet ini. Masker yang dapat digunakan kembali seperti masker kain adalah yang terbaik, tetapi itu bukan hanya pendapat kami saja, berikut adalah beberapa alasan mengapa masker yang dapat digunakan kembali direkomendasikan oleh pemerintah.

1. Pasokan masker bedah (surgical mask) terbatas dan dibutuhkan oleh profesional perawatan kesehatan. Masker bedah di seluruh dunia sangat sedikit dan dibutuhkan oleh dokter, pekerja, perawat, dan profesional perawatan kesehatan yang bekerja di garis depan untuk menyelamatkan nyawa mereka yang tertular COVID-19. Masker bedah tidak diperlukan oleh masyarakat umum, masker kain akan melakukan tugas yang sama untuk mencegah tetesan dari hidung dan mulut menyebar jauh dan berpotensi menulari orang lain.

2. Masyarakat belum memiliki kemampuan untuk membuang masker bedah dengan baik. Masker bedah di rumah sakit harus dibuang dengan benar untuk menghindari kontaminasi dan biasanya dibakar agar tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat umum tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti pembuangan terstruktur ini.

Oleh karena itu masker tidak akan dibuang dengan benar yang berisiko menimbulkan kontaminasi yang tidak diinginkan atau bahkan biasanya ada orang yang tidak bertanggung jawab yang menjual kembali masker bekas tersebut dan kemungkinan masker menyebabkan efek buruk pada lingkungan.

3. Masker sekali pakai terbuat dari plastik sekali pakai, yang menambah masalah lingkungan yang lebih luas. 150 juta ton plastik sekali pakai diproduksi setiap tahun. Dengan meningkatnya penggunaan masker bedah yang terbuat dari plastic oleh masyarakat umum, dan karena tidak dibuang dengan benar, masker sekali pakai dapat menimbulkan masalah lingkungan yang besar.

Di pantai Hong Kong, ribuan masker telah dibersihkan, mengancam satwa liar yang menghuni lautan kita. Oleh karena itu masyarakat biasa dianjurkan menggunakan masker kain yang tidak mengandung plastik sekali pakai dan membantu membatasi jumlah masker sekali pakai yang digunakan di seluruh dunia.

4. Membantu menghemat uang. Satu masker kain dapat digunakan kembali lebih dari 50 kali. Ini berarti kalian menghemat 50 masker yang dapat digunakan kembali agar tidak digunakan, sehingga menghemat uang kalian, dan menjaga persediaan masker bedah agar tidak kembali langka dan harganya melonjak

5. Kalian tidak perlu khawatir membuangnya atau kontaminasi yang tidak perlu. Masker sekali pakai ditemukan terjatuh di lantai, di pantai, dan di taman. Ini berarti bahwa mereka kemudian menyebabkan bahaya kontaminasi lebih lanjut jika orang-orang mungkin secara tidak sengaja menyentuhnya.

Masker kain yang dijual dipasaran sekarnag ini sudah memiliki kantong penyimpanan sehingga kalian bisa menyimpannya pada kantung dan menggunakannya kembali. Tetapi jika kalian merasa masker kalian sudah kotor dan tidak dapat digunakan, kalian cukup mencucinya dengan bersih dan mengeringkannya.

Risiko Masker Scuba, Apakah Berbahaya Ketika Digunakan?

9/29/2020 Add Comment
Kini, risiko masker scuba menjadi perhatian kita bersama. Pasalnya, menurut informasi yang kini telah beredar di masyarakat, masker scuba tidak memiliki jaminan perlindungan maksimal.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, masker menjadi kebutuhan pokok kita selain makanan. Agar kita terlindung dari penularan Covid-19, menerapkan protokol kesehatan menjadi kewajiban kita bersama.

Penerapan protokol kesehatan ini salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Tentu saja masker yang kita gunakan harus memiliki standar kesehatan terbaik.

Selain itu, prinsip dari penggunaan masker, yakni demi memberikan perlindungan kepada kita. Menghindari orang dari droplet atau cairan dan juga mencegah orang lain tertular penyakit melalui percikan air liur.




Apa Saja Risiko Masker Scuba?


Ada banyak alasan mengapa masyarakat kita lebih suka menggunakan masker scuba. Salah satunya masker scuba mempunyai permukaan yang sangat lembut.

Ketika menggunakannya, maka akan terasa sejuk, adem, dan tidak khawatir kepanasan. Dengan kelebihan inilah, masker scuba banyak digunakan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Akan tetapi, nyatanya masker scuba ini memiliki kekurangan yang mana tidak mampu memberikan perlindungan secara maksimal. Sehingga, kita bisa saja tetap terpapar virus maupun bakteri dengan menggunakan masker scuba ini.

Hal yang tak kalah pentingnya, masker scuba ini merupakan masker yang tingkat efektivitasnya sangatlah minim dalam menangkal droplet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri pun telah memberikan anjuran untuk menggunakan masker 3 lapis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Telah kami rangkum dari https://www.harapanrakyat.com/ mengenai risiko masker scuba saat kita gunakan. Berikut inilah penjelasannya untuk anda.

Tidak Dapat Mencegah Droplet yang Keluar


Masker scuba tidak dapat mencegah droplet secara efektif. Bagi anda yang masih bingung mengenai droplet ini, droplet adalah tetesan pernapasan yang keluar dari dalam mulut.

Cairan inilah yang kemudian menjadi salah satu media perantara penularan Covid-19. Maka dari itulah, ketika seseorang berbicara dan tetesan pernapasan ini keluar, maka risiko penularannya akan semakin tinggi.

Inilah yang kemudian semakin memperparah risiko masker scuba ketika digunakan oleh masyarakat. Mirisnya lagi, kita bisa bandingkan, orang yang menggunakan masker scuba dengan mereka yang tidak menggunakan masker.

Ternyata menggunakan masker scuba memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Sebab, masker tersebut dapat membuat tetesan pernapasan menjadi semakin cepat berkembangbiak melalui udara.

Hal ini dapat terjadi karena memecah droplet menjadi ukuran yang jauh lebih kecil lagi. Agar risiko ini tidak terjadi, memang ada baiknya untuk tidak menggunakan jenis masker tersebut.

Tidak dapat Memberikan Perlindungan 100 %


Risiko masker scuba lainnya bagi penggunannya adalah tidak dapat memberikan perlindungan 100 %. Pada dasarnya, masker scuba merupakan sebutan lain dari polychloroprene.

Polychloroprene adalah salah satu jenis kain sintetis. Kita sebuat scuba karena bahan tersebut sering kali digunakan oleh para penyelam scuba.

Sehingga, tidak sedikit di antara masyarakat yang telah meragukan efektivitas masker scuba untuk menangani penularan Covid-19. Agar hal ini tidak terjadi, memang ada baiknya kita menggunakan masker yang lebih aman.

Salah satunya adalah penggunaan masker bedah. Pasalnya masker bedah ini merupakan anjuran karena mampu memberikan perlindungan maksimal kepada kita.

Selain itu, masker bedah juga memiliki kemampuan dalam memfilter virus maupun partikel berbahaya lainnya. Meskipun pada dasarnya, masker bedah ini lebih utama digunakan oleh para tenaga medis.

Itulah risiko masker scuba yang harus kita perhatikan sebelum menggunakannya. Hati-hati dalam memilih masker, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun anda berada.

Harga Tiket, Fasilitas dan Lokasi Maps Wisata Pantai Tlangoh - Bangkalan

9/27/2020 Add Comment
Bangkalan saat ini penuh dengan beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, kesenian dan lain sebagainya. Baru-baru ini yang lagi viral dan ramai dibicarakan adalah Obyek Wisata Pantai Tlangoh. Buat teman-teman yang masih belum tahu dan belum sampai ke pantai ini lokasinya berada di Desa Tlangoh, Kecamatan Tanjung Bumi, berdekatan dengan wisata Pantai Siring Kemuning, pasti penasaran kan?

 
Tidak tanggung-tanggung keindahan pantai Tlangoh sudah terkenal, pasir putih, air laut yang biru dan ombak yang cukup bersahabat akan membuat kalian merasa betah berlama-lama di sana. Setelah resmi dibuka beberapa bulan yang lalu pantai ini semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar Pulau Madura.

Menawarkan keindahan pantai yang panjangnya hampir 1 km ditambah dengan panorama laut lepas utara yang menjadi pembeda pantai dengan pantai-pantai yang ada di Bangkalan lainnya.
Jaraknya sekitar 40 km dari Kota Bangkalan, bisa teman-teman tempuh menggunakan transportasi umum maupun pribadi sekitar satu jam perjalanan.

Terletak di sisi pantura (pantai utara) Madura sehingga memudahkan kalian untuk bisa sampai ke sana. Bila berencana pergi ke sana saat akhir pekan, mungkin waktu perjalanan yang dibutuhkan sedikit lebih lama karena ada aktivitas Pasar Tumpah di beberapa titik kecamatan seperti pasar Klampis dan pasar Sepulu.

Harga Tiket Masuk Pantai Tlangoh

Setelah mengetahui semua fasilitas yang ada di sana, pasti teman-teman sudah penasaran banget kan dengan harga tiket masuknya? Tenang saja, harga tiket masuk pantai murah sekali, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp, 3.500,- / orang untuk bisa masuk dan menghabiskan waktu berlama-lama di pantai sampai puas.

Beberapa Fasilitas di Pantai Pasir Putih Tlangoh

Meskipun masih terbilang baru, beberapa fasilitas publik sudah mulai tampak di sana untuk memenuhi kebutuhan wisatawan agar tetap betah dan menikmati pemandangan alam sekitar sehingga tidak perlu direpotkan membawa berbagai macam kebutuhan, beberapa fasilitas itu antara lain:

Sewa All Terrain Vehicle (ATV)

Salah satu cara untuk bisa menikmati pantai yakni dengan naik ATV yang disewakan di sana. Teman-teman bisa mengelilingi sekitar pantai tanpa perlu takut capek. ATV disewakan dengan harga 20 ribu per 10 menit, 30 ribu per 20 Menit, 40 ribu per 30 Menit. Sekitar 3 ATV disediakan oleh pengelola pantai, jika sedang ramai yang mau sewa, memang harus bersabar untuk antri dulu.
 

Spot Foto

Namanya juga tempat wisata pasti akan selalu ada area foto yang disediakan khusus untuk pengunjung yang datang. Di sana ada ayunan yang menghadap langsung ke pantai, sambil main ayunan sambil menikmati pantai.
 
Juga beberapa spot foto seperti bingkai rumah, logo hati, kalimat unik dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan pada hp atau Kamera Digital seperti DSLR, Kamera Pocket, dan lain sebagainya kemudian di upload pada media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau WhatsApp.
 

Cafe dan Warung Penjual Makanan dan Minuman

Selama berada di sana teman-teman tidak perlu khawatir saat ingin membeli makanan dan minuman. Ada satu cafe yang cukup besar dan menyediakan beberapa menu khas Bangkalan. Selain itu teman-teman bisa duduk santai di tempat duduk berpayung sambil menikmati sajian yang ada di cafe

Kalau kalian ingin makan-makan di pinggir pantai bisa mencoba banyak warung yang ada. Warung-warung tersebut dikelola langsung oleh warga sekitar Desa Tlangoh. Menu yang disediakan cukup beragam, ada bakso, rujak khas Madura, makanan instan, jajanan seperti gorengan dan bermacam minuman.

Toilet dan Kamar Mandi

Di sana ada dua tempat toilet yang disediakan. Yang pertama letaknya dekat dengan parkir sepeda motor yang berada di bagian depan pintu masuk. Yang kedua bersebelah dengan cafe dekat dengan pinggir pantai. Untuk bisa menggunakan fasilitas toilet dan kamar mandi teman-teman cukup membayar 2 ribu sekali pakai.

Tempat Parkir Motor dan Mobil Luas

Bagi teman-teman yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, di sana sudah disediakan tempat parkir motor dan mobil yang cukup luas. Bahkan pengunjung yang datang rombongan menggunakan bus ataupun bus mini juga bisa memarkirkan kendaraannya di sana. Harga tiket parkir sebesar 2 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil dan bus.


Tips dan Saran Nyaman Liburan di Pantai Tlangoh

Berikut adalah beberapa tips dan saran agar tetap nyaman ketika memutuskan untuk berkunjung ke berbagai Destinasi Pantai di Bangkalan.

1. Jangan Lupa Bawa Topi, Kacamata, dan Payung

Sama seperti pantai pada umumnya yang panas saat siang hari, pantai Tlangoh juga. Itu Sebabnya kalian disarankan untuk bawa alat pelindung dari sengatan sinar matahari langsung seperti topi, kacamata, payung, dan sunblock jika dirasa perlu.

2. Bawa Alas Duduk Seperti Tikar

Membawa alas duduk seperti tikar memang sangat diperlukan terlebih jika pantai sedang dalam keadaan ramai pengunjung kalian bisa duduk santai menggelar tikar di atas pasir. Tanpa harus berebut tempat duduk dengan pengunjung lainnya.

3. Pakai Sandal Saja!

Kalau sedang ke pantai memang paling cocok pakai sandal jepit. Kalian bisa bebas berjalan dan berlari-larian menggunakan sandal jepit saat di pantai juga menghindari panas pasir pantai disaat terik matahari. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan sepatu ataupun sandal berhak tinggi karna akan menyulitkan untuk bergerak.

4. Pakai Baju yang Menyerap Keringat dan Nyaman

Udara panas di sekitar pantai tentu akan membuat kalian mudah berkeringat. Supaya tetap nyaman selama di pantai maka pilih baju yang mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai.

5. Jangan Lupa Bawa Baju Ganti

Bermain di pantai memang kurang seru kalau belum turun langsung bermain air laut di pinggir pantai. Jangan lupa bawa baju ganti untuk mengganti bajumu yang sudah basah terkena air saat main di pantai tadi.
 

6. Awasi Anak!

Untuk orangtua sebaiknya tetap fokus mengawasi anak selama di pantai. Kita tidak pernah tahu kapan bahaya akan datang, maka sebaiknya tetap waspada dan pastikan anak-anak berada di dalam pengawasan orangtua.

7. Berangkat Lebih Awal atau Sekalian Menjelang Sore

Menikmati keindahan pantai Tlangoh akan lebih sempurna jika teman-teman bisa datang di pagi hari karena kalian bisa bebas mengeksplor seluruh kawasan pantai tanpa harus kepanasan. Kalau tidak, kalian bisa datang menjelang sore hari sambil menikmati senja di pantai.

8. Jaga Kebersihan

Salah satu daya tarik di pantai ini yakni tempatnya yang masih terjaga kebersihannya. Sebagai pengunjung tentu sudah menjadi tugas kita semua untuk bersama menjaga kebersihan pantai dari sampah.

9. Bawa Kantong Plastik

Menyediakan kantong plastik bersih dari rumah gunanya untuk dijadikan tempat menyimpan baju basah selain itu bisa kalian gunakan sebagai tempat sampah sementara jika kalian jauh dari tempat sampah yang tersedia di sana.

10. Berlaku Baik dan Sopan

Meskipun sedang bersenang-senang karena liburan di pantai, wajib bagi teman-teman untuk selalu berbuat baik dan sopan. Hal ini demi kenyamanan semua pengunjung, pengelola dan orang-orang yang berada di sekitar pantai.


Harap Untuk Selalu Taat Protokol Kesehatan

Setelah pemerintah pusat resmi menerapkan aturan New Normal diharapkan semua masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan saat keluar rumah. Begitu pula saat teman-teman berada di pantai Tlangoh. Jangan lupa pakai masker, bawa hand sanitizer, rajin cuci tangan dan sebisa mungkin tidak berkerumun dengan tetap menjaga jarak.

Lokasi Peta Google Maps

Saat sekarang zaman sudah canggih, tidak perlu tanya ke orang lagi cukup bermodalkan hp yang mendukung GPS serta aplikasi semacam Google Maps maka kita akan dituntun langsung menuju lokasi Pantai.

KLIK DISINI

Penutup

Pantai Tlangoh yang dulunya merupakan kawasan yang biasa saja dan tidak terawat sekarang berubah menjadi kawasan pantai yang menawarkan keindahan alamnya. Semoga kawasan Obyek Wisata Pantai Tlangoh selalu terjaga dan terawat meskipun banyak orang yang datang. Selamat Berlibur dan selamat menikmati alam indahnya.

 

Cara Memilih KTA Online Terbaik dan Terpercaya

9/04/2020 Add Comment
Bicara soal KTA atau kredit tanpa agunan pastinya sudah tidak asing di telinga ya. Tapi buat kamu yang belum tahu apa itu KTA, ialah pemberian pinjaman atau kredit tanpa memerlukan persyaratan adanya jaminan apapun kepada pihak pemberi pinjaman.

Seiring dengan perkembangan zaman, KTA tidak hanya bisa kamu akses secara langsung ke bank pilihanmu. Beberapa bank justru telah memiliki layanan KTA Online. Sehingga kamu tidak perlu repot datang ke kantor cabang untuk pengajuannya.

KTA Online tentu akan jauh lebih mudah dan praktis, dimana proses pengajuan hingga persetujuan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengakses website resmi bank pilihanmu dan melakukan proses pengajuan di sana.

Cara Memilih KTA yang Bagus


Pada umumnya KTA memang diajukan untuk mengatasi berbagai kondisi darurat di dalam keuangan. Namun sebagaimana jenis utang lainnya, KTA juga selayaknya digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat atau bahkan produktif, seperti tambahan modal usaha, biaya Pendidikan, biaya pengobatan, renovasi rumah pasca bencana, dan lainnya.

Penting untuk memeriksa pos pengeluaran dan juga besaran utang yang kamu miliki, sehingga KTA ini tidak membebani keuanganmu di luar kemampuan. KTA akan menimbulkan sejumlah cicilan setiap bulannya, dan pastinya akan menjadi pos pengeluaran tetap dalam keuangan.

Hampir semua bank memiliki produk KTA, sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan sebagai pertimbangan. Setiap bank akan memiliki keunggulan dan juga kekurangan di dalam produk KTA mereka. Dan penting bagi kamu untuk mengetahui dengan baik sejak awal.

Untuk memilih produk KTA terbaik, setidaknya jadikan beberapa poin berikut sebagai pertimbangan, yakni syarat pengajuan, proses, bunga, biaya, pinalti, dan lainnya. Jika perlu, jangan sungkan bertanya kepada teman atau kerabat terdekatmu yang telah lebih dulu menggunakan layanan KTA.

Tunaiku, KTA Online Terbaik dan Terpercaya dari Amar Bank


Salah satu produk andalan dari Amar Bank adalah produk pinjaman dana tanpa agunan yang dikenal dengan nama Tunaiku. Dengan produk KTA Amar Bank atau Tunaiku, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai dengan cepat dan mudah.

Aplikasi pinjaman yang disediakan adalah mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta dengan masa pinjaman antara 6 bulan hingga 12 bulan maksimal 20 bulan. Cukup banyak kemudahan yang diberikan oleh Tunaiku bagi kamu yang membutuhkan dana untuk berbagai keperluan.

Proses pengambilan keputusan persetujuan kredit cepat hanya memerlukan waktu sekitar 24 jam, dan proses pencairan dananya 3 hari kerja. Dengan persyaratan yang sederhana, pengajuan kredit tanpa agunan melalui Tunaiku ini tidak rumit.

Karena kamu hanya perlu menyetor KTP saja, suku bunga yang diberikan dari pinjaman ini adalah 3% per bulan dengan biaya keterlambatan 0,16% per hari. Dana yang diperoleh bisa kamu gunakan untuk bermacam keperluan konsumtif.

Selain itu Tunaiku juga membebaskan biaya provisi dan juga tidak mengenakan biaya bagi nasabah yang ingin melunasi pinjamannya lebih cepat dari jatuh tempo pinjaman. Proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan bagi kamu yang sudah berusia 21 hingga 55 tahun.

Dengan minimum penghasilan Rp2 juta per bulan dan tinggal di area layanan Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar.

Ajukan pinjaman tanpa agunan Tunaiku sekarang, dan dapatkan dana tunai dengan cepat dan syarat yang mudah. Ajukan dan gunakan dana KTA-mu dengan bijak, agar memberikan manfaat maksimal dalam keuanganmu.

Inilah Pilihan Minyak Goreng Terbaik untuk Dapur Anda

6/28/2020 Add Comment
Kebutuhan dapur sangatlah beragam dan penting untuk dipenuhi. Salah satunya, minyak goreng. Jenis makanan tertentu harus melalui proses penggorengan untuk menghasilkan citarasa yang renyah dan gurih. Rasanya pun akan jauh lebih nikmat daripada makanan yang direbus atau dikukus.

Namun, Anda harus memastikan kualitas minyak goreng yang baik supaya makanan yang diperoleh tidak sekedar lezat, tapi juga tidak berbahaya bagi kesehatan. Beberapa produk minyak goreng yang saat ini beredar dipasaran, seperti Bimoli, Sunco, Filma, hingga Sania. Masing-masing tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Namun, minyak goreng seperti apakah yang sebaiknya dipilih?.

Perhatikan Aroma dan Warna Minyak Goreng


Salah satu ciri minyak goreng yang baik dapat Anda lihat dari warna dan aromanya. Minyak goreng yang berkualitas memiliki ciri berupa warna kuning keemasan yang jernih. Jika Anda menemukan produk minyak goreng berwarna keruh dan menggumpal, sebaiknya pilih minyak goreng lainnya. Selain itu, perhatikan pula aromanya. Aroma minyak goreng yang baik sangat khas, tidak berbau tengik. Jika Anda menemukan minyak goreng berbau tengik, dipastikan bahwa produk tersebut sudah rusak.

Pilih Kemasan Produk Minyak Goreng Sesuai Penggunaan


Produsen minyak selalu mengemas produknya dalam beragam bentuk. Mulai dari jeriken, botol, stand pouch, bantal, hingga cup. Masing-masing kemasan tersebut pun masih terbagi lagi menjadi beragam ukuran, seperti 5 liter, 2 liter, 1 liter, dan 240 ml. Biar tidak mubazir, sebaiknya pilihlah kemasan minyak goreng sesuai penggunaan dan kebutuhan Anda.

Kemasan minyak goreng berupa jeriken biasanya digunakan pedagang makanan yang hendak mengadakan hajatan. Sementara, untuk kebutuhan rumah tangga, umumnya memakai minyak berukuran sedang. Begitupula jika Anda jarang menggunakan minyak goreng, pilih ukuran yang kecil saja. Sebab, salah satu faktor penyebab minyak goreng beraroma tengik atau rusak karena terlalu lama dibuka dan tidak terpakai dalam waktu lama.

Nah, dari beberapa kriteria minyak goreng yang baik diatas, berikut ini kami rekomendasikan merek dan harga minyak goreng terbaik 2020.

Bimoli, Minyak Goreng yang Dipercaya Secara Turun Temurun Menghasilkan Masakan Istimewa

Inilah salah satu merek minyak goreng terbaik yang sebaiknya Anda gunakan. Terbuat dari biji kelapa sawit pilihan, Bimoli memiliki kualitas minyak yang sangat baik. Bimoli mengandung Omega 9 dan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid). Dimana, asam lemak tak jenuh ini beperan untuk menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.

Minyak Bimoli juga melalui produksi menggunakan teknologi golden refinery, sehingga terlihat lebih jernih dengan kilau keemasan. Anda bisa memasak beragam olahan lezat dengan Bimoli, seperti menggoreng atau menumis. Harga minyak goreng bimoli 1 liter kemasan special pouch Rp15.500 yang tersedia di JD.JD.

Sunco, Berkarakter Seperti Air, Bening, dan Tidak Lengket

Ada lagi merek minyak goreng terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu Sunco. Produk ini mengusung branding “minyak goreng baik” dan menghadirkan produk berkarakter seperti air yang bening dan tidak mudah membeku. Sunco diproses dengan teknologi mutakhir, melewati dua kali penyaringan, dan tiga kali pemurnian.

Sunco tersedia dalam beragam kemasan, seperti stand pouch, botol, dan jeriken. Anda bisa memilih Sunco menjadi minyak goreng andalan keluarga. Harga minyak goreng 2020 Sunco kemasan pouch 1 liter Rp16.000 yang tersedia di JD.ID.

Anda bisa cek daftar harga minyak goreng selengkapnya pada marketplace JD.ID. Jadi, manakah minyak goreng pilihan dapur Anda?.

Cari Dokter Terdekat di Masa Pandemi

5/29/2020 Add Comment
Selama pandemi global Covid-19 ini semua orang sedang menyesuaikan diri dengan pola hidup baru. Mulai dari gaya hidup, makanan, keuangan dan tentu saja kesehatan yang perlahan ikut berubah. Bahkan sampai konsultasi dengan dokter saja dengan cara online, sebab rumah sakit hanya melayani pasien yang benar-benar gawat.

Sedangkan untuk konsultasi biasa kita bisa cari dokter terdekat. Nah, di masa pandemi seperti ini tentu kita akan berpikir dua kali untuk pergi ke tempat praktik dokter terlebih bila keadaannya sedang urgent kita tidak bisa keluar rumah. Sebab selama masa pandemi Covid-19, kita dianjurkan untuk menunda kegiatan ke rumah sakit untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus corona baru tersebut.

Ketakutan pun dialami banyak orang saat harus memeriksakan dirinya ke rumah sakit di dalam dan luar negeri karena takut tertular serta pembatasan bepergian. Padahal Informasi atau konsultasi kesehatan sangat dibutuhkan warga saat pandemi Covid -19 seperti sekarang ini. Kalau sudah begini konsultasi dengan dokter secara online menjadi solusi yang baik yang bisa kita lakukan.

Oleh karenanya pada masa seperti ini aplikasi kesehatan seperti Halodoc cukup membantu seseorang untuk dapat berkonsultasi seputar masalah kesehatan. Aplikasi ini cukup populer untuk menanyakan seputar masalah kesehatan. Halodoc menawarkan fitur konsultasi dengan dokter umum dan spesialis secara daring.

Tidak ada biaya konsultasi dan waktu konsultasi pun cukup lama dari durasi 30 menit sampai 1 jam. Untuk berkomunikasi dengan dokter menggunakan aplikasi halodoc konsultasi dokter, pengguna bisa memilih fitur voice, video call atau chat yang jadi fitur favorit pengguna.

Bagi yang memiliki masalah kesehatan atau butuh informasi kesehatan tertentu, mereka bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter umum/spesialis di Halodoc, di mana dan kapan saja. Dokter yang sedang aktif di aplikasi ditandai lampu hijau di samping avatar mereka. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan chat tanya dokter ini, karena ada lebih 16 ribu dokter dari seluruh Indonesia sudah bergabung dengan aplikasi Halodoc ini.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan pemeriksaan laboratorium bagi para pelanggannya. Pengguna bisa memilih paket pemeriksaan yang dibutuhkan, kemudian tentukan tanggal dan staf halodoc akan langsung datang ke rumah pelanggan. Selain itu Halodoc juga dapat digunakan untuk memonitor kondisi kesehatan seseorang dalam mengenali gejala-gejala penyakit yang berkaitan dengan Covid-19.

Kita akan dibantu oleh Dokter dari Halodoc untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan seseorang yang melakukan isolasi diri di rumah apakah masih dapat ditangani dengan istirahat di rumah, atau benar-benar membutuhkan perawatan dengan harus merujuknya ke rumah sakit.

Dan satu lagi sebagai catatan, karena ini bersifat tanpa tatap muka langsung, kita harus mempersiapkan diri seandainya dokter dari aplikasi kesehatan Halodoc menyarankan kita untuk pergi ke rumah sakit terdekat.

Di Halodoc juga kita bisa lho memesan obat dan vitamin. Tidak perlu khawatir karena Halodoc memastikan akan mengantar obat yang dibutuhkan oleh pasien melalui mitra GoJek dalam waktu 30 menit saja. Fasilitas tebus resep dan pesan obat ini sangat membantu di tengah masa pandemi seperti sekarang. Hebatnya, obat pesanan kita diantar langsung dalam kondisi tersegel rapi.

Terakhir, pengguna juga bisa membuat janji dengan rumah sakit yang dituju dan mendaftar untuk dokter spesialisnya. Jadi, kita bisa datang ke rumah sakit dan langsung masuk ruang konsultasi dokter. Simpel, bukan?

Sepenggal Cerita Tentang Batik Patengteng Modung Bangkalan

4/09/2020 Add Comment
Sebenarnya tidak ada sejarah yang pasti mengenai batik. Namun keindahan batik ini kabarnya sudah ditorehkan sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Di peradaban mesir kuno, teknik membatik digunakan untuk membungkus mumi dengan kain linen. Kain linen ini dilapisi cairan lilin, kemudian digores dengan benda tajam semacam jarum atau pisau untuk menorehkan motifnya.


Pada Jaman Dinasti Tang (tahun 618-690) di Cina, teknik seperti ini juga sudah dijumpai. Bahkan pada jaman Dinasti Sui (tahun 581-618) teknik ini sudah dipraktekan lho. Karena Cina adalah bangsa pedagang yang berkeliling dunia, teknik ini kemudian menyebar ke banyak benua seperti Asia, Amerika, Afrika, bahkan sampai ke Eropa.

Kemudian para pedagang yang berasal dari India-lah yang membawa teknik ini ke Indonesia. Pada abad ke-6, teknik ini dibawa ke pulau Jawa. Teknik ini kemudian mulai tersebar luas dan dikembangkan oleh masyarakat Jawa.

Berdasarkan Rens Heringa, pada bukunya Fabric of Enchantment: Batik from the North Coast of Java (1996), batik pertama kali ada di Indonesia sekitar tahun 700an. Diperkenalkan oleh orang India, pada saat Raja Lembu Amiluhur (Jayanegara), yang merupakan raja kerajaan Janggala menikahkan putranya dengan seorang putri India.

Kilas Balik Pengrajin Batik Patengteng, Mbok Miyeh

Menurut catatan perkembangan batik di Madura, Batik Patèngtèng sudah dikenal sejak beberapa abad yang lalu tepatnya ketika kerajaan Daha dan Tumapel (Kediri dan Singasari) mulai bergolak. Sebagian orang-orang Tumapel maupun Daha yang terpinggirkan mereka mengungsi dengan menyusuri sungai-sungai yang ada diantaranya Sungai Brantas hingga berakhir diujung laut Selat Madura.

Sampai akhirnya menemukan Pulau Madu Oro yang sampai sekarang dikenal dengan sebutan Madura. Pertama kali yang dilihat adalah daerah Patèngtèng dengan kampung Mencay yang juga sebagai tempat pelarian tentara China ketika mereka dikalahkan oleh tentara dari Tumapel maupun Daha.

Ditempat tersebut mereka beranak Pinak dan membaur dengan masyarakat sekitarnya dengan mengenalkan istilah ambatik. Kata batik berasal dari bahasa Jawa, "ambhatik" dari kata "amba" berarti lebar, luas, kain; dan "titik" berarti titik atau "matik" (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar. Batik juga mempunyai pengertian segala sesuatu yang berhubungan dengan membuat titik-titik tertentu pada kain mori.

Titik Awal Menghidupkan Batik Patengteng

Batik Patengteng mempunyai peranan penting dalam karya seni batik yang ada di Madura. Menurut penuturan warga setempat, batik Patengteng menjadi contoh bagi para pengrajin batik Madura sehingga  dijadikan acuan dalam pembuatan batik. Warga juga mengungkapkan bahwa dahulu para pengrajin batik terutama di Tangjung Bumi yang sekarang terkenal batiknya, konon mereka belajar batik ke Desa Patengteng sehingga dapat mendapatkan menghasil karya seni yang bagus, bahkan motif yang sangat khas. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, batik Patengteng hanya terdengar ceritanya, karena generasi penerus terutama pengrajin batik patengteng sudah tidak ada lagi yang dapat meneruskannya (memang cukup disayangkan).

Padahal batik Patengteng dulunya terkenal dimana-mana karena menjadikan batik Patengteng sebagai sumber ekonomi bagi warga setempat dalam meningkatkan kesejahteraannya, hal lain disebabkan juga di daerah tersebut dilalui jalur kereta api bahkan menjadi stasiun pemberhentian kereta api waktu itu sehingga batik Patenteng laris manis di pasaran dan bisa meningkatkan perekonomian di Desa tersebut.

PERJALANAN KAMI MENGHIDUPKAN BATIK PATENGTENG


Belajar Bahasa Madura Edisi Anak Binatang

3/03/2020 Add Comment
Kembali lagi kita membahas tentang Bahasa Madura, kali ini Pak Adrian Pawitra selaku penyusun Kamus Madura - Indonesia kembali menuliskan status di Facebook tentang Bahasa Madura Edisi Anak Binatang awalan dari Bahasa Indonesia kedalam Bahasa Madura, dengan tulisan ini semoga bisa menambah perbendaharaan kita tentang Bahasa Madura.


AJHÂR OCA’ MADHURÂ - 02
BHÂB : NYAMA BUḌU’NA KÈBÂN
(NAMA ANAK BINATANG)
(Sè ngangghit : Adrian Pawitra)


01. Anak angsa = buḍu’na bhânyak (bâlengngor)
02. Anak anjing = buḍu’na patè’/bhurus (rè’-kèrè’)
03. Anak ayam = buḍu’na ajâm (ṭok-koṭok, pètè')
04. Anak ayam kampung silang dengan ayam terata = buḍu’na ajâm kampong kabin bi’ ajâm tarata (bâgisar, bâkisar)
05. Anak ayam kampung silang dengan ayam bekisar = buḍu’na ajâm kampong kabin bi’ ajâm bâgisar (bâkèkkok, ajâm kèkkok)
06. Anak babi = buḍu’na bâbi (gembul, gemblu’)
07. Anak babi hutan = buḍu’na cèlèng (bâbi alas) (ḍuḍut, ghenjhi’)
08. Anak badak = buḍu’na bârâk (palencèng)
09. Anak banteng = buḍu’na bhânṭèng (bhârèng)
10. Anak belalang = buḍu’na bâlâng (ḍugul)
11. Anak belut = buḍu’na bellu’ (odhet, udet)
12. Anak berang-berang = buḍu’na râng-ghârângan (saronṭol, gonggo)
13. Anak biawak = buḍu’na bârâkay (bânyowabâk)
14. Anak buaya = buḍu’na bhâjâ (bâcokok, karètè)
15. Anak bulus = buḍu’na bhulus (keṭṭol)
16. Anak cacing = buḍu’na cacèng (ellur)
17. Anak capung = buḍu’na sèsèt (jhenṭèt, jenḍet)
18. Anak cicak = buḍu’na cekcek (sabiyâ)
19. Anak emprit = buḍu’na mano’ keddhi’ (ènḍhil)
20. Anak gagak = buḍu’na mano’ ḍângḍâng (engkak)
21. Anak gajah = buḍu’na ghâjhâ (kapeḍḍhit, beldhuk)
22. Anak gelatik = buḍu’na mano’ ghâltè’ (caratcat)
23. Anak hemar = buḍu’na hèmar (kèḍhâh)
24. Anak ikan bandeng = buḍu’na jhuko’ bhândheng (nènèr)
25. Anak ikan belanak = buḍu’na blâna’ (la-kala)
26. Anak ikan dorang = buḍu’na jhuko’ kandhibâs (cepplek) ;
27. Anak ikan gabus = buḍu’na jhuko’ kotok (kotèsân, koncèlan, klèyon)
28. Anak ikan hiu = buḍu’na jhuko’ monḍung (mongsèng)
29. Anak ikan kelemar = buḍu’na jhuko’ kalemmar (srèbhet)
30. Anak ikan keting = buḍu’na jhuko’ jhengghirâng (ghungghu)
31. Anak ikan layang = buḍu’na jhuko’ lajâng/pènḍhâng (rèncèk)
32. Anak ikan tongkol = buḍu’na jhuko’ cakalan (panèt, cengkè’)
33. Anak ikan pari = buḍu’na parè (katoka)
34. Anak itik = buḍu’na bhibhik/ètèk (rè-merrè)
35. Anak itik silang dengan mentok = buḍu’na bhiṭok (brântè)
36. Anak jangkrik = buḍu’na ghânta’ (kabu’ḍul, ghânḍulu)
37. Anak jangkrik putih = buḍu’na jherring (calonḍu)
38. Anak kadal = buḍu’na kaḍḍhâl (bâlâḍhâs, tobil)
39. Anak kalajengking = buḍu’na kala/kalajhengkèng (katopa)
40. Anak kambing = buḍu’na embè’(kacèmpè, mèmèk)
41. Anak kancil = buḍu’na kancèl (kenṭè)
42. Anak karengga = buḍu’na kalèng (kroto)
43. Anak katak = buḍu’na kata’ (bâ’-dhâbâ’)
44. Anak kecoak = buḍu’na ngè-rèngè (mènḍhet)
45. Anak kelelawar = buḍu’na bhâbbhuru (kamprèt)
46. Anak keong/siput besar = buḍu’na ko’ol (karèkkèk)
47. Anak kera = buḍu’na keṭṭang/moṭak (monyo’, monyong, ennyong)
48. Anak kerbau = buḍu’na kerbhuy (dhil-ghudhil)
49. Anak keremi = buḍu’na karemmè (biyâr, racek)
50. Anak kijang/menjangan = buḍu’na kèddhâng/manjhângan (komprèng)
51. Anak kuda = buḍu’na jhârân (bellu)
52. Anak kuda koldi = buḍu’na jhârân kolḍi (bihal)
53. Anak kucing = buḍu’na kocèng (cacemmeng, cemmèng)
54. Anak kumbang = buḍu’na kombâng (engkok)
55. Anak kumbang tahi = buḍu’na wâng-ghuwâng (ghenḍut)
56. Anak kunang-kunang = buḍu’na nang-konang (èndrak)
57. Anak kura-kura = buḍu’na ra-kora (laos)
58. Anak kutu = buḍu’na koto (kor, lèngsa)
59. Anak lalat = buḍu’na lala’ (sèt, sènggât)
60. Anak lebah = buḍu’na nyarowan/ nyèrowan (gâna, ola’)
61. Anak lintah = buḍu’na lènta (pacet)
62. Anak macan = buḍu’na macan (gogor)
63. Anak mentok = buḍu’na ènṭok (mènṭè, ènḍhil)
64. Anak merak = buḍu’na mano’ merrak (koncong)
65. Anak merpati/dara = buḍu’na dhârâ (pejji)
66. Anak musang/luwak = buḍu’na moseng/lowa’ (kobuk)
67. Anak nyamuk = buḍu’na rengngè’ (get-oget, ola’ antèng)
68. Anak puyuh = buḍu’na mano’ ghemmek (dhrighul)
69. Anak sapi = buḍu’na sapè (pè’-empè’)
70. Anak sapi yang agak besar = buḍu’na sapè sè abâk rajâ (jâgir)
71. Anak singa = buḍu’na macan lèyo (kadhibâl)
72. Anak terwelu = buḍu’na tarbilung (koyor)
73. Anak tikus = buḍu’na tèkos (cènḍil)
74. Anak tokek = buḍu’na tekko’ (calolo)
75. Anak tonggeret/ uir-uir (riang-riang pohon) = buḍu’na wè-rowè (dhrungko’)
76. Anak udang = buḍu’na oḍâng (ghrâghu, rekket, jembrit)
77. Anak ular = buḍu’na olar (ocet, kèsè)
78. Anak yuyu = buḍu’na bâlâṭṭang (bâjâs)


Sumber : 
1. Adrian Pawitra, “Kamus Lengkap Bahasa Madura – Indonesia”, Penerbit PT. Dian Rakyat Jakarta, Th 2009.
2. Adrian Pawitra, Kamus Bahasa Indonesia - Madura, belum diterbitkan
3. Kramer Sr. A.L.N, Kamus Indonesia (Indonesisch-Nederlands en Nederlands-Indonesisch), Gravenhage 1951 – Djakarta, G.B Van Goor Zonens Uitgevermaatschaapp N.V.
4. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Madurees-Nederlands, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
5. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Nederlands - Madurees, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
6. Sebuah catatan yang tidak diketahui sumbernya.