Beberapa Hal Tentang Karimunjawa

9/29/2019 Add Comment
Karimunjawa. Sudahkah Tretans semua pergi menikmati keindahan Kepualauan Karimunjawa?. Sama seperti Kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep seperti Gili Labak, Gili Iyang maupun Gili Genting, Kepulauan Karimunjawa bahkan lebih dulu sudah terkenal dengan wisata alamnya yang begitu mempesona.

Kepulauan Karimunjawa yang berada di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selalu menjadi magnet bagi wisawatan. Bukan hanya turis lokal, pelancong mancanegara pun kerap mengunungi pulau-pulau tersebut. Maklum, Karimunjawa memang indah. Di sini para pelancong disajikan keindahan alam, mulai dari hamparan bukit nan hijau hingga terumbu karang di bawah laut.


Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau lho, Tretans. Karimunjawa sendiri merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Tidak akan Tretans sangka Pulau Karimunjawa memang benar-benar menyimpan keindahan perairan laut Jawa.

Sehingga tidak heran Karimunjawa layak disebut sebagai The Carribbean of Java karena pasir putihnya, perairannya yang bening, tenang, dan keindahannya yang eksotis. Bukan hanya itu saja lho, ada beberapa hal yang perlu Tretans ketahui mengenai Karimunjawa ini. Berikut hal apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke sana.

1. Cek website BMKG

Cek terlebih dulu perkiraan BMKG sebelum berangkat karena jika ketinggian gelombang lebih dari 3.0 meter, jadwal keberangkatan akan dibatalkan. Jadi, retans masih harus menunggu 1-2 hari agar dapat berangkat menyeberang. Cek website BMKG merupakan salah satu hal penting sebelum berkunjung ke Karimunjawa.

2. Jangan Datang di Waktu yang Salah

Hal penting yang kedua adalah menentukan tanggal yang tepat karena pemilihan tanggal mempengaruhi jenis dan waktu tempuh transportasi yang akan digunakan untuk menyeberang ke Karimunjawa. Jika Tretans ingin berangkat dari Semarang, lebih baik pergi di hari Sabtu atau Kamis.

Itu karena hanya terdapat 1 kapal yang berangkat dari Semarang (KMC Kartini yang berangkat hanya di hari Sabtu dan Kamis). Selain itu ada juga pesawat cesna yang berangkat dari Semarang di hari Kamis dan Jumat. Namun, jika ternyata berhalangan berangkat di hari itu, terpaksa harus ke Kabupaten Jepara terlebih dulu.

Di sana ada 2 kapal jenis feri, yaitu Express Bahari dan Siginjai. Keduanya hanya memiliki 1 jadwal keberangkatan tiap harinya. Jadi kalau semisal Tretans ketinggalan kapal, terpaksa menunggu keesokan harinya. Jangan sampai ketinggalan ya!.

3. Rencanakan Kunjungan

Sebisa mungkin sebelum berangkat Tretans sudah matang-matang membuat rancangan perjalanan, bahkan minimal seminggu sebelum keberangkatan (terutama jika kalian datang di puncak masa liburan pada bulan Juni-Agustus). Hotel atau homestay juga cepat sekali penuh jadi harus gerak cepat jika ingin mendapat penginapan yang Tretans incar.

Terlebih lagi jika Tretans ingin berbulan madu bersama pasangan di Karimunjawa, ada baiknya lho kalian cek paket honeymoon Karimunjawa. Supaya rencana bulan madu Tretans di Karimunjawa terasa sangat menyenangkan dan nyaman bersama pasangan.

4. Gunakan Pemandu Wisata

Supaya liburan di Karimunjawa lebih menyenangkan dan mudah Tretans bisa juga menggunakan pemandu wisata. Tarif pemandu wisata di Kepulauan Karimunjawa juga relatif murah. Sekitar500 ribu untuk dua hari. Harga tersebut sudah termasuk mobil yang akan anda gunakan untuk berkeliling pulau.

Tretans juga bisa saja berkeliling tanpa pemandu. Namun banyak spot menarik di pulau ini yang mungkin Tretans lewatkan. Sebab daratan Karimunjawa memiliki luas daratan 1.500 hektare plus perairan mencapai 110.000 hektare.

5. Taman Nasional Karimunjawa

Lalu apa yang bisa ditelusuri di Karimunjawa? Banyak. Di sini, misalnya, tretans bisa menjelajahi Taman Nasional Karimunjawa. Ada ragam hewan liar macam rusa, kucing hutan dan yang paling ikonik ialah pohon Dewandaru. Kayu pohon Dewandaru ini konon jenis kayu yang selama ini dipakai sebagai bahan pembuat tongkat komando para panglima TNI atau Polri karena dianggap memiliki daya magis yang kuat.

Selain taman nasional, Karimunjawa juga memiliki ‘Bukit Cinta’. Disebut demikian karena di atasnya ada tulisan besar 'Love' lengkap dengan rumah pohon berbentuk hati. Banyak turis yang berselfie di sini. Selain itu, dari puncak bukit ini, Tretans juga akan dimanjakan oleh pesona alam yang mantap: gugusan pulau kecil tampak menyembul dari kejauhan.

6. Snorkling di Karimunjawa

Aktivitas lain yang bisa Tretans lakukan di Karimunjawa adalah snorkling. Untuk yang satu ini, Tretans bisa menghubungi biro perjalanan lokal yang menawarkan snorkling dengan tarif Rp 20-30 ribu. Cukup murah, bukan?. Pemandu wisata pasti akan mengarahkan ke spot-spot menarik yang terdapat biota lautnya. Tapi ingat, jangan menginjak terumbu karang.

Terumbu karang di sini memang jadi aset penting bagi Karimunjawa. Tretans bisa menyaksikan ikan-ikan menyembul keluar serta bersentuhan dan ‘menyapa’ aneka biota laut. Setelah puas menikmati panorama bawah laut, Tretans juga bisa berbaring sejenak di bibir pantai sambil menikmati sunset.

Jadi, bagaimana?. Sudah siap untuk pergi berlibur ke Karimunjawa?. Pastikan beberapa hal penting sudah Tretans siapkan supaya rencana liburan di sana menjadi lebih menyenangkan dan terkesan. Singkirkan semua alat elektronik, just breathe in the fresh air and enjoy the beauty of Karimunjawa!.

Kuliner Unik Soto Mata Sapi di Bangkalan

9/15/2019 Add Comment
Teman-teman, suka kuliner ekstrem? kalau iya jangan sampai kelewatan mencoba kuliner Soto Mata Sapi yang ada di Bangkalan. Sekilas tampilannya tidak berbeda dengan kuliner serupa. Berkuah kuning dengan berbagai isian. Begitu teman-teman mengaduk akan muncul bagian mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang.


Soto Mata Sapi ini terletak di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Tempatnya sangat sederhana, tapi jangan salah meski demikian tempat ini sangat bersih dan higienis. Makan di tempat ini kalian tidak akan duduk di kursi bahkan kalian tidak akan menjumpai meja. Tetapi di tempat ini disediakan kursi anyaman yang sangat lebar untuk duduk bersila di atasnya.

Baca juga: Soto Merah Daging Khas Bangkalan

Soto Mata Sapi ini di buat dengan bumbu rahasia dan di sajikan dengan kuah soto dan juga di beri irisan daging sapi. Meskipun kelihatannya aneh dan mengerikan, namun rasanya enak dan nikmat sekali. Soto Mata Sapi sangat lezat di santap dalam keadaan masih hangat dengan sambal yang pedas, jangan lupa perasan jeruk nipisnya.


SAJIAN PELENGKAP SOTO MATA SAPI

Soto ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya dan tanpa menggunakan kunyit seperti soto pada umumnya. Bahan yang dibuat soto adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto Mata Sapi direbus sampai lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Mata sapi yang digunakan tidak diiris kecil-kecil tetapi masih terutama bola matanya tetapi bila teman-teman menginginkannya untuk diiris  bisa langsung meminta ke penjualnya. Namun, jika teman-teman tidak berani untuk memakan mata sapi, teman-teman bisa menikmati soto tanpa mata sapi.


Sebagai bahan pelengkap soto biasanya ditambahkan ketupat atau topak. Topak seperti lontong tapi tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa. Topak diiris menjadi beberapa bagian dan ditambah kecambah, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk.

Selain itu teman-teman juga bisa mencoba menyantap soto mata sapi dengan tambahan bumbu rujak, dijamin rasanya semakin nikmat. Satu porsi Soto Mata Sapi adalah Rp. 25.000 dan untuk Soto Daging Rp. 15.000, cukup membayar seribu rupiah jika ingin makan dengan ketupat atau topak.


Warung Soto Mata Sapi yang ada di desa Pancar ini mulai buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jadi, sudah siap menikmati kuliner ekstrem Soto Mata Sapi?.



VIDEO KULINER SOTO MATA SAPI BANGKALAN



5 Pilihan Transportasi Aman dan Mudah ke Madura

9/13/2019 Add Comment
Madura. Siapa yang tidak mau pergi ke Madura?. Sekarang ke Madura teman-teman tidak perlu takut lagi. Di Madura juga teman-teman bisa menikmati berbagai wisata yang ada mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi serta tidak ketinggalan juga wisata budaya Madura yang akan membuat kalian kagum.

Berbicara tentang pergi ke Madura, sekarang sudah tidak sulit lagi bahkan ada banyak pilihan transportasi yang bisa teman-teman pilih untuk bisa sampai ke pulau kami. Apalagi sekarang menjelang pagelaran Kerapan Sapi Piala Presiden yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober nanti.

Biasanya Madura akan menjadi tempat tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Semua datang ke Madura untuk bisa menonton langsung grand final Kerapan Sapi yang rutin diadakan setiap tahunnya. Lalu, apa saja sih pilihan tranportasi yang bisa teman-teman pilih untuk berkunjung ke Madura?. Yuk, simak ulasan kami.


1. Bus

Jauh sebelum Jembatan Suramadu ada Bus menjadi salah satu pilihan transportasi bagi orang-orang yang akan pergi ke Madura. Ada banyak bus yang bisa langsung menuju Madura tanpa harus transit atau over ke bus lainnya. Biasanya sih pilihannya ada dua macam, yakni bus kelas ekonomi dan bus ber-AC.

2. Kapal Laut

Pilihan transportasi kapal laut pernah menjadi satu-satunya primadona tranportasi untuk bisa menyeberang ke Madura, namun itu dulu sebelum Pulau Jawa dan Madura terhubung dengan adanya Jembatan Suramadu. Sampai sekarang Dermaga penyeberangan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak - Kamal masih bisa kalian pilih kok.

3. Travel

Nah, bagi teman-teman yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih privat bisa menggunakan travel. Ada banyak pilihan travel yang memiliki tujuan ke Madura. Biasanya teman-teman tinggal menunggu jemputan di rumah dan akan diantar sesuai titik yang kalian pesan, mudah sekali kan?.

Untuk pilihan tarif travel (personal ataupun perusahaan) ini bervariasi, antara 75.000-125.000. Jam penjemputan umumnya mulai jam 12 siang sampai jam 3 sore. Ada juga yang bisa diluar jam itu, misalnya travel Dieng yaitu jam 07.00, 09.00, 12.00, 21.00 atau 24.00. Jangan lupa, pilihan waktu bisa berubah sesuai dari pihak travelnya sendiri.

4. Pesawat Terbang

Ya, ke Madura bisa menggunakan Pesawat Terbang apalagi bagi teman-teman yang ingin langsung turun di Kabupaten Sumenep. Bisa dibilang pilihan transortasi Pesawat Terbang ini masih baru tapi sudah banyak lho yang menggunakan pesawat untuk ke Madura. Untuk jadwal penerbangannya sendiri masih sangat terbatas pada hari tertentu saja.

Ada 1 hingga 2 kali saja penerbangan dalam sehari (pagi antara jam 7-9). Harga tiket sekitar 300 ribuan. Waktu tempuh yang dibutuhkan tidak sampai 1 jam. Sebab tu pilihan transportasi Pesawat Terbang menjadi salah satu yang favorit untuk ke Madura.

5. Kereta Api

Untuk pilihan transportasi yang terakhir ini sebenarnya tidak sampai ke Madura tapi hanya sampai Kota Surabaya saja. Meskipun begitu menggunakan Kereta Api ke Madura asyik juga, apalagi ada informasi kalau jalur kereta api di Madura akan kembali diaktifkan oleh pemerintah. Untuk pilihan kereta apinya sama seperti biasa, teman-teman juga bisa cari tahu info tiket kereta ekonomi lengkap disini.

Dari lima pilihan transportasi ke Madura tadi yang mana teman-teman akan pilih?, yang pasti semuanya aman, dan mudah. Jadi, kapan kalian akan ke Madura? ada Bebek Sinjay, Sate Madura, Kerapan Sapi, Pesarean Syaichona Kholil dan masih banyak lagi yang bisa teman-teman datangi juga nikmati di Madura.