Sejarah

Tradisi

Recent Posts

Kuliner Unik Soto Mata Sapi di Bangkalan

9/15/2019 Add Comment
Teman-teman, suka kuliner ekstrem? kalau iya jangan sampai kelewatan mencoba kuliner Soto Mata Sapi yang ada di Bangkalan. Sekilas tampilannya tidak berbeda dengan kuliner serupa. Berkuah kuning dengan berbagai isian. Begitu teman-teman mengaduk akan muncul bagian mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang.


Soto Mata Sapi ini terletak di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Tempatnya sangat sederhana, tapi jangan salah meski demikian tempat ini sangat bersih dan higienis. Makan di tempat ini kalian tidak akan duduk di kursi bahkan kalian tidak akan menjumpai meja. Tetapi di tempat ini disediakan kursi anyaman yang sangat lebar untuk duduk bersila di atasnya.

Baca juga: Soto Merah Daging Khas Bangkalan

Soto Mata Sapi ini di buat dengan bumbu rahasia dan di sajikan dengan kuah soto dan juga di beri irisan daging sapi. Meskipun kelihatannya aneh dan mengerikan, namun rasanya enak dan nikmat sekali. Soto Mata Sapi sangat lezat di santap dalam keadaan masih hangat dengan sambal yang pedas, jangan lupa perasan jeruk nipisnya.


SAJIAN PELENGKAP SOTO MATA SAPI

Soto ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya dan tanpa menggunakan kunyit seperti soto pada umumnya. Bahan yang dibuat soto adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto Mata Sapi direbus sampai lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Mata sapi yang digunakan tidak diiris kecil-kecil tetapi masih terutama bola matanya tetapi bila teman-teman menginginkannya untuk diiris  bisa langsung meminta ke penjualnya. Namun, jika teman-teman tidak berani untuk memakan mata sapi, teman-teman bisa menikmati soto tanpa mata sapi.


Sebagai bahan pelengkap soto biasanya ditambahkan ketupat atau topak. Topak seperti lontong tapi tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa. Topak diiris menjadi beberapa bagian dan ditambah kecambah, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk.

Selain itu teman-teman juga bisa mencoba menyantap soto mata sapi dengan tambahan bumbu rujak, dijamin rasanya semakin nikmat. Satu porsi Soto Mata Sapi adalah Rp. 25.000 dan untuk Soto Daging Rp. 15.000, cukup membayar seribu rupiah jika ingin makan dengan ketupat atau topak.


Warung Soto Mata Sapi yang ada di desa Pancar ini mulai buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jadi, sudah siap menikmati kuliner ekstrem Soto Mata Sapi?.



VIDEO KULINER SOTO MATA SAPI BANGKALAN



5 Pilihan Transportasi Aman dan Mudah ke Madura

9/13/2019 Add Comment
Madura. Siapa yang tidak mau pergi ke Madura?. Sekarang ke Madura teman-teman tidak perlu takut lagi. Di Madura juga teman-teman bisa menikmati berbagai wisata yang ada mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi serta tidak ketinggalan juga wisata budaya Madura yang akan membuat kalian kagum.

Berbicara tentang pergi ke Madura, sekarang sudah tidak sulit lagi bahkan ada banyak pilihan transportasi yang bisa teman-teman pilih untuk bisa sampai ke pulau kami. Apalagi sekarang menjelang pagelaran Kerapan Sapi Piala Presiden yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober nanti.

Biasanya Madura akan menjadi tempat tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Semua datang ke Madura untuk bisa menonton langsung grand final Kerapan Sapi yang rutin diadakan setiap tahunnya. Lalu, apa saja sih pilihan tranportasi yang bisa teman-teman pilih untuk berkunjung ke Madura?. Yuk, simak ulasan kami.


1. Bus

Jauh sebelum Jembatan Suramadu ada Bus menjadi salah satu pilihan transportasi bagi orang-orang yang akan pergi ke Madura. Ada banyak bus yang bisa langsung menuju Madura tanpa harus transit atau over ke bus lainnya. Biasanya sih pilihannya ada dua macam, yakni bus kelas ekonomi dan bus ber-AC.

2. Kapal Laut

Pilihan transportasi kapal laut pernah menjadi satu-satunya primadona tranportasi untuk bisa menyeberang ke Madura, namun itu dulu sebelum Pulau Jawa dan Madura terhubung dengan adanya Jembatan Suramadu. Sampai sekarang Dermaga penyeberangan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak - Kamal masih bisa kalian pilih kok.

3. Travel

Nah, bagi teman-teman yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih privat bisa menggunakan travel. Ada banyak pilihan travel yang memiliki tujuan ke Madura. Biasanya teman-teman tinggal menunggu jemputan di rumah dan akan diantar sesuai titik yang kalian pesan, mudah sekali kan?.

Untuk pilihan tarif travel (personal ataupun perusahaan) ini bervariasi, antara 75.000-125.000. Jam penjemputan umumnya mulai jam 12 siang sampai jam 3 sore. Ada juga yang bisa diluar jam itu, misalnya travel Dieng yaitu jam 07.00, 09.00, 12.00, 21.00 atau 24.00. Jangan lupa, pilihan waktu bisa berubah sesuai dari pihak travelnya sendiri.

4. Pesawat Terbang

Ya, ke Madura bisa menggunakan Pesawat Terbang apalagi bagi teman-teman yang ingin langsung turun di Kabupaten Sumenep. Bisa dibilang pilihan transortasi Pesawat Terbang ini masih baru tapi sudah banyak lho yang menggunakan pesawat untuk ke Madura. Untuk jadwal penerbangannya sendiri masih sangat terbatas pada hari tertentu saja.

Ada 1 hingga 2 kali saja penerbangan dalam sehari (pagi antara jam 7-9). Harga tiket sekitar 300 ribuan. Waktu tempuh yang dibutuhkan tidak sampai 1 jam. Sebab tu pilihan transportasi Pesawat Terbang menjadi salah satu yang favorit untuk ke Madura.

5. Kereta Api

Untuk pilihan transportasi yang terakhir ini sebenarnya tidak sampai ke Madura tapi hanya sampai Kota Surabaya saja. Meskipun begitu menggunakan Kereta Api ke Madura asyik juga, apalagi ada informasi kalau jalur kereta api di Madura akan kembali diaktifkan oleh pemerintah. Untuk pilihan kereta apinya sama seperti biasa, teman-teman juga bisa cari tahu info tiket kereta ekonomi lengkap disini.

Dari lima pilihan transportasi ke Madura tadi yang mana teman-teman akan pilih?, yang pasti semuanya aman, dan mudah. Jadi, kapan kalian akan ke Madura? ada Bebek Sinjay, Sate Madura, Kerapan Sapi, Pesarean Syaichona Kholil dan masih banyak lagi yang bisa teman-teman datangi juga nikmati di Madura.

Pengertian Lengkap Apa Itu Fintech dan P2P Lending

8/27/2019 Add Comment
Saat ini, segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia semakin modern dan canggih. Salah satunya yaitu aktivitas pinjam meminjam. Jika dulu, pinjam meminjam hanya bisa dilakukan orang di bank, koperasi atau lembaga lainnya yang bersifat offline. Saat ini teman-teman sudah bisa mengajukan pinjaman yang sifatnya online.

Beberapa dari teman-teman pasti sudah tidak asing dengan sebutan fintech yang menyediakan layanan pinjaman online dan P2P Lending sebagai salah satu jenis layanannya. Tapi bagi teman-teman yang belum tau apa itu fintech dan P2P Lending jangan khawatir. Artikel ini akan membahas secara lengkap. Simak penjelasan di bawah ini, referensi Duwitmu.com :


Apa Itu Fintech dan P2P Lending ?


Fintech adalah singkatan dari kata “financial” dan “technology” yaitu sebuah inovasi di bidang keuangan yang tak luput dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara kerja Fintech tidak berbeda jauh dengan marketplace yang teman-teman temui seperti shopee atau lazada.

Bedanya, shopee dan lazada adalah sebuah marketplace yang menjual barang dengan mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online. Sedangkan fintech mempertemukan antara pihak investor dan peminjam yang juga dilakukan secara online. Mulai dari metode pembayaran, transfer, pengumpulan dan peminjaman semua bisa dilakukan secara efektif.

Salah satu klasifikasi atau jenis fintech adalah layanan P2P (Peer To Peer Landing). Apa itu P2P Lending ? P2P Lending adalah praktek memberikan pinjaman kepada pihak yang ingin meminjam, dan mengajukan peminjaman kepada investor.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, p2p lending mirip dengan marketplace yang mempertemukan antara peminjam dan investor secara langsung melalui teknologi. Singkatnya, Peer to Peer Lending adalah menghubungkan antara peminjam dan investor yang akan memberikan pinjaman secara online tanpa menggunakan jasa keuangan yang sah sebagai perantara.

Peer to peer lending menjadi pilihan yang tepat bagi para pengusaha kecil menengah (UMKM) yang ingin mendapatkan tambahan modal walaupun si peminjam belum mempunyai rekening di bank. Sampai sini paham kan apa itu fintech dan p2p lending? Lalu bagaimana sih sebenarnya cara kerja p2p lending?

Cara Kerja Peer to Peer Lending


Terlebih dahulu anda harus memahami cara kerja dari p2p baik sebagai peminjam atau pemberi pinjaman (investor). Jika teman-teman sudah memahami maka anda akan bisa mempraktikannya dengan baik dan benar.

Pertama adalah sebagai peminjam. Sama seperti bank untuk meminjam anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang disyaratkan. Salah satunya adalah laporan keuangan yang sudah ditentukan kurun waktunya dan tujuan teman-teman melakukan peminjaman.

Kelengkapan dokumen teman-teman menjadi salah satu pertimbangan apakah nantinya pengajuan anda bisa diterima ataupun ditolak. Apabila pengajuan teman-teman diterima, barulah akan diterapkan suku bunga pinjamannya dan usulan peminjaman anda akan dimasukkan ke dalam marketplace agar semua inverstor bisa melihat usulan peminjaman teman-teman.

Kedua jika teman-teman sebagai investor teman-teman mempunyai akses untuk menelusuri data data para peminjam yang mengajukan pinjamannya. Seperti laporan keuangan peminjam beserta tujuannya. Teman-teman berhak menentukan apakah ingin meminjamkan dana ataukah tidak.

Jika teman-teman memutuskan untuk meminjamkan dana, setiap bulan para peminjam akan mencicil kepada anda. Keuntungan bisa teman-teman dapatkan dari suku bunga yang dibayarkan. Bagaimana apakah teman-teman tertartik?.

Di satu sisi teman-teman bisa membantu orang yang membutuhkan, di sisi lain teman-teman bisa mendapatkan keuntungan. Demikian penjelasan mengenai apa itu fintech dan p2p lending. Semoga bermanfaat.

Bangkalan

Pamekasan

Sampang

Sumenep