Sejarah

Tradisi

Recent Posts

Jadwal Penerbangan dan Harga Tiket Bandara Trunojoyo - Sumenep

6/29/2022 Add Comment
Kabupaten Sumenep letaknya di penghujung timur Pulau Madura, meskipun begitu Sumenep memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi sampai wisata budayanya yang sangat terkenal bahkan langganan mengadakan event setiap tahunnya.

Bahkan sepanjang tahun 2018 kemarin ada sebanyak 36 event yang berhasil diselenggarakan. Mulai dari, Sumenep Mengukir, Batik on The Sea, Kontes Kucing Internasional, Gathering Media dan Pelaku Usaha Pariwisata se-Indonesia, Jalan–Jalan Santai 5.000 Egrang hingga yang paling ditunggu adalah event Royal Dinner dan Pembukaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-ASEAN V.

Jadwal Penerbangan Pesawat Bandara Trunojoyo Sumenep

Ada dua keunggulan pariwisata di Kabupaten Sumenep, yakni Sumenep merupakan daerah penghasil oksigen terbesar kedua di dunia setelah Jordania. Pulau Giliyang merupakan pulau oksigen karena memiliki kandungan oksigen yang tinggi mencapai 21,5 persen dan kandungan karbondioksida paling rendah.

Banyak penduduk di Pulau Giliyang yang hingga kini berusia hingga lebih dari 100 tahun dan hidup sehat di sana. Keunggulan yang kedua adalah Sumenep merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang masih memiliki keraton yang utuh dan terpelihara. Sehingga tidak heran kalau Kabupaten Sumenep berhasil menarik 15.000 wisatawan untuk datang per tahunnya.

Bandara Trunojoyo Menghubungkan Sumenep dan Dunia Luar

Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 pulau yang jaraknya berjauhan. Dulu transportasi di Sumenep masih susah, perjalanan darat dari Surabaya harus ditempuh selama 5 jam lamanya. Saat ini, Sumenep telah memiliki bandara, yakni Bandara Trunojoyo, sehingga lebih mudah dan lebih cepat dijangkau oleh wisatawan.

Bandara Trunojoyo memiliki landasan pacu 1.600 meter. Nantinya landasan pacu akan diperluas menjadi panjang 2.500 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat digunakan oleh pesawat jet yang lebih besar. Bandara Trunojoyo merupakan Bandara kelas III yang dikelola dan dioperasionalkan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
Bandara saat ini mempunyai dimensi landas pacu 1600 meter x 30 meter dan memiliki dua Apron (Apron I : 40 meter x 40 meter Apron II : 75 meter x 80 meter). Sedangkan dari sisi darat, bandara ini mempunyai gedung terminal seluas 12 meter x 11 meter dan gedung operasional seluas 144 meter persegi.

Bandara ini resmi dibuka pada tahun 2017 dan penerbangan komersial pertama dari maskapai Wings Air. Wings Air sendiri sudah melayani menerbangi rute Bandara Juanda (Surabaya) - Bandara Trunojoyo (Sumenep) pp tiap hari dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 -600. 

Bandar Udara Trunojoyo Sumenep - Madura

Resmi Dibuka Penerbangan Pagerungan

Penerbangan rute Sumenep-Pagerungan sebenarnya sudah resmi dibuka pada tahun 2019. Penerbangan perintis untuk daerah kepulauan akhirnya terealiasai setelah melalui proses panjang. Diharapkan penerbangan ini didukung dan diimanfaatkan oleh masyarakat Sumenep dan masyarakat pulau, untuk aktivitas yang lebih cepat dan efesien.

Sebagai informasi, penerbangan perintis tujuan Bandara Pagerungan ini terealisasi setelah statusnya berubah dari bandara khusus menjadi bandara umum melalui Keputusan Menteri Perhubungan pada awal September 2019 lalu. Penerbangan ke Pulau Pagerungan tersebut hanya dilayani Susi Air dengan kapasitas sepuluh penumpang.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal.
Penerbangan pesawat perintis di Bandara Trunojoyo Sumenep, sebenarnya baru kembali beroperasi, setelah sebulan lebih dihentikan karena tingginya angka kasus harian Covid-19. Sementara itu, aturan penerbangan antarbandara di Jawa-Bali, antara lain diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Bagi yang baru vaksin dosis pertama harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Namun, bagi penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis kedua, bisa menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Jadwal Penerbangan Bandara Trunojoyo Sumenep

Mungkin banyak yang bertanya atau mencari informasi tentang jadwal terbaru penerbangan rute kedatangan dan keberangkatan Pesawat di Bandara Trunojoyo Sumenep, dibawah ini adalah sekilas gambar atau flyer yang diambil dari media sosial resmi bandara trunojoyo untuk diketahui banyak orang.


Daftar Harga Tiket

Pastinya untuk bisa mengikuti pesawat yang melayani berbagai rute di bandara trunojoyo kita harus memiliki tiket dengan membelinya di agen atau secara online entah itu harga tiket untuk maskapai pesawat perintis susi air, wings air atau citilink namun sayangnya hingga saat ini masih belum ada harga dicantumkan di laman resmi bandara trunojoyo.

Kemungkinan jika harga tiket sudah tertera di media sosial bandara trunojoyo akan kami update sebagai bahan informasi dan persiapan bagi calon konsumen yang ingin menggunakan jasa pesawat perintis antar pulau tersebut.

Terima Dana Salah Transfer? Cek Rekening Bank dan Lakukan Ini

6/21/2022 Add Comment
Sebagian orang pasti pernah mendapatkan kiriman uang dari sumber tidak dikenal yang disebabkan karena salah mentransfer dana. Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika menghadapi hal ini yaitu dengan mencari cara cek rekening bank untuk melihat daftar transaksi yang sedang berlangsung.

Dengan melihat daftar mutasi kamu bisa mengetahui nomor rekening orang yang salah mentransfer dana. Dengan begitu kamu bisa langsung mengembalikan dana tersebut secara pribadi.



Selain Cek Rekening Bank, Lakukan Hal-hal Ini Saat Menerima Dana Salah Transfer


Menerima uang dari orang asing terkadang membuat panik apalagi jika jumlah dana yang dikirim cukup besar. Sebenarnya kamu tidak perlu panik dan bisa langsung mencari cara cek rekening bank serta mengembalikannya langsung secara pribadi. Kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk jika menemui kondisi di atas.

1. Cek Mutasi Rekening

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan melihat mutasi rekening. Melalui daftar mutasi kamu bisa mengetahui lebih detail transaksi tersebut. Biasanya di dalam daftar mutasi terdapat data-data seperti nama dan nomor rekening pengirim serta tanggal dan jam dana diterima.

Oleh karenanya penting sekali mengetahui cara cek rekening bank untuk melihat daftar mutasi yang ada pada rekeningmu. Usahakan tetap tenang dan tidak panik, agar aliran dana yang tak dikenal tersebut bisa segera ditangani dan dikembalikan.

2. Segera Melapor ke Bank Terkait

Selain mencari cara cek rekening bank, kamu juga harus melapor kepada pihak bank yang bersangkutan. Jadi setelah kamu melakukan cek rekening bank sebaiknya segera hubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk membuat laporan tersebut, usahakan di hari yang sama dengan hari transaksi terjadi agar bank dapat segera memproses pengembalian dananya kepada pengirim. .

3. Jelaskan Kronologi Secara Terperinci

Saat melapor ke pihak bank, berikan kronologinya secara lengkap dan terperinci agar proses pengembalian dana lebih lancar. Beberapa contoh pertanyaan yang harus kamu jawab saat melapor kejadian menerima dana salah transfer:

Kapan transaksi terjadinya? Jawab secara lengkap mulai dari hari, tanggal, bulan, hingga jamnya yang bisa kamu dapatkan saat melakukan cek rekening bank. Apa metode pengiriman dana yang digunakan? Apakah lewat transfer rekening, atau dari merchant payment? Jawablah sesuai yang kamu ketahui.
Berapa jumlah dana yang diterima? Jawablah sesuai yang tertera pada mutasi rekening yang kamu lihat.

Dan beberapa pertanyaan verifikasi data lainnya.

4. Menunggu Konfirmasi dari Pihak Bank

Setelah melakukan pelaporan, biasanya bank akan memberikan perkiraan waktu proses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan bank masing-masing, mengingat proses seperti ini melibatkan bank pengirim dana dan konfirmasi pemilik rekening. Sambil menunggu proses tersebut, kita bisa rutin secara berkala cek rekening bank untuk mengetahui apakah sudah terjadi pendebetan rekening.



Cek Rekening Bank dengan Praktis Melalui PermataMobile X


PermataMobile X adalah layanan mobile banking dari PermataBank yang dibekali dengan beragam fitur unggulan. Berikut keunggulan yang ditawarkan kepada para nasabah:

  • Cek rekening bank untuk semua akun PermataBank mulai tabungan, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA, reksa dana, hingga obligasi menjadi lebih praktis karena dapat dilakukan di satu layar
  • Cek daftar transaksi hingga 12 bulan terakhir di semua akun PermataBank
  • PermataMobile X menawarkan ratusan fitur transaksi untuk mempermudah aktivitas keuangan nasabah dan memenuhi berbagai kebutuhan perbankan

Melakukan cek rekening bank menjadi lebih mudah melalui aplikasi PermataMobile X, tidak hanya itu tersedia berbagai fitur unggulan yang di antaranya adalah:

1. Investasi

Investasi Reksadana jadi lebih mudah karena proses pembelian dan penjualan hingga switching investasi bisa dilakukan secara online.

2. Kartu Kredit

Pengajuan kartu kredit, penambahan kartu, mengubah transaksi menjadi cicilan (convert to installment) hingga mendapatkan kenaikan limit sementara bisa dilakukan secara online di aplikasi.

3. Pinjaman

Dana tunai (Cash on Call) melalui fasilitas personal loan juga diajukan dengan proses cepat melalui aplikasi.

4. Finger Print dan Face ID

Login ke PermataMobile X dengan praktis dan aman dengan fitur finger print dan Face ID atau teknologi pengenalan wajah.

5. QR Pay

Lakukan pembayaran lebih cepat dengan menggunakan barcode melalui dompet digital di banyak toko dan merchant.

6. PermataStore

Tidak perlu lagi pergi ke bank untuk membeli bermacam produk perbankan karena pembelian bisa dilakukan secara online.

7. Transfer ke Nomor HP dan Whatsapp

Transfer secara instan dalam hitungan detik lebih mudah dengan menggunakan nomor HP atau bisa menggunakan kartu ucapan digital ke nomor whatsapp.

8. Digital Token

PermataMobile X telah menggunakan digital token yang dibuat sendiri dalam aplikasi sehingga tidak perlu lagi menerima SMS OTP.

Cek rekening bank dengan mudah menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X, caranya berikut cara pendaftarannya:

1. Unduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS
2. Setelah terunduh buka aplikasi dan pilih ‘Mulai’
3. Akan muncul pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” pilih “Ya” Jika sudah memiliki rekening dan sebaliknya pilih “Tidak” bila belum memiliki rekening, dimana selanjutnya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk pilihan rekening simpanan
4. Setelah itu akan muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?” pilih “Tidak”
5. Kamu bisa pilih menggunakan kartu kredit atau nomor rekening untuk lanjut ke proses pembukaan rekening selanjutnya
6. Terakhir ikuti petunjuk sesuai arahan hingga kamu menerima user ID

Tunggu apalagi? Segera daftar dan gunakan aplikasi PermataMobile X untuk mempermudah aktivitas keuanganmu, termasuk cek rekening bank dan melakukan berbagai transaksi lainnya kapan saja dengan praktis.

Mau Jadi Fotografer Andal? Beli Kamera Terbaik Pakai Pinjaman Bunga Rendah

6/20/2022 Add Comment
Ternyata, kini pinjaman bunga rendah bisa bantu Anda menjadi fotografer andal, lho! Anda bisa membeli kamera terbaik ala fotografer profesional menggunakan dana pinjaman ini dengan mudah.Kamera merupakan salah modal utama yang harus dimiliki ketika ingin menjadi seorang fotografer andal.

Selain dibutuhkan skill yang mumpuni, kualitas dari kamera yang digunakan juga bisa mempengaruhi hasil jepretan Anda. Karena itu, sudah saatnya Anda beli kamera baru untuk mendapatkan foto yang maksimal.



Dapatkan Kamera Terbaik Pakai Pinjaman Bunga Rendah


Pada dasarnya, sebuah kamera akan dinilai terbaik atau tidak bergantung pada kebutuhan masing-masing. Namun, di bawah ini kami mencoba merekomendasikan beberapa kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan menggunakan pinjaman online dengan bunga rendah. Berikut selengkapnya!

1. Nikon D850 – Rp41 Jutaan

Rekomendasi pertama kita mulai dari yang harganya paling bersahabat, yakni Nikon D850 yang dibandrol pada harga mulai dari Rp40 jutaan. Anda bisa membelinya dengan pinjaman bunga rendah.

Nikon D850 mampu memberikan hasil gambar yang sangat tajam. Pasalnya, Kamera DSLR yang satu ini telah mampu merekam hingga resolusi 4K. Hebatnya lagi, Nikon D850 juga mampu menangkap gambar timelapse dengan resolusi mencapai 4K. Karenanya, tidak jarang kamera ini juga digunakan oleh para youtuber untuk membuat konten.

Di samping itu, kamera ini juga mampu menghasilkan jepretan yang detail sehingga sangat cocok untuk dijadikan kamera andalan oleh fotografer profesional. Lensanya telah dilengkapi dengan CMOS sensor sehingga dapat mengakomodasikan lensa 45,7MP FX-Format dengan mutakhir.

2. Canon EOS 5D Mark IV – Rp44 Jutaan

Kamera yang satu ini sudah mulai terjun di pasaran sejak tahun 2016 lalu. Meskipun sudah cukup lama, hingga saat ini Canon EOS 5D Mark IV ternyata masih menjadi kamera yang sangat populer di kalangan fotografer andal.

Kamera DSLR yang satu ini bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan megapiksel yang tinggi tanpa harus mengorbankan banyak kecepatan burst.

Dengan resolusi kamera 30,4 megapiksel, hasil jepretannya tentu tidak perlu diragukan. Anda akan mendapatkan gambar yang bersih dan bebas dari noise. Selain itu, Canon EOS 5D Mark IV ini juga sudah mendukung resolusi 4K meskipun ukuran file yang dihasilkan cukup besar. Jika tertarik, Anda bisa membawanya pulang dengan pinjaman bunga rendah.

3. Canon EOS R6 Mirrorless Camera – Rp 46 Jutaan

Rekomendasi berikutnya masih dari Canon, yaitu Canon EOS R6 Mirrorless Camera yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp46 jutaan. Meski harganya cukup tinggi, Anda tetap bisa membawanya pulang pakai pinjaman online dengan bunga rendah. Kamera ini telah dilengkapi dengan prosesor DIGIC X dan sistem Dual Pixel CMOS AF II dengan AF area coverage.

Dengan fitur tersebut, EOS R6 ini mampu mengambil gambar dengan stabil dalam berbagai kondisi cahaya. Kameranya terbuat dari bahan magnesium alloy dan body plastik dengan weather seal sehingga tahan terhadap cuaca. Selain itu, kamera ini membawa resolusi 3,69 juta dot dengan refresh rate mencapai 120 Hz.

4. Fujifilm GFX 50S II – Rp62 Jutaan

Beralih ke kamera yang harganya sedikit lebih pricey, yaitu Fujifilm GFX 50S II. Kamera ini hadir dengan resolusi 51,4MP x 32,9mm CMOS Sensor dan X-Processor 4 Image Processor. Meskipun pricey, Anda bisa mengandalkan pinjaman bunga rendah untuk membelinya.

Selain itu, terdapat pula fitur 3,2”2.36m-Dot Tilting Touchscreen LCD dan 117-Point Contrast-Detection AF System. Kamera ini juga mampu dipakai untuk merekam video dengan full HD1080p 30 fps. Dengan fitur tersebut, dijamin hasil gambar Anda akan tampak sangat profesional.

5. Canon EOS 1D X Mark II – Rp84 Jutaan

Di rekomendasi terakhir, ada Canon EOS 1D X Mark II yang harganya paling mahal diantara rekomendasi sebelumnya. Dibekali dengan sensor full frame CMOS 20 MP, Anda bisa mengambil gambar dengan hasil yang berkualitas dan sangat tajam.

Salah satu keunggulan dari kamera ini yaitu memiliki sistem autofocus yang dirancang khusus untuk menangkap objek berkecepatan tinggi. Karena itu, kamera ini juga sering digunakan untuk mengabadikan ajang balap mobil bergengsi seperti F1. Jika ingin memilikinya, pinjaman bunga rendah bisa jadi solusi yang sangat praktis.

DBS KTA: Solusi Beli Kamera Terbaik Tanpa Khawatir Harga



Sudah tidak sabar ingin segera pakai kamera profesional? Segera wujudkan bersama DBS KTA. Pinjaman bunga rendah ini juga menawarkan beberapa keuntungan untuk Anda, yakni sebagai berikut.

1. Limit Tinggi

Berapa banyak dana yang Anda butuhkan untuk bisa memiliki unit kamera terbaik? Rp50 juta? Rp100 juta? DBS KTA bisa bantu danai hingga Rp300 juta.

2. Bunga Flat Kompetitif

DBS KTA menawarkan pinjaman online dengan bunga rendah untuk semua nasabahnya. Anda bisa menikmati limit yang tinggi dengan bunga flat mulai dari 0,88% saja per bulannya.

3. Tenor Panjang

Pinjaman ini juga menawarkan pilihan tenor yang cukup panjang. Saat pengajuan pinjaman, Anda akan ditawarkan tenggang pinjaman hingga 36 bulan.

4. Syarat Pengajuan Mudah

Untuk bisa menikmati pinjaman bunga rendah ini syaratnya sangat mudah. Cukup sediakan e-KTP dan NPWP. Selain itu, Anda harus berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulan, memiliki kartu kredit dengan limit minimal Rp10 juta, serta berdomisili di area Jabodetabek.

Semoga beberapa rekomendasi di atas bisa jadi referensi untuk Anda agar tidak bingung saat membeli kamera. Yuk, segera jatuhkan pilihan Anda dan ajukan pinjaman bunga rendah bersama DBS KTA.

Belajar dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Kursus Online GreatNusa

4/06/2022 Add Comment
Bicara soal kursus saat ini sudah ada banyak sekali kursus online yang bisa kamu ambil tanpa mengharuskanmu untuk keluar rumah. Mengingat ini masih dalam masa pandemi sudah sebaiknya kalau kita membatasi kegiatan di luar rumah. Namun meskipun begitu bukan berarti membatasi kita untuk belajar.

Salah satu keuntungan belajar online di rumah adalah proses pembelajaran bisa diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone, komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Berhubung dapat diakses dengan mudah, bisa dilakukan proses belajar di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga di tempat lain yang suasananya lebih nyaman.

Keuntungan belajar online di rumah yang lainnya adalah kamu bisa lebih mengembangkan diri. Waktu belajar yang lebih singkat bisa membuatmu lebih bisa untuk mengeksplorasikan diri pada hal lain. Kamu bisa melakukan hal lain yang disukai dan menggeluti hobi dengan lebih leluasa.

Tahukah kamu saat memilih untuk kursus online sebenarnya ada salah satu kelebihan yang jarang disadari yakni biaya yang lebih hemat. Pernahkah kamu menghitung berapa biaya yang kamu habiskan untuk mengikuti sebuah kursus? Belum lagi ditambah biaya ongkos untuk pergi ke tempat kursus.



Pasti makin mahal kan? Dengan mengikuti kursus secara online, biasanya biaya yang ditawarkan jauh lebih murah. Padahal, materi yang ditawarkan tidak beda jauh bahkan bisa lebih update dibandingkan dengan kursus konvensional. Kamu bisa lebih irit dan bisa mengalokasikan dananya ke hal lain atau untuk mengikuti kursus materi lainnya.

Cara Memilih Kursus Online yang Tepat


Nah, apakah sekarang kamu sudah semakin yakin untuk memilih kursus online sebagai sarana pembelajaran? Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana cara memilih kursus online yang tepat. Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak kursus online tersedia sehingga kamu akan bingung mau pilih yang mana.

Karena tidak adanya bentuk fisik yang bisa kita lihat, saat memilih kursus virtual ini bisa dikatakan membeli kucing dalam karung. Beruntung jika mendapatkan materi dan teknik pengajaran yang baik, jika tidak? Pastinya kamu akan kecewa dan merasa rugi. Tapi tidak perlu khawatir, ada dua cara mudah yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu dalam memilih kursus online.

Tentukan Dahulu Kriteria

Sebelum kamu ikut dalam sebuah kursus, kamu harus menentukan dahulu kriteria apa saja yang ingin kamu dapatkan untuk diri kamu sendiri. Untuk menentukannya, kamu bisa menjawab dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kamu mengikuti kursus untuk bersenang-senang atau untuk perkembangan karier di dunia kerja?
  • Berapa lama dalam seminggu waktu yang bisa kamu sisihkan untuk belajar?
  • Apakah kamu ingin memperdalam skill yang spesifik? Jika iya, apa saja itu?
  • Topik apa yang membuatmu tertarik untuk mempelajarinya?

Luangkan Waktu untuk Explore

Jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan dalam mengikuti kursus. Kamu harus meluangkan waktu untuk explore sebanyak mungkin mengenai materi serta perusahaan yang mengadakan kursus. Pilihlah materi yang benar-benar ingin kamu pelajari, karena kursus membutuhkan komitmen tinggi untuk menyelesaikannya.

Pilih juga perusahaan yang memang terpercaya untuk mengadakan kursus secara online. Dengan begitu, belajar tidak hanya mencari ilmu saja, tetapi juga bisa mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada dirimu. Nah, saat ini sudah ada kursus online sekaligus tempat untuk mengembangkan diri yang bisa kamu ikuti.

GreatNusa Kursus Online untuk Generasi Milenial


Dengan mengikuti kursus online kamu bukan hanya mendapatkan pelajaran namun juga bisa mengembangkan diri sesuai potensi yang kamu miliki. Salah satu kursus yang bisa saya rekomendasikan adalah GreatNusa. GreatNusa merupakan sebuah platform pembelajaran daring yang dapat diakses di mana saja, kapan saja. Materi kursus pada platform GreatNusa tersedia baik dalam bentuk berbayar maupun gratis.

Tentunya dengan deskripsi dapat dilihat pada masing-masing halaman kursus, serta dapat diakses oleh siapa saja yang terdaftar dan memiliki akun GreatNusa. GreatNusa sendiri telah menghadirkan beragam materi pembelajaran praktis, berkualitas, terpilih dari para ahli, praktisi profesional berpengalaman.

 Ada beragam kursus manajemen bisnis yang ada di GreatNusa yang tentunya bisa kalian ikuti. Apabila teman-teman ada yang tertarik dalam menggeluti suatu usaha, ada baiknya mempelajari hal-hal dasar dalam bagaimana dapat memenej bisnis dengan baik, salah satunya dengan mengikuti kursus ini.

GreatNusa juga merupakan institusi pendidikan dengan tujuan mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai SDM Unggul Indonesia Maju. Sesuai visi mereka yakni membina dan memberdayakan pemimpin masa depan Indonesia (empower Indonesia' future leaders). Selain itu di GreatNusa tersedia berbagai kursus praktis berkualitas.

Terpilih bekerja sama dengan expert dan institusi pendidikan unggulan terkemuka yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0. Tunggu apalagi, sudah bukan waktunya untuk menunda-nunda belajar dan mengembangkan diri. Belajar dari mana saja dan kapan saja sehingga tidak ada yang bisa membatasimu.

Bangkalan

Pamekasan

Sampang

Sumenep