Sejarah

Tradisi

Recent Posts

Inspirasi Taman Gaya Minimalis untuk Kamu yang Ingin Merenovasi Taman

11/23/2022 Add Comment
Rumah tanpa taman kurang afdol rasanya. Karena itulah, kamu perlu merenovasi taman depan rumah agar lebih nyaman. Jangan khawatirkan tentang anggaran, karena kamu bisa gunakan kredit tanpa agunan dari bank terpercaya.

Di masa sekarang, membuat taman tidak harus di lahan yang luas. Ada berbagai macam gaya taman minimalis modern yang bisa mempercantik sebuah hunian. Sebelum mengintip inspirasi taman bergaya minimalis, ketahui dulu langkah-langkah pembuatannya.

Source : Pixabay

Langkah Dalam Membuat Taman Depan Rumah Gaya Minimalis


Taman modern bergaya minimalis cocok untuk hunian yang memiliki lahan terbatas. kehadiran taman minimalis seperti ini dapat menambah elemen hijau yang membuat rumah semakin betah. Untuk itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

• Cek Ukuran Lahan yang Dimiliki

Langkah pertama adalah mengecek ulang ukuran lahan di depan rumahmu. Biasanya, untuk ukuran rumah tipe 36, luas area depan kira-kira 3,5 x 6 meter. Ukuran ini bisa lebih kecil atau lebih besar bergantung pada pengembang yang menggarap rumah. Jika ukuran rumah sudah didapatkan, kamu bisa menentukan akan memasukkan apa saja di dalam taman tersebut.

• Tentukan Konsep Taman yang Serasi dengan Tema Rumah

Konsep taman merupakan bagian penting dari langkah-langkah membuat taman. Kamu dapat memilih konsep taman sesuai seleramu. Apakah kamu ingin menambahkan air mancur atau kolam ikan di sana? Atau kamu hanya ingin taman dengan tanaman hijau dan bunga-bungaan? Selaraskan konsep taman dengan gaya rumah yang kamu tinggali.

• Buat Denah Kasar Tata Letak Elemen Taman

Buat denah kasar sebelum membangun taman. Denah kasar ini berisi layout elemen tamannya dulu, lalu pikirkan area untuk tanaman hijaunya. Usahakan area ini meng-cover sepertiga dari luar lahan. Selanjutnya, kamu bisa memikirkan letak elemen lain yang kamu inginkan.

• Pikirkan Saluran Air

Saluran air merupakan bagian penting dari taman. Dengan adanya saluran air, kelebihan air yang masuk ke area taman tidak akan menggenangi taman.

• Pilih Tanaman Hijau dengan Cermat

Taman depan rumah akan semakin cantik jika dihiasi oleh tanaman tropis beraneka warna. Jangan kalap dalam memilih tanaman yang kamu sukai. Pilih tanaman yang memiliki komposisi warna yang akan mempercantik taman. Agar lebih estetik, atur peletakan tanamannya.

Inspirasi Berbagai Gaya Taman Minimalis Depan Rumah

Source : Pexels

Seperti yang disinggung di atas, taman minimalis tidak membutuhkan lahan luas. Penataan taman dan elemen lain yang serasi dan selaras dapat menciptakan taman yang mempercantik hunian. Nah, simak inspirasi gaya taman minimalis di bawah ini.

• Taman Minimalis Bertingkat

Desain taman minimalis satu ini merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang memiliki hunian lebih tinggi dari pada jalan perumahan. Membuat taman seperti ini tidak harus melulu di tempat datar. Kamu bisa memanfaatkan kontur tanah yang berundak atau berbukit.

Taman minimalis bertingkat seperti ini menyesuaikan kontur tanah yang tidak rata. kamu bisa membuat undakannya menjadi lebih estetik dan multifungsi sebab bentuk taman bertingkat bisa juga difungsikan sebagai pagar rumah.

• Taman Minimalis dengan Ruang Bersantai

Untuk hunian yang memiliki lahan sempit, pastinya setiap ruangan harus digunakan semaksimal mungkin, termasuk taman di depan rumah. Taman mungil ini tidak hanya bisa digunakan sebagai ruang terbuka hijau, tapi juga bisa difungsikan sebagai ruang tamu terbuka yang memberikan kenyamanan berbeda.

Ciptakan taman dengan konsep minimalis yang ada area tempat duduk! Atau, bisa pula kamu sisakan space khusus untuk meletakan kursi panjang dan meja kecil di depannya. Elemen sederhana ini memberikan dampak yang besar pada suasana.

• Taman Depan Rumah dengan Batu

Batu adalah elemen natural yang banyak digunakan untuk melengkapi taman minimalis depan rumah. Ada banyak warna batu yang bisa kamu pilih untuk taman kamu. Selain itu, batu memiliki pola, ukuran dan bentuk yang beraneka ragam sehingga bisa digunakan sebagai elemen dekoratif yang unik.

Untuk kamu yang menyukai taman minimalis bergaya natural, kamu bisa buat taman berkonsep batu. Tambahkan rumput dan batu koral putih untuk membuat taman lebih cantik. Taman berkonsep batu tidak hanya sederhana, tapi perawatannya mudah.

• Taman Minimalis Depan Rumah dengan Kolam

Taman tidak selalu identik dengan tanah, rerumputan atau tanaman. Tak banyak yang berpikir bahwa taman minimalis bisa juga dibuat dari elemen air. Air bisa menjadi elemen alternatif jika kamu ingin taman yang unik.

Taman berelemen air ini bisa kamu buat di atas kolam. Kolam membantu kelembaban udara dan membuat lingkungan sekitar tetap sejuk. Keuntungan lainnya, kamu bisa mempunyai taman sekaligus memelihara ikan yang membuat suasana menjadi lebih hidup. Tambahkan air mancur untuk menghasilkan efek suara gemericik air yang membuat suasana lebih tenang.

digibank KTA: Solusi Tepat Untuk Mendapatkan Dana Kredit Tanpa Agunan


Renovasi taman jadi lebih mudah dengan hadirnya digibank KTA. Produk kredit satu ini menawarkan sejumlah keuntungan terbaik. Berikut diantaranya :

  • Layanan yang bisa diakses selama 24 jam dari Aplikasi digibank by DBS, sehingga kamu dapat mengajukan kredit kapan saja dari mana saja
  • Hanya butuh 60 detik untuk approval
  • Kredit bunga rendah langsung cair dan dikirimkan ke rekening digibank dengan limit sampai Rp200 juta
  • Nominal bisa diatur sesuai kemauanmu
  • Angsuran sampai 36 bulan
  • Bebas dokumen fisik
  • Proses pengajuan lebih praktis karena tidak membutuhkan dokumen fisik. Cukup pastikan kamu berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang, memiliki e-KTP, NPWP, dan pendapatan minimum Rp5 juta.

Nah, itu dia sejumlah keuntungan dari menggunakan kredit tanpa agunan satu ini. Pelajari lebih lengkap mengenai digibank KTA di sini dan apply segera untuk cairkan dananya!

Berikut Sederet Manfaat Kamera Pengintai di Sekolah

10/03/2022 Add Comment
Kamera pengintai CCTV yang ada di sekolah menjadi representasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Keberadaannya memang tidak dirasa perlu, sampai ada kejadian yang menyebabkan kita berpikir, kalau saja ada kamera di sekolah, tentu hal-hal yang tidak diinginkan tersebut bisa dicegah. Itulah sebabnya banyak sekolah kini memasang CCTV.

Kegunaan Kamera Pengintai CCTV di Area Sekolah


Menjaga ketertiban sekolah bisa dilakukan dengan adanya satpam dan guru piket. Tapi Sekolah yang besar dan luas membuat tugas pengawasan yang diberikan pada beberapa tenaga pengajar dan satpam jadi terasa berat. Pemasangan CCTV di Sekolah bermanfaat untuk melakukan pemantauan di area sekolah beserta benefit lainnya.

Source : Pexels


1. Bagian dari Sistem Keamanan

Banyaknya pemberitaan tindak kejahatan atau pelanggaran lainnya di Sekolah, membuat beberapa institusi pendidikan memutuskan memasang CCTV di beberapa area. Lab komputer, pintu gerbang, lorong kelas dan lain sebagainya menjadi lokasi ideal untuk bisa memantau Sekolah baik dari bagian dalam maupun luar.

Satpam Sekolah bisa memantau sekolah dari parkiran sampai kelas-kelas tanpa harus berkeliling Sekolah untuk melakukannya. Dengan demikian, tugas satpam jadi lebih mudah dan tentu lebih bisa diandalkan karena semua kejadian bisa terekam dengan jelas.

2. Pengawasan Ujian

Kamera CCTV juga bisa dipakai untuk mengawasi ujian. Pengawas memiliki keterbatasan dan hanya bisa melihat kecurangan ketika terjadi di depan matanya. Tapi dengan adanya CCTV di ruang kelas, maka bisa dilihat apakah ada gerakan mencurigakan yang menjadi indikasi pelanggaran ujian. Siswa juga jadi lebih disiplin dan tertib khususnya saat ujia. Mereka tidak ingin bermasalah karena terbukti mencontek atau memberikan jawaban saat ujian.

3. Media Mendisiplinkan Siswa

Siswa yang sering terlambat, melakukan tindakan bully dan perilaku buruk lainnya bisa terlihat pada kamera pengintai. Hal ini tentu bisa ditindaklanjuti dengan membawa bukti rekaman CCTV. Sekolah dapat memanggil orang tua dan siswa dan membicarakan mengenai perilakunya. Karena ada bukti kuat, tentu Sekolah jadi lebih mudah untuk mendisiplinkan siswa, khususnya bagi mereka yang melakukan pelanggaran.

4. Pemantauan Perilaku Siswa di Sekolah

CCTV dengan IP camera atau Internet Protocol camera, menggunakan kabel LAN atau UTP dan bisa dihubungkan langsung ke internet sehingga bisa diakses dari mana saja. Jadi, CCTV bisa di pasang di luar ruangan, lorong tanpa kesulitan atau membuat Sekolah dipenuhi dengan jalur kabel.

Pemantauan perilaku Siswa di Sekolah bisa terpantau bukan hanya dalam kelas saja. Bisa saja ketika telat masuk sekolah atau pergi sebelum Sekolah selesai yang tertangkap dari CCTV yang ada di area parkiran atau dekat pintu gerbang.

5. Menghindari Tindak Kejahatan

Menghindari lebih baik daripada menyelesaikan masalah. Ini adalah manfaat lain adanya kamera CCTV di Sekolah. Siswa jadi segan untuk melanggar aturan karena bisa mendapat tindak pendisiplinan dari sekolah.

Orang lain yang ingin melakukan tindakan kejahatan seperti membobol Sekolah juga akan mengurungkan niatnya karena melihat adanya sistem CCTV di Sekolah. Ada banyak kasus tidak menyenangkan yang bisa dihindari dengan adanya beberapa kamera CCTV terpasang di area-area tertentu di Sekolah.

6. Memeriksa Situasi Setelah Sekolah Selesai

CCTV juga bisa dipakai untuk memeriksa kondisi sekolah setelah anak-anak pulang. Bisa untuk memeriksa adakah orang dalam Sekolah sebelum pintu gerbang ditutup. Dengan demikian, pemantauan jadi lebih mudah daripada harus berkeliling dari kelas ke kelas dan bangunan sekolah lainnya.

CCTV dari Hikvision, Tepat Untuk Pengawasan Sekolah


Sekolah dapat mempercayakan sistem kamera pengintai dari Hikvision ColorVu yang pas untuk pemasangan di berbagai lokasi. Kamera CCTV Hikvision mengadopsi teknologi canggih yang memberikan hasil rekaman yang jernih sehingga dapat mengenai siswa, guru dan petugas Sekolah lainnya dengan mudah. Berikut adalah beberapa keunggulan dari paket CCTV Hikvision ColorVu yang membuatnya menjadi opsi terbaik untuk Sekolah.

Source : Pexels


1. Informasi Warna Sesungguhnya

Masalah terbesar dari hasil rekaman CCTV adalah gambarnya yang tidak jelas. Tapi dengan kamera Hikvision ColorVu, render warnanya akurat dan hasil rekaman terlihat jelas dan tajam. Hal ini didukung dengan kinerja CCTV yang luar biasa bahkan pada lingkungan dengan cahaya rendah. Jadi, pengawasan bisa dilakukan siang dan malam dengan kualitas optimal.

2. Detail Lebih Banyak

Umumnya CCTV menghadirkan tampilan hitam dan putih yang tidak merepresentasikan warna sesungguhnya dalam kehidupan nyata. Kamera CCTV Hikvision ColorVu merekam informasi warna dengan jelas serta disertai dengan lebih banyak detail. Ini adalah teknologi yang lebih baik daripada pencitraan hitam dan putih yang kerap ditemukan pada paket CCTV.

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Keuntungan memakai kamera dari Hikvision ColorVu yang paling utama adalah visualisasinya yang optimal. Hal ini didukung dengan kecerahan seimbang berkat Apertur super F1.0 yang stabil dan handal. Hasil rekaman akan jernih dan bisa dilihat dengan jelas. Sensor lanjutan yang menjadi fitur pendukungnyA menjamin perenderan yang realistis.

Jadi, Satpam atau petugas Sekolah lainnya tidak akan mengalami kesulitan berarti memantau seisi Sekolah melalui layar monitor. Itulah berbagai manfaat dari kamera pengintai Hikvision ColorVu yang didukung dengan IP camera handal untuk berbagai pemakaian. Mari kita jaga ketertiban dan keamanan Sekolah dengan memasang kamera CCTV di beberapa tempat sekitar Sekolah.

Bila dipasang sesuai dengan tempatnya, maka Sekolah dapat terpantau secara optimal. Baik pihak Sekolah, orang tua maupun siswa akan terbantu. Kegiatan belajar-mengajar akan jadi lebih terarah dan terpantau dengan baik.

Restoran Terbaik di Bangkalan Rumah Makan Tera' Bulan

7/24/2022 Add Comment
Terkenal dengan kuliner bebeknya ternyata di Bangkalan Madura ada satu rumah makan yang wajib dikunjungi dan menu yang disajikan bukan cuma bebek. Rumah Makan Tera' Bulan yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia Tera' Bulan atau Bulan purnama. Rumah makan ini diam-diam berhasil menjadi rujukan rumah makan favorit banyak orang saat datang berkunjung ke Bangkalan.

Terbukti, pengunjungnya pun beragam mulai dari masyarakat biasa, artis, turis lokal, ulama, turis mancanegara bahkan Presiden pun pernah datang berkunjung menikmati beragam menunya yang terbilang unik dan variatif. Pada daftar menu terdapat beberapa nama menu yang menarik dan bisa bikin penasaran salah satunya Gurami Tera' Bulan.
 

Pemilik rumah makan yakni HM. Gunawan Wibisono merupakan pecinta kuliner yang bisa dibilang sudah hafal dengan beragam jenis makanan. Beliau juga turun tangan langsung dalam mengurus semua hal tentang menu yang disajikan, mulai dari menyiapkan resep, mengolah makanan hingga saat memilih koki yang handal dalam menyajikan setiap hidangan di rumah makannya. 
 
Bagi masyarakat Bangkalan, Tera' Bulan sudah sangat dikenal karena bisa dibilang rumah makan ini merupakan salah satu rumah makan kelas premium yang ada di Bangkalan. Terletak di Jalan Raya Ketengan no. 69 Bangkalan dan masih satu arah dengan beberapa tempat kuliner terkenal salah satunya adalah Bebek Sinjay.
 

Menikmati Beragam Kuliner Enak di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Meskipun dikepung dengan bermacam rumah makan yang menyajikan menu kuliner bebek namun nyatanya, Tera' Bulan tidak pernah kalah pamor dan tetap menjadi salah satu tujuan wisata kuliner para wisatatawan yang berkunjung ke Bangkalan. Banyaknya foto bersama orang penting yang terpajang di dalam rumah makan Tera' Bulan sudah menandakan kalau tempat kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.
 

Resmi dibuka pada 27 September 2010 sampai sekarang menjadi bukti eksistensi rumah makan yang terkenal dengan ragam menu ikan guraminya yang enak sekali. Bagi kamu pecinta kuliner seafood terutama ikan gurami wajib mencoba menu Gurami Tera' Bulan yang selalu menjadi primadona karena sering dipesan.
 
Bukan cuma Gurami Tera' Bulan saja tapi juga ada menu Gurami Mayonaise, Gurami Telur Asin, Sate Gurami, Sup Gurami dan yang paling unik adalah Steak Gurami yang empuk. Disana juga tersedia menu Bebek Bengal, Bebek Goreng, Sate Bebek, Sate Jamur, Sate Kerapan, Sate Sakera, Tumis Kangkung, dan Cah Baby Kailan.
 


Untuk menu minumannya juga beragam mulai dari Es Degan, Es Cincau, Aneka jus buah seperti alpukat, jambu merah, apel, dan masih banyak lagi. Untuk dessertnya sendiri ada Coconut Jelly dan Fruit Cocktail Puding. Tentunya masih banyak jenis menu makanan dan minuman yang tersedia dengan harga yang terbilang bersahabat di kantong.
 
Di Tera' Bulan kamu juga akan menemukan beberapa menu khas makanan Bangkalan yakni Topa' Ladeh dan Soto Madura yang kuahnya merah dan dari daging. Topa' Ladeh merupakan makanan khas yang disajikan orang Bnagkalan setiap ada perayaan besar seperti hari Raya Idul Fitri, Lebaran Ketupat sampai acara resmi dan sakral.
 
Menurut Bapak Gunawan, menu Topa' Ladeh ini kerap dicari dan dipesan pelanggan yang asli orang Bangkalan namun sudah lama tinggal di luar Bangkalan karena rindu masakan khas Bangkalan. Jadi, bisa dibilang Tera' Bulan bukan hanya menyajikan menu makanan nusantara tapi menu khas Bangkalan juga tersedia.
 
Topa' Ladeh sendiri terdiri dari irisan ketupat janur yang disiram dengan kuah berwarna merah kecoklatan yang teksturnya kental terasa sekali aroma kelapa karena bahan dasarnya memang terbuat dari kelapa. Di kuahnya terdapat irisan daging, empal sampai usus. Untuk sayurnya sendiri ada kacang panjang dan potongan buah manisa atau pepaya muda.
 
Kalau beruntung, kamu bisa mencoba menu Topa' Ladeh ini rasanya gurih dan cocok sekali untuk yang suka makanan berkuah. Disantap saat waktu sarapan ataupun makan siang juga bisa. Di rumah makan Tera' Bulan, kamu akan dimanjakan dengan beragam menu yang unik, variatif dan pastinya enak untuk disantap.
 

Fasilitas dan Pelayanan di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Untuk jam buka rumah makan Tera' Bulan mulai buka dari pukul 9 pagi dan tutup pukul 10 malam. Setiap hari selalu buka dan tidak ada hari libur, jadi kalian bisa sesuka hati datang untuk menikmati berbagai hidangan menu makanan dan minuman yang tersedia di sana selama rumah makan masih buka.

Kalau dilihat dari luar bangunan rumah makan ini seperti bangunan rumah yang direnovasi menjadi tempat makan yang nyaman untuk disinggahi. Tidak terlalu mewah tapi fasilitas yang tersedia di dalamnya lengkap dan pastinya bersih. Ruang makan dengan ukuran besar modern dan berAC.
 
 
Yang paling khas dan unik adalah koleksi lukisan yang dipanjang di hampir setiap dindingnya. Konon, semua lukisan yang dipajang merupakan hasil karya dari salah seorang seniman Bangkalan dengan nilai seni yang tinggi. Kebetulan Bapak Gunawan selaku pemilik rumah makan dikenal pecinta kesenian Madura.
 
Di dalam juga terdapat ruangan khusus untuk merokok yang terletak di sebalah kiri bangunan. Ada ruang untuk meeting, ruang VIP, Mushola dan toilet yang semuanya bersih serta sangat nyaman. Area parkir di depan rumah makan bisa digunakan untuk sepeda motor, mobil bahkan bus juga bisa.
 

Untuk para wisatawan dari luar Bangkalan juga bisa sekalian membeli oleh-oleh khas Bangkalan seperti aneka macam kerupuk, petis Madura dan aneka jajanan riangan untuk dijadikan bekal saat perjalanan pulang. Bahkan Batik Madura juga tersedia di rumah makan Tera' Bulan. 
 
Sehingga tidak heran kalau pada tahun 2015 Presiden Joko Widodo pernah mampir di restoran terbaik di Bangkalan yakni Tera' Bulan. Bahkan disana juga menjadi rujukan tempat makan bagi para petinggi negara saat mengadakan acara di Bangkalan. Kalau ingin mengadakan acara tau sewa ruangan di Tera' Bulan juga bisa, tinggal reservasi saja.
 
 
Rumah makan Tera' Bulan benar-benar menggambarkan rumah makan dengan suasana Madura Bangkalan namun dikemas lebih modern. Untuk pelayanannya sangat juara, mulai dari penyambutan pelanggan di pintu masuk, saat memesan menu, penyajian hidangan, sampai pelanggan keluar dari pintu rumah makan semuanya terbaik.
 
Mungkin ini salah satu rahasia yang membuat rumah makan ini tetap dikenal dan menjadi favorit sampai belasan tahun.Semua pelanggan yang datang dilayani dengan sangat baik dan sepenuh hati oleh para karyawan. Bahkan pelanggan yang datang jika beruntung bisa disapa dan disambut langsung oleh pemiliknya. 
 
Suasana yang nyaman dan tenang, seperti sedang makan di rumah sendiri. Karyawannya juga tidak segan untuk datang saat dipanggil maupun sigap saat melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan. Itu kenapa rumah makan Tera' Bulan ini dibilang rumah makan premium yang ada di Bangkalan, kamu tidak akan rugi saat berkunjung kesana.

Lokasi Restoran Terbaik di Bangkalan RM. Tera' Bulan

 
Nah bagi kamu yang ingin mencoba berbagai makanan khas dan unik didalamnya, langsung saja datang ke Jl. Raya Ketengan No. 69 atau klik tautan dibawah ini via Google Maps dan segera rasakan sensasi masakan yang beda dari biasanya.


Jadwal Penerbangan dan Harga Tiket Bandara Trunojoyo - Sumenep

6/29/2022 Add Comment
Kabupaten Sumenep letaknya di penghujung timur Pulau Madura, meskipun begitu Sumenep memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi sampai wisata budayanya yang sangat terkenal bahkan langganan mengadakan event setiap tahunnya.

Bahkan sepanjang tahun 2018 kemarin ada sebanyak 36 event yang berhasil diselenggarakan. Mulai dari, Sumenep Mengukir, Batik on The Sea, Kontes Kucing Internasional, Gathering Media dan Pelaku Usaha Pariwisata se-Indonesia, Jalan–Jalan Santai 5.000 Egrang hingga yang paling ditunggu adalah event Royal Dinner dan Pembukaan Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-ASEAN V.

Jadwal Penerbangan Pesawat Bandara Trunojoyo Sumenep

Ada dua keunggulan pariwisata di Kabupaten Sumenep, yakni Sumenep merupakan daerah penghasil oksigen terbesar kedua di dunia setelah Jordania. Pulau Giliyang merupakan pulau oksigen karena memiliki kandungan oksigen yang tinggi mencapai 21,5 persen dan kandungan karbondioksida paling rendah.

Banyak penduduk di Pulau Giliyang yang hingga kini berusia hingga lebih dari 100 tahun dan hidup sehat di sana. Keunggulan yang kedua adalah Sumenep merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang masih memiliki keraton yang utuh dan terpelihara. Sehingga tidak heran kalau Kabupaten Sumenep berhasil menarik 15.000 wisatawan untuk datang per tahunnya.

Bandara Trunojoyo Menghubungkan Sumenep dan Dunia Luar

Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 pulau yang jaraknya berjauhan. Dulu transportasi di Sumenep masih susah, perjalanan darat dari Surabaya harus ditempuh selama 5 jam lamanya. Saat ini, Sumenep telah memiliki bandara, yakni Bandara Trunojoyo, sehingga lebih mudah dan lebih cepat dijangkau oleh wisatawan.

Bandara Trunojoyo memiliki landasan pacu 1.600 meter. Nantinya landasan pacu akan diperluas menjadi panjang 2.500 meter dan lebar 45 meter sehingga dapat digunakan oleh pesawat jet yang lebih besar. Bandara Trunojoyo merupakan Bandara kelas III yang dikelola dan dioperasionalkan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
Bandara saat ini mempunyai dimensi landas pacu 1600 meter x 30 meter dan memiliki dua Apron (Apron I : 40 meter x 40 meter Apron II : 75 meter x 80 meter). Sedangkan dari sisi darat, bandara ini mempunyai gedung terminal seluas 12 meter x 11 meter dan gedung operasional seluas 144 meter persegi.

Bandara ini resmi dibuka pada tahun 2017 dan penerbangan komersial pertama dari maskapai Wings Air. Wings Air sendiri sudah melayani menerbangi rute Bandara Juanda (Surabaya) - Bandara Trunojoyo (Sumenep) pp tiap hari dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72 -600. 

Bandar Udara Trunojoyo Sumenep - Madura

Resmi Dibuka Penerbangan Pagerungan

Penerbangan rute Sumenep-Pagerungan sebenarnya sudah resmi dibuka pada tahun 2019. Penerbangan perintis untuk daerah kepulauan akhirnya terealiasai setelah melalui proses panjang. Diharapkan penerbangan ini didukung dan diimanfaatkan oleh masyarakat Sumenep dan masyarakat pulau, untuk aktivitas yang lebih cepat dan efesien.

Sebagai informasi, penerbangan perintis tujuan Bandara Pagerungan ini terealisasi setelah statusnya berubah dari bandara khusus menjadi bandara umum melalui Keputusan Menteri Perhubungan pada awal September 2019 lalu. Penerbangan ke Pulau Pagerungan tersebut hanya dilayani Susi Air dengan kapasitas sepuluh penumpang.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal.
Penerbangan pesawat perintis di Bandara Trunojoyo Sumenep, sebenarnya baru kembali beroperasi, setelah sebulan lebih dihentikan karena tingginya angka kasus harian Covid-19. Sementara itu, aturan penerbangan antarbandara di Jawa-Bali, antara lain diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Bagi yang baru vaksin dosis pertama harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Namun, bagi penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis kedua, bisa menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Jadwal Penerbangan Bandara Trunojoyo Sumenep

Mungkin banyak yang bertanya atau mencari informasi tentang jadwal terbaru penerbangan rute kedatangan dan keberangkatan Pesawat di Bandara Trunojoyo Sumenep, dibawah ini adalah sekilas gambar atau flyer yang diambil dari media sosial resmi bandara trunojoyo untuk diketahui banyak orang.


Daftar Harga Tiket

Pastinya untuk bisa mengikuti pesawat yang melayani berbagai rute di bandara trunojoyo kita harus memiliki tiket dengan membelinya di agen atau secara online entah itu harga tiket untuk maskapai pesawat perintis susi air, wings air atau citilink namun sayangnya hingga saat ini masih belum ada harga dicantumkan di laman resmi bandara trunojoyo.

Kemungkinan jika harga tiket sudah tertera di media sosial bandara trunojoyo akan kami update sebagai bahan informasi dan persiapan bagi calon konsumen yang ingin menggunakan jasa pesawat perintis antar pulau tersebut.

Bangkalan

Pamekasan

Sampang

Sumenep