5 Ide Mengisi Waktu Untuk Ramadan Extra Faedah

4/20/2021 Add Comment

Tretans, tidak terasa ya sudah seminggu lebih umat muslim di dunia ini menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Seperti yang kita tahu kalau puasa tahun ini sedikit berbeda dari beberapa tahun sebelumnya karena kita masih berada di tengah pandemi. Anjuran social distancing dan physical distancing masih harus terus kita terapkan dalam keseharian.

Nah, coba tretans runut lagi, rutinitas Ramadan apa saja yang harus kita hindari untuk sementara waktu? Mulai dari shalat tarawih berjamaah di masjid, berbuka puasa bersama teman dan saudara, mudik lebaran, bahkan sampai ngabuburit jajan takjil pun sepertinya belum bisa kita lakukan, padahal semua kegiatan itu sangat ditunggu saat bulan Ramadan ya.

Meskipun begitu bukan berarti menghalangi tretans untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan tidur seharian. Memang betul kalau tidur saat melakukan puasa adalah ibadah. Namun harus tretans ingat bahwa sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.

Banyak aktivitas bermanfaat dan mengasyikkan yang dapat tretans lakukan untuk mengisi waktu luang saat berpuasa. Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk kamu mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan menghabiskan waktu bersama keluarga meskipun di dalam rumah saja, lho.




Tetap di Rumah Tapi Ramadan Extra Faedah? Bisa Banget Kok!


Sebagian dari tretans pasti masih bekerja atau menjalani perkuliahan seperti biasa kan meski dari rumah? Nah, tentu saja ini adalah pilihan kegiatan utama untuk mengisi waktu saat puasa Ramadan. Karena tidak bisa jajan, tidak perlu memasak atau membeli makan untuk makan siang, tretans bis kok fokus ke beberapa kegiatan lainnya dan tanpa terasa masuk waktu maghrib.

1. Memperbanyak ibadah

Saat bulan Ramadan tiba, waktunya untuk meningkatkan ibadah. Jangan sampai ibadah wajib ketinggalan dan akan lebih baik juga jika bisa menjalankan ibadah sunnah selama di rumah saja. Momen saperti saat ini adalah momen yang paling tepat untuk lebih dekat dengan Tuhan. Jadi daripada waktu terbuang sia-sia, lebih baik beribadah kan agar bisa menumpuk pahala di bulan suci.

2. Membaca Buku

Tretans bisa mengisi kegiatan di bulan Ramadan dengan kegiatan positif seperti membaca buku. Tentunya membaca buku dengan tema yang kalian sukai ataupun buku-buku tema religi untuk memperdalam ilmu agama. Dengan membaca buku, pastinya akan menambah wawasan baru dan bisa bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

3. Belajar Hal Baru

Satu lagi yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan adalah mempelajari hal baru yang menarik minatmu, seperti memasak makanan untuk buka puasa ataupun kue kering untuk lebaran, belajar bahasa baru dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan agar keahlian kalian semakin meningkat. Jangan lupa untuk terus konsisten dalam belajar yah agar hasilnya bisa semaksimal mungkin.

4. Membersihkan Rumah

Kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi saat kalian di rumah bisa juga untuk selalu membersihkan rumah agar nampak bersih, rapi dan betah di rumah. Membersihkan rumah merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa kalian coba untuk mengisi waktu selama bulan Ramadan karena dengan rumah yang bersih, hati kita juga akan lebih tenang kan.

5. Membuat Konten Berfaedah

Ide mengisi waktu selama bulan Ramadan yang terakhir ini cocok sekali untuk kalian yang suka menonton atau menikmati konten video maupun foto yang ada di internet. Nah, kalau sebelumnya cuma bisa menikmati karya orang lain sekarang tidak ada salahnya untuk menciptakan konten sendiri yang bermanfaat untuk orang lain.

Ngomongin soal membuat konten tentu berhubungan dengan penggunaan internet yang dibutuhkan untuk mengunggah karya ke internet. Nah, Smartfren menghadirkan lagi Extra Unlimited Malam Full Speed untuk mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah saat sahur di Bulan Ramadan 1422 H.

Supaya Ramadan lebih faedah, Smartfren juga hadirkan rangkaian kegiatan bernama #RamadanExtraFaedah, dengan manfaatkan teknologi untuk sebarkan konten berfaedah dan inspirasi kebaikan. Manfaat dan inisiatif itu bisa dukung generasi muda dan para kreator Indonesia untuk wujudkan Ramadhan yang lebih berfaedah, positif, dan buka peluang bagi masyarakat sekitar.




Smartfren bareng Arief Muhammad dan Anya Geraldine juga ajak anak-anak muda untuk sebarkan kebaikan dengan ciptakan konten-konten berfaedah di media sosial, serta ikut dukung kokreasi dengan seniman visual, Hana Madness, dan produsen fesyen lokal, Koolastuffa, yang produksi merchandise khusus Ramadhan berupa kemeja koko dan scarf.

Hasilnya akan disalurkan lewat Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan dipakai untuk dukung UMKM milik para penyandang disabilitas, berikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, serta dukung pembangunan rumah baca.Pelanggan Smartfren juga berkesempatan untuk dapatkan banyak hadiah lewat program Rejeki WOW Treasure Hunt.

Bukan cuma itu saja lho, Smartfren sangat mengerti kebutuhan pelanggan setianya di bulan Ramadan kali ini, di mana sahur adalah momen paling ditunggu saat mulai puasa. Dengan menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed untuk bikin aktivitas sahur semakin Extra dan berfaedah.

Semua pelanggan Smartfren paket Unlimited dan Kuota Nonstop bisa menikmati manfaat ini setiap hari mulai dari jam 01.00-05.00 WIB. Extra Unlimited Malam Full Speed ini didapatkan secara gratis, sekaligus menambah manfaat yang sudah didapatkan sebelumnya, yaitu bisa dipakai untuk internetan 24 jam di semua aplikasi, di mana saja dan kapan saja di jaringan 100% 4G LTE.




Mantap kan? Masih ada kejutan dari Smartfren untuk kita semua. Semua berkesempatan menangkan hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagi. Info lengkapnya bisa dicek di www.smartfren.com/extrafaedah.

Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, dan mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Yuk, tunggu apalagi segera action dnegan membuat konten berfaedah supaya Ramadanmu extra faedah.