Destinasi Wisata di Jakarta yang Seru untuk Liburan Akhir Pekan

12/09/2019 Add Comment
Destinasi wisata di Jakarta saat ini tumbuh ke arah yang lebih baik. Sehingga, kota yang dikenal dengan nama Batavia ini tidak hanya disebut kota bisnis saja melainkan, kota wisata pula. Apalagi, Jayakarta sudah sangat ramah dengan berbagai pilihan Transportasi umum.

Ada KRL, MRT dan sedang dibangun LRT yang menghubungkan berbagai kawasan wisata dengan harga yang murah dan akses yang mudah. Lantaran, transportasi ini sudah terintegrasi satu sama lain, mudah sekali bukan? Tidak perlu berkeluh kesah karena kemacetan yang masih menjadi masalah utama.

Destinasi Wisata di Jakarta


Kota yang tidak pernah tidur ini memang memanjakan kamu. Berbagai kemudahan alat transportasi serta akomodasi yang ramah bagi kantong backpacker. Berikut, beberapa destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.


Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata buatan di Jakarta ini menawarkan wisata dengan tema edukasi. Kamu bisa melihat berbagai macam kebudayaan Indonesia mulai dari pulang sabang hingga pulau rote. Dengan luasnya kurang lebih 150 hektar membuat objek wisata ini mempunyai berbagai macam wahana menarik.

Mulai dari istana anak-anak dengan battery car sebagai permainan unggulannya. Selanjutnya, ada snowbay waterpark hingga dunia air tawar dan serangga. Ada pula taman legenda keong mas yang dilengkapi dengan fasilitas teater IMAX. Serta kereta gantung yang membuatmu bisa melihat keindahan TMII dari atas.

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Tempat wisata di Jakarta Utara ini menyediakan pemandangan pohon bakau yang dipadukan dengan suaka margasatwa. Kamu bisa melihat hewan-hewan langka yang menjadikan kawasan ini sebagai rumahnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati penginapan pondok yang nyaman, dengan fasilitas AC.

Luas kawasan mangrove ini sendiri mencapai 99 hektar. Hingga, tidak heran bila disini kamu bisa menikmati fasilitas jalur sepeda, jembatan gantung, melihat burung-burung dan arena bermain anak yang terdiri dari 3 wahana seru. Objek wisata ini berada di daerah penjaringan jakarta utara.

Monas

Wisata di Jakarta ini terletak di Jl. tugu Monas. Dibangun pada tahun 1959, diresmikan oleh 17 agustus 1961. Kemudian pada 12 juli 1975 kawasan ini dibuka untuk umum. Keunikan lain dari tugu ini adalah adanya mahkota lidah api di puncak monumen.

Lidah api ini terbuat dari perunggu dengan berbalut emas seberat 50 kilogram. Kamu bisa naik ke atas dan melihat pemandangan jakarta baik di siang hari maupun malam hari. Hanya saja daftar tunggunya cukup lama.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan bisa kamu jadikan pilihan ketika berwisata di Jakarta. Kebun binatang yang berada di Jalan Harsono No. 1 ini mempunyai hampir 270 spesies satwa dan 171 bunga. Dibangun pada tahun 1864 dengan luasnya mencapai 140 hektar.

Kota Tua

Kawasan terakhir yang bisa kamu jadikan pilihan berada di Jakarta Utara. Tidak jauh dari stasiun Jakarta Kota. Kota Tua yang menghadirkan suasana di masa pemerintahan hindia Belanda.

Bangunannya yang kuno dan klasik menjadikan kota tua bisa dijadikan sebagai tempat hunting foto. Kamu bisa berkeliling menggunakan sepeda atau menikmati kopi di cafe, menikmati berbagai makanan dan minuman di restoran sekitar.

Destinasi Wisata di Jakarta memang mempunyai pesona yang tidak ada habisnya. Stigma perkotaan yang tidak punya tempat indah untuk dikunjungi terbantahkan sudah. Jangan lupa makan kerak telor, karena belum ke Jakarta bila belum menikmatinya. Ayo bangun dan rencanakan perjalanan kamu ke ibu kota Indonesia ini.

Liburan Nyaman dengan Traveloka dan PT KAI

12/06/2019 Add Comment
Traveloka merupakan aplikasi travel terbaik di Indonesia. Traveloka banyak menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan liburan anda. Di Traveloka anda akan mendapat banyak kemudahan dari mulai membeli tiket sampai rencana kembali lagi dari liburan.

Anda bisa melakukan pemesanan transportasi pilihan terbaik seperti tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, rental mobil, dan antar jemput di bandara. Untuk penginapan selama liburan anda juga bisa menikmati cara booking hotel, Vila, resort, dan apartemen yang dapat disesuaikan dengan keuangan anda, waktu anda menginap, dan berapa orang yang akan menginap.

Traveloka menampilkan banyak sekali pilihan hotel dari yang paling pas dikantong sampai yang paling mewah sekalipun. Untuk aktivitas liburan anda, traveloka juga menyediakan berbagai fasilitas seperti tiket nonton bioskop, tiket wisata maupun atraksi. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan perut saat liburan dengan traveloka eats.


Kini Traveloka juga menyediakan berbagai kemudahan pembayaran seperti pembayaran berbagai tagihan dan pulsa serta paket internet. Anda juga bisa mendapatkan panduan untuk liburan anda yang indah. Kini pembayaran tiket juga sangat mudah dilakukan, misalnya saja pembayaran tiket kereta api yang bisa kamu beli tiketnya sekarang di traveloka.

Berbagai kemudahan untuk melakukan perjalanan dengan kereta api bisa anda dapatkan d\hanya dengan menginstal aplikasi traveloka di handphone pintar anda. Anda bisa melakukan pembelian tiket kemana saja dan kapan saja tanpa perlu datang ke stasiun dan melakukan pembayaran konvensional.

Anda bisa memilih rute perjalanan dengan waktu yang tersedia dengan mudah. Terdapat banyak rute perjalanan yang bisa kamu pesan dalam satu tujuan. Tersedia juga alternatif pilihan kelas kereta api yang bisa anda sesuaikan dengan budget dan tingkat kenyaman anda.

Semakin besarnya antusias warga Indonesia yang memilih transportasi darat dengan menggunakan kereta. kini PT KAI Indonesia telah bertransformasi menjadi perusahaan yang menyediakan jasa kereta api dengan pelayanan terbesar dan selalu mengalami kemajuan.

Selain aman, kini kereta api indonesia semakin baik dalam memberi pelayanan. Dari mulai kebersihan, keamanan, kenyamanan, serta keindahan kereta. PT KAI Indonesia merangkul semua masyarakat untuk bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta. Baik yang dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah ke atas bisa menggunakan kereta api dengan fasilitas yang minimal memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Sebagian besar kereta api sekarang ini sudah dilengkapi dengan fasilitas AC yang dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang baik untuk kereta api jarak dekat maupun jarak jauh. Kereta Api Indonesia memberikan pilihan untuk kelas ekonomi maupun kelas eksekutif.

Untuk kelas ekonomi memberikan harga yang lebih murah dan bisa menjangkau masyarakat menengah kebawah atau sangat cocok untuk para mahasiswa rantau yang ingin lebih menghemat uang saku.

Walaupun di kelas ekonomi anda tetap akan mendapatkan kenyamanan karena petugas kereta dengan teratur melakukan pembersihan terhadap semua gerbong kereta. Apalagi jika anda melakukan perjalanan jarak jauh, maka setiap jam petugas akan berkeliling untuk mengambil sampah yang bisa dihasilkan saat kita makan atau minum.

Saat kita melakukan perjalanan jarak jauh, tidak perlu khawatir dengan urusan perut anda. Petugas kereta selalu berkeliling untuk menawarkan berbagai makanan dan minuman untuk mengatasi lapar di perut anda. Banyak berbagai pilihan makanan yang bisa anda beli di kereta.

Untuk anda yang menyukai melakukan perjalanan menggunakan kereta api kelas eksekutif, fasilitas yang anda dapatkan berupa tempat duduk yang nyaman, kebersihan, kenyamanan, dan juga keindahan gerbong. Untuk makanan, anda bisa mendapatkan makanan pada jenis kereta tertentu.

Untuk anda yang suka melakukan perjalanan dengan kereta api jarak dekat, anda bisa menikmati kereta yang memiliki waktu yang saling berdekatan dan dengan harga yang sangat terjangkau.

Karena kereta jarak dekat ini biasanya sering digunakan untuk para masyarakat yang sering bolak-balik perjalanan sehingga selain tempat duduk kereta api ini juga menyediakan pegangan bagi anda yang tidak dapat tempat duduk.

Walaupun tidak ada penggolongan kelas pada kereta api jarak dekat ini, anda tetap akan mendapatkan fasilitas kenyamanan seperti AC dan juga gerbong yang bersih.

Ingin Liburan atau Traveling dengan Keluarga? Jangan Biarkan Barang Ini Tertinggal!

11/21/2019 Add Comment
Setiap traveling pasti ada saja perasaan janggal seperti ada barang yang tertinggal. Maka dari itu, packing lah barang - barang kamu minimal dua hari sebelum keberangkatan. Lalu, kamu harus mengeceknya ulang ketika hendak bepergian. Agar tidak membuat kamu repot nantinya, maka pastikan kamu membawa barang - barang berikut ini.


1. Dompet

Barang yang sering tertinggal biasanya adalah dompet. Pernahkah kamu traveling tanpa membawa dompet? Pasti kamu sangat panik sekali saat mengetahuinya. Apalagi jika kamu baru sadar kalau tidak membawa dompet, pada saat membeli barang. Maka dari itu, dompet merupakan barang terpenting yang harus kamu bawa saat traveling.

2. Powerbank

Barang yang wajib kamu bawa selanjutnya adalah powerbank. Pasalnya, pasti akan repot sekali jika handphone kamu mati pada saat traveling. Powerbank bisa jadi solusi untuk kamu pada saat handphone kamu mati dan jauh dari sumber listrik.

3. Kamera

Mengabadikan momen indah saat traveling pasti memerlukan kamera. Apalagi, jika kamu traveling ke tempat yang indah. Kamu pasti sangat memerlukan kamera untuk memotret keindahan tempat yang kamu kunjungi.

Kamu bisa membelinya di tempat toko khusus jual kamera atau di official store resminya dengan harga yang sesuai budget. Kamera juga dapat membuat kamu lebih teliti melihat pemandangan tempat yang kamu kunjungi dari sisi yang berbeda.

4. Uang Cash

Uang Cash, sangat kamu perlukan sekali jika kamu hendak pergi liburan. karena, kamu bisa repot jika hanya mengandalkan kartu kredit atau yang lainnya. Maka, siapkanlah uang cash secukupnya saja, untuk memudahkan kamu bertransaksi pada saat liburan.

5. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi sangat diperlukan sekali, jika kamu ingin berlama - lama saat liburan. Namun, biasanya setiap hotel atau penginapan memang menyediakan perlengkapan mandi, jadi kamu tidak perlu repot - repot membawanya. Tetapi, untuk kamu yang tidak cocok dengan perlengkapan mandi di hotel, sebaiknya kamu membawanya dari rumah.

Disarankan untuk membawa perlengkapan mandi seperlunya saja, seperti sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk kecil agar menghemat barang bawaan kamu.

6. Smartphone

Kamu pasti tidak mau kan, liburan kamu jadi ribet hanya karena tidak membawa smartphone. Alat komunikasi seperti smartphone sangat dibutuhkan sekali, apalagi jika kamu traveling bersama banyak orang. Kamu jadi tidak bisa menghubungi rekan travelling, jika kamu terpisah dari mereka.

Smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, bisa juga untuk menjadi petunjuk arah agar kamu tidak tersesat di perjalanan menuju tempat liburan. Jadi, jangan pernah kamu lupakan alat yang satu ini.

7. Charger USB

Bawa lah USB pada saat liburan, agar memudahkan kamu ketika ingin mengisi daya smartphone. Kabel USB juga akan sangat kamu perlukan sekali, ketika hendak mengisi daya dengan menggunakan powerbank.

8. Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah sangat dibutuhkan sekali, khususnya untuk para muslimah. Pasalnya, jika kamu hanya mengandalkan peralatan dari masjid, kamu harus mengantri dengan muslim perempuan lainnya.

Apalagi jika sudah masuk waktu sholat tiba. Maka dari itu, bawalah peralatan sholat agar kamu tidak perlu lama - lama menunggu untuk sholat.

9. Obat-obatan

Jangan pernah abaikan peralatan yang satu ini. Karena, jika badan kamu sudah merasa mulai terasa tidak enak, segeralah obati agar kesehatanmu terjaga pada saat liburan.

Kamu pasti tidak mau liburanmu terganggu hanya karena kondisi fisik kamu yang sedang tidak enak badan. Jadi, bawalah sekira nya obat - obatan yang penting untuk mengantisipasi terjadinya hal - hal tidak diinginkan.

Jika traveling kemanapun, biasakan untuk mengecek barang mu terlebih dahulu.Bila perlu buatlah checklist untuk membuat daftar barang apa saja yang harus kamu bawa. Selamat liburan!

Meriahnya Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Kabupaten Sampang

11/08/2019 Add Comment
Tretans, sudah tahu belum kalau tahun ini Kabupaten Sampang sukses menyelenggarakan Festival Kesenian Pesisir Utama yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 31 Oktober sampai 2 November 2019. Di mulai dengan pembukaan festival yang dihadiri oleh banyak Masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa ikut menyaksikan pembukaan FKPU tersebut.


Berbagai penampilan menarik disuguhkan malam hari itu, di antaranya tari dari Sampang, kesenian hadra banjari dari Kabupaten Gresik hingga peragaan busana batik khas masing-masing daerah pesisir utara. Banyak masyarakat yang hadir menyaksikan Festival Kesenian Pesisir Utara Tahun 2019. Ada sekitar 3.500 orang yang ikut di festival ini.

Pembukaan berlangsung di lapangan Wijaya Kusuma Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (31/10/2019) malam dan festival ini bertema Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Maju dan Sejahtera). Selama kurun waktu tiga hari kemarin Masyarakat akan disuguhi berbagai kesenian, pawai budaya, kerajinan seni ekonomi kreatif hingga kuliner dari masing-masing daerah di wilayah pesisir utara.


Ada 14 daerah yang masuk wilayah pesisir utara yaitu, Kabupaten Sampang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep dan Kota Surabaya.

Gelaran Festival Kesenian Pesisir Utara Tahun juga sekaligus memperingati Hari jadi Jawa Timur ke 76 dan Hari jadi Kabupaten Sampang ke 396. FKPU Tahun 2019 ini kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan yang bertindak sebagai tuan rumah Kabupaten Sampang.


FKPU ke XIII yang bertema Dewi Cemara atau Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah, kearifan lokal di wilayah pesisir pantai utara serta mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni budaya.

Festival itu dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan Alwi mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Peresmian ditandai dengan pemukulan rebana yang diikuti Kepala Bakorwil, Kepala Disbudpar Jatim, Bupati Sampang, dan Forpimda Sampang.


Dalam sambutannya, Bupati Sampang Slamet Junaidi menyampaikan terima kasih, karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur mempercayai Kabupaten Sampang sebagai tuan rumah FKPU 2019.  Menurutnya, daerah sebutan Kota Bahari ini selalu mendukung setiap langkah gerakan perubahan menuju kemajuan Jawa Timur.

Usai memberikan sambutan, Bupati Sampang menerima Pataka FKPU 2019 dan piagam penghargaan sebagai tuan rumah dari Pemprov Jatim yang diwakili Bakorwil Pamekasan Alwi. Ia kemudian menyampaikan surat tertulis Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto, juga menyampaikan pagelaran festival di Sampang akan ada diskusi atau sarasehan dan menampilkan arak arakan budaya sebagai inovasi dari berbagi kelompok peserta.

Dengan adanya festival ini para Seniman tidak ingin selalu sentral di Surabaya. Ada impact perekonomian yang tidak harus selalu ada di Surabaya. Dengan adanya Festival Kesenian Pesisir Utara di Kabupaten Sampang ini, semoga menambah minat para wisatawan untuk datang berlibur ke Kabupaten Sampang

VIDEO RANGKAIAN FESTIVAL KESENIAN PESISIR UTARA KABUPATEN SAMPANG


Harga dan Fasilitas Hotel Odaita - Pamekasan

10/26/2019 Add Comment
Perjalanan untuk menjelajahi seluruh daerah atau Kabupaten di Madura memang sangat menyenangkan dan membutuhkan waktu dalam beberapa hari. Menginap dan bermalam di penginapan maupun hotel yang ada saat sedang melakukan perjalanan rasanya menambah syahdu cerita pengalaman di Madura.

Salah satunya ketika Tretans menginap di Hotel Odaita Pamekasan. Hotel bintang dua yang dijamin membuat pengalaman bermalam Tretans di Pemaksan Madura menjadi nyaman dan menyenangkan. Hotel sederhana yang terletak di Jalan Nasional Rute 21 ini berjarak 3 km dari Masjid Agung Ash-Shuhada Pamekasan.

Kamar santai dan beberapa kamar dengan mural berpenuh warna, menawarkan Wi-Fi gratis dan TV layar datar. Kamar di kelas yang lebih tinggi memiliki teras pribadi. Kamar keluarga tersedia. Parkir tersedia gratis. Ada juga restoran yang santai dengan lantai kayu. Fasilitas sarapan ditawarkan.


“Be Your Second Home” menjadi tanda bahwa Hotel Odaita menyajikan area menginap yang nyaman dengan konsep etnik modern dengan sentuhan budaya setempat di interiornya sehingga memberikan kesan yang lebih nyaman dan serasa berada di tempat yang unik. Lokasi dari hotel ini adalah di Jalan Raya Sumenep No.88, Buddagan, Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Meski hanya berbintang dua, namun hotel ini dilengkapi dengan kamar luas dan tempat tidur super nyaman. Per malamnya, Odaita Hotel ini hanya memasang tarif kisaran Rp300 ribuan. Fasilitasnya pun cukup lengkap, termasuk teko untuk membuat teh dan kopi di kamar. Selain itu untuk type kamar Hotel Odaita menawarkan kamar dengan tipe Executive room, Royal deluxe, Deluxe room, dan Standart room.


Berikut adalah daftar harga dan fasilitas menurut tipe kamar yang ada di Hotel Odaita Pamekasan.

1. Standart Room

Harga per malam dikenakan Rp. 400.000 sudah termasuk dua paket sarapan pagi per kamar dan 21% pajak.

- Akses internet gratis

- LED TV 32 inch

- Standing Shower

- Air Conditioning (AC)

- Air mandi panas dan dingin

- Twin bed

2. Superior Room

Harga per malam dikenakan Rp. 500.000 sudah termasuk dua paket sarapan pagi per kamar dan 21% pajak.

- Akses internet gratis

- LED TV 32 inch

- Standing Shower

- Air Conditioning (AC)

- Air mandi panas dan dingin

- Twin bed

3. Deluxe Room

Harga per malam dikenakan Rp. 650.000 sudah termasuk dua paket sarapan pagi per kamar dan 21% pajak.

- Akses internet gratis

- LED TV 32 inch

- Standing Shower

- Air Conditioning (AC)

- Air mandi panas dan dingin

- King size dan Twin bed

4. Royal Deluxe Room

Harga per malam dikenakan Rp. 775.000 sudah termasuk dua paket sarapan pagi per kamar dan 21% pajak.

- Akses internet gratis

- LED TV 42 inch

- Standing Shower

- Air Conditioning (AC)

- Air mandi panas dan dingin

- King size bed

5. Executive Room

Harga per malam dikenakan Rp. 975.000 sudah termasuk dua paket sarapan pagi per kamar dan 21% pajak.

- Akses internet gratis

- LED TV 42 inch

- Bathub dan Standing Shower

- Air Conditioning (AC)

- Air mandi panas dan dingin

- King size bed

- Teras untuk bersantai

Pada setiap kamar bebas dari asap rokok, dapat dijangkau pengguna kursi roda atau tamu difabel, memiliki layanan kebersihan harian, dan layanan kamar 24 jam. Anak anak diperbolehkan menginap dengan biaya tambahan sesuai umurnya.


Setiap kamar memiliki fasilitas kamar berupa full AC, WiFi, TV, area pemandangan taman atau kota, key card, minibar, kamar mandi dalam dengan shower atau bathub dengan alat mandi gratis, dan tipe kamar tertentu memiliki balkon atau teras pribadi, ketel listrik, kulkas kecil, serta ruang tamu mini.

Lalu untuk luas kamarnya sendiri ialah 9,6 m² sd 34 m² yang berbeda beda sesuai tipe. Hotel ini benar-benar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi tamunya dengan adanya fasilitas hiburan dan wisata yang lengkap yakni layanan laundry, penitipan bagasi, bantuan binatu, spa dan pijat badan, area fitness, area taman untuk berjemur, kolam renang, dan penyewaan mobil serta layanan antar jemput untuk wisata lengkap dengan harga rental mobil.


Setiap tamu hotel juga bisa menikmati area pusat bisnis untuk perjamuan atau pesta yang dapat disewa tamu kapan saja. Pilihan hidangan sendiri disajikan di 1 Restaurant area hotel dengan menu khas Indonesia dan Internasional yakni sarapan prasmanan, makan siang, makan malam, buah buahan, makanan ringan, minuman segar, dan beragam kue.

Jadi, bagaimana? kira-kira Tretans mau berapa hari menghabiskan malam di Hotel Odaita sambil menikmati keindahan Madura terutama kuliner Kota Pamekasan?. Istirahat lebih nyaman dengan semua fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Selamat Berlibur.

Hotel Odaita Pamekasan


Jl. Raya Sumenep no 88 Pamekasan, Madura
No telp: 0324 329 329

Menikmati Hidden Paradise Bangkalan Dengan Traveloka Xperience

10/10/2019 Add Comment
Tretans, sudah tahu kah kalau setiap bulan Oktober Kabupaten Bangkalan merayakan hari kelahirannya yang tepat jatuh pada tanggal 24 nanti. Tentu seperti pada tahun-tahun sebelumnya perayaan hari jadi Kabupaten Bangkalan akan diwarnai dengan berbagai macam kegiatan yang menarik.

Berbicara tentang Bangkalan kami yakin Tretans sudah tahu tentang Kota yang ada di ujung barat Pulau Madura ini. Namun, sudah tahu belum kalau Bangkalan mempunyai beberapa surga tersembunyi yang sangat kami rekomendasikan untuk Tretans kunjungi. Bulan Oktober menjadi waktu yang tepat bagi Tretans untuk berkunjung ke Bangkalan. Mengapa?.

Alasan yang pertama adalah Bertahun-tahun digelar di Pamekasan, akhirnya karapan sapi Piala Presiden digelar di Bangkalan. Tentu, ini kabar menggembirakan bagi wisatawan. Bangkalan sangat dekat dengan Surabaya, yang bisa dijangkau melalui Jembatan Suramadu hanya dalam waktu 30 menit.


Karapan sapi Piala Presiden yang digelar pada Minggu (6/10) kemarin itu merupakan sport tourism yang rutin digelar setiap Oktober. Ya, Ini merupakan kali pertama, Bangkalan menjadi tuan rumah pelaksanaan karapan sapi Piala Presiden RI. Itu sebabnya kami menyarankan untuk mengunjungi Bangkalan pada bulan Oktober.

Sebagai tambahan informasi kalau Penetapan Bangkalan sebagai tuan rumah dilatari karapan sapi merupakan budaya masyarakat Madura. Dengan demikian, tiga kabupaten lainnya juga berhak menjadi tuan rumah. Sehingga suatu saat, Pamekasan juga bisa kembali mendapat giliran.

Puluhan ribu penonton sudah sejak pagi buta mempadati Stadion H. Moh. Noer tempat Karapan Sapi diadakan. Hal tersebut juga sekaligus mempromosikan pariwisata di Pulau Madura. Nah, atraksi adu lari cepat sapi itu, bisa menjadi pelengkap perjalanan Tretans ke Madura.

Bila kemarin Tretans tidak berkesempatan melihat langsung Karapan sapi Piala Presiden , tidak perlu kecewa karena ada dua Hidden Paradise yang bisa Tretans nikmati di Bangkalan yakni Bukit Kapur Pelalangan dan Bukit Kapur Jaddih. Dua bukit fenomenal yang ada di Bangkalan yang menjadi prioritas para wisatawan untuk dikunjungi saat ke Bangkalan.


Tebing-tebing kapur di Bukit Pelalangan yang dipahat untuk keperluan pertambangan, ternyata mencipatakan suasana epik. Bebatuan kapur itu menjadi kanvas besar berisi lukisan dan pahatan. Pemandangan yang indah itu membuat juru foto dan penggemar swafoto berdatangan dari berbagai kota di Jawa Timur.

Senada dengan Bukit Pelalangan yang ada di Arosbaya, Bukit Kapur di Jaddih menjanjikan hal yang sama. Bedanya, Jaddih memiliki danau yang berwarna hijau dan terjadang menjadi biru tua. Penambangan kapur di bukit itu meninggalkan cekungan yang kemudian terisi hujan, dan menjadi danau kecil.


Tretans dapat menjelajahi bukit kapur Arosbaya yang indah, dan kemudian menikmati hidangan makan siang dari Bebek Sinjay, sebuah restoran lokal favorit. Lengkapilah perjalanan Tretans dengan berkunjung ke pusat souvenir untuk berbelanja batik, sebelum menjelajahi bukit kapur Jaddih!.

Tertarik? semua itu bisa Tretans dapatkan dengan memesan paket Hidden Paradise Bangkalan - Tur 1 Hari di Traveloka Xperience. Kemudahan fasilitas dan pelayanan yang membuat Tretans hanya duduk santai dan menikmati dua keindahan bukit di Bangkalan. Di sini sudah dilengkapi dengan informasi rencana perjalanannya (tour itinerary), pickup point atau meeting point, dan segala informasi lainnya.



Semudah itu untuk bisa menikmati dua surga tersembunyi yang ada di Bangkalan, sambil mencicipi salah satu kulinernya yang selalu berhasil membuat kota kecil seperti Bangkalan penuh dengan mobil saat akhir pekan bahkan setiap harinya. Dimana lagi kalau bukan di Bebek Sinjay, Tretans harus coba #XperienceSeru di Bangkalan.

Mumpung masih awal bulan Oktober jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai macam wisata budaya, dan festival yang ada di Bangkalan. Nikmati pengalaman paling seru dengan Traveloka Xperience. Cari waktu yang tepat dan pesan paketnya segera, nikmati semua kemudahan dan fasilitas dari Traveloka Xperience.

Beberapa Hal Tentang Karimunjawa

9/29/2019 Add Comment
Karimunjawa. Sudahkah Tretans semua pergi menikmati keindahan Kepualauan Karimunjawa?. Sama seperti Kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep seperti Gili Labak, Gili Iyang maupun Gili Genting, Kepulauan Karimunjawa bahkan lebih dulu sudah terkenal dengan wisata alamnya yang begitu mempesona.

Kepulauan Karimunjawa yang berada di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selalu menjadi magnet bagi wisawatan. Bukan hanya turis lokal, pelancong mancanegara pun kerap mengunungi pulau-pulau tersebut. Maklum, Karimunjawa memang indah. Di sini para pelancong disajikan keindahan alam, mulai dari hamparan bukit nan hijau hingga terumbu karang di bawah laut.


Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau lho, Tretans. Karimunjawa sendiri merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Tidak akan Tretans sangka Pulau Karimunjawa memang benar-benar menyimpan keindahan perairan laut Jawa.

Sehingga tidak heran Karimunjawa layak disebut sebagai The Carribbean of Java karena pasir putihnya, perairannya yang bening, tenang, dan keindahannya yang eksotis. Bukan hanya itu saja lho, ada beberapa hal yang perlu Tretans ketahui mengenai Karimunjawa ini. Berikut hal apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke sana.

1. Cek website BMKG

Cek terlebih dulu perkiraan BMKG sebelum berangkat karena jika ketinggian gelombang lebih dari 3.0 meter, jadwal keberangkatan akan dibatalkan. Jadi, retans masih harus menunggu 1-2 hari agar dapat berangkat menyeberang. Cek website BMKG merupakan salah satu hal penting sebelum berkunjung ke Karimunjawa.

2. Jangan Datang di Waktu yang Salah

Hal penting yang kedua adalah menentukan tanggal yang tepat karena pemilihan tanggal mempengaruhi jenis dan waktu tempuh transportasi yang akan digunakan untuk menyeberang ke Karimunjawa. Jika Tretans ingin berangkat dari Semarang, lebih baik pergi di hari Sabtu atau Kamis.

Itu karena hanya terdapat 1 kapal yang berangkat dari Semarang (KMC Kartini yang berangkat hanya di hari Sabtu dan Kamis). Selain itu ada juga pesawat cesna yang berangkat dari Semarang di hari Kamis dan Jumat. Namun, jika ternyata berhalangan berangkat di hari itu, terpaksa harus ke Kabupaten Jepara terlebih dulu.

Di sana ada 2 kapal jenis feri, yaitu Express Bahari dan Siginjai. Keduanya hanya memiliki 1 jadwal keberangkatan tiap harinya. Jadi kalau semisal Tretans ketinggalan kapal, terpaksa menunggu keesokan harinya. Jangan sampai ketinggalan ya!.

3. Rencanakan Kunjungan

Sebisa mungkin sebelum berangkat Tretans sudah matang-matang membuat rancangan perjalanan, bahkan minimal seminggu sebelum keberangkatan (terutama jika kalian datang di puncak masa liburan pada bulan Juni-Agustus). Hotel atau homestay juga cepat sekali penuh jadi harus gerak cepat jika ingin mendapat penginapan yang Tretans incar.

Terlebih lagi jika Tretans ingin berbulan madu bersama pasangan di Karimunjawa, ada baiknya lho kalian cek paket honeymoon Karimunjawa. Supaya rencana bulan madu Tretans di Karimunjawa terasa sangat menyenangkan dan nyaman bersama pasangan.

4. Gunakan Pemandu Wisata

Supaya liburan di Karimunjawa lebih menyenangkan dan mudah Tretans bisa juga menggunakan pemandu wisata. Tarif pemandu wisata di Kepulauan Karimunjawa juga relatif murah. Sekitar500 ribu untuk dua hari. Harga tersebut sudah termasuk mobil yang akan anda gunakan untuk berkeliling pulau.

Tretans juga bisa saja berkeliling tanpa pemandu. Namun banyak spot menarik di pulau ini yang mungkin Tretans lewatkan. Sebab daratan Karimunjawa memiliki luas daratan 1.500 hektare plus perairan mencapai 110.000 hektare.

5. Taman Nasional Karimunjawa

Lalu apa yang bisa ditelusuri di Karimunjawa? Banyak. Di sini, misalnya, tretans bisa menjelajahi Taman Nasional Karimunjawa. Ada ragam hewan liar macam rusa, kucing hutan dan yang paling ikonik ialah pohon Dewandaru. Kayu pohon Dewandaru ini konon jenis kayu yang selama ini dipakai sebagai bahan pembuat tongkat komando para panglima TNI atau Polri karena dianggap memiliki daya magis yang kuat.

Selain taman nasional, Karimunjawa juga memiliki ‘Bukit Cinta’. Disebut demikian karena di atasnya ada tulisan besar 'Love' lengkap dengan rumah pohon berbentuk hati. Banyak turis yang berselfie di sini. Selain itu, dari puncak bukit ini, Tretans juga akan dimanjakan oleh pesona alam yang mantap: gugusan pulau kecil tampak menyembul dari kejauhan.

6. Snorkling di Karimunjawa

Aktivitas lain yang bisa Tretans lakukan di Karimunjawa adalah snorkling. Untuk yang satu ini, Tretans bisa menghubungi biro perjalanan lokal yang menawarkan snorkling dengan tarif Rp 20-30 ribu. Cukup murah, bukan?. Pemandu wisata pasti akan mengarahkan ke spot-spot menarik yang terdapat biota lautnya. Tapi ingat, jangan menginjak terumbu karang.

Terumbu karang di sini memang jadi aset penting bagi Karimunjawa. Tretans bisa menyaksikan ikan-ikan menyembul keluar serta bersentuhan dan ‘menyapa’ aneka biota laut. Setelah puas menikmati panorama bawah laut, Tretans juga bisa berbaring sejenak di bibir pantai sambil menikmati sunset.

Jadi, bagaimana?. Sudah siap untuk pergi berlibur ke Karimunjawa?. Pastikan beberapa hal penting sudah Tretans siapkan supaya rencana liburan di sana menjadi lebih menyenangkan dan terkesan. Singkirkan semua alat elektronik, just breathe in the fresh air and enjoy the beauty of Karimunjawa!.

Kuliner Unik Soto Mata Sapi di Bangkalan

9/15/2019 Add Comment
Teman-teman, suka kuliner ekstrem? kalau iya jangan sampai kelewatan mencoba kuliner Soto Mata Sapi yang ada di Bangkalan. Sekilas tampilannya tidak berbeda dengan kuliner serupa. Berkuah kuning dengan berbagai isian. Begitu teman-teman mengaduk akan muncul bagian mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang.


Soto Mata Sapi ini terletak di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Tempatnya sangat sederhana, tapi jangan salah meski demikian tempat ini sangat bersih dan higienis. Makan di tempat ini kalian tidak akan duduk di kursi bahkan kalian tidak akan menjumpai meja. Tetapi di tempat ini disediakan kursi anyaman yang sangat lebar untuk duduk bersila di atasnya.

Baca juga: Soto Merah Daging Khas Bangkalan

Soto Mata Sapi ini di buat dengan bumbu rahasia dan di sajikan dengan kuah soto dan juga di beri irisan daging sapi. Meskipun kelihatannya aneh dan mengerikan, namun rasanya enak dan nikmat sekali. Soto Mata Sapi sangat lezat di santap dalam keadaan masih hangat dengan sambal yang pedas, jangan lupa perasan jeruk nipisnya.


SAJIAN PELENGKAP SOTO MATA SAPI

Soto ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya dan tanpa menggunakan kunyit seperti soto pada umumnya. Bahan yang dibuat soto adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto Mata Sapi direbus sampai lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Mata sapi yang digunakan tidak diiris kecil-kecil tetapi masih terutama bola matanya tetapi bila teman-teman menginginkannya untuk diiris  bisa langsung meminta ke penjualnya. Namun, jika teman-teman tidak berani untuk memakan mata sapi, teman-teman bisa menikmati soto tanpa mata sapi.


Sebagai bahan pelengkap soto biasanya ditambahkan ketupat atau topak. Topak seperti lontong tapi tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa. Topak diiris menjadi beberapa bagian dan ditambah kecambah, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk.

Selain itu teman-teman juga bisa mencoba menyantap soto mata sapi dengan tambahan bumbu rujak, dijamin rasanya semakin nikmat. Satu porsi Soto Mata Sapi adalah Rp. 25.000 dan untuk Soto Daging Rp. 15.000, cukup membayar seribu rupiah jika ingin makan dengan ketupat atau topak.


Warung Soto Mata Sapi yang ada di desa Pancar ini mulai buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jadi, sudah siap menikmati kuliner ekstrem Soto Mata Sapi?.



VIDEO KULINER SOTO MATA SAPI BANGKALAN



5 Pilihan Transportasi Aman dan Mudah ke Madura

9/13/2019 Add Comment
Madura. Siapa yang tidak mau pergi ke Madura?. Sekarang ke Madura teman-teman tidak perlu takut lagi. Di Madura juga teman-teman bisa menikmati berbagai wisata yang ada mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi serta tidak ketinggalan juga wisata budaya Madura yang akan membuat kalian kagum.

Berbicara tentang pergi ke Madura, sekarang sudah tidak sulit lagi bahkan ada banyak pilihan transportasi yang bisa teman-teman pilih untuk bisa sampai ke pulau kami. Apalagi sekarang menjelang pagelaran Kerapan Sapi Piala Presiden yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober nanti.

Biasanya Madura akan menjadi tempat tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Semua datang ke Madura untuk bisa menonton langsung grand final Kerapan Sapi yang rutin diadakan setiap tahunnya. Lalu, apa saja sih pilihan tranportasi yang bisa teman-teman pilih untuk berkunjung ke Madura?. Yuk, simak ulasan kami.


1. Bus

Jauh sebelum Jembatan Suramadu ada Bus menjadi salah satu pilihan transportasi bagi orang-orang yang akan pergi ke Madura. Ada banyak bus yang bisa langsung menuju Madura tanpa harus transit atau over ke bus lainnya. Biasanya sih pilihannya ada dua macam, yakni bus kelas ekonomi dan bus ber-AC.

2. Kapal Laut

Pilihan transportasi kapal laut pernah menjadi satu-satunya primadona tranportasi untuk bisa menyeberang ke Madura, namun itu dulu sebelum Pulau Jawa dan Madura terhubung dengan adanya Jembatan Suramadu. Sampai sekarang Dermaga penyeberangan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak - Kamal masih bisa kalian pilih kok.

3. Travel

Nah, bagi teman-teman yang ingin menikmati perjalanan dengan lebih privat bisa menggunakan travel. Ada banyak pilihan travel yang memiliki tujuan ke Madura. Biasanya teman-teman tinggal menunggu jemputan di rumah dan akan diantar sesuai titik yang kalian pesan, mudah sekali kan?.

Untuk pilihan tarif travel (personal ataupun perusahaan) ini bervariasi, antara 75.000-125.000. Jam penjemputan umumnya mulai jam 12 siang sampai jam 3 sore. Ada juga yang bisa diluar jam itu, misalnya travel Dieng yaitu jam 07.00, 09.00, 12.00, 21.00 atau 24.00. Jangan lupa, pilihan waktu bisa berubah sesuai dari pihak travelnya sendiri.

4. Pesawat Terbang

Ya, ke Madura bisa menggunakan Pesawat Terbang apalagi bagi teman-teman yang ingin langsung turun di Kabupaten Sumenep. Bisa dibilang pilihan transortasi Pesawat Terbang ini masih baru tapi sudah banyak lho yang menggunakan pesawat untuk ke Madura. Untuk jadwal penerbangannya sendiri masih sangat terbatas pada hari tertentu saja.

Ada 1 hingga 2 kali saja penerbangan dalam sehari (pagi antara jam 7-9). Harga tiket sekitar 300 ribuan. Waktu tempuh yang dibutuhkan tidak sampai 1 jam. Sebab tu pilihan transportasi Pesawat Terbang menjadi salah satu yang favorit untuk ke Madura.

5. Kereta Api

Untuk pilihan transportasi yang terakhir ini sebenarnya tidak sampai ke Madura tapi hanya sampai Kota Surabaya saja. Meskipun begitu menggunakan Kereta Api ke Madura asyik juga, apalagi ada informasi kalau jalur kereta api di Madura akan kembali diaktifkan oleh pemerintah. Untuk pilihan kereta apinya sama seperti biasa, teman-teman juga bisa cari tahu info tiket kereta ekonomi lengkap disini.

Dari lima pilihan transportasi ke Madura tadi yang mana teman-teman akan pilih?, yang pasti semuanya aman, dan mudah. Jadi, kapan kalian akan ke Madura? ada Bebek Sinjay, Sate Madura, Kerapan Sapi, Pesarean Syaichona Kholil dan masih banyak lagi yang bisa teman-teman datangi juga nikmati di Madura.

Pengertian Lengkap Apa Itu Fintech dan P2P Lending

8/27/2019 Add Comment
Saat ini, segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia semakin modern dan canggih. Salah satunya yaitu aktivitas pinjam meminjam. Jika dulu, pinjam meminjam hanya bisa dilakukan orang di bank, koperasi atau lembaga lainnya yang bersifat offline. Saat ini teman-teman sudah bisa mengajukan pinjaman yang sifatnya online.

Beberapa dari teman-teman pasti sudah tidak asing dengan sebutan fintech yang menyediakan layanan pinjaman online dan P2P Lending sebagai salah satu jenis layanannya. Tapi bagi teman-teman yang belum tau apa itu fintech dan P2P Lending jangan khawatir. Artikel ini akan membahas secara lengkap. Simak penjelasan di bawah ini, referensi Duwitmu.com :


Apa Itu Fintech dan P2P Lending ?


Fintech adalah singkatan dari kata “financial” dan “technology” yaitu sebuah inovasi di bidang keuangan yang tak luput dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara kerja Fintech tidak berbeda jauh dengan marketplace yang teman-teman temui seperti shopee atau lazada.

Bedanya, shopee dan lazada adalah sebuah marketplace yang menjual barang dengan mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online. Sedangkan fintech mempertemukan antara pihak investor dan peminjam yang juga dilakukan secara online. Mulai dari metode pembayaran, transfer, pengumpulan dan peminjaman semua bisa dilakukan secara efektif.

Salah satu klasifikasi atau jenis fintech adalah layanan P2P (Peer To Peer Landing). Apa itu P2P Lending ? P2P Lending adalah praktek memberikan pinjaman kepada pihak yang ingin meminjam, dan mengajukan peminjaman kepada investor.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, p2p lending mirip dengan marketplace yang mempertemukan antara peminjam dan investor secara langsung melalui teknologi. Singkatnya, Peer to Peer Lending adalah menghubungkan antara peminjam dan investor yang akan memberikan pinjaman secara online tanpa menggunakan jasa keuangan yang sah sebagai perantara.

Peer to peer lending menjadi pilihan yang tepat bagi para pengusaha kecil menengah (UMKM) yang ingin mendapatkan tambahan modal walaupun si peminjam belum mempunyai rekening di bank. Sampai sini paham kan apa itu fintech dan p2p lending? Lalu bagaimana sih sebenarnya cara kerja p2p lending?

Cara Kerja Peer to Peer Lending


Terlebih dahulu anda harus memahami cara kerja dari p2p baik sebagai peminjam atau pemberi pinjaman (investor). Jika teman-teman sudah memahami maka anda akan bisa mempraktikannya dengan baik dan benar.

Pertama adalah sebagai peminjam. Sama seperti bank untuk meminjam anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang disyaratkan. Salah satunya adalah laporan keuangan yang sudah ditentukan kurun waktunya dan tujuan teman-teman melakukan peminjaman.

Kelengkapan dokumen teman-teman menjadi salah satu pertimbangan apakah nantinya pengajuan anda bisa diterima ataupun ditolak. Apabila pengajuan teman-teman diterima, barulah akan diterapkan suku bunga pinjamannya dan usulan peminjaman anda akan dimasukkan ke dalam marketplace agar semua inverstor bisa melihat usulan peminjaman teman-teman.

Kedua jika teman-teman sebagai investor teman-teman mempunyai akses untuk menelusuri data data para peminjam yang mengajukan pinjamannya. Seperti laporan keuangan peminjam beserta tujuannya. Teman-teman berhak menentukan apakah ingin meminjamkan dana ataukah tidak.

Jika teman-teman memutuskan untuk meminjamkan dana, setiap bulan para peminjam akan mencicil kepada anda. Keuntungan bisa teman-teman dapatkan dari suku bunga yang dibayarkan. Bagaimana apakah teman-teman tertartik?.

Di satu sisi teman-teman bisa membantu orang yang membutuhkan, di sisi lain teman-teman bisa mendapatkan keuntungan. Demikian penjelasan mengenai apa itu fintech dan p2p lending. Semoga bermanfaat.

Belajar Bahasa Madura Edisi Tubuh Bagian Bawah

8/08/2019 Add Comment
Melengkapi artikel sebelumnya tentang Tubuh Manusia dalam Bahasa Madura yakni Kepala serta Tubuh Bagian Atas maka saat ini adalah Artikel Tubuh Bagian Bawah. Tentunya yang menulis dalam Bahasa Madura adalah Pak Adrian Pawitra yang beliau merupakan penyusun Kamus Bahasa Madura - Indonesia yang sudah banyak beredar di Toko Online. Berikut adalah Artikel Belajar Bahasa Madura Edisi Tubuh Bagian Bawah.


1. Perut bagian bawah = Bu-rabuwân
2. Kemaluan (Alat kelamin) = Kamalowan (enjâ’-iyâ), Katoḍusân (èngghi-bhunten)
3. Kemaluan pria (Penis) = Pala’ (enjâ’-iyâ), Palanangan (Emmas) (èngghi-bhunten)
4. Pelir = Pellèr
5. Frenulum (batas tengah antara kepala dan batang penis) = Ghâṭèng
6. Testis (biji pelir) = Bâi’na pellèr
7. Mons pubis (Punuk kemaluan wanita) = Tampo’
8. Kemaluan wanita (Vagina) = Pokè(h) (enjâ’-iyâ), Bâdhunan, Farji’ (èngghi-bhunten)
9. Kelentit (Klitoris) = Jhelli’ (enjâ’-iyâ), Ènten (èngghi-bhunten)
10. Rahim (Peranakan) = Bâlânadhân
11. Paha = Pokang
12. Selangkangan = Kang-pèkang
13. Lutut = To’ot
14. Betis = Bettès (enjâ’-iyâ), Poḍhâk (èngghi-bhunten)
15. Tulang betis (Tulang kering) = Tolang addhu
16. Kaki = Soko(h) (enjâ’-iyâ), Padhâ(h) (èngghi-bhunten)
17. Tumit (Tungkak) = Tombet (Tongka’)
18. Urat tumit = Sè’-bisè’ (Ora’na tombet, Ora’na tongka’)
19. Mata kaki (Pergelangan kaki) = Tolang komèrè (Tolang ṭèl-canṭèlan)
20. Jari kaki = Ghârighi’na soko
21. Jempol kaki = Pol-empolla soko
22. Telapak kaki = Pa’-dhâpa’na soko


Sumber :
1. Adrian Pawitra, “Kamus Lengkap Bahasa Madura – Indonesia”, Penerbit PT. Dian Rakyat Jakarta, Th 2009.
2. Kramer Sr. A.L.N, Kamus Indonesia (Indonesisch-Nederlands en Nederlands-Indonesisch), Gravenhage 1951 – Djakarta, G.B Van Goor Zonens Uitgevermaatschaapp N.V.
3 P. Penninga & Hendriks H. “Practish Madurees-Nederlands, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
4. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Nederlands - Madurees, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.

Belajar Bahasa Madura Edisi Tubuh Bagian Atas

8/07/2019 Add Comment
Melanjutkan artikel sebelumnya yakni Belajar Bahasa Madura Edisi Tubuh Manusia Bagian Kepala, sekarang kami akan memposting artikel tentang Tubuh Manusia Bagian Atas dalam Bahasa Madura. Artikel ini berlanjut setelah Pak Adrian Pawitra selaku orang yang sangat paham tentang Bahasa Madura menulis status di Facebook dan menjelaskan kembali tentang bahasan tersebut.

Gambar oleh Pexels.com

1. Leher = Lè’èr (enjâ’-iyâ), Ghulu(h) (èngghi-bhunten)
2. Bahu = Bhâu(h) (enjâ’-iyâ), Tèmbhângan (èngghi-bhunten)
3. Dada = Ḍâḍâ(h) (enjâ’-iyâ)
4. Lesung payudara = Talempo’ânna atè (enjâ’-iyâ), Panaghennan atè (èngghi-bhunten)
5. Payudara (buah dada) = Soso(h) (enjâ’-iyâ), Bhâjem (èngghi-bhunten)
6. Puting = Penṭèl (konco’na soso)
7. Tengkuk (Kuduk) = Gul-onggulân
8. Punggung = Blâkang
9. Pundak belakang (Belikat) = Bhâng-ghibhâng (blikat)
10. Tulang belakang = Gherdhung
11. Punggung bawah = Bârughuk (Bughik)
12. Tulang ekor = Monteng (Sombi, Tolang kata’)
13. Pinggang = Tèng-entèngan (Tèng-kentèngan, Tèng-keltèngan, Tengnga)
14. Pinggul = Bângkong (Tongghing, Tongkèng)
15. Pantat = Buri’ (enjâ’-iyâ), Jhubhur (èngghi-bhunten)
16. Perut = Tabu’ (enjâ’-iyâ), Paḍhâ’ârân (èngghi-bhunten)
17. Pusar (Pusat) = Bujhel (enjâ’-iyâ), Poser (èngghi-bhunten)
18. Ketiak = Kalèncabhân (Kalèmongan)
19. Lengan = Lengngen (enjâ’-iyâ), Ghulungan (èngghi-bhunten)
20. Lengan atas = Lengngen attas
21. Siku (sikut) = Cèngkol
22. Lengan bawah = Lengngen bâbâ
23. Pergelagan tangan atas = Paghellângan
24. Pergelangan tangan = Ogellân
25. Tangan = Tanang (enjâ’-iyâ), Asta (èngghi-bhunten)
26. Tonjolan pergelangan = Kancèngan
27. Telapak tangan = Pa’-dhâpa’na tanang (Tabu’na tanang)
28. Jantung tangan (Buah tangan) = Asemman
29. Jari = Ghârighi’ (enjâ’-iyâ), Tonjhu’ (Rajhungan) (èngghi-bhunten)
30. Kuku = Koko(h) (enjâ’-iyâ), Kenaka (èngghi-bhunten)
31. Jempol (Ibu jari) = Tonjhu’ empol (Jhu’ empol, Pol-empolan)
32. Telunjuk = Tonjhu’ dhuddhing (Jhu’ dhuddhing)
33. Jari tengah = Tonjhu’ tengnga (Jhu’ tengnga)
34. Jari manis = Tonjhu’ manès (Jhu’ manès)
35. Jari kelingking = Tonjhu’ enṭèk (Jhu’ enṭèk, Ṭèk-enṭèghân)
36. Pangkal jari = Bhungkèlla ghârighi’
37. Ruas jari = Bukona ghârighi’



Sumber :
1. Adrian Pawitra, “Kamus Lengkap Bahasa Madura – Indonesia”, Penerbit PT. Dian Rakyat Jakarta, Th 2009.
2. Kramer Sr. A.L.N, Kamus Indonesia (Indonesisch-Nederlands en Nederlands-Indonesisch), Gravenhage 1951 – Djakarta, G.B Van Goor Zonens Uitgevermaatschaapp N.V.
3 P. Penninga & Hendriks H. “Practish Madurees-Nederlands, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.
4. P. Penninga & Hendriks H. “Practish Nederlands - Madurees, WOORDENBOEK”, G.C.T. van Dorp & Co.N.V. Semarang – Deen Haag 1913.

DAFTAR HARGA DAN FASILITAS HOTEL NINGRAT BANGKALAN

7/26/2019 Add Comment
Berkunjung ke Madura rasanya tidak lengkap kalau tidak menginap dan bermalam. Ya, Madura itu luas dengan banyak wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan tentu bermacam kulinernya yang patut untuk teman-teman coba. Jadi, kalau ke Madura tanpa bermalam pasti teman-teman tidak bisa puas menikmati keindahan alam, budaya dan lezatnya makanannya.


Bicara soal bermalam di Madura kali ini kami akan mengajak teman-teman untuk berkenalan dan mengetahui salah satu penginapan atau hotel pertama yang ada di Bangkalan. Jika pada postingan sebelumnya ada Hotel Rose Bangkalan dan Hotel Prima Sejahtera sekarang kita akan membahas sedikit mengenai Hotel Ningrat Bangkalan.

Mendengar kata Ningrat mungkin dibenak teman-teman terlintas tempat atau kediaman seperti kraton raja. Hotel Ningrat berada tepat di tengah pusat kota Bangkalan ini memang bukan hotel berbintang dengan fasilitas mewah. Namun di Hotel Ningrat teman-teman akan merasakan pelayanan tradisional khas Madura.

Selain itu menurut sejarah konon, Hotel Ningrat sebelumnya adalah sebuah kediaman pemilik perkebunan yang ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hal tersebut terlihat sekali dari ciri-ciri bangunan yang memiliki atap langit yang tinggi, tembok tebal, adanya jarak antara bagian rumah dan beberapa perabotan kuno yang masih tersimpan serta terawat rapi.


Di Hotel Ningrat teman-teman bisa merasakan betul hawa-hawa Kraton Bangkalan zaman dahulu. Karena sudah lama tidak digunakan lagi akhirnya bangunan rumah tua tersebut dijadikan hotel dengan merenovasi dan menambah beberapa ruangan yang ada tanpa mengurangi sedikitpun ciri khas sebelumnya.

Memiliki letak strategis di tengah kota Bangkalan sehingga Hotel Ningrat mudah sekali ditemukan oleh siapa saja dan berikut ini adalah Daftar Harga serta Fasilitas di Hotel Ningrat Bangkalan.

 1. SUPERIOR ROOM



HARGA DAN FASILITAS: 

- IDR. 350K / MALAM
- AC
- TV
- KAMAR MANDI
- BREAKFAST


2. VIP ROOM


(SINGLE BED)

(DOUBLE BED)

HARGA DAN FASILITAS: 

- IDR. 425K
- AC
- TV
- KAMAR MANDI
- AIR PANAS
- BREAKFAST


3. SUITE ROOM (GUEST HOUSE)


TAMPILAN DEPAN

RUANG TAMU

KAMAR TIDUR

KAMAR MANDI

HARGA DAN FASILITAS:

- IDR. 750K
- AC
- TV
- KULKAS
- AIR PANAS
- BREAKFAST


4. RUANG RAPAT


HARGA SEWA:

IDR. 950K / 4 JAM


5. SEWA AULA NIKAHAN


HARGA SEWA:

- PAGI: IDR. 3.000K
- MALAM: IDR. 4000K 


Itulah beberapa Harga dan Fasilitas Hotel Ningrat di Bangkalan, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mau menginap dan bermalam dimana bila teman-teman sedang berada di Bangkalan. Hotel Ningrat Bangkalan menjadi pilihan yang tepat untuk bermalam dengan nyaman bersama keluarga maupun rekan sambil menikmati arsitektur bangunan Kraton Bangkalan.


Manfaat Asuransi Untuk Hidup yang Lebih Baik

7/24/2019 Add Comment
Perkembangan zaman yang sangat cepat membuat seseorang sangat membutuhkan perencanaan keuangan dan proteksi di setiap fase kehidupan guna mengantisipasi risiko yang dapat terjadi di masa depan. Seperti ketika seperti tutup usia harus diantisipasi karena dapat menimbulkan dampak finansial yang besar bagi keluarga yang ditinggalkan.

Secara teori, risiko dalam kehidupan yang dihadapi manusia tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diminimalkan. Risiko kehidupan baik dari sisi kesehatan maupun jiwa semuanya mengarah pada satu ancaman yaitu mengurangi atau bahkan menghilangkan kemampuan finansial seseorang. Misalnya, saat kita tiba-tiba terjatuh sakit dan membutuhkan biaya berobat ke rumah sakit, mau tidak mau kita harus mengeluarkan sejumlah biaya kesehatan.

Senangnya sebagian orang menyadari perlunya memiliki jaminan finansial dan membeli asuransi untuk mencukupinya. Tetapi ada juga sebagian lainnya yang tidak menyadari betapa perlu dan pentingnya asuransi. Melalui asuransi, risiko finansial tersebut kita alihkan ke pihak ketiga, yaitu perusahaan asuransi.

Jadi, ketika kelak terjadi risiko, biaya-biaya yang terkait dengan risiko tersebut ditanggung oleh penyedia asuransi dengan kita rutin membayar uang premi sesuai persetujuan. Banyak orang berfikir bahwa memiliki asuransi itu tidak penting dan membayar premi asuransi seperti ‘membuang uang’, karena manfaatnya tidak langsung terasa.
manfaat asuransi

Padahal sejatinya tidak ada yang mubazir di dunia ini. Asuransi tetap bekerja melindungi kita dari risiko dengan berbagai manfaat meskipun kita sedang tidak merasakan hal yang membuat finansial kita jadi bermasalah. Berikut ini beberapa manfaat dari pentingnya memiliki asurasi bagi hidup yang lebih baik.

Manfaat Asuransi Untuk Hidup yang Lebih Baik


Perkembangan zaman yang sangat cepat membuat seseorang sangat membutuhkan perencanaan keuangan dan proteksi di setiap fase kehidupan guna mengantisipasi risiko yang dapat terjadi di masa depan. Seperti ketika seperti tutup usia harus diantisipasi karena dapat menimbulkan dampak finansial yang besar bagi keluarga yang ditinggalkan.

1. Mengurangi Risiko Finansial Keluarga

Dengan memiliki asuransi, kita bisa mengelola keuangan lebih tenang. Sehingga ketika sewaktu-waktu kita membutuhkan biaya atau mengalami kerugian finansial, kondisi keuangan pribadi tidak ikut terpengaruh karena sudah ada asuransi yang menanggungnya. Kita tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal tak terduga seperti sakit atau mengalami kecelakaan.

Manfaat asuransi kesehatan ini membantu kita dalam mengurangi pengeluaran yang tidak terduga. Pengeluaran rutin harian pun tidak terganggu. Sebab, ada pihak penanggung yang memberi ganti rugi.

2. Melindungi Kita di Masa Depan

Saya percaya bahwa setiap orang ingin menikmati masa tua dengan penuh bahagia dan nyaman tanpa memikirkan lagi masalah finansial. Beberapa produk asuransi justru memberikan proteksi untuk masa depan, misalnya saja kita ikut program asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance).

Maka peserta program asuransi seperti Lifepal akan mendapatkan perlindungan asuransi selama hidup peserta asuransi. Kondisi seperti ini akan sangat menguntungkan bagi peserta program maupun keluarganya yang membuat hidup lebih nyaman sehingga produktivitas kerja juga naik pesat.

3. Kesempatan untuk Menabung Sekaligus Investasi

Fyi, sekarang produk asuransi sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan proteksi sekaligus investasi. Produk ini dinamakan unit link yang memiliki fitur proteksi sekaligus sebagai media tabungan dan investasi, yang memberikan imbal balik yang cukup menarik bagi kita yang tidak mau repot mengambil produk terpisah.

Well, tidak ada salahnya kita mempersiapkan asuransi sejak masih muda. Sekali lagi, tidak ada yang mubazir di dunia ini. Dengan mengikuti program asuransi itu tandanya kita selangkah lebih protektif pada masalah finasial kita saat ini bahkan untuk di masa yang akan datang. Teman-teman, yuk asuransi demi hidup yang lebih baik.

HARGA DAN FASILITAS HOTEL PRIMA SEJAHTERA BANGKALAN

7/10/2019 Add Comment
Potensi wisata yang ada di Kabupaten Bangkalan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih lagi saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bangkalan yang semakin gencar untuk mempromosikan dan memfasilitasi tempat wisata yang ada di Bangkalan agar semakin dikenal oleh banyak wisatawan luar.

Salah satu kabar baiknya adalah bahwa tahun ini gelaran Karapan Sapi Piala Presiden yang biasa dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan akan dilaksakan di Stadion Skep Kabupaten Bangkalan. Tentu hal ini menjadi bukti kalau Bangkalan semakin maju dan berkembang. Semenjak Pulau Madura resmi terhubung dengan Pulau Jawa melalui Jembatan Suramadu tentu memberikan dampak positif bagi Kabupaten Bangkalan khususnya.
 

Salah satunya adalah kemudahan akses menuju Bangkalan dari luar pulau maupun sebaliknya. Bicara soal wisata Bangkalan teman-teman akan puas dengan menikmati beragam wisata yang ada mulai dari Batik, kuliner khas Bangkalan seperti Nasi Serpang, Wisata Bukit Kapur Jaddih, Pantai Siring Kemuning dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk urusan penginapan di Kabupaten Bangkalan kini sudah tidak sulit lagi menemukan penginap sekelas losmen maupun hotel seperti Hotel Rose yang berada di pusat kota Bangkalan atau Hotel Ningrat yang merupakan penginapan legendaris di Bangkalan. Beberapa hari yang lalu kami berkesempatan datang untuk melihat dan mereview salah satu penginapan yang ada di Kota Bangkalan.

Hotel dan Penginapan Prima Sejahtera, salah satu penginapan yang bisa dibilang masih baru yang letaknya di Kota Bangkalan. Mungkin bagi masyarakat Bangkalan sudah tidak asing dengan penginapan Prima Sejahtera yang bisa dibilang Hotel dengan beberapa fasilitas penginapan mulai dari kamar kos hingga Guest House.

Jika teman-teman menginap di Rumah Kos dan Penginapan Prima Sejahtera ini ada beberapa fasilitas yang bisa teman-teman pilih seperti:


BULANAN / KAMAR KOS

Paket Bulanan rumah Kos Hotel Prima Sejahtera Bangkalan

HARGA
Rp. 1.000.000,- / orang
* Apabila ada tambahan anggota keluarga maka akan dikenakan biaya Rp. 300.000,- / orang.


HARIAN - EKONOMI


HARGA
Rp . 125.000,- 
(Tambahan untuk satu orang Rp. 100.000,-)

FASILITAS KAMAR :
- Kipas Angin
- Kamar Mandi Luar
- Peralatan Mandi
- Air Mineral


KAMAR STANDART 


paket ekonomi hotel prima sejahtera bangkalan

HARGA
Rp. 200.000,- (Tambahan untuk satu orang Rp. 150.000,-)

FASILITAS KAMAR
- Kamar AC
- Kamar Mandi Dalam
- Perlengkapan Mandi
- Sarapan Pagi
- Air Minum Mineral
- Selimut
- TV

KAMAR SUPERIOR

Kamar Superior Hotel Prima Sejahtera Bangkalan

HARGA:
Rp. 350.000,-

FASILITAS KAMAR
- Kamar Tidur AC
- Ruang Tamu
- 2 Bed
- Kamar Mandi Dalam
- Air Panas + Air Dingin
- Perlengkapan Mandi
- TV
- Selimut
- Sarapan Pagi
- Air Minum Mineral


GUEST HOUSE

 GUEST HOUSE


BAGIAN DALAM



HARGA
Rp. 650.000,-

FASILITAS:
- 2 Kamar Tidur AC
- Ruang Tamu
- Ruang Makan
- Kamar Mandi Dalam
- Air Panas + Air Dingin
- Perlengkapan Mandi
- TV
- Dapur
- Kulkas
- Sarapan Pagi
- Air Minum Mineral
- Selimut


Untuk tambahan Bed teman-teman akan dikenakan biaya Rp. 100.000,-. Lalu tempat parkirnya cukup luas bagi para tamu di Penginapan. Lokasinya cukup strategis meskipun harus masuk ke dalam gang (beberapa meter saja). Mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum, 5 menit dari Masjid Agung Bangkalan.

Informasi tambahan teman-teman bisa check out tepat pukul 12.00 siang kami ingatkan untuk bisa check out tepat waktu karena kalau terlambat bisa ditambah biaya. Untuk selebihnya Hotel dan Penginap Prima Sejahtera ini cukup recommended bagi wisatawan yang mencari penginapan di Kota Bangkalan.