Rekomendasi Objek Wisata Sejarah Yang Menarik Untuk Dikunjungi

12/28/2021 Add Comment
Memasuki musim liburan akhir tahun, pastinya jadi momentum yang paling ditunggu. Setelah menjalani rutinitas yang super padat, tiba waktunya bagi kamu untuk merealisasikan impian liburan dan melepas penat.

Meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi, ditambah lagi adanya kebijakan baru menghapus cuti natal dan tahun baru ini, bukan berarti kamu jadi nggak bisa rekreasi dan liburan. Bagi kamu warga Jakarta dan sekitarnya, kamu tetap bisa kok mengunjungi objek wisata terdekat yang seru dan menyenangkan.

Wisata alam, wisata budaya, atau wisata kuliner mungkin sudah terlalu mainstream nih, kamu bisa mencoba jenis wisata baru yang masih cukup jarang dilakukan. Wisata sejarah bisa jadi alternatif wisata baru yang kamu coba. Ada banyak sekali objek wisata sejarah di Jakarta yang unik dan menarik untuk dikunjungi.



Tak hanya menikmati kekayaan sejarah, beberapa diantaranya juga terintegrasi dengan wisata alam dan wisata kuliner loh.Tahukan kamu? sejarah panjang Kota Jakarta berawal dari pelabuhan Sunda Kelapa di bagian utara Jakarta. Jakarta sudah menjadi ibukota sejak era kolonial Belanda pada abad ke-16, saat itu bernama Batavia.

Berbagai zaman telah dilalui dan menyisakan nilai historis yang tersebar di seluruh Jakarta. Nilai historis tersebut dapat kita lihat dari bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak masa lalu. Beberapa bangunan bersejarah yang terkenal dan jadi ikon kota ini yaitu Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan masih banyak lagi.

Bangunan tua tersebut saat ini berkolaborasi dengan bangunan-bangunan modern yang terlihat unik. Jika kamu ingin menikmati wisata sejarah Jakarta lebih lama, kamu bisa menginap di Hotel Mercure Jakarta yang lokasinya sangat strategis. Sebelum berangkat, cek dulu rekomendasi objek wisata sejarah berikut ini ya!

Museum Sejarah Jakarta

Rekomendasi pertama adalah Museum Sejarah Jakarta atau biasa disebut Museum Fatahillah. Museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat. Bangunan museum ini awalnya digunakan sebagai gedung Balaikota yang dibangun pada masa pemerintahan VOC di Batavia.

Museum Fatahillah menyimpan koleksi mebel, perkakas rumah tangga, senjata, keramik, peta, dan buku-buku. Selain mempunyai koleksi benda bersejarah, arsitektur dan interior bangunan museum ini juga terlihat keren dengan gaya klasik. Cocok banget buat kamu yang mau berfoto dengan tema retro klasik, nih.

Museum Bahari

Rekomendasi kedua adalah Museum Bahari yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan No.1, Jakarta Utara. Pada awal pembangunannya, bangunan museum ini digunakan sebagai gudang untuk menyimpan, memilih, dan mengemas hasil bumi seperti rempah-rempah yang merupakan komoditas utama VOC.

Bangunan museum berdiri di samping muara Sungai Ciliwung. Museum Bahari menyimpan koleksi perahu tradisional berbagai bentuk dan ragam. Selain itu, terdapat miniatur kapal modern dan perlengkapan pelayaran. Terdapat juga koleksi peralatan pelaut seperti alat navigasi, jangkar, teropong, dan meriam.

Museum Bahari juga menampilkan koleksi spesimen biota laut, koleksi kartografi, matra TNI AL, dan maket Pulau Onrust. Selain kaya akan nilai sejarah, museum yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai lokasi foto prewed loh, dijamin hasilnya pasti keren dan memuaskan. Pelabuhan Sunda Kelapa

Rekomendasi selanjutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang dibangun pada tahun 1527. Pelabuhan Sunda Kelapa ini direncanakan menjadi kawasan wisata, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki luas daratan 760 hektar serta luas perairan kolam 16.470 hektar, terdiri atas dua pelabuhan utama dan pelabuhan Kalibaru.

Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki daya tarik bagi pecinta sejarah nih, sebab nilai sejarah di pelabuhan tersebut dapat dipelajari dan dinikmati melalui kegiatan perekonomian, perikanan, perdagangan, dan aktivitas lain di pelabuhan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana sunset yang menenangkan dari pelabuhan ini dan berswafoto dengan latar kapal pinisi yang keren dan megah.

Museum Wayang

Rekomendasi terakhir adalah Museum Wayang yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Museum ini menyimpan koleksi berbagai karakter dan lakon pewayangan dari berbagai daerah di Indonesia. Museum Wayang juga menampilkan koleksi wayang dan boneka dari beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, Rusia, Polandia, India, dan Kamboja.

Di sini kamu bisa belajar tentang sejarah pewayangan di Indonesia. Kita juga patut berbangga karena wayang Indonesia diakui sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata sejarah di Jakarta. Berwisata sejarah memang nggak akan cukup rasanya kalau hanya satu hari nih. Maka dari itu, kamu bisa berwisata sejarah sambil staycation di hotel terdekat. Kamu bisa mencari dan memesan hotel murah di Jakarta dengan fasilitas dan layanan terbaik melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Yuk agendakan wisata sejarah di liburan akhir tahun ini ya!

Karapan Sapi di Masa Pandemi Kalaedoskop 2021

12/23/2021 Add Comment
Karapan sapi merupakan event besar yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecintanya menjelang akhir tahun. Nah, gimana ya kerapan sapi di tengah masa pandemi ini? FYI, untuk tahun ini kerapan sapi piala presiden memang belum bisa dilaksanakan tapi dua bulan llau Pemerintah Kabupaten Bangkalan tetap menggelar karapan sapi tingkat Bangkalan.

Yaps, bertepatan dengan perayaan ulang tahun kabupaten Bangkalan ke 490 ditandai juga dengan puncak lomba Karapan Sapi Bupati Cup 2021 yang digelar pagi hingga petang, pada hari Minggu 21 November 2021. Digelar di Stadion Kerapaan Sapi R.P. Moch. Noer, kelurahan Bancaran, Bangkalan.

Stadion RP. Moh Noer memang selalu dipilih pemerintah Kabupaten Bangkalan menjadi tempat digelarnya ajang Karapan Sapi di Bangkalan. Stadion RP. Moh Noer ini merupakan stadion kedua di Bangkalan setelah Stadion Gelora Bangkalan. Bangunannya juga terhitung cukup baru jadi tidak heran kalau masih sangat gersang dan jarang pepohonan.



Menonton Karapan Sapi Tingkat Bangkalan Dengan Prokes Ketat di Masa Pandemi


Meskipun diadakan di masa pandemi yang belum kunjung usai namun, kegiatan pertama kali yang dilaksanakan dengan mengundang massa ini pun berjalan dengan lancar dan menggunakan protokol kesehatan ketat seperti menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan tetap harus sudah vaksin.

Kegiatan karapan sapi ini dibuka langsung oleh Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron yang pada sata itu didampingi jajaran forkopimda termasuk Kapolres Bangkalan, kegiatan tradisional tahunan ini pun berjalan dengan sukses dan lancar. Jadi, syarat wajib vaksin yang diterapkan masyarakat guna mencegah penyebaran covid-19 di lokasi.

Hal ini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang sudah rindu dengan lomba Karapan Sapi yang khas dan identik dengan adat madura. Bagi masyarakat yang tidak vaksin, Sidokkes Polres Bangkalan menyediakan vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksin dan ingin menonton serunya sapi beradu di lintasan balap.

Karapan sapi diadakan tersebut sebagai bentuk upaya pelestarian budaya Madura. Dimana karapan sapi merupakan salah satu warisan budaya yang setiap tahunnya selalu dilaksanakan. Salah satu tujuan perlombaan karapan sapi ini untuk mendongkrak capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan. Oleh sebab itu, vaksinasi Covid-19 menjadi syarat utama bagi peserta maupun penonton.

Seperti biasa sebelum pertandingan dimulai sapi-sapi di arak mengelilingi stadion sambil melakukan persiapan. Maka dimulailah babak penyisihan, yaitu dengan menentukan klasemen peserta, peserta biasanya pada babak ini hanya terpacu sekedar untuk menentukan apakah sapinya akan dimasukkan “papan atas” atau “papan bawah”. Hal ini hanyalah merupakan taktik bertanding antar pelatih untuk mengatur strategi.

Selanjutnya dimulailah ronde penyisihan pertama, kedua, ketiga dan keempat atau babak final. Dalam ronde-ronde ini pertandingan memakai sistem gugur. Sapi-sapi kerap yang sudah dinyatakan kalah tidak berhak lagi ikut pertandingan babak selanjutnya.

Uniknya dalam Kerapan Sapi Madura ini, pada babak kualifikasi jika ada sepasang sapi kalah dalam pertandingan akan dimasukkan dalam pertandingan bagian kalah artinya ada 2 sesi dalam adu lomba kerapan sapi, Bagian Kalah dan Bagian Menang.

Takut Nonton Langsung di Lapangan Ternyata Bisa Live Streaming Lewat YouTube!


Karapan sapi yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tersebut diikuti puluhan pasangan sapi dan juga disiarkan secara live Streaming melalui chanel YouTube dan Facebook milik Disbudpar Bangkalan. Peserta lomba dibatasi 48 kouta dan penonton dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas lapangan.

Nyatanya tidak semua masyarakat Bangkalan yang berani menonton langsung kegiatan ini di saat masa pandemi belum berakhir. Tapi mereka tetap bisa menikmati seluruh rangkaian pertandingan dengan tenang dan aman dari rumah saja melalui live streaming. Cukup sediakan gadget dan pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil dan cepat.

Ngomongin soal jaringan internet cepat, sekarang masyarakat Bangkalan sudah tidak perlu khawatir lagi karena Smartfren berinovasi dengan menghadirkan produk-produk seperti Smartfren Gokil Max dan Smartfren Unlimited. Smartfren Gokil Max adalah paket kartu perdana dan paket data dengan kuota sultan.



Besarnya hingga 36 GB dan unggul karena bisa digunakan untuk internetan di aplikasi apapun dari pagi sampai di tengah malam. Smartfren Unlimited memberikan keuntungan dan kenyamanan penuh karena bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi. Pelanggan bisa memperoleh Smartfren Unlimited mulai dari Rp22,500 sampai dengan Rp100.000.

Smartfren juga memiliki paket internet YouTube sepuasnya yang diberi nama Kuota Nonstop. Kuota Nonstop memiliki keunggulan bisa memberikan kuota besar selama 24 jam dan setelah kuota utama habis, kamu tetap bisa menikmati layanan internet di semua aplikasi tanpa potong pulsa.

Namun, jika kuota kamu habis, kecepatan internetnya akan disesuaikan hingga masa berlaku paket habis. Jadi kamu tetap bisa streaming YouTube tanpa kuota dengan kecepatan yang terbatas. Kuota Nonstop dari Smartfren terdapat empat pilihan yang harganya mulai dari Rp30 ribu sampai Rp100 ribu per bulannya.

Kuota Nonstop bisa didapatkan di galeri Smartfren terdekat atau di retail pulsa elektrik. Namun, kamu bisa membelinya sendiri melalui aplikasi MySmartfren dan UMB *123#. Ikuti petunjuk-petunjuk pembeliannya dan pastikan pulsa kamu mencukupi. Kalau sudah begitu kamu sudah tidak perlu lagi kehabisan kuota saat nonton live streaming di YouTube.

Kegiatan Karapan Sapi yang diadakan di tengah masa pandemi ini memng sangat dinantikan oleh para pecinta Karapan Sapi. Semoga di tahun depan masyarakat Bangkalan bisa kembali menikmati kegiatan Karapan Sapi secara langsung seperti biasa. Sebentar lagi tahun 2021 akan berlalu dan semoga di tahun depan banyak kegiatan seru lainnya.

Naik Bus Ke 3 Wisata Madura Dengan Pemandangan Indah Ini

12/21/2021 Add Comment
Wisata Madura mungkin tidak setenar Bali, Lombok dan lainnya. Padahal panorama alam yang ditawarkan Pulau Garam ini begitu cantik. Mulai dari wisata pantai, perbukitan, air terjun hingga tebing kapur ada di Madura. Menariknya lagi tiket masuk ke lokasi wisata ini anti bikin kantong teman-teman jebol.

Akses jalan dan transportasi ke Madura gimana? Tenang saja, untuk akses jalannya sudah nyaman untuk dilalui semua jenis kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil dan bus. Kalau transportasi gimana? Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkunjung ke Madura. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi mau naik apa.

Sebelumnya, kamu harus tahu kalau di beberapa tempat wisata favorit di Madura ini juga menawarkan banyak spot foto menarik yang cocok banget buat kamu yang suka foto-foto. Penasaran dimana saja lokasinya? Kami sudah rangkum kan semuanya khusus untuk kalian semua. Yuk, simak ulasannya.

3 Wisata Madura Dengan Pemandangan Indah


Bukit Kapur Jaddih Bangkalan

Bukit Jaddih sejatinya merupakan kawasan penambangan batu kapur putih. Meski begitu, pesona tempat wisata ini nggak kalah menarik. Selain bukit kapur dan goa kecil, ada pula danau berwarna biru yang begitu memesona di sini. Bahkan tentu saja banyak spot foto menarik di area wisata yang ada di Desa Jaddih, Bangkalan ini.

Kecuali goa-goa kecil, teman-teman bisa hunting foto di beberapa area di Bukit Jaddih. Hal ini demi keselamatan teman-teman, mengingat goa tersebut memiliki tekstur yang rapuh dan mungkin bisa runtuh kapan saja.



Untuk bisa ke lokasi wisata, teman-teman bisa kok menggunakan motor maupun mobil. Tapi sebaiknya tetap waspada selama perjalanan, karena jalan cukup terjal. Bagi pengendara motor, jalur alternatif melalui Jalan Raya Labang bisa dilewati. Sementara untuk teman-teman yang membawa mobil, jalur melalui Kota Bangkalah adalah satu-satunya akses.

Sesampainya di lokasi wisata, teman-teman pun hanya perlu menyediakan budget senilai dua ribu rupiah per orang. Sementara parkir kendaraan sebesar lima ribu rupiah saja. Sangat terjangkau kan? Apalagi teman-teman bisa puas menikmati panorama dan hunting foto di sini dari pukul 06.30-17.00 WIB.

Boekit Tinggi Daramista Pamekasan

Salah salah wisata Madura yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Boekit Tinggi Daramista. Lokasinya ada di Desa Daramista, Lenteng, Sumenep. Bukan hanya panorama cantik di atas bukit saja yang bisa teman-teman lihat di sini. Beragam fasilitas untuk menunjang aktivitas hunting foto teman-teman makin berkesan pun ada.



Untuk bisa sampai ke wisata baru ini, teman-teman memang membutuhkan perjuangan keras. Jalur dengan tikungan tajam hingga tanjakan akan teman-teman lewati selama perjalanan. Namun hal itu akan terbayar begitu kamu sampai di Boekit Tinggi Daramista.

Apalagi selain pemandangan yang memanjakan indera penglihatanmu, hawa sejuk di sini juga akan kamu rasakan. teman-teman pun hanya perlu menyediakan budget senilai tiga ribu rupiah per orang. Dengan biaya ini, kamu bebas berkunjung mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Air Terjun Toroan Sampang

Bukan hanya pantai dan perbukitan, wisata air terjun pun ada di sini. Lokasinya ada di Desa Ketapang Jaya, Sampang. Dari Sampang, jaraknya pun hanya sekitar 4 kilometer. Aksesnya pun mudah dan teman-teman juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Kecamatan Ketapang, dimana objek wisata berada.

Sesampainya di lokasi wisata, teman-teman pun hanya perlu menyediakan biaya untuk parkir kendaraan saja. Lima ribu rupiah untuk motor, sedangkan sepuluh ribu rupiah digunakan untuk membayar parkir mobil.



Jadi, kira-kira wisata yang mana dulu yang akan menjadi tujuan teman-teman saat pergi berkunjung ke Pulau Madura nanti? Berbicara tentang berkunjung ke Madura, sekarang sudah tidak sulit lagi bahkan ada banyak pilihan transportasi yang bisa teman-teman pilih untuk bisa sampai ke Madura, salah satunya dengan naik bus.

Kenapa harus bus? Ada alasan kenapa bus menjadi salah satu pilihan transportasi yang paling cocok saat teman-teman ke Madura. Alasannya adalah dengan naik bus kalian sudah tidak perlu repot-repot nyetir sendiri, bisa langsung sampai di tempat wisata yang akan dituju, dan bisa pergi rombongan dalam jumlah banyak sampai puluhan.

Sebenarnya jauh sebelum ada jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura, mayoritas masyarakat Madura maupun orang-orang yang mau ke Madura memilih naik bus. Pilihannya ada dua yakni bus ekonomi dan bus ber-AC. Nah, sekarang ini teman-teman sudah bisa sewa bus untuk pergi berkunjung ke Madura.

Sewa Bus di Aplikasi TRACtoGo


Bicara soal sewa bus, siapa diantara teman-teman yang punya pengalaman sewa bus untuk pergi wisata atau kegiatan lainnya? Tahu belum kalau saat ini kalian bisa dengan mudah untuk sewa bus menggunakan aplikasi saja. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mencari tempat sewa bus yang oke karena sewa bus di sini sangat direkomendasikan.

Ada tiga layanan yang ditawarkan melalui aplikasi TRACtoGo, yaitu rental mobil, antar jemput bandara (airport transfer) dan sewa bus. TRACtoGo memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam menyewa mobil maupun bus. Layanan sewa Bus TRAC ini bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan transportasi group atau rombongan baik untuk perjalanan di dalam ataupun luar kota, untuk kebutuhan korporasi maupun personal.




Setiap bus selalu dirawat dengan baik dan interior bus pun dibuat senyaman mungkin. Keamanan merupakan salah satu faktor yang menjadi perhatian oleh karena itu setiap seat dilengkapi dengan sabuk pengaman dan untuk kenyamanan penumpang beberapa bus dilengkapi dengan fasilitas wifi, LCD TV, toilet, perangkat karaoke dan pantry.

Nah, kebayang kan gimana nyaman dan mudahnya saat pergi berwisata menggunakan layanan sewa bus di TRAC? TRAC Bus juga menawarkan beragam variasi tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury. Dan dengan pilihan konfigurasi jumlah kursi mulai dari 11 hingga 59 seats.

Keselamatan dan keamanan penumpang menjadi prioritas sehingga setiap armada TRAC Bus dilengkapi dengan palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran. Dan keunggulannya adalah setiap pengemudi merupakan pengemudi yang terlatih dan sudah berpengalaman sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.

Layanan Sewa Bus TRAC saat ini berbasis di Jakarta dan Surabaya namun kemanapun tujuanmu. TractoGo menggunakan pin point maps, sehingga pemindaian lokasi pelanggan, titik jemput, dan alamat pengantaran lebih akurat. Jika kamu terpaksa membatalkan perjalanan, maka kamu bisa melakukan cancel order via aplikasi sebelum pemesanan dimulai, dan dana akan dikembalikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dengan aplikasi TRACtoGo, kamu akan semakin mudah dalam menyewa mobil dan bus untuk berbagai keperluan. Acara nikahan, jalan-jalan bersama keluarga, atau bahkan untuk transportasi sehari-hari untuk pergi ke kantor. TRACtoGo juga memberikan pengalaman terbaik dan harga special bagi para konsumen melalui diskon dan promo.

Bagi kamu pengguna setia TRAC yang mau cari pengalaman baru, mulai sekarang kamu sudah bisa sewa Toyota Electric Vehicle melalui fitur Experience yang ada di aplikasi TRACtoGo. Kalian bisa mengendarai mobil listrik sambil menikmati pemandangan indah di Nusa Dua Bali dan sekitarnya.

Mau mengendarai Toyota Electric Vehicle bersama keluarga dan sahabat? Tenang saja Kamu juga bisa mengajak kerabat, maupun teman-temanmu untuk menikmati perjalanan dan pengalaman berkendara dengan mobil listrik yang ramah lingkungan bersama-sama. Gimana, tertarik untuk sewa mobil dan bus menggunakan aplikasi TRACtoGo? Downlod aplikasi Trac to Go di Google Play Store maupun App Store sekarang juga, ya.

Teman SMP Teman Paling Awet?

11/28/2021 Add Comment
Masa-masa sekolah memang merupakan masa yang paling indah dan kalau bisa diulang pasti mau banget untuk diulang ya, Tretans. Dan salah satu hal yang sangat dirindukan di masa duduk di bangku sekolah adalah hadirnya teman-teman yang baik, seru dan gokil. Apalagi teman-teman di bangku SMP, wah itu zaman dimana semua keseruan dan kepolosan kita terjadi ya.

Pastinya pengalamanan soal pertemanan ini bisa sangat berbeda pada tiap orang. tapi entah kenapa banyak sekali yang berpendapat bahwa persahabatan paling setia itu berasal dari teman-teman SMP. Bahkan ikatan persahabatannya sudah bagai saudara atau keluarga sendiri. Benarkah seperti itu, adakah dari kalian yang memiliki pengalaman serupa?

Tidak bisa dipungkiri kalau bersama teman yang membuat kita merasa lebih aman. Mereka adalah orang-orang pertama yang tidak menghakimi kita. Justru kadang karena ada kesamaan pengalaman atau perasaan terhadap suatu hal yang dialami semasa remaja, kita dan teman-teman SMP kita bisa saling menguatkan satu sama lain.



Hal Ini yang Bisa Kamu Lakukan untuk Teman-Teman SMP Kamu!


Fakta yang tidak bisa diubah dari teman-teman SMP adalah semua hal yang merupakan pengalaman pertama tidak akan pernah bisa terlupakan. Masa-masa remaja penuh dengan berbagai pengalaman pertama. Pengalaman jatuh cinta pertama, patah hati pertama, kegagalan pertama, dan banyak lagi.

Teman-teman SMP yang hadir dan ikut menjadi bagian dari semua pengalaman pertama itu pun menjadi sosok spesial sebab mereka sudah jadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupanmu. Sehingga semakin dewasa, kita semakin tidak ingin kehilangan mereka. Sebab mereka adalah orang-orang penting dalam hidup kita.

Nah, bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMP, ataupun kamu yang ingin mengenai masa pertemanan saat di bangku SMP bahkan untuk siapapun teman yang ingin kamu abadikan semua momena yang pernah kalian lalui bersama nggak ada salahnya untuk mencoba membuat suatu video pertemanan yang berkesan.

Melalui video pertemanan ini kamu bisa saling memberikan dukungan untuk teman setia kamu, sekaligus menularkan hal-hal positif sebagai bentuk dukunganmu sebagai teman yang baik. Bukan cuma itu saja video pertemananmu ini kamu ikutkan dalam program kokreasi dari Smartfren.



Apakah itu? Program ini adalah UN1TY FrenZone Challenge, yang dibagi jadi Duet FrenZone Challenge & Dance FrenZone Challenge. Melalui kokreasi inovatif ini, Smartfren bersama UN1TY dan “Dari Jendela SMP” membuka peluang menarik bagi para penggemar untuk menjadi bagian dari peluncuran original soundtrack sinetron tersebut.

Tidak perlu bingung untuk konsep video seperti apa yang bisa kamu buat, kamu cukup buat video yang menunjukan kekompakan FrenZone dengan teman-teman terdekat dan menggunakan original soundtrack “Dari Jendela SMP”. Unggah video pertemanan tersebut ke platform Instagram Reels maupun TikTok. Cek infonya disini https://vt.tiktok.com/ZSehvF5sg/.

Hal ini bertujuan untuk ikut serta menularkan pertemanan positif di lingkungan anak muda Indonesia.Video pertemanan terbaik yang menunjukan semangat positif akan diumumkan melalui program WOW Talks bersama Rey Bong dan Sandrinna Michelle, kemudian pemenang akan mendapatkan kesempatan ikut serta dalam proses pembuatan acara televisi Dari Jendela SMP.

Sekali lagi, teman-teman SMP adalah orang yang paling kita andalkan untuk membuat hati kita menjadi lebih tenang. Mereka mungkin tidak memberikan solusi atau jalan keluar atas masalah kita, tapi kehadiran mereka sudah cukup untuk membuat kita merasa tidak apa-apa. Jadi, sudah terbukti yang kalau teman-teman SMP itu yang paling awet dijadikan teman sampai kapanpun.

Serunya Main Game Solitaire di Solitaire.org

11/18/2021 Add Comment
Siapakah diantara teman-teman yang suka dan ingin kembali bernostalgi dengan game klasik yang sempat ramai dimainkan beberapa tahun lalu? Ya, Solitaire merupakan game bawaan (built in) OS Microsoft Windows yang sudah ada sejak Windows 95 hingga Windows 10, lho. Jadi, game tersebut sudah secara otomatis ada ketika kalian menginstal Windows ke komputer yang kalian miliki.

Nah, sekarang apakah kalian masih ingat bagaimana cara untuk memainkannya? Game ini bisa kalian menangkan dengan cara bermain yang mengharuskan untuk menyusun nomor kartu dari besar ke kecil dengan berselang warna merah hitam. Bisa dibilang game yang satu ini cukup mudah untuk dimainkan terlebih untuk sekadar mengisi waktu luang kalian.

Fyi, merujuk dari Wikipedia, Microsoft memasukkan game ini sebagai bagian lini produk Windows sejak Windows 3.0, mulai dari tahun 1990. Wah, cukup lama sekali ya gamenya. Apakah kalian masih tertarik untuk memainkannya? Kalau iya bagaimana kalau mencoba untuk memainkan game Solitaire di ini dengan versi onlinenya?



Main Game Solitaire di Solitaire.org Gratis, Lho!


Bermain game Solitaire versi online ini tidak mengharuskan kalian untuk menginstallnya di komputer maupun gadget kalian yang lainnya. Yang kalian butuhkan hanya langsung mengunjungi website yang menyediakan game ini versi online yakni di Solitaire.org. Yang paling menyenangkan adalah kalian bisa bebas bermain tanpa dipungut biaya alias gratis.

Ngomong-ngomong bermain game online solitaire bukan hanya game solitaire saja, lho. Ada beberapa jenis game favorit yang bisa kamu mainkan yakni :

Klondike - juga dikenal sebagai solitaire klasik atau hanya sebagai solitaire

Freecell - game memiliki 4 sel gratis tempat sehingga kamu dapat menyimpan kartu untuk sementara

Spider - permainan di mana kamu bisa membuat royal flush di tablo untuk mengeluarkan kartu dari lapangan bermain. mainkan 1, 2 atau 4 setelan.

Piramida - jumlah pasangan kartu menjadi 13, dengan raja bernilai 13.

Tripeaks - tiga piramida yang tumpang tindih di mana kamu bisa menghapus kartu satu di atas atau di bawah kartu teratas di tumpukan sampah

Golf - 35 kartu di 7 kolom di tablo dengan 17 kartu di tumpukan stok. Bermain dalam mode mudah atau keras di mana dek membungkus atau tidak.

Game Solitaire ini terkesan praktis dan gampang. Meski begitu kalian tidak boleh menggampangkan begitu saja, jika tidak mengetahui trik-triknya, kalian bisa dibuat pusing karena tidak pernah bisa menyelesaikan atau memenangkan satu episode pun, sehingga terus memilih New Game untuk menemukan yang lebih mudah.



Lalu, bagaimana cara atau trik untuk bisa memainkan game Solitaire ini? Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menaikkan kartu Ace. Kemudian coba perhatikan jika ada kartu atas yang bisa diturunkan, dan juga ada kartu bawah yang bisa dipindah, maka pilihlah kartu bawah. Supaya apa? Supaya bisa membuka kartu yang tertutup di belakangnya.

Kalian bisa menjadi sering kalah karena ketika masih banyak kartu yang tertutup dan terkunci di belakang. Jadi, usahakan membuka semua kartu tertutup di belakang tersebut dengan memindah kartu di depannya ke samping jika ada tempat. Lalu, jika ada kartu yang sudah bisa dinaikkan ke bagian kanan atas, maka jangan buru-buru melakukannya.

Cukup naikkan 2 kartu saja dulu yaitu Ace dan 2. Lihat perkembangan draw kartu di bagian kiri atas, barangkali ada kartu yang diperlukan untuk menurunkan kartu yang di-draw tersebut. Jika sudah tidak diperlukan lagi, baru kartu tersebut dinaikkan. Kira-kira begitu trik yang bisa kalian gunakan saat bermain game kartu ini.

Mau Beli Asuransi Mobil Online? Bisa Banget, Perhatikan Caranya!

11/18/2021 Add Comment
Tak perlu diragukan lagi, internet menjadikan segalanya menjadi lebih mudah. Apapun bisa kamu dapatkan dengan mudah, termasuk dalam urusan membeli asuransi mobil online. Ya, selain bisa memilih asuransi mobil terbaik, kamu juga bisa menentukan metode pembelian asuransi mobil yang tepat untuk kendaraan kamu, secara online atau offline.

Namun, yang menjadi pertanyaan kemudian, manakah yang jauh lebih baik, membeli asuransi mobil online atau bertemu langsung dengan agen asuransi? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan pengetahuan mengenai produk asuransi yang akan kamu beli. Dalam artikel ini, kami akan memberikan gambaran umum apa yang harus kamu lakukan untuk bisa membeli asuransi mobil online setelah kamu menemukan produk asuransi mobil terbaik untuk dimiliki.


Di mana Harus Membeli Asuransi Mobil Online


Hampir semua perusahaan asuransi menawarkan kepada pelanggannya cara bisa mengetahui perjanjian atau kesepakatan harga untuk asuransi mobil online, meski beberapa perusahaan pada akhirnya mengharuskan pelanggan tetap menghubungi agen asuransi untuk menuntaskan pembelian. Namun, ada juga sejumlah perusahaan yang membolehkan kamu menuntaskan semua proses secara online, mulai dari melihat pasal perjanjian dan kesepakatan harga hingga pembelian.



Bagi perusahaan asuransi yang tidak melayani pembelian secara online mengharuskan kamu berbicara dengan agen asuransi sebelum menuntaskan pembelian. Akan tetapi, hampir semua proses pembelian bisa dituntaskan melalui situs perusahaan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan kesepakatan perjanjian harga tersebut, secara umum ada sejumlah hal yang harus dilakukan, di antaranya kamu harus menyediakan:

● Nama, alamat, nomor telepon dan alamat email
● Nama dan tipe mobil serta tahun pembuatan
● Nomor kendaraan
● Informasi penting lainnya

Setelah memasukkan informasi yang dibutuhkan, sejumlah situs perusahaan asuransi akan memperlihatkan kesepakatan perjanjian harga, yang memungkinkan kamu melihat biaya yang harus dikeluarkan, tergantung tipe asuransi yang kamu pilih. Perusahaan lainnya mungkin akan mengutus agen asuransi yang mereka miliki untuk menghubungi kamu untuk menawarkan opsi produk asuransi dan biaya yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk perusahaan yang memudahkan melakukan pembelian secara online akan membantu kamu di sepanjang proses pembelian. kamu akan diminta untuk memilih tipe asuransi dan jenis perlindungan yang kamu inginkan, dengan opsi tambahan yang mungkin dibutuhkan.

Setelahnya, kamu akan dibawa ke laman pembayaran. kamu bisa memilih metode pembayaran yang memudahkan kamu, dengan memasukkan informasi yang dibutuhkan. Jika proses pembayaran selesai, kamu bisa menerima polis asuransi dengan mengirimkannya melalui email atau jaringan pos ke rumah kamu.

Biaya Asuransi Mobil Online


● Penentuan biaya asuransi mobil online ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk di antaranya
● Lokasi domisili
● Usia
● Status pernikahan
● Merek dan tipe kendaraan
● Tipe perlindungan

Haruskah Kamu Membeli Asuransi Mobil Online?


Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil secara online, kamu harus meyakinkan diri terlebih dahulu bahwa memiliki asuransi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jika sudah, kamu bisa masuk ke tahap berikutnya, yaitu dengan menentukan perusahaan asuransi mana yang bakal dipilih untuk memberikan perlindungan kepada mobil kamu.

Perlu diingat, kamu harus memilih asuransi dengan didasarkan pada perusahaan mana yang memberikan penawaran harga terbaik untuk asuransi mobil dan perlindungan yang kamu butuhkan. Jika kebetulan perusahaan tersebut menawarkan pelayanan secara online, kamu bisa memaksimalkan layanan tersebut. Akan tetapi, kami tidak merekomendasikan memilih asuransi didasarkan kepada apakah perusahaan tersebut bisa melayani pembelian asuransi mobil secara online.

Jika kamu sudah tahu perlindungan apa yang kamu butuhkan untuk kendaraan kamu, merupakan hal yang bagus untuk melakukan pembelian asuransi mobil online. Membeli secara online bisa menghemat waktu dan uang, mengingat kamu tidak perlu membayar fee agen. Namun, jika kamu tidak yakin dengan asuransi kendaraan yang kamu inginkan, akan lebih baik jika kamu meminta bantuan dari agen asuransi untuk memberikan opsi terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apapun itu, pastikan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan pembelian produk asuransi yang ditawarkan. Selamat berbelanja asuransi!

Home Lift Hemat Listrik dan Hemat Biaya

10/30/2021 Add Comment
Kalau berkunjung ke Bangkalan terlebih di kawasan dimana masyarakatnya berprofesi sebagai seorang pelaut atau Lajheren dalam bahasa Madura, pasti sudah tidak heran lagi dengan bangunan rumah mereka yang super mewah dan besar-besar. Meskipun bukan cuma profesi pelaut saja yang bisa memiliki rumah mewah dengan lift di dalamnya.

Salah satu kawasan "Orang Lajheren" di Bangkalan yakni di sepanjang jalan menuju Kecamatan Arosbaya. Tepat di pinggir jalan poros pantura ada satu rumah mewah dengan gaya klasik Eropa, dengar-dengar sih rumah ini punya lift di dalamnya. Wah, kebayang kan gimana mewah dan mahalnya rumah tersebut.

Memiliki rumah dengan lift di dalamnya memang menjadi nilai lebih. Ada uang kenapa tidak? Meskipun kita tahu kalau tagihan listriknya juga bukan main. Tapi kebayang tidak kalau ada lift untuk rumah yang hemat energi dan pastinya jadi hemat listrik? Nah, ini nih bisa jadi rekomendasi buat tretans semua yang mau punya rumah dengan lift di dalamnya.



Home Lift Hemat Listrik dan Hemat Biaya, Mau?


Memasang lift merupakan solusi terkini untuk memudahkan mobilitas seseorang saat naik-turun ke suatu bangunan, termasuk rumah. Apalagi kalau di rumah yang kita huni ada lansia yang sudah tidak kuat naik turun tangga rumah. Keberadaan lift di rumah pasti sangat membantu mereka.

Namun, sayangnya daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan lift di rumah sering menjadi kendala dan hal yang paling dipikirkan sebelum memasang lift di rumah. Sekarang sudah tidak perlu khawatir biaya lagi saat ingin memasang lift di rumah. PT Pardi Solusi Abadi, sebagai penyedia Home Lift (lift rumah) bertaraf internasional, meluncurkan Kampanye Home Lift Hemat Listrik.

Lift Hemat Listrik memiliki jaminan kualitas, hemat biaya, mudah dirawat, human safety guarantee, serta variasi produk yang kompatibel dengan kondisi bangunan. Ada dua jenis home lift yang bisa teman-teman pilih yakni, ARE Miniwatt dengan besaran energi hanya 150 watt dan ARE Mangusta dengan besaran energi hanya 300 watt.

Hemat banget, bukan? Bahkan kebutuhan listrik untuk kedua home lift tersebut lebih kecil daripada dispenser, AC, setrika, dan barang elektronik rumah lainnya, lho. ARE Miniwatt dan ARE Mangusta juga dapat digunakan saat tidak ada listrik atau listrik padam sekitar 30 kali berjalan atau bervariasi, tergantung pada daya baterai.

Selain itu, ARE Miniwatt dan ARE Mangusta juga fully customized karena dapat disesuaikan dengan ruangan sehingga tidak ada ruang yang terbuang dan berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan interior bangunan rumah. Kelebihan ini sangat menguntungkan tampilan interior sehingga terleihat lebih rapi seperti lift yang ada di mall.

Hebatnya lagi, Kedua jenis lift ini juga memiliki sistem anti pemadaman, tidak membutuhkan ruang peralatan. Sistem pengoperasian yang nyaman dan tidak berisik. Dilengkapi dengan pembatas kecepatan yang bisa menghindari gerakan yang tidak terkendali pada kabin sehingga lebih aman.

Soal biaya perawatannya gimana? Tenang saja karena biaya perawatan terjangkau, ramah lingkungan, dan bersih karena tidak menggunakan minyak jenis apapun. Home lift dari perusahaannya juga telah memenuhi prosedur persyaratan keselamatan internasional dari Eropa serta layanan yang selalu siap sedia menjamin kualitas produk, servis, juga perawatan.

Nah, jadi sudah tidak ragu lagi ya mau pasang lift di rumah? Kalau masih bingung, bisa langsung cek info lebih detail pada situs mereka di https://pardisolusi.com dan Instagram @pardisolusi. Mau #HomeLiftHematListrik ada #HomeLiftIndonesia dari #PardiSolusiAbadi

Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas Wisata Goa Soekarno - Sumenep

10/29/2021 Add Comment
Menyusuri panjangnya jalan pantai utara atau pantura mengawali perjalanan panjang kami di hari Sabtu pagi itu. Kali ini Kabupaten Sumenep menjadi tujuan liputan wisata setelah beberapa lama harus vakum karena masa pandemi. Goa Soekarno terpilih menjadi tempat wisata pertama Tim Gerbang Pulau Madura di Sumenep.

Perjalanan panjang menyusuri pantai utara Madura menghabiskan waktu sekitar 3 jam, memang cukup jauh bila dibandingkan melewati jalan pantai selatan. Meskipun jauh tapi pemandangan pantai utara Madura sungguh indah, sepanjang perjalanan kami disuguhi bermacam pantai yang ada di 4 Kabupaten di Madura yang saling terhubung.

harga tiket wisata goa soekarno sumenep


Mulai dari indahnya pantai Tlangoh di Bangkalan hingga pantai Lombang di Sumenep yang bisa teman-teman nikmati saat melewati jalur pantura Madura. Di beberapa titik teman-teman akan melewati perkampungan pinggir pantai, macetnya jalan karena ada pasaran sampai akhirnya tiba di Kabupaten Sumenep.
 

Goa Soekarno Destinasi Wisata Baru di Sumenep

Setelah menempuh perjalanan panjang selama kurang lebih 3 jam akhirnya tim kami tiba di destinasi wisata pertama yakni Goa Soekarno. Letaknya di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Tempat wisata ini baru dibuka pada tanggal 8 Juni 2019 beberapa bulan sebelum masa pandemi hadir.

Selama berada di Goa Soekarno kami ditemani oleh salah satu pengurusnya. Waktu kami datang cuaca di Sumenep cukup panas, belum masuk ke dalam Goa rasanya sudah hampir tidak kuat menahan cuaca panasnya tapi ternyata saat kami masuk ke dalam Goa yang merupakan salah satu Goa terbesar di Indonesia ini keadaan malah sebaliknya.
 

Udara di dalam Goa lumayan sejuk, semilir angin yang masuk dari celah-celah batu membuat udara serasa dingin dan tidak membuat gerah. Menurut penjelasan dari pengurus Goa kalau saat ini wisatawan yang berkunjung berkurang drastis semua karena efek dari PPKM beberapa waktu lalu.

Jika sebelumnya setiap hari tempat wisata ini menerima ribuan tamu wisata yang datang, tapi sekarang pengunjung yang datang bisa dihitung dengan jari. Meskipun begitu pihak pengelola wisata tetap optimis kalau Goa Soekarno akan kembali dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik dari dalam negeri hingga wisatawan luar negeri seperti biasanya.

Fasilitas Goa Soekarno di Sumenep

Keeksotisan stalagtit dan stalagmit semakin diperindah dengan lighting yang memukau ditambah dengan cahaya matahari yang masuk melalui lubang sedang diatap terowongan yang menyoroti seperti lampu panggung. Bagi yang suka foto-foto jangan sampaikan lewatkan menggunakan lorong Goa yang Instagramable.

Setelah lelah berkeliling Goa yang lumayan luas tersebut, pengunjung dan wisatawan yang datang bisa mencoba menikmati makanan dan minuman yang ada di kafe bawah tanah Goa Soekarno. Bukan hanya bisa menikmati sajian makanannya tapi ada juga live musik menemani, asyik kan?
 

Bagi pengunjung yang merokok, pihak pengelola juga sudah menyediakan rongga besar yang dijadikan area khusus untuk pengunjung yang ingin merokok. Agar bau asap tidak sampai terkurung dan mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Goa Soekarno buka dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00, goa ini tutup pada hari Jumat.
 

Sejarah Singkat Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep

Asal mula dinamakan Goa Soekarno bukan karena Presiden Soekarno yang pernah berkunjung atau menetap di Goa tersebut. Melainkan karena almarhum Soekardi, seorang musafir yang tinggal di goa ini dulunya adalah penggemar berat Presiden Soekarno. Sehingga terdapat banyak sekali foto Soekarno di dalam goa, oleh karena itu mereka menyebutnya dengan Goa Soekarno.
 

Bahkan kalau teman-teman berkesempatan untuk masuk ke dalam Goa ada patung Presiden Soekarno. Selain itu di dekat patung tepatnya di bagian belakang merupakan tempat menetapnya almarhum Soekardi. Tepat di celah Goa yang berukuran agak besar dan ditutupi dengan kain merah sebagai tirai.
 

Lokasi Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep

Penasaran ingin datang langsung ke Goa Soekarno? Tenang saja, semua orang bisa sampai ke tempat wisata ini baik dengan menggunakan sepeda motor, mobil maupun bus mini. Kebetulan untuk teman-teman dari luar kota atau dari luar Madura yang ingin ke sana kami sarankan untuk tidak menggunakan bus besar karena akses jalan masuk dari jalan besar ke dalam hanya bisa dilewati kendaraan selain bus besar.

Dari pusat kota Sumenep teman-teman membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk bisa tiba di Goa Soekarno. Bagi wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten Sumenep jangan lewatkan untuk menggunakan jalur pantai utara Madura. Dari arah Suramadu tepatnya di Tangkel ambil arah kiri menuju Kota Bangkalan kemudian lanjut ke Arosbaya.

Jika mengambil arah kanan berarti melewati jalur pantai selatan Madura. Jangan kaget biasanya kalau berkunjung di akhir pekan kalian akan bertemu beberapa titik pasaran yang mungkin membuat jalan menjadi macet. Pastikan juga untuk selalu menggunakan Google Maps sebagai penujuk arah.
 

Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep

Karena pernah dikunjungi ribuan wisatawan per harinya, fasilitas di Goa ini cukup lengkap salah satunya lahan parkir yang luas baik bagi wisatawan yang menggunakan sepeda motor, mobil maupun bus mini. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2000 dan untuk mobil maupun mini bus Rp. 5.000 saja.

Lalu, untuk tiket masuk Goa Soekarno per orang dikenakan biaya Rp. 15.000 saja. Harga yang sangat terjangkau untuk bisa masuk ke tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan cerita sejarah yang mengagumkan. Pecinta Presiden Soekarno rasanya sayang sekali jika melewatkan tempat wisata yang satu ini.
 

Di dalam Goa teman-teman bisa bebas menikmati keindahan Goa, mulai dari ambil foto, rekam video, sampai sekadar duduk-duduk di kafe bawah tanah yang ada di dalam Goa. Tenang saja, buat yang tidak bisa jauh-jauh dari smartphone jaringan internet semua aktivitas kalian di media sosial tetap stabil dengan Smartfren.

Sinyal internet Smartfren selalu stabil dimanapun teman-teman berada, belum lagi yang membuat semakin betah menjadi pengguna Smartfren banyaknya promo dan hadiah yang diberikan. Bulain ini ada Program Mystery Box #OktoBERHADIAH dan untuk bisa ikut programnya teman-teman bisa dowload dulu aplikasi MySmartfren.



Setiap melakukan pembelian paket dan bermain gamenya kalian bisa mendapatkan smartpoin yang diberikan kepada pelanggan dalam bentuk poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah menarik. Semakin aktif menggunakan Smartfren maka kesempatan untuk menukarkan hadiah semakin besar.

Pihak pengelola Goa sendiri memberikan aturan protokol kesehatan yang ketat bagi semua pengunjung yang mau masuk ke dalam Goa. Mulai dari cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan memastikan pengunjung dan pengelola sudah mendapatkan vaksin. Semua dilakukan demi kebaikan dan kenyamanan bersama di masa pandemi ini.

Jadi, buat teman-teman yang ingin datang ke Goa Soekarno segera atur jadwal bersama sanak saudara, sahabat maupun pasangan. Pastikan untuk selalu berlaku dan berpakaian sopan serta perhatikan kebersihan lingkungan sekitar Goa supaya Goa tetap terjaga keasriannya sampai anak cucu nanti.

Daftar Lengkap Raja Penguasa di Wilayah Madura Barat

10/14/2021 Add Comment

Kurang lengkap rasanya jika kita tau banyak hal tentang Madura namun kurang mempelajari Sejarah yang terkandung didalamnya karna dengan mempelajari sejarah maka akan menambah wawasan bagaimana pemerintahan yang pernah berkuasa daru zaman kerajaan hingga kemerdekaan atau yang lebih dikenal dengan Bupati hingga saat ini.

 


Madura pernah terbagi dalam 2 wilayah yakni Madura Barat dan Madura Timur yang mempunyai pemimpin masing-masing, nah dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang runtutan para pemimpin yang pernah menjadi orang No. 1 di Madura bagian Barat mulai dari Periode Masa Kerajaan hingga Kemerdekaan Republik Indonesia.


DAFTAR PENGUASA DI WILAYAH MADURA BARAT

Stamboom dari Buku  Peringatan 30 tahun Naik Tahta sebagai Regent/Bupati/Kanjeng di Bangkalan yang ditulis ulang oleh Bapak Hidrochin Sabarudin, Pemerhati Sejarah Madura dalam status facebook Beliau.

Daftar Raja Penguasa Madura Barat :

  1. Raden Aria Lembu Peteng [Putra Brawijaya dari Majapahit]
  2. Arya Menger [Anak]
  3. Arya Pratikel [Anak]
  4. Arya Pojok [Anak Menantu]
  5. Ki Demung [Anak]
  6. Ki Pragalba (-1531) [Anak]
  7. Raden Pratanu (1531-1592/96) [Anak]
  8. Raden Kara/Pangeran Tengah (1592/6-1621) [Anak]
  9. Pangeran Mas (1621–1624) [Saudara]
  10. R. Prasena Pangeran Tjakraningrat I (1624–1648) [Anak R. Koro]
  11. Raden Demang Malaya Kusuma (Pemangku Adipati 1648-1656) [Anak Tjakraningrat I]
  12. R. Undagan Pangeran Tjakraningrat II (1648–1707) [anak dari Tjakraadiningrat I
  13. Tumenggung Suroadingrat Pangeran Tjakraningrat III (1707–1718) [Anak]
  14. R. Djoerit Tumenggung Sosroadiningrat Pangeran Tjakraningrat IV
  15. (1718–1745) [saudara]
  16. R. Setjoadingrat Pangeran Cakraadiningrat V (1745–1770) [anak]
  17. Tumenggung Mangkuadiningrat Tjakraadiningrat VI (1770–1780) [Anak Pangeran Djamali, Cucu Tjakraadiningrat V ]

Masa Periode Kesultanan (Penyerahan Belanda ke Inggris)

  1. R. Sumodiningrat/R. Abdurachman Tjakraadiningrat VII/Sultan Bangkalan I (1780–1815) [Anak Tjakraadiningrat V, Saudara R. Djamali]
  2. R. Abd. Qodir (Kadiroen) Tjakraadiningrat VIII/Sultan Bangkalan II/Sultan Madura di Bangkalan (1815–1847) [anak]

Masa Periode Panembahan (Penyerahan Inggris ke Belanda)

  1. R. Yusuf Tjakraadiningrat IX/Panembahan Yusuf (1847–1862) [anak dari Tjakraadiningrat VIII/Sultan Abd. Kadiroen]
  2. R. Ismail Tjakraadiningrat X/Panembahan Ismail (1862–1882) [Anak Panembahan Yusuf ]

Masa Periode Regent/Bupati (Kekuasaan Belanda)

  1. RAA. Soerjonegoro Tjakraadiningrat XI (Hasyim) (Panembahan 1882–1885, Regent/Bupati Bangkalan 1885-1905) [anak dari Tjakraadiningrat VIII/Sultan Abd. Kadiroen]
  2. RAA Soerjonegoro Tjakraningrat (1905–1918) tidak mempunyai keturunan [anak] 

Masa Periode Kemerdekaan Negara RI

  1. RAA Soerjowinoto Tjakraningrat XII Walinegara Madura (Yusuf) (1918–1945/1948) [saudara]
  2. RAA Muhammad Zis/Aziz Tjakraningrat XIII (1948–1956) [anak]

Itulah Daftar Lengkap Raja Penguasa Madura Barat mulai dari Kerajaan, Kesultanan, Panembahan, Regent/Bupati hingga Kemerdekaan dan selanjutnya akan diposting tentang Daftar Bupati Bangkalan setelah Kemerdekaan.

Plays.org Situs Bermain Game Online untuk Mengisi Waktu Luang

10/11/2021 Add Comment
Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang? Tidur, jalan-jalan, makan atau bermain game online? Yaps, bermain game online sering kali dilakukan untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan terlebih bagi mereka yang memang suka bermain game.

Game online memang sangat digemari anak-anak, remaja bahkan dewasa muda seringkali menyuguhkan konten yang memacu adrenalin (tantangan). Selain itu, di dalam permainan semua pemain diberikan kesempatan yang setara atau sama untuk menang, sementara pada kehidupan nyata adanya label-label negatif pada seseorang.

Pada sebagian orang mungkin saja menganggap jika bermain game hanya menghabiskan waktu dan membuat kecanduan atau gaming disorder. Padahal faktanya tidak demikian. Saat ini, ada banyak game yang bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang dan tidak membutuhkan biaya alias gratis.



Plays.org Situs Bermain Game Online untuk Mengisi Waktu Luang, Gratis!


Kebanyakan orang rela mengeluarkan banyak wkatu dan biaya untuk bermain sebuah game online. Tapi bagaimana jika bisa bermain game online dengan bermacam jenis namun tidak perlu mengerluarkan biaya apapun, tertarik? Plays.org merupakan situs bermain game online dengan ribuan pilihan game yang bisa dimainkan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Di situs ini terdapat aneka jenis game online dengan berbagai macam kategori, ada jenis game klasik, tetris, ketangkasan, petualangan, hingga game edukasi dan simulasi yang tentu sangat baik untuk dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain gratis kamu bisa bermain semua permainan di dalamnya tanpa harus mengunduh ke dalam gadgetmu.

Menariknya dari situs penyedia game online Plays.org ini, untuk memainkan semua jenis game didalamnya pengguna tidak butuh mengunduh atau menginstallnya di perangkat. Semua permainan yang ada di Plays.org bisa dimainkan di berbagai jenis platform baik melalui komputer maupun smartphone ataupun tablet.

Kamu juga tidak perlu khawatir sebab tak peduli OS apapun yang digunakan baik Android ataupun iOS, semuanya bisa bermain di situs ini. Kamu hanya perlu membuka browser atau peramban contohnya, Google Chrome kemudian masukkan alamat situsnya dan langsung bisa memilih dan memainkan jenis game yang ada.

Bermain Game Endless Siege di Situs Play.org Seru Banget!


Sebenarnya, banyak hal selain untuk mengisi waktu luang yang bisa didapatkan dari sebuah game seperti edukasi dan keahlian khusus yang mengasah kemampuan logika kita dalam mengatur strategi untuk memenangkan game tersebut. Selain itu, beberapa game pun hadir dengan jenis permainan yang penuh tantangan.

Pasti saat memainkannya membutuhkan keseriusan dalam menyelesaikan tantangan. Biasanya game-game yang memiliki banyak tantangan ini bergenre strategic game. Permainan tersebut mengharuskan kita untuk mengatur strategi dalam setiap tahap permainannya.



Salah satu jenis game strategi yang populer adalah game yang bertemakan peperangan kerajaan. Setiap level atau tahapan dari permainan perang ini seru banget! Sebab, pemain atau gamer yang terlibat dalam perang kerajaan ini menjadi pengendali siasat. Kamu bisa menjadi pengatur rangkaian atau komandan perang dalam dunia game kamu sendiri.

Kamu bisa memilih dan menyusun strategi yang paling tepat sesuai keinginanmu hingga bisa memenangkan peperangan. Salah satu game yang bisa kamu mainkan yaitu Endless Siege yang merupakan sebuah game dengan menara pertahanan yang menyenangkan di mana pemain dapat meletakkan menara di kotak mana pun di lapangan bermain selain di jalur yang dilalui musuh.

Setiap hari game ini menawarkan peta baru, yang membantu menjaga game tetap segar dan menambah variasi pada game. Variasi peta dari hari ke hari dan kedalaman lapangan bermain telah membuat beberapa pemain mengadakan turnamen reguler berdasarkan game ini.

Lalu bagaiman cara memainkannya? Sebenarnya game ini cukup sederhana hanya saja butuh menyusun strategi yang tepat supaya kamu bisa mengalahkan banyak musuh yang datang menyerang. Pertama adalah memilih menara dan pilih kotak mana yang ingin kamu letakkan, atau kamu dapat memilih menara mana yang akan ditingkatkan.



Jika kamu sudah memiliki menara yang akan diletakkan di lapangan permainan, kamu sudah bisa mengklik tombol merah untuk mempersilahkan musuh untuk masuk ke dalam. Setelah musuh terbunuh, bangun menara baru atau tingkatkan menara yang ada, lalu tekan "Gelombang Berikutnya" untuk memulai putaran berikutnya.

Kamu juga dapat meningkatkan atau meletakkan menara di tengah pertempuran, meskipun disarankan untuk menjeda permainan untuk melakukannya. Nah, jika kamu ingin mengganti menara mana yang akan kamu letakkan atau tingkatkan pastikan kamu tidak membuat kesalahan yang terburu-buru.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah Secara umum, tempat paling ampuh untuk meletakkan menara adalah tempat di mana mereka dapat menjangkau musuh di beberapa lokasi berbeda di jalan, atau di lokasi peta di mana musuh akan melewatinya sebanyak dua kali.

Gimana, game Endless Seige ini cukup seru lho untuk dimainkan saat mengisi waktu luangmu. Asal kamu pintar mengatur strategi maka kamu bisa dengan mudah memanangkan setiap levelnya dan mengumpulkan banyak koin untuk ditukar dengan senjata yang lebih kuat. Kunjungi saja situs Play.org untuk memainkannya.

Daftar Murid atau Santri Syaikhona Kholil Bangkalan

10/09/2021 Add Comment

Sosok seorang Syaikhona Mohammad Kholil tak lekang oleh waktu, meskipun beliau telah tiada namun pengaruh atau wibawanya tetap terjaga hingga saat ini. Cerita turun temurun tentang kisah hidup Beliau yang sudah banyak beredar di masyarakat, buku bahkan internet semakin menambah kecintaan kepada Beliau meskipun kita tidak pernah melihat secara langsung diri seorang Kyai Haji Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

Makam Beliau yang berada di Desa Mertajesah, tepatnya Masjid Syaichona Cholil tiap hari selalu ramai didatangi oleh para pengunjung untuk ziarah maupun melakukan ritual Ibadah. Peziarah datang tidak hanya dari dalam kota melainkan dari luar kota Bangkalan semisal sampang, pamekasan, sumenep dari Pulau Jawa bahkan luar Indonesia seperti Malaysia dan lain sebagainya.

Beberapa Murid dan Santri Syaikhona Kholil

Sungguh beruntung mereka yang pernah menjadi Murid atau Santri seorang Syaikhona Kholil yang tidak lagi diragukan Keilmuan dibidang Agama, tentu banyak hal akan didapatkan oleh Ahlinya dan ini terbukti dari sekian banyak Murid dan Santri rata-rata menjadi orang besar atau pemimpin Pondok Pesantren terkenal di Indonesia, beberapa Santri Syaikhona Kholil diantaranya adalah:

DAFTAR MURID SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN

  1. KH. Hasyim Asy’ari : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Beliau juga dikenal sebagai pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) Bahkan beliau tercatat sebagai Pahlawan Nasional, banyak kisah hidup Beliau yang ikut membantu melawan belanda dan jepang
     
  2. KHR. As’ad Syamsul Arifin : Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo Asembagus, Situbondo. Pesantren ini sekarang memiliki belasan ribu orang santri sekaligus sebagai pesantren rujukan di Jawa Timur.
     
  3.  KH. Wahab Hasbullah: Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras Jombang. Beliau pernah menjabat sebagai Rais Aam NU (1947 – 1971).
     
  4. KH. Bisri Syamsuri: Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar, Jombang.
     
  5. KH. Maksum : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Jawa Tengah
     
  6. KH. Bisri Mustofa : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Beliau juga dikenal sebagai mufassir Al Quran. Kitab tafsirnya dapat dibaca sampai sekarang, berjudul “Al-Ibriz” sebanyak 3 jilid tebal berhuruf jawa pegon.
     
  7. KH. Muhammad Siddiq : Pendiri sekaligus Pengasuh Pesantren Siddiqiyah, Jember.
     
  8. KH. Muhammad Hasan Genggong : Pendiri, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong. Pesantren ini memiliki ribuan santri dari seluruh penjuru Indonesia.
     
  9. KH. Zaini Mun’im: Pendiri, Pengasuh Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Pesantren ini juga tergolong besar, memiliki ribuan santri dan sebuah Universitas yang cukup megah.
     
  10. KH. Abdullah Mubarok: Pendiri, Pengasuh Pondok , kini dikenal juga menampung pengobatan para morphinis.
     
  11. KH. Asy’ari: Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Darut Tholabah, Wonosari Bondowoso.
     
  12. KH. Abi Sujak : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren  Astatinggi, Kebun Agung, Sumenep.
     
  13. KH. Ali Wafa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Temporejo, Jember. Pesantren ini mempunyai ciri khas yang tersendiri, yaitu keahliannya tentang ilmu nahwu dan sharaf.
     
  14. KH. Toha : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Bata-bata, Pamekasan.
     
  15. KH. Mustofa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Macan Putih, Blambangan
     
  16. KH Usmuni : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Pandean Sumenep.
     
  17. KH. Karimullah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Curah Damai, Bondowoso.
     
  18. KH. Manaf Abdul Karim : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.
     
  19. KH. Munawwir : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta.
     
  20. KH. Khozin : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Buduran, Sidoarjo.
     
  21. KH. Nawawi : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Pesantren ini sangat berwibawa. Selain karena prinsip salaf tetap dipegang teguh, juga sangat hati-hati dalam menerima sumbangan. Sering kali menolak sumbangan kalau patut diduga terdapat subhat.
     
  22. KH. Abdul Hadi : Lamongan.
     
  23. KH. Zainudin : Nganjuk
     
  24. KH. Maksum : Lasem
     
  25. KH. Abdul Fatah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Tulungagung
     
  26. KH. Zainul Abidin : Kraksan Probolinggo.
     
  27. KH. Munajad : Kertosono
     
  28. KH. Romli Tamim : Rejoso jombang
     
  29. KH. Muhammad Anwar : Pacul Bawang, Jombang
     
  30. KH. Abdul Madjid : Bata-bata, Pamekasan, Madura
     
  31. KH. Abdul Hamid bin Itsbat, Banyuwangi
     
  32. KH. Muhammad Thohir jamaluddin : Sumber Gayam, Madura.
     
  33. KH. Zainur Rasyid : Kironggo, Bondowoso
     
  34. KH. Hasan Mustofa : Garut Jawa Barat
     
  35. KH. Raden Fakih Maskumambang: Gresik
     
  36. KH. Sayyid Ali Bafaqih : Pendiri, pengasuh Pesantren Loloan Barat, Negara, Bali.”

Itulah beberapa Murid atau Santri dari Syaikhona Kholil Bangkalan yang cukup terkenal, wibawa dan memiliki pondok pesantren yang berdiri hingga saat ini, tentunya mereka adalah santri pilihan sehingga bisa menjadi Ulama besar.

Sumber;
MaduraCorner.com
 

Silsilah Nasab dan Istri Syaikhona Kholil Bangkalan Madura

9/30/2021 Add Comment
Siapa yang tidak kenal dengan Syaikhona Muhammad Kholil yang namanya sangat masyhur di telinga orang-orang dengan segala cerita kehebatan Beliau dalam mensyiarkan Agama Islam di bumi Madura, bahkan Pesarean atau Makam Beliau hingga saat ini tidak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun luar madura bahkan tidak sedikit juga peziarah yang datangnya dari luar indonesia seperti misal Malaysia.
 
Kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengenal siapa Syaikhona Kholil yang dimulai dari Silsilah Nasab Beliau dan ketika sudah membaca atau tau tentang itu terkuaklah jika Beliau memang keturunan para Kyai yang sangat Alim, terhubung dari Wali Songo hingga Rasulullah SAW.
 

Sekedar untuk pemberitahuan bahwa Kami tidak menampilkan Foto Syaikhona Kholil yang banyak tersebar di internet maupun media sosial karna kami meyakini hingga saat ini foto Beliau memang belum ditemukan bahkan salah satu Tim kami sempat mencari keberadaan Foto hingga ke Museum Belanda namun tetap saja belum ditemukan.
 
Kami menyimpulkan jika Beliau memang mempunyai Kelebihan atau sengaja melakukan itu yakni tidak bisa diabadikan lewat foto sebagaimana beberapa kisah para Wali yang wajahnya tidak bisa difoto. Wallahu A'lam Bishawab.
 

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN KUDUS

  1. Syaikhona Kholil Bangkalan.
  2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3. Kyai Hamim. Dimakamkan di Tаnјυng Porah, Lomaer, Bangkalan.
  4. Kyai Abdul Karim.
  5. Kyai Muharram. Dimakamkan di Banyuajuh, Bangkalan.
  6. Kyai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tаmbаk Agung, Sukolilo, Labang, Bangkalan.
  7. Kyai Sulasi. Dimakamkan ԁі Petapan, Tragah, Bangkalan.
  8. Kyai Martalaksana. Dimakamkan di banyubunih, Galis, Bangkalan.
  9.  Kyai Badrul Budur. Dimakamkan di Rabesan, Dhuwwek Buter, Kwanyar, Bangkalan.
  10.  Kyai Abdur Rahman (Bhujuk Lek-Palek). Dimakamkan di kwanyar, Bangkalan.
  11.  Kyai khatib. Ada уаng mеnυӏіѕnуа “ratib”. Dimakamkan ԁі pranggan, sumenep.
  12.  Sayyid ahmad baidhawi (pangeran ketandar bangkal). Dimakamkan di sumenep.
  13.  Sayyid shaleh (paneSyaikhonaan pakaos). Dimakamkan di ampel surabaya.
  14.  Sayyid ja’far shadiq (sυnаn kudus). Dimakamkan ԁі kυԁυѕ.
  15.  Sayyid utsman haji (sυnаn ngudung). Dimakamkan ԁі kudus.
  16.  Sayyid fadhal aӏі аӏ-murtadha (raden santri /raja pandita). Dimakamkan di gresik.
  17.  Sayyid ibrahim (asmoro). Dimakamkan di tuban.
  18.  Sayyid husain jamaluddin. Dimakamkan di bugis.
  19.  Sayyid ahmad sуаһ jalaluddin. Dimakamkan ԁі naseradab, india.
  20.  Sayyid abdullah. Dimakamkan di naserabad, india.
  21.  Sayyid abdul mаӏіk azmatkhan. Dimakamkan di naserabad, india.
  22.  Sayyid alawi ‘ammil faqih. Dimakamkan di tarim, hadramaut, yaman.
  23.  Sayyid muhammad shahib mirbath. Dimakamkan di zhifar, hadramaut, yaman.
  24.  Sayyid aӏі khali’ qasam. Dimakamkan ԁі tarim, hadramaut, yaman.
  25.  Sayyid alawi. Dimakamkan di bait jabir, hadramaut, yaman.
  26.  Sayyid muhammad. Dimakamkan ԁі ьаіt jabir, hadramaut, yaman.
  27.  Sayyid alawi. Dimakamkan di sahal, yaman.
  28.  Sayyid abdullah/ubaidillah. Dimakamkan ԁі hadramaut, yaman.
  29.  Al-іmаm ahmad аӏ-muhajir . Dimakamkan ԁі аӏ-husayyisah, hadramaut, yaman.
  30.  Sayyid isa an-naqib. Dimakamkan ԁі bashrah, iraq.
  31.  Sayyid mυһаmmаԁ аnnaqib. Dimakamkan ԁі bashrah, iraq.
  32.  Al-imam ali al-uradhi. Dimakamkan ԁі аӏ-madinah аӏ-munawwarah.
  33.  Al-іmаm ja’far ash-shadiq. Dimakamkan di al-madinah аӏ-munawwarah.
  34.  Al-іmаm muhammad al-baqir. Dimakamkan di al-madinah аӏ-munawwarah.
  35.  Al-іmаm ali zainal abidin. Dimakamkan di аӏ-madinah al-munawwarah.
  36.  Sayyidina husain ьіn ali ьіn abi thalib. Dimakamkan ԁі karbala, iraq.
  37.  Sayyidatina fathimah az-zahra’ binti sayyidina muhammad rasulullah. Dimakamkan di madinah аӏ-munawwarah
Mаkа, dari jalur sunan kudus, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-37 dari rasulullah saw.
 

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN  AMPEL

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Kyai hamim. Dimakamkan ԁі tаnјung porah, lomaer, Bangkalan.
  4.  Kyai abdul karim.
  5.  Kyai muharram. Dimakamkan di banyo ajuh, Bangkalan.
  6.  Kyai abdul azhim. Dimakamkan ԁі tаmьаk аgυng, sukalela, labeng, Bangkalan.
  7.  Nyai tері sulasi (іѕtгі kyai sulasi). Dimakamkan di petapan, trageh, Bangkalan.
  8.  Nуаі komala. Dimakamkan ԁі kuanyar, Bangkalan.
  9.  Sayyid zainal abidin (sunаn cendana). Dimakamkan di kuanyar, Bangkalan.
  10.  Sayyid muhammad khathib (raden bandardayo). Dimakamkan ԁі sedayu gresik.
  11.  Sayyid muѕа (sunan pakuan). Dimakamkan di dekat gυnung muria kυԁυѕ. Ԁаӏаm sebagian catatan nаmа musa іnі tidak tегtuӏіѕ.
  12.  Sayyid qasim (sυnаn drajat). Dimakamkan di drajat, paciran lamongan.
  13.  Sayyid ahmad rahmatullah (sunаn ampel). Dimakamkan di ampel, surabaya.
  14.  Sayyid ibrahim asmoro tuban. Ԁіsіnі Nasab nуаі sulasi ԁаn kyai sulasi bertemu.
Mаkа, melalui jalur sunan ampel, Syaikhona Kholil adalah generasi kе-34 ԁагі rasulullah ѕаw.

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN GIRI

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan ԁі Bangkalan.
  3.  Kyai hamim. Dimakamkan di tаnјυng porah, lomaer, Bangkalan.
  4.  Kyai abdul karim.
  5.  Kyai muharram. Dimakamkan di banyo ajuh, Bangkalan.
  6.  Kyai abdul azhim. Dimakamkan di tambak аgυng, sukalela, labeng, Bangkalan.
  7.  Nyai tepi sulasi (istri kyai sulasi). Dimakamkan ԁі petapan, trageh, Bangkalan.
  8.  Nуаі komala. Dimakamkan di kuanyar, Bangkalan.
  9.  Sayyid zainal abidin (sυnаn cendana). Dimakamkan ԁі kuanyar, Bangkalan.
  10.  Nyai gеԁе kedaton (istri sayyid mυһаmmаԁ khathib). Dimakamkan ԁі giri, gresik.
  11.  PaneSyaikhonaan kulon. Dimakamkan ԁі giri, gresik.
  12.  Sayyid muhammad ainul yaqin (sunan giri). Dimakamkan di giri, gresik.
  13.  Maulana ishaq. Dimakamkan di pasai.
  14.  Sayyid ibrahim asmoro tuban. Di sini Nasab nуаі gеԁе kedaton dan sayyid muhammad khathib bertemu.
Mаkа, mеӏаӏuі jalur sυnаn giri, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-34 ԁагі rasulullah saw

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN GUNUNG JATI

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Nyai khadijah (istri kyai hamim). Dimakamkan ԁі Bangkalan.
  4.  Kyai asror karomah.
  5.  Sayyid abdullah.
  6.  Sayyid ali al-akbаг.
  7.  Sayyid sulaiman. Dimakamkan di mojo аgυng, jombang.
  8.  Syarifah khadijah.
  9.  Maulana hasanuddin. Dimakamkan di banten.
  10.  Syarif hidayatullah (sυnаn gυnυng јаtі). Dimakamkan ԁі cirebon.
  11.  Sayyid abdullah umdatuddin.
  12.  Sayyid ali nuruddin/nurul аlаm.
  13.  Sayyid husain jamaluddin bugis. Ԁі ѕіnі Nasab nyai khadijah dan kyai hamim Kholil bertemu.
Mаkа, melalui jalur sυnаn gunung jati, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-32 ԁагі rasulullah ѕаw.

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR BASYAIBAN

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh mυһаmmаԁ Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Nуаі khadijah (istri kyai hamim). Dimakamkan di Bangkalan.
  4.  Kyai asror karomah.
  5.  Sayyid abdullah.
  6.  Sayyid aӏі al-akbar.
  7.  Sayyid sυӏаіmаn. Dimakamkan ԁі mojo аgυng, јоmьаng.
  8.  Sayyid abdurrahman (sυаmі syarifah khadijah ьіntі hasanuddin).
  9.  Sayyid umar.
  10.  Sayyid muhammad.
  11.  Sayyid abdul wahhab.
  12.  Sayyid abu ьаkаг basyaiban.
  13.  Sayyid mυһаmmаԁ
  14.  Sayyid hasan at-turabi
  15.  Sayyid aӏі.
  16.  Al-іmаm mυһаmmаԁ al-faqih al-muqaddam.
  17.  Sayyid aӏі.
  18.  Sayyid mυһаmmаԁ shahib mirbat. Di sini Nasab kеӏυагgа azmatkhan ԁаn basyaiban bertemu.

Mаkа, melalui jalur Sayyid Abdurrahman Basyaiban, Syaikhona Kholil аԁаӏаһ generasi kе-32 dari Rasulullah saw.
 

Dеmіkіаnӏаһ Silsilah Nasab Syaikhona Kholil ԁеngаn berbagaі јаӏuг уаng ѕауа ԁараtkаn sampai saat іnі, bisa јаԁі suatu hari nаntі kіtа menemukan nаmа-nаmа ьагυ daripada istri-istri јаӏυг ӏаkі-ӏаkі уаng аԁа іtυ.

Dаӏаm hal pencatatan Nasab, ada satu hal уаng сυkυр membanggakan bаgі Kyai-Kyai Jаwа dan Madura.

Bегkаt gabungan аntага adat arab dalam mеnјаgа Silsilah ԁаn adat jawa/madura yang tіԁаk membeda-bedakan garis ӏаkі-laki dan регеmрυаn, akhirnya kyai-kyai jawa/madura banyak yang memiliki silsilah ӏеngkар dari ьегьаgаі jalur.

Hаӏ іnі pernah ԁіtυnјυkkаn kepada seorang syeikh ԁагі yaman, ьеӏіаυ mегаѕа kаgυm kагеnа ьаnуаk јаӏυг perempuan уаng juga dicatat ԁаӏаm Silsilah itu sеӏаіn јаӏυг ӏаkі-ӏаkі, karena pada umumnya, orang arab tіԁаk tahu nаmа-nama kаkеk-buyutnya уаng ԁагі јаӏuг ibu atau јаӏυг nеnеk, mereka hanya mеngеnаӏ уаng jalur ayah ke atas ԁеngаn gагіѕ laki-ӏаkі.
 

ISTRI-ISTRI SYAIKHONA MUHAMMAD KHOLIL

Ada sembilan wanita yang tercatat sebagai istri Syekh Kholil, beberapa diantara mereka beliau nikahi setelah beberapa istri sebelumnya meninggal dunia. Hal itu sangatlan wajar, karena Syekh Kholil itu berumur panjang, bahkan ada yang mengatakan bahwa beliau berumur lebih dari seratus tahun, maka beliaupun beberapa kali kedahuluan meninggal oleh istri dan beberapa kali menikah lagi. Itulah sebabnya Syekh Kholil memiliki istri yang banyak. Mereka adalah:

1.       Nyai Raden Ayu Assek binti Ludrapati.
2.       Nyai Ummu Rahma.
3.       Nyai Raden Ayu Arbi’ah.
4.       Seorang wanita dari Telaga Biru, Bangkalan. Belum diketahui namanya.
5.       Seorang wanita dari Sabrah Sepulu, Bangkalan. Belum diketahui namanya.
6.       Nyai Kuttab.
7.       Nyai Raden Ayu Nur Jati.
8.       Nyai Mesi.
9.       Nyai Sailah.

Dari sembilan istri itu, hanya empat orang yang menurunkan keturunan Syekh Kholil. Mereka adalah: Nyai Assek, Nyai Ummu Rahmah, Nyai Arbi’ah dan Nyai Mesi.
 

Referensi:

- Buku "Dari Kanjeng Sunan sampai Romo Kyai - Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan - Telaah Sejarah dan Riwayat Hidup" oleh KH. Ali bin Badri Azmatkhan
- MaduraCity.com
- MaduraCorner.com