Daftar Lengkap Raja Penguasa di Wilayah Madura Barat

10/14/2021 Add Comment

Kurang lengkap rasanya jika kita tau banyak hal tentang Madura namun kurang mempelajari Sejarah yang terkandung didalamnya karna dengan mempelajari sejarah maka akan menambah wawasan bagaimana pemerintahan yang pernah berkuasa daru zaman kerajaan hingga kemerdekaan atau yang lebih dikenal dengan Bupati hingga saat ini.

 


Madura pernah terbagi dalam 2 wilayah yakni Madura Barat dan Madura Timur yang mempunyai pemimpin masing-masing, nah dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang runtutan para pemimpin yang pernah menjadi orang No. 1 di Madura bagian Barat mulai dari Periode Masa Kerajaan hingga Kemerdekaan Republik Indonesia.


DAFTAR PENGUASA DI WILAYAH MADURA BARAT

Stamboom dari Buku  Peringatan 30 tahun Naik Tahta sebagai Regent/Bupati/Kanjeng di Bangkalan yang ditulis ulang oleh Bapak Hidrochin Sabarudin, Pemerhati Sejarah Madura dalam status facebook Beliau.

Daftar Raja Penguasa Madura Barat :

  1. Raden Aria Lembu Peteng [Putra Brawijaya dari Majapahit]
  2. Arya Menger [Anak]
  3. Arya Pratikel [Anak]
  4. Arya Pojok [Anak Menantu]
  5. Ki Demung [Anak]
  6. Ki Pragalba (-1531) [Anak]
  7. Raden Pratanu (1531-1592/96) [Anak]
  8. Raden Kara/Pangeran Tengah (1592/6-1621) [Anak]
  9. Pangeran Mas (1621–1624) [Saudara]
  10. R. Prasena Pangeran Tjakraningrat I (1624–1648) [Anak R. Koro]
  11. Raden Demang Malaya Kusuma (Pemangku Adipati 1648-1656) [Anak Tjakraningrat I]
  12. R. Undagan Pangeran Tjakraningrat II (1648–1707) [anak dari Tjakraadiningrat I
  13. Tumenggung Suroadingrat Pangeran Tjakraningrat III (1707–1718) [Anak]
  14. R. Djoerit Tumenggung Sosroadiningrat Pangeran Tjakraningrat IV
  15. (1718–1745) [saudara]
  16. R. Setjoadingrat Pangeran Cakraadiningrat V (1745–1770) [anak]
  17. Tumenggung Mangkuadiningrat Tjakraadiningrat VI (1770–1780) [Anak Pangeran Djamali, Cucu Tjakraadiningrat V ]

Masa Periode Kesultanan (Penyerahan Belanda ke Inggris)

  1. R. Sumodiningrat/R. Abdurachman Tjakraadiningrat VII/Sultan Bangkalan I (1780–1815) [Anak Tjakraadiningrat V, Saudara R. Djamali]
  2. R. Abd. Qodir (Kadiroen) Tjakraadiningrat VIII/Sultan Bangkalan II/Sultan Madura di Bangkalan (1815–1847) [anak]

Masa Periode Panembahan (Penyerahan Inggris ke Belanda)

  1. R. Yusuf Tjakraadiningrat IX/Panembahan Yusuf (1847–1862) [anak dari Tjakraadiningrat VIII/Sultan Abd. Kadiroen]
  2. R. Ismail Tjakraadiningrat X/Panembahan Ismail (1862–1882) [Anak Panembahan Yusuf ]

Masa Periode Regent/Bupati (Kekuasaan Belanda)

  1. RAA. Soerjonegoro Tjakraadiningrat XI (Hasyim) (Panembahan 1882–1885, Regent/Bupati Bangkalan 1885-1905) [anak dari Tjakraadiningrat VIII/Sultan Abd. Kadiroen]
  2. RAA Soerjonegoro Tjakraningrat (1905–1918) tidak mempunyai keturunan [anak] 

Masa Periode Kemerdekaan Negara RI

  1. RAA Soerjowinoto Tjakraningrat XII Walinegara Madura (Yusuf) (1918–1945/1948) [saudara]
  2. RAA Muhammad Zis/Aziz Tjakraningrat XIII (1948–1956) [anak]

Itulah Daftar Lengkap Raja Penguasa Madura Barat mulai dari Kerajaan, Kesultanan, Panembahan, Regent/Bupati hingga Kemerdekaan dan selanjutnya akan diposting tentang Daftar Bupati Bangkalan setelah Kemerdekaan.

Plays.org Situs Bermain Game Online untuk Mengisi Waktu Luang

10/11/2021 Add Comment
Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang? Tidur, jalan-jalan, makan atau bermain game online? Yaps, bermain game online sering kali dilakukan untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan terlebih bagi mereka yang memang suka bermain game.

Game online memang sangat digemari anak-anak, remaja bahkan dewasa muda seringkali menyuguhkan konten yang memacu adrenalin (tantangan). Selain itu, di dalam permainan semua pemain diberikan kesempatan yang setara atau sama untuk menang, sementara pada kehidupan nyata adanya label-label negatif pada seseorang.

Pada sebagian orang mungkin saja menganggap jika bermain game hanya menghabiskan waktu dan membuat kecanduan atau gaming disorder. Padahal faktanya tidak demikian. Saat ini, ada banyak game yang bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang dan tidak membutuhkan biaya alias gratis.



Plays.org Situs Bermain Game Online untuk Mengisi Waktu Luang, Gratis!


Kebanyakan orang rela mengeluarkan banyak wkatu dan biaya untuk bermain sebuah game online. Tapi bagaimana jika bisa bermain game online dengan bermacam jenis namun tidak perlu mengerluarkan biaya apapun, tertarik? Plays.org merupakan situs bermain game online dengan ribuan pilihan game yang bisa dimainkan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Di situs ini terdapat aneka jenis game online dengan berbagai macam kategori, ada jenis game klasik, tetris, ketangkasan, petualangan, hingga game edukasi dan simulasi yang tentu sangat baik untuk dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain gratis kamu bisa bermain semua permainan di dalamnya tanpa harus mengunduh ke dalam gadgetmu.

Menariknya dari situs penyedia game online Plays.org ini, untuk memainkan semua jenis game didalamnya pengguna tidak butuh mengunduh atau menginstallnya di perangkat. Semua permainan yang ada di Plays.org bisa dimainkan di berbagai jenis platform baik melalui komputer maupun smartphone ataupun tablet.

Kamu juga tidak perlu khawatir sebab tak peduli OS apapun yang digunakan baik Android ataupun iOS, semuanya bisa bermain di situs ini. Kamu hanya perlu membuka browser atau peramban contohnya, Google Chrome kemudian masukkan alamat situsnya dan langsung bisa memilih dan memainkan jenis game yang ada.

Bermain Game Endless Siege di Situs Play.org Seru Banget!


Sebenarnya, banyak hal selain untuk mengisi waktu luang yang bisa didapatkan dari sebuah game seperti edukasi dan keahlian khusus yang mengasah kemampuan logika kita dalam mengatur strategi untuk memenangkan game tersebut. Selain itu, beberapa game pun hadir dengan jenis permainan yang penuh tantangan.

Pasti saat memainkannya membutuhkan keseriusan dalam menyelesaikan tantangan. Biasanya game-game yang memiliki banyak tantangan ini bergenre strategic game. Permainan tersebut mengharuskan kita untuk mengatur strategi dalam setiap tahap permainannya.



Salah satu jenis game strategi yang populer adalah game yang bertemakan peperangan kerajaan. Setiap level atau tahapan dari permainan perang ini seru banget! Sebab, pemain atau gamer yang terlibat dalam perang kerajaan ini menjadi pengendali siasat. Kamu bisa menjadi pengatur rangkaian atau komandan perang dalam dunia game kamu sendiri.

Kamu bisa memilih dan menyusun strategi yang paling tepat sesuai keinginanmu hingga bisa memenangkan peperangan. Salah satu game yang bisa kamu mainkan yaitu Endless Siege yang merupakan sebuah game dengan menara pertahanan yang menyenangkan di mana pemain dapat meletakkan menara di kotak mana pun di lapangan bermain selain di jalur yang dilalui musuh.

Setiap hari game ini menawarkan peta baru, yang membantu menjaga game tetap segar dan menambah variasi pada game. Variasi peta dari hari ke hari dan kedalaman lapangan bermain telah membuat beberapa pemain mengadakan turnamen reguler berdasarkan game ini.

Lalu bagaiman cara memainkannya? Sebenarnya game ini cukup sederhana hanya saja butuh menyusun strategi yang tepat supaya kamu bisa mengalahkan banyak musuh yang datang menyerang. Pertama adalah memilih menara dan pilih kotak mana yang ingin kamu letakkan, atau kamu dapat memilih menara mana yang akan ditingkatkan.



Jika kamu sudah memiliki menara yang akan diletakkan di lapangan permainan, kamu sudah bisa mengklik tombol merah untuk mempersilahkan musuh untuk masuk ke dalam. Setelah musuh terbunuh, bangun menara baru atau tingkatkan menara yang ada, lalu tekan "Gelombang Berikutnya" untuk memulai putaran berikutnya.

Kamu juga dapat meningkatkan atau meletakkan menara di tengah pertempuran, meskipun disarankan untuk menjeda permainan untuk melakukannya. Nah, jika kamu ingin mengganti menara mana yang akan kamu letakkan atau tingkatkan pastikan kamu tidak membuat kesalahan yang terburu-buru.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah Secara umum, tempat paling ampuh untuk meletakkan menara adalah tempat di mana mereka dapat menjangkau musuh di beberapa lokasi berbeda di jalan, atau di lokasi peta di mana musuh akan melewatinya sebanyak dua kali.

Gimana, game Endless Seige ini cukup seru lho untuk dimainkan saat mengisi waktu luangmu. Asal kamu pintar mengatur strategi maka kamu bisa dengan mudah memanangkan setiap levelnya dan mengumpulkan banyak koin untuk ditukar dengan senjata yang lebih kuat. Kunjungi saja situs Play.org untuk memainkannya.

Daftar Murid atau Santri Syaikhona Kholil Bangkalan

10/09/2021 Add Comment

Sosok seorang Syaikhona Mohammad Kholil tak lekang oleh waktu, meskipun beliau telah tiada namun pengaruh atau wibawanya tetap terjaga hingga saat ini. Cerita turun temurun tentang kisah hidup Beliau yang sudah banyak beredar di masyarakat, buku bahkan internet semakin menambah kecintaan kepada Beliau meskipun kita tidak pernah melihat secara langsung diri seorang Kyai Haji Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

Makam Beliau yang berada di Desa Mertajesah, tepatnya Masjid Syaichona Cholil tiap hari selalu ramai didatangi oleh para pengunjung untuk ziarah maupun melakukan ritual Ibadah. Peziarah datang tidak hanya dari dalam kota melainkan dari luar kota Bangkalan semisal sampang, pamekasan, sumenep dari Pulau Jawa bahkan luar Indonesia seperti Malaysia dan lain sebagainya.

Beberapa Murid dan Santri Syaikhona Kholil

Sungguh beruntung mereka yang pernah menjadi Murid atau Santri seorang Syaikhona Kholil yang tidak lagi diragukan Keilmuan dibidang Agama, tentu banyak hal akan didapatkan oleh Ahlinya dan ini terbukti dari sekian banyak Murid dan Santri rata-rata menjadi orang besar atau pemimpin Pondok Pesantren terkenal di Indonesia, beberapa Santri Syaikhona Kholil diantaranya adalah:

DAFTAR MURID SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN

  1. KH. Hasyim Asy’ari : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Beliau juga dikenal sebagai pendiri Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) Bahkan beliau tercatat sebagai Pahlawan Nasional, banyak kisah hidup Beliau yang ikut membantu melawan belanda dan jepang
     
  2. KHR. As’ad Syamsul Arifin : Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo Asembagus, Situbondo. Pesantren ini sekarang memiliki belasan ribu orang santri sekaligus sebagai pesantren rujukan di Jawa Timur.
     
  3.  KH. Wahab Hasbullah: Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras Jombang. Beliau pernah menjabat sebagai Rais Aam NU (1947 – 1971).
     
  4. KH. Bisri Syamsuri: Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar, Jombang.
     
  5. KH. Maksum : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Jawa Tengah
     
  6. KH. Bisri Mustofa : Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Rembang, Beliau juga dikenal sebagai mufassir Al Quran. Kitab tafsirnya dapat dibaca sampai sekarang, berjudul “Al-Ibriz” sebanyak 3 jilid tebal berhuruf jawa pegon.
     
  7. KH. Muhammad Siddiq : Pendiri sekaligus Pengasuh Pesantren Siddiqiyah, Jember.
     
  8. KH. Muhammad Hasan Genggong : Pendiri, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong. Pesantren ini memiliki ribuan santri dari seluruh penjuru Indonesia.
     
  9. KH. Zaini Mun’im: Pendiri, Pengasuh Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Pesantren ini juga tergolong besar, memiliki ribuan santri dan sebuah Universitas yang cukup megah.
     
  10. KH. Abdullah Mubarok: Pendiri, Pengasuh Pondok , kini dikenal juga menampung pengobatan para morphinis.
     
  11. KH. Asy’ari: Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Darut Tholabah, Wonosari Bondowoso.
     
  12. KH. Abi Sujak : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren  Astatinggi, Kebun Agung, Sumenep.
     
  13. KH. Ali Wafa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Temporejo, Jember. Pesantren ini mempunyai ciri khas yang tersendiri, yaitu keahliannya tentang ilmu nahwu dan sharaf.
     
  14. KH. Toha : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Bata-bata, Pamekasan.
     
  15. KH. Mustofa : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Macan Putih, Blambangan
     
  16. KH Usmuni : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Pandean Sumenep.
     
  17. KH. Karimullah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Curah Damai, Bondowoso.
     
  18. KH. Manaf Abdul Karim : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.
     
  19. KH. Munawwir : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta.
     
  20. KH. Khozin : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Buduran, Sidoarjo.
     
  21. KH. Nawawi : Pendiri, pengasuh pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Pesantren ini sangat berwibawa. Selain karena prinsip salaf tetap dipegang teguh, juga sangat hati-hati dalam menerima sumbangan. Sering kali menolak sumbangan kalau patut diduga terdapat subhat.
     
  22. KH. Abdul Hadi : Lamongan.
     
  23. KH. Zainudin : Nganjuk
     
  24. KH. Maksum : Lasem
     
  25. KH. Abdul Fatah : Pendiri, pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Tulungagung
     
  26. KH. Zainul Abidin : Kraksan Probolinggo.
     
  27. KH. Munajad : Kertosono
     
  28. KH. Romli Tamim : Rejoso jombang
     
  29. KH. Muhammad Anwar : Pacul Bawang, Jombang
     
  30. KH. Abdul Madjid : Bata-bata, Pamekasan, Madura
     
  31. KH. Abdul Hamid bin Itsbat, Banyuwangi
     
  32. KH. Muhammad Thohir jamaluddin : Sumber Gayam, Madura.
     
  33. KH. Zainur Rasyid : Kironggo, Bondowoso
     
  34. KH. Hasan Mustofa : Garut Jawa Barat
     
  35. KH. Raden Fakih Maskumambang: Gresik
     
  36. KH. Sayyid Ali Bafaqih : Pendiri, pengasuh Pesantren Loloan Barat, Negara, Bali.”

Itulah beberapa Murid atau Santri dari Syaikhona Kholil Bangkalan yang cukup terkenal, wibawa dan memiliki pondok pesantren yang berdiri hingga saat ini, tentunya mereka adalah santri pilihan sehingga bisa menjadi Ulama besar.

Sumber;
MaduraCorner.com
 

Silsilah Nasab dan Istri Syaikhona Kholil Bangkalan Madura

9/30/2021 Add Comment
Siapa yang tidak kenal dengan Syaikhona Muhammad Kholil yang namanya sangat masyhur di telinga orang-orang dengan segala cerita kehebatan Beliau dalam mensyiarkan Agama Islam di bumi Madura, bahkan Pesarean atau Makam Beliau hingga saat ini tidak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun luar madura bahkan tidak sedikit juga peziarah yang datangnya dari luar indonesia seperti misal Malaysia.
 
Kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengenal siapa Syaikhona Kholil yang dimulai dari Silsilah Nasab Beliau dan ketika sudah membaca atau tau tentang itu terkuaklah jika Beliau memang keturunan para Kyai yang sangat Alim, terhubung dari Wali Songo hingga Rasulullah SAW.
 

Sekedar untuk pemberitahuan bahwa Kami tidak menampilkan Foto Syaikhona Kholil yang banyak tersebar di internet maupun media sosial karna kami meyakini hingga saat ini foto Beliau memang belum ditemukan bahkan salah satu Tim kami sempat mencari keberadaan Foto hingga ke Museum Belanda namun tetap saja belum ditemukan.
 
Kami menyimpulkan jika Beliau memang mempunyai Kelebihan atau sengaja melakukan itu yakni tidak bisa diabadikan lewat foto sebagaimana beberapa kisah para Wali yang wajahnya tidak bisa difoto. Wallahu A'lam Bishawab.
 

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN KUDUS

  1. Syaikhona Kholil Bangkalan.
  2. Kyai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3. Kyai Hamim. Dimakamkan di Tаnјυng Porah, Lomaer, Bangkalan.
  4. Kyai Abdul Karim.
  5. Kyai Muharram. Dimakamkan di Banyuajuh, Bangkalan.
  6. Kyai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tаmbаk Agung, Sukolilo, Labang, Bangkalan.
  7. Kyai Sulasi. Dimakamkan ԁі Petapan, Tragah, Bangkalan.
  8. Kyai Martalaksana. Dimakamkan di banyubunih, Galis, Bangkalan.
  9.  Kyai Badrul Budur. Dimakamkan di Rabesan, Dhuwwek Buter, Kwanyar, Bangkalan.
  10.  Kyai Abdur Rahman (Bhujuk Lek-Palek). Dimakamkan di kwanyar, Bangkalan.
  11.  Kyai khatib. Ada уаng mеnυӏіѕnуа “ratib”. Dimakamkan ԁі pranggan, sumenep.
  12.  Sayyid ahmad baidhawi (pangeran ketandar bangkal). Dimakamkan di sumenep.
  13.  Sayyid shaleh (paneSyaikhonaan pakaos). Dimakamkan di ampel surabaya.
  14.  Sayyid ja’far shadiq (sυnаn kudus). Dimakamkan ԁі kυԁυѕ.
  15.  Sayyid utsman haji (sυnаn ngudung). Dimakamkan ԁі kudus.
  16.  Sayyid fadhal aӏі аӏ-murtadha (raden santri /raja pandita). Dimakamkan di gresik.
  17.  Sayyid ibrahim (asmoro). Dimakamkan di tuban.
  18.  Sayyid husain jamaluddin. Dimakamkan di bugis.
  19.  Sayyid ahmad sуаһ jalaluddin. Dimakamkan ԁі naseradab, india.
  20.  Sayyid abdullah. Dimakamkan di naserabad, india.
  21.  Sayyid abdul mаӏіk azmatkhan. Dimakamkan di naserabad, india.
  22.  Sayyid alawi ‘ammil faqih. Dimakamkan di tarim, hadramaut, yaman.
  23.  Sayyid muhammad shahib mirbath. Dimakamkan di zhifar, hadramaut, yaman.
  24.  Sayyid aӏі khali’ qasam. Dimakamkan ԁі tarim, hadramaut, yaman.
  25.  Sayyid alawi. Dimakamkan di bait jabir, hadramaut, yaman.
  26.  Sayyid muhammad. Dimakamkan ԁі ьаіt jabir, hadramaut, yaman.
  27.  Sayyid alawi. Dimakamkan di sahal, yaman.
  28.  Sayyid abdullah/ubaidillah. Dimakamkan ԁі hadramaut, yaman.
  29.  Al-іmаm ahmad аӏ-muhajir . Dimakamkan ԁі аӏ-husayyisah, hadramaut, yaman.
  30.  Sayyid isa an-naqib. Dimakamkan ԁі bashrah, iraq.
  31.  Sayyid mυһаmmаԁ аnnaqib. Dimakamkan ԁі bashrah, iraq.
  32.  Al-imam ali al-uradhi. Dimakamkan ԁі аӏ-madinah аӏ-munawwarah.
  33.  Al-іmаm ja’far ash-shadiq. Dimakamkan di al-madinah аӏ-munawwarah.
  34.  Al-іmаm muhammad al-baqir. Dimakamkan di al-madinah аӏ-munawwarah.
  35.  Al-іmаm ali zainal abidin. Dimakamkan di аӏ-madinah al-munawwarah.
  36.  Sayyidina husain ьіn ali ьіn abi thalib. Dimakamkan ԁі karbala, iraq.
  37.  Sayyidatina fathimah az-zahra’ binti sayyidina muhammad rasulullah. Dimakamkan di madinah аӏ-munawwarah
Mаkа, dari jalur sunan kudus, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-37 dari rasulullah saw.
 

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN  AMPEL

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Kyai hamim. Dimakamkan ԁі tаnјung porah, lomaer, Bangkalan.
  4.  Kyai abdul karim.
  5.  Kyai muharram. Dimakamkan di banyo ajuh, Bangkalan.
  6.  Kyai abdul azhim. Dimakamkan ԁі tаmьаk аgυng, sukalela, labeng, Bangkalan.
  7.  Nyai tері sulasi (іѕtгі kyai sulasi). Dimakamkan di petapan, trageh, Bangkalan.
  8.  Nуаі komala. Dimakamkan ԁі kuanyar, Bangkalan.
  9.  Sayyid zainal abidin (sunаn cendana). Dimakamkan di kuanyar, Bangkalan.
  10.  Sayyid muhammad khathib (raden bandardayo). Dimakamkan ԁі sedayu gresik.
  11.  Sayyid muѕа (sunan pakuan). Dimakamkan di dekat gυnung muria kυԁυѕ. Ԁаӏаm sebagian catatan nаmа musa іnі tidak tегtuӏіѕ.
  12.  Sayyid qasim (sυnаn drajat). Dimakamkan di drajat, paciran lamongan.
  13.  Sayyid ahmad rahmatullah (sunаn ampel). Dimakamkan di ampel, surabaya.
  14.  Sayyid ibrahim asmoro tuban. Ԁіsіnі Nasab nуаі sulasi ԁаn kyai sulasi bertemu.
Mаkа, melalui jalur sunan ampel, Syaikhona Kholil adalah generasi kе-34 ԁагі rasulullah ѕаw.

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN GIRI

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan ԁі Bangkalan.
  3.  Kyai hamim. Dimakamkan di tаnјυng porah, lomaer, Bangkalan.
  4.  Kyai abdul karim.
  5.  Kyai muharram. Dimakamkan di banyo ajuh, Bangkalan.
  6.  Kyai abdul azhim. Dimakamkan di tambak аgυng, sukalela, labeng, Bangkalan.
  7.  Nyai tepi sulasi (istri kyai sulasi). Dimakamkan ԁі petapan, trageh, Bangkalan.
  8.  Nуаі komala. Dimakamkan di kuanyar, Bangkalan.
  9.  Sayyid zainal abidin (sυnаn cendana). Dimakamkan ԁі kuanyar, Bangkalan.
  10.  Nyai gеԁе kedaton (istri sayyid mυһаmmаԁ khathib). Dimakamkan ԁі giri, gresik.
  11.  PaneSyaikhonaan kulon. Dimakamkan ԁі giri, gresik.
  12.  Sayyid muhammad ainul yaqin (sunan giri). Dimakamkan di giri, gresik.
  13.  Maulana ishaq. Dimakamkan di pasai.
  14.  Sayyid ibrahim asmoro tuban. Di sini Nasab nуаі gеԁе kedaton dan sayyid muhammad khathib bertemu.
Mаkа, mеӏаӏuі jalur sυnаn giri, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-34 ԁагі rasulullah saw

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR SUNAN GUNUNG JATI

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh muhammad Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Nyai khadijah (istri kyai hamim). Dimakamkan ԁі Bangkalan.
  4.  Kyai asror karomah.
  5.  Sayyid abdullah.
  6.  Sayyid ali al-akbаг.
  7.  Sayyid sulaiman. Dimakamkan di mojo аgυng, jombang.
  8.  Syarifah khadijah.
  9.  Maulana hasanuddin. Dimakamkan di banten.
  10.  Syarif hidayatullah (sυnаn gυnυng јаtі). Dimakamkan ԁі cirebon.
  11.  Sayyid abdullah umdatuddin.
  12.  Sayyid ali nuruddin/nurul аlаm.
  13.  Sayyid husain jamaluddin bugis. Ԁі ѕіnі Nasab nyai khadijah dan kyai hamim Kholil bertemu.
Mаkа, melalui jalur sυnаn gunung jati, Syaikhona Kholil adalah generasi ke-32 ԁагі rasulullah ѕаw.

SILSILAH NASAB SYAIKHONA KHOLIL JALUR BASYAIBAN

  1.  Syaikhona Kholil (syeikh mυһаmmаԁ Kholil) Bangkalan.
  2.  Kyai abdul lathif. Dimakamkan di Bangkalan.
  3.  Nуаі khadijah (istri kyai hamim). Dimakamkan di Bangkalan.
  4.  Kyai asror karomah.
  5.  Sayyid abdullah.
  6.  Sayyid aӏі al-akbar.
  7.  Sayyid sυӏаіmаn. Dimakamkan ԁі mojo аgυng, јоmьаng.
  8.  Sayyid abdurrahman (sυаmі syarifah khadijah ьіntі hasanuddin).
  9.  Sayyid umar.
  10.  Sayyid muhammad.
  11.  Sayyid abdul wahhab.
  12.  Sayyid abu ьаkаг basyaiban.
  13.  Sayyid mυһаmmаԁ
  14.  Sayyid hasan at-turabi
  15.  Sayyid aӏі.
  16.  Al-іmаm mυһаmmаԁ al-faqih al-muqaddam.
  17.  Sayyid aӏі.
  18.  Sayyid mυһаmmаԁ shahib mirbat. Di sini Nasab kеӏυагgа azmatkhan ԁаn basyaiban bertemu.

Mаkа, melalui jalur Sayyid Abdurrahman Basyaiban, Syaikhona Kholil аԁаӏаһ generasi kе-32 dari Rasulullah saw.
 

Dеmіkіаnӏаһ Silsilah Nasab Syaikhona Kholil ԁеngаn berbagaі јаӏuг уаng ѕауа ԁараtkаn sampai saat іnі, bisa јаԁі suatu hari nаntі kіtа menemukan nаmа-nаmа ьагυ daripada istri-istri јаӏυг ӏаkі-ӏаkі уаng аԁа іtυ.

Dаӏаm hal pencatatan Nasab, ada satu hal уаng сυkυр membanggakan bаgі Kyai-Kyai Jаwа dan Madura.

Bегkаt gabungan аntага adat arab dalam mеnјаgа Silsilah ԁаn adat jawa/madura yang tіԁаk membeda-bedakan garis ӏаkі-laki dan регеmрυаn, akhirnya kyai-kyai jawa/madura banyak yang memiliki silsilah ӏеngkар dari ьегьаgаі jalur.

Hаӏ іnі pernah ԁіtυnјυkkаn kepada seorang syeikh ԁагі yaman, ьеӏіаυ mегаѕа kаgυm kагеnа ьаnуаk јаӏυг perempuan уаng juga dicatat ԁаӏаm Silsilah itu sеӏаіn јаӏυг ӏаkі-ӏаkі, karena pada umumnya, orang arab tіԁаk tahu nаmа-nama kаkеk-buyutnya уаng ԁагі јаӏuг ibu atau јаӏυг nеnеk, mereka hanya mеngеnаӏ уаng jalur ayah ke atas ԁеngаn gагіѕ laki-ӏаkі.
 

ISTRI-ISTRI SYAIKHONA MUHAMMAD KHOLIL

Ada sembilan wanita yang tercatat sebagai istri Syekh Kholil, beberapa diantara mereka beliau nikahi setelah beberapa istri sebelumnya meninggal dunia. Hal itu sangatlan wajar, karena Syekh Kholil itu berumur panjang, bahkan ada yang mengatakan bahwa beliau berumur lebih dari seratus tahun, maka beliaupun beberapa kali kedahuluan meninggal oleh istri dan beberapa kali menikah lagi. Itulah sebabnya Syekh Kholil memiliki istri yang banyak. Mereka adalah:

1.       Nyai Raden Ayu Assek binti Ludrapati.
2.       Nyai Ummu Rahma.
3.       Nyai Raden Ayu Arbi’ah.
4.       Seorang wanita dari Telaga Biru, Bangkalan. Belum diketahui namanya.
5.       Seorang wanita dari Sabrah Sepulu, Bangkalan. Belum diketahui namanya.
6.       Nyai Kuttab.
7.       Nyai Raden Ayu Nur Jati.
8.       Nyai Mesi.
9.       Nyai Sailah.

Dari sembilan istri itu, hanya empat orang yang menurunkan keturunan Syekh Kholil. Mereka adalah: Nyai Assek, Nyai Ummu Rahmah, Nyai Arbi’ah dan Nyai Mesi.
 

Referensi:

- Buku "Dari Kanjeng Sunan sampai Romo Kyai - Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan - Telaah Sejarah dan Riwayat Hidup" oleh KH. Ali bin Badri Azmatkhan
- MaduraCity.com
- MaduraCorner.com 

Cara Menang Program Smartfren Rejeki WOW Treasure Periode Ketiga

9/29/2021 Add Comment
Smartfren bisa dibilang satu-satunya provider yang rajin sekali membagikan banyak hadiah hingga miliaran rupiah kepada pelanggannya. Setelah sukses dengan program Smartfren Rejeki WOW Treasure periode pertama dan kedua, kali ini kembali Smartfren mengadakan program serupa dengan hadiah yang sungguh fantastis.

Tentu ini menjadi kesempatan emas bagi kalian yang belum beruntung mendapatkan hadiah di dua periode sebelumnya. Program ini merupakan apresiasi untuk seluruh pelanggan yang selalu menjadikan layanan internet Smartfren sebagai teman buka peluang baru dan mewujudkan cita-cita.

Mencoba peruntungan di masa pandmei seperti saat ini memang bisa kalian coba, salah satunya dengan ikutan program Smartfren Rejeki WOW Treasure periode ketiga ini. Siapa tahu kali ini salah satu dari kalian yang berhasil menjadi pemenangnya. Lumayan banget kan kalau menang hadiahnya bisa dijadikan modal usaha.




Begini Cara Menang Program Smartfren Rejeki WOW Treasure Periode Ketiga


Fyi, Smartfren Rejeki WOW adalah manifestasi dari apresiasi tertinggi terhadap para pelanggan setia Smartfren. Pertanyaannya apakah kalian termasuk dari 3,9 juta pelanggan setia Smartfren? Kalau belum ini kesempatan untuk memulai pertualangan seru dan nyaman di dunia digital bersama Smartfren.

Jadi, berbeda dengan program lainnya, hadiah Rejeki WOW yang totalnya mencapai miliaran rupiah tersebut dapat dimenangkan oleh semua peserta dengan cara seru dan menarik layaknya berburu harta karun dari smartphone. Siapa yang tidak suka bermain berburu harta karun yang seru dan menantang? Pasti semua suka ya.

Bicara soal hadiah semuanya terdiri dari hadiah langsung mulai dari SmartPoin, pulsa, smartphone, laptop, smart TV, logam mulia, motor hingga grand prize berupa uang tunai dan mobil. Sesuai temanya, pelanggan akan diajak berburu hadiah layaknya seorang petualang untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang WOW dari program Smartfren Rejeki WOW.

Dalam program ini, siapa pun yang mengikutinya pasti menang. Selain bisa mendapatkan hadiah secara langsung, mereka berkesempatan memenangkan grand prize di akhir periode. Pasti teman-teman sudah penasaran kan gimana sih caranya supaya menjadi pemenang dalam program Smartfren Rejeki WOW Treasure periode ketiga ini?

Untuk ikutan smartfren Rejeki WOW, kalian harus download atau update aplikasi MySmartfren di smartphone. Setelah mendaftar dan login, kalian akan mendapatkan jip yang bisa digunakan untuk berburu harta karun di dalam aplikasinya.Gunakan jip tersebut untuk sampai hingga Oasis terakhir dan raih kesempatan menang grand prize.

Ada logam mulia, tabungan total puluhan juta rupiah hingga mobil. Kalian bisa mempercepat laju jip dengan memperbanyak transaksi. Ya, makin banyak transaksi makin cepat jip kamu sampai ke semua Oasis dan makin banyak hadiah yang bisa kamu dapatkan. Setiap mencapai Oasis, kalian bisa langsung mendapatkan hadiah berupa bonus pulsa dan kunci yang bisa kalian gunakan untuk membuka peti harta yang ada di setiap Oasisnya.

Selain itu ada juga program Ajak Teman smartfren Rejeki WOW. Caranya cukup bagikan kode referral-mu agar teman Kamu download aplikasi MySmartfren dan ikutan berburu harta karun di smartfren Rejeki WOW. Ada hadiah spesial buat kalian semuanya. Smartfren Rejeki WOW periode 3 dimulai pada tanggal 21 September 2021 hingga 14 Januari 2022.

Jadi tunggu apalagi, yuk segera ikutan berburu harta karun di smartfren Rejeki WOW Treasure periode ketiga ini. Hadiah langsung dan harta karun lainnya menunggumu di Oasis penuh harta. Ayo download aplikasi MySmartfren dan segera buru harta karunmu!

5 Lowongan Kerja Surabaya untuk Jurusan Psikologi

9/29/2021 Add Comment
Salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan sering menjadi rujukan para pelamar kerja adalah kota Surabaya. Di Kota Surabaya banyak berdiri industri, instansi, serta perusahaan yang maju dan sering membuka lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan Surabaya sangat beragam jenisnya.

Entah itu lowongan yang berkaitan dengan perusahaan atau sebuah instansi seperti universitas atau sekolah. Salah satu lowongan tersebut yakni yang berkaitan dengan jurusan psikologi. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia.

Lulusan dari jurusan psikologi biasanya mempelajari hal mencakup tentang pengaruh tekanan sosial, biologi, faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi cara orang dalam berpikir, bertindak, dan merasakan sesuatu. Jurusan psikologi atau aspek psikologi banyak dibutuhkan karena berkaitan dengan kesehatan mental yang seringkali dilupakan.



Apa Saja Lowongan Kerja di Kota Surabaya untuk Lulusan Psikologi?


Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

1. Human Resources Departement (HRD)

Pekerjaan yang paling umum dicari oleh lulusan jurusan psikologi adalah lowongan untuk menjadi Human Resources Departement atau yang disingkat HRD. Hal ini dikarenakan posisi sebagai HRD berkaitan dengan kemampuan yang berasal dari sebuah kepribadian.

Maka dari itu lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut karena dianggap mampu untuk menilai atau membaca kepribadian seseorang. Untuk gaji, HRD biasanya bisa menerima sekiranya 4 hingga 8 juta dalam perbulan, bahkan untuk seorang fresh graduate.

2. Psikolog

Pekerjaan selanjutnya yang juga sangat identik dengan jurusan psikologi adalah menjadi seorang psikolog. Menjadi seorang psikolog tentunya harus menangani kasus yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang.

Ada beberapa jenis psikolog yang bisa ditekuni, antara lain psikolog pendidikan, psikolog klinis, psikolog forensik, dan psikolog industri. Untuk penghasilannya, seorang psikolog bisa mendapatkan sekiranya Rp 5 - 15 juta dalam sebulan, tergantung pendidikan yang di ambil.

3. Terapis Anak

Di Indonesia, pekerjaan sebagai terapis anak masih sangat sedikit sehingga bisa sangat berpotensi untuk peningkatan karir. Pekerjaan menjadi terapis anak sangat cocok dilakukan bagi lulusan jurusan psikolog yang juga menyukai dunia media atau kesehatan.

Manfaat dari menjadi seorang terapis anak bukan hanya dari segi materil, melainkan juga dari sisi kemanusiaan karena pastinya Anda akan mendapatkan banyak nilai moral dari anak-anak luar biasa tersebut. Dan jika berbicara soal materil, seorang terapis anak bisa mendapatkan penghasilan dengan kisaran 4 hingga 7 juta dalam sebulan.

4. Dosen

Pekerja mulia berikutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan psikologi adalah menjadi seorang dosen. Selain bisa mengajar dan membagikan ilmu, seorang dosen psikologi juga berkesempatan untuk menerbitkan buku atau jurnal, dengan tujuan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, Anda harus menempuh pendidikan kembali yakni S2 atau magister. Dalam penghasilannya, seorang dosen psikologi bisa mendapatkan sekitar 7 - 15 juta dalam sebulan, tergantung pada kebijakan kampus yang menaunginya.

5. Guru Bimbingan Konseling (BK)

Masih tentang tenaga pendidik, selain dosen, lulusan dari jurusan psikologi juga bisa berkarir sebagai guru bimbingan konseling atau BK. Lowongan pekerjaan menjadi guru BK tentu banyak dibutuhkan, mengingat setiap sekolah pasti membutuhkannya.

Tujuan adanya guru BK untuk memberikan pembinaan, bimbingan, hingga bantuan kepada siswa yang bermasalah. Dalam sebulannya, seorang guru BK bisa mendapat penghasilan yang berkisar 6 juta.

Xotus Cafe Unik Dekat Kampus Universitas Trunojoyo Madura

9/28/2021 Add Comment
Nggak bisa dimungkiri, café dijadikan salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman, apalagi untuk anak zaman sekarang ini. Awalnya memang hanya untuk tempat makan dan minum, tapi sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat nongkrong. Semakin keren tempatnya, akan semakin diminati banyak orang.

Yup, sekarang bukan hanya makanan dan minumannya saja yang dilihat, tapi konsep cafenya juga nggak kalah penting. Kalau café tersebut mempunyai konsep yang Instagramable dan banyak spot-spot foto. Siap-siap saja untuk mengantri. Seperti salah satu cafe baru yang ada di Bangkalan ini.

Namanya Cerita Kopi Xotus yang terletak di Jalan Raya Telang, Perumahan Telang Indah, Telang, Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Cafe Xotus ini letaknya dekat dengan Universitas Negeri Trunojoyo jadi tidak heran kalau sebagian besar pelanggan yang datang dan nongkrong di Xotus anak-anak kampus.



Akhirnya Mencoba Nongkrong di Cerita Kopi Xotus Dekat Kampus Universitas Trunojoyo Madura


Awalnya cafe Xotus ini pernah viral melalui salah satu video fyp di Tiktok. Sejak saat itu cafe yang memiliki konsep semi outdoor dan lesehan ini menjadi perhatian banyak kalangan muda mudi di Bangkalan. Apalagi ada banyak spot foto bagus untuk bisa digunakan foto-foto dan mengambil video.

Berangkat dari pukul 10.00 pagi menjelang siang dari Bangkalan akhirnya kami pun sampai di Xotus, perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor kalau teman-teman mau pakai mobil juga bisa. Kalau dari arah kota Bangkalan kalian bisa melewati jalan poros Kamal Raya, yang dari arah Jembatan Suramadu bis mengambil jalan menuju Universitas Negeri Trunojoyo.



Setibanya di depan cafe hari sudah mulai terik, apalagi saat ini cuaca di Bangkalan sedang panas-panasnya meskipun sesekali turun hujan. Di depan cafe sudah berjejer beberapa sepeda motor yang sepertinya milik anak-anak kampus. Setelah memarkirkan kendaraan kami pun masuk ke dalam, cafenya memang bagus dengan bangunan semi outdoor didominasi warna putih dan coklat susu.

Bangunan Cafe Super Unik A La Santorini di Yunani


First impression kami saat melihat cafe Xotus ini mirip-mirip desain bangunan di Santorini. Ya meskipun kami belum pernah pergi kesana tapi coba-coba datang di cafe Xotus yang mirip dengan di Santorini cukup bikin happy. Di bagian depan cafe terdapat gerbang pintu masuk berwarna putih bertuliskan Xotus.

Masuk ke dalam sudah ada beberapa tempat duduk dari kayu dengan warna senada yakni putih dan coklat. Tidak lupa ada payung besar berwarna putih supaya tidak kepanasan saat siang hari meskipun sebenarnya tetap panas juga, tapi paling tidak terlihat estetik. Apalagi di Bangkalan sepertinya baru ada satu cafe ini saja yang punya konsep bangunan unik.



Di tengahnya diberi tanaman hijau yang membuat mata menjadi segar melihatnya, sambil menikmati bangunan dan tentu makanannya nanti. Lanjut ke dalam, pas di bagian tengah bangunan ada ruangan indoor tempat para pelanggan bisa memesan makanan, minuman maupun bila ingin duduk ngadem di dalam juga biasa asal belum penuh ya.

Kemudian kita keluar untuk menuju bagian belakang bangunan cafe, nantinya teman-teman akan melewati jalan seperti lorong di samping tempat untuk memesan makanan tadi. Buat yang masih mau duduk dengan suasana semi outdoor supaya nggak terlalu panas kalau siang hari bisa nih dicoba.

Pada bagian belakang cafe terasa lebih luas dan jangan kaget kalau siang hari hawa panasnya terasa padahal sudah disedikan dua kipas angin besar yang digantung dibagian atas. Tempatnya melingkar dan lumayan luas, di sisi sebelah kanan pojok ada spot foto yang bagus banget dengan tema pedesaan dengan setuhan alami.

Yang paling menarik adalah jika teman-teman memilih duduk di bagian belakang kalian bisa melihat langsung proses pembuatan dan penyajian makanan juga minuman di cafe Xotus ini. Lumayan kan sambil menunggu pesanan datang bisa intip-intip proses pembuatannya, lagi-lagi yang seperti ini kayaknya belum ada di cafe lain di Bangkalan.



Setelah puas melihat-lihat lantai bawah cafe sekarang saatnya untuk mengintip suasana di lantai atas cafe Xotus ini. Untuk bisa naik ke lantai atas kita akan melewati tangga yang terletak disebelah kiri bangunan tepat berhadapan dengan gerbang pintu masuk. Tangga cukup tinggi dan pada beberapa bagian kosong tepat disebelah anak tangga diberi tempat duduk yang bisa digunakan oleh pelanggan yang datang.

Di lantai atas didesain menggunakan gaya full outdoor sambil duduk lesehan dengan diberi beberapa meja, di atas sini juga disediakan layar untuk bisa menonton film. Kebayang kan pas malam hari menikmati suasana malam sambil menonton film dengan teman, pasangan maupun keluarga. Suasananya mirip-mirip di cafe Dermaga Rindu dekat pelabuhan Kamal.

Mencoba Menu Makanan dan Minuman di Xotus Cerita Kopi Bangkalan


Setelah puas mengelilingin seluruh bagian bangunan cafe tiba saatnya untuk menikmati makanan dan minuman yang sudah dipesan. Ada empat macam menu yang sudah dipesan seperti Xotus Curry, Potato Wedges, Mango Yakult dan Taro Latte. Semua harga di Xotus sangat terjangkau berkisar dari 15 K sampai 20 K saja cocok untuk kantong mahasiswa.

Xotus Curry sendiri ini merupakan daging ayam fillet yang digoreng dengan tepung dan diberi saos curry dengan rasa manis kecut tapi seger. Disajikan diatas piring ditambah nasi hangat yang pulen dan dihias dengan daun selada yang segar. Teman-teman bisa request menggunakan tambahan telur ceplok dengan tambahan harga 5 K saja.



Potato Wedges, siapa sih yang tidak suka pesan kentang goreng saat di cafe? Camilan ringan yang satu ini memang paling cocok dipesan saat nongkrong di cafe. Nah, di Xotus menu Potato Wedges ini merupakan kentang goreng yang dipotong tipis dan melebar digoreng dengan tepung lalu yang paling menarik adalah saos tomatnya yang manis, kecut pokoknya seger deh.

Untuk minumannya ada Mango Yakult dan Taro Latte yang sudah kami pesan siang itu. Mango Yakultnya segar dan tidak terlalu kecut, kalau diminum saat dingin paling enak apalagi di siang hari. Untuk Taro Lattenya agak sedikit berbeda dengan Taro Latte di tempat lain, rasanya lebih manis dan terasa campuran susunya, enak.



Xotus Cafe ini memang paham banget kalau kebanyakan pelanggannya merupakan anak muda terutama mahasiswa sekitar yang jarang sekali pegang uang cash. Jadi semua aktivitas pembayaran bisa menggunakan dompet digital yang jauh lebih praktis untuk pelanggan. Bicara soal pembayaran zaman digital begini semua urusan menjadi lebih mudah apalagi urusan mengelola keuangan tinggal pakai software akutansi semua beres.

Seperti yang kita ketahui saat sebuah cafe mulai berjalan, memastikan manajemen keuangan berjalan lancar adalah hal penting. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, tentunya akan bisa diketahui seberapa besar kekuatan keuangan yang dimiliki oleh cafe tersebut. Sehingga dengan pengelolaan uang yang benar maka berpengaruh dengan fasilitas dan pelayanan yang disediakan pihak cafe.

Well, buat teman-teman yang penasaran untuk mencoba suasana nongkrong yang nyaman dan unik bersama pasangan, teman dan keluarga dengan banyak spot foto bagus tidak ada salahnya untuk datang ke Cerita Kopi Xotus. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya untuk kenyaman dan keamanan bersama.

Benteng Modung Bangkalan - Pertahanan Pantai Terkuat di Pulau Jawa

9/12/2021 Add Comment
Tidak banyak orang yang mengetahui tentang adanya Benteng Modung (Fort Modoeng) yang berada di desa Tolbuk, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan ini, hanya segelintir saja yang tau itupun biasanya para sesepuh desa yang dengar dari cerita turun temurun ataupun sebagai saksi hidup ketika benteng tersebut masih ada lengkap dengan persenjataannya.
 
Kami mengetahui tentang keberadaan benteng ini dari sahabat sejarah asal surabaya yakni Mas Ahmad Zaki Yamani yang memposting tentang keberadaaan benteng ini lengkap dengan foto dan jenis persenjataan yang berada di benteng sebagai sarana pertahanan laut maupun udara kala itu. untuk lebih jelasnya berikut adalah tulisan dari Beliau mengenai Benteng Modung:
 

 

Benteng Modung "The Mighty of Fort Modung"

Pertahanan pantai terkuat dipulau Jawa yang berada didataran rendah serta berawa dilengkapi dengan pertahanan yang baik, memiliki konstruksi yang kuat dengan jumlah bahan bangunan terakumulasi sempurna. Benteng ini menunjukkan suatu perencanaan yang stategis dari suatu sistem perbentengan yang terkamuflase dengan sangat baik.

Sebagai pertahanan pantai yang saling terintegrasi maka posisi Benteng Modung menghadap ke laut Jawa dengan tujuan utama melindungi dan menjaga pangkalan serta lapangan terbang yang berada di Surabaya.

Di Benteng Modung yang berada di Tanjung Modung Bangkalan Madura diperkuat dengan persenjataan sbb:
 
3 Meriam 180 mm
1 Meriam 150 mm laras ganda
5 Meriam 150 mm
3 Meriam 120 mm
12 Meriam 75 mm
2 Meriam Pertahanan Udara 40 mm
2 Meriam Pertahanan Udara 20 mm
2 Senapan Pertahanan Udara 12,7 mm
2 Coastal Search Light ( Lampu sorot besar )

Semua senjata ini dalam kondisi sempurna. Di Benteng Modung dipasang penanda target gelombang pendek semacam radar penjejak sasaran, yang tampaknya dioperasikan oleh Perwira Inggris dengan beberapa crew, saat Tentara Jepang menguasai Benteng Modung pada Maret 1942 mereka ditawan.

Bagaimana nasib Benteng Modung saat ini ? Ya, musnah, nyaris tak tampak sama sekali termasuk kemana persenjataan yang luar biasa itu berada.
 

Itulah sedikit kisah mengenai keberadaan Benteng Modung ini, seandainya masih ada tentu kita bisa melihat dengan jelas keberadaan benteng dan bernostalgia sambil mengingat kisahnya seakan pernah ada pada zaman dimana benteng itu masih digunakan.

Sebagaimana masih berdirinya Benteng Erfprins yang berada di tengah kota Bangkalan, tetap berdiri kokoh meski kurang terawat dan semoga saja suatu saat bisa dirawat dan dijadikan wisata sejarah sebagai salah satu saksi hidup perjalanan Bangkalan dari masa ke masa.

Teman Kreasi Topi Bambu dari Kabupaten Tangerang

8/26/2021 Add Comment
Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital.

Saat ini saja telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya, meanrik sekali bukan?

Di tengah masa pandemi seperti saat ini Teman Kreasi tentu menjadi salah satu oase bagi para pelaku UMKM. Bukan hanya membantu keberlangsungan 500 UMKM yang ada namun Smartfren juga membuka peluang digitalisasi kepada mereka. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.



Mengenal Teman Kreasi Topi Bambu dari Kabupaten Tangerang


Topi Bambu menjadi salah satu bentuk kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu ini merupakan ciri khas dari kebudayaan di Kabupaten Tangerang. Topi Bambu ini menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Tangerang dengan terdapatnya gambar topi bambu pada logo daerah tersebut.

Sejarah Topi Bambu ini pada masa Hindia Belanda produk ini merupakan hasil kerajinan tangan masyarakat Kabupaten Tangerang ini sempat mencapai masa kejayaannya. Produk yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut mampu menembus pasar Eropa dan Amerika bahkan dikabarkan pernah merajai mode Paris.

Selain itu, topi anyaman bambu yang lazim disebut topi boni ini juga pernah menjadi simbol perlawanan petani dan rakyat melawan ketidakadilan kolonial. Sampai pada akhirnya lahirlah sebuah komunitas yang didirkan oleh Agus Hasanudin yang diberi nama Komunitas Topi Bambu.

Selamat Smartfren Raih Penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia


Melalui program Teman Kreasi ini Smartfren kembali berhasil mendapatkan penghargaan atas upaya pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia sendiri merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat.



Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.

Smartfren sebelumnya telah berhasil meraih Penghargaan Utama Kategori Sustainability dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. Adapun, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan.

Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan. Smartfren selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru.

KISAH HEROIK TERTEMBAKNYA PESAWAT BELANDA DI SOCAH - BANGKALAN

8/25/2021 Add Comment

Fairey Firefly Tertembak Jatuh Di Socah


Kompi I Pimpinan Kapten R.P Abdul Fatah dari Batalyon IV bertugas di desa Buluh/Pedeng Kec Socah Bangkalan. Seksi I pimpinan Letnan Djamaluddin berada di Dusun Pedeng Desa Bulu Socah sebelah kanan jalan besar dari Kamal ke Bangkalan, menghadap ke Selatan [arah Surabaya] dengan persenjataan:

- 2 Pucuk Pompom double loop kaliber 20 mm
- 1 pucuk mitraliur 12,7 mm

Dengan maksud menahan serangan udara dan menghambat serangan lawan apabila melalui jalur darat jalan besar Kamal di Pedeng terus ke Bangkalan.


Pada tanggal 04 Agustus 1947 kurang lebih jam 06:00, 2 pesawat tempur Belanda jenis Fairey Firefly Mk1 mengadakan observasi udara ke kota Bangkalan dan sekitarnya. Setelah berputar-putar kurang lebih 30 menit lamanya, lalu akan kembali ke pangkalannya di Morokrembangan melalui Jaddih ke selatan dan melewati diatas pertahanan udara Seksi I di Pedeng Buluh Socah.
 
Sebelumnya [saat ke dua pesawat tersebut observasi diatas kota Bangkalan] Seksi I pimpinan Letnan Djamaluddin telah mensiagakan persenjataan tersebut diatas, begitu 2 pesawat Fairey Firefly melintas dalam jarak tembak pertahanan udara Seksi I maka komando “Tembak!!” diberikan oleh saudara Ruslan sebagai wakil komandan seksi. Rentetan panjang 20 mm dan,, 💥Byaaar!!!💥,,
 

Satu pesawat belanda tertembak dan jatuh berantakan, kurang lebih 300 meter di muka pertahanan Seksi I, sedangkan pesawat satunya terus menuju ke lapangan terbang di Morokrembangan Surabaya.

Pesawat pengintai tempur Fairey Firefly FR Mk 1 register 11-27 dari Squadron 860 Penerbangan Angkatan Laut Kerajaan Belanda tertembak jatuh dan menewaskan Pilotnya, dengan data sebagai berikut:
 
- Nama :  Gerhard Henricus Verberne.
- NRP : 18965.
- Pangkat : Sergeant-Vlieger (Sersan Penerbang).
- Kesatuan : Squadron 860 MLD
- Lahir : 29 Januari 1918 di Den Haag Belanda.
- Alamat : Juliana van Stolberglaan 274 Den Haag
- Pekerjaan sebelum Militer : Teknisi laborat.
- Dimakamkan di Kembang Kuning Surabaya register KDH-B-34.
 

Fairey Firefly FR Mk 1 Dibuat Fairey Aviation Company Limited Inggris pertama kali bertugas pada Maret 1943, Fairey Firefly dijual ke Marine Luchtvaartdienst (MLD) (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) dan diserahkan di HMS Vulture, RNAS St. Merryn, Padstow, Cornwall pada 20 Juni 1946. 

"Kunang kunang" ini selanjutnya berdinas untuk Skuadron Udara 860 Marine Luchtvaartdienst (MLD/Penerbangan Angkatan Laut). Firefly memberikan dukungan kekuatan udara di Hindia Belanda selama Agresi Militer Belanda ke 1 pada 21 Juli 1947 hingga 4 Agustus 1947, tercatat tiga Fairy Firefly 11-22, 11-24 dan 11-27 tertembak jatuh selama digunakan berdinas di MLD.

Obyek Wisata Pantai Lombang Sumenep

8/14/2021 Add Comment

Kalau bicara destinasi wisata bahari di Sumenep, maka pikiran sebagian besar orang akan langsung tertuju ke pantai Lombang. Ya, pantai ini rasa-rasanya adalah yang paling terkenal di antara pantai-pantai lainnya di Sumenep. Dan sejauh ini adalah yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun asing.

Jika kita menyebut pantai Lombang, maka mula-mula yang terbersit dalam kepala adalah Pohon Cemara Udang. Pantai ini memang terkenal dengan hamparan cemara udangnya yang menghiasi hampir keseluruhan tepi pantai. Tidak banyak pantai dengan karakter demikian, sehingga pantai Lombang memiliki ciri khas tersendiri.

Ihwal hikayat atau sejarah keberadaan cemara udang tersebut, konon ia berasal dari Tiongkok. Cemara udang termasuk tanaman yang langka. Banyak orang menyebut tanaman ini hanya tumbuh di Tiongkok dan Indonesia. Keberadaannya di Sumenep karena ekspedisi yang dilakukan oleh Jenderal The Ho (Sampo Thai Kam) ke nusantara pada abad ke 15.

Tinggi pohon cemara udang sekitar 4 meteran. Bentuknya tidak lurus ke atas alias membungkuk seperti udang. Karena itulah jenis pohon cemara ini disebut cemara udang.

Letak Lokasi Wisata Pantai Lombang - Indonesia

Secara administratif, pantai Lombang merupakan bagian dari Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dari pusat kota Sumenep jaraknya sekitar 27,8 Km ke arah timur laut. Perjalanan sekitar satu jam-an. Jika ditempuh dari Suramadu, jaraknya sekitar 182 Km. Sekitar 4-5 jam perjalanan dengan mobil pribadi. Berikut adalah alamat Pantai Lombang Sumenep via Google Maps

Destinasi Wisata yang Ditawarkan di Pantai Lombang

Berbeda dengan Wisata Pantai Slopeng, Pantai Lombang memiliki lanskap yang bagus. Bagi penyuka fotografi, ini merupakan satu keunikan tersendiri. Bibir pantai yang ditumbuhi cemara udang membuat pantai ini terlihat eksotis. Selain itu, pasir halus berwarna putih yang terhampar juga menambah kecantikan pantai ini.

Cemara udang yang rimbun sangat cocok dengan karkater suhu yang panas di tepi pantai. TreTan bisa berteduh di bawahnya sambil menikmati keindahan pantai saat matahari sudah berada di atas kepala. Di bawah rimbun cemara tersebut juga sudah dibangun gazebo dan kursi permanen yang bisa diduduki untuk bersantai. Bisa juga TreTan membawa alas sendiri dari rumah, terutama jika berwisata bersama keluarga besar.

Jika matahari sedang tidak terik, kegiatan yang cukup menarik dilakukan adalah mandi di laut dan bermain pasir di pantai. Sebagian besar waisatawan melakukan itu karena di pantai Lombang airnya jernih dan pantainya berpasir halus, sehingga tidak perlu takut kena karang.


Destinasi Pantai Lombang - Indonesia (lulusandika.blogspot.com)


Wisatawan juga bisa menikmati destinasi laut dengan menyewa perahu yang disediakan oleh para nelayan setempat. TreTan akan melihat pemandangan indah cemara udang dari permukaan laut. Juga, selfie dari atas perahu dengan backgraound jejeran cemara udang.


Jika tidak tertarik bermain air, TreTan bisa menikmati wisata menunggang kuda. Di situ ada beberapa warga yang menyediakan jasa tunggangan kuda. Dengan membayar tarif tertentu, TreTan sudah bisa menikmati sensasi menunggang kuda ala prajurit zaman kuno.

Oya, bagi TreTan yang menggemari tanaman bonsai, tak salah kiranya jika menyiapkan duit yang banyak untuk berburu bonsai-bonsai cantik di sekitar pantai Lombang. Warga daerah tersebut banyak yang merawat cemara udang menjadi bonsai dan dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Harganya variatif, mulai yang nilainya ratusan hingga jutaan.

Tips Berwisata ke Pantai Lombang - Madura - Jawa Timur

Beberapa tips yang bisa kami bagikan kepada TreTan jika ingin berkunjung ke pantai Lombang adalah sebagai berikut:

1. Siapkan peralatan wisata ke pantai, semisal sunblock, alat perekam, dan kebutuhan lainnya. Sunblock dibuthkan untuk melindungi kulit TreTan dari cahaya matahari.

2. Bagi wisatawan luar Madura, sebaiknya menyewa kendaraan khusus. Selain lebih praktis, angkutan umum ke pantai Lombang belum banyak. Jika tidak membawa kendaraan dari rumah, TreTan bisa menyewa di Sumenep Kota. Di situ sudah banyak jasa rental mobil.

3. Jika mau bermalam di pantai, sebaiknya bawa tenda dari rumah. Di situ belum ada penginapan yang dikomersialkan seara umum. Memang tersedia rumah-rumah dari kayu di sekitar pantai, tapi itu biasanya diperuntukkan bagi wisatawan eksklusif atau wisatawan untuk program pemerintah daerah.

4. Jangan khawatir kelaparan. Di situ sudah banyak orang berjualan. Tinggal bawa banyak duit.

5. Bagi TreTan yang baru selesai mandi di laut, di situ sudah disediakan kamar mandi dengan air tawar. Dengan uang Rp. 2.000, TreTan sudah bisa mandi dengan nyaman.

6. Jangan lupa, untuk masuk ke kawasan pantai Lombang, TreTan diharuskan membayar karcis masuk sebesar Rp. 5.000,-.

Tertarik untuk berlibur di wisata pantai Lombang Sumenep? Jangan lupa untuk berwisata tanpa merusak alam.

Informasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan

7/28/2021 Add Comment
Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan benar sudah menjadi kewajiban kita untuk mendukung program pemerintah yang sedang berjalan yakni vaksinasi Covid-19. Sama halnya halnya program vaksinisasi di seluruh Indonesia, kita ikut turut berpartisipasi dalam mensukseskan program ini untuk keselamatan dan keamanan kesehatan kita bersama.

Pada tanggal 18 Juni 2021 saya menjalani vaksin covid-19 yang pertama di stadion Gelora Bangkalan (SGB). Bagi tretans yang tinggal di Bangkalan pasti sudah tahu kalau Pemerintah Kabupaten Bangkalan sudah tiga kali mengadakan vaksinasi massal yang gratis. Ada 1000 vaksin yang siap digunakan kepada masyarakat.

Vaksin covid-19 ini aman dan halal, tujuan diadakan vaksinasi untuk membangun herd immunity untuk mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Awal pertama sampai di tempat pelaksanaan, sangat ramai sekali orang yang sudah mengantri dari tadi pagi. Saya mencari tahu bagaimana cara prosedur yang harus di lalui untuk mendapatkan vaksin ini.

Saya dan masyarakat lainnya harus mengantri dalam sebuah bangku tempat duduk yang telah di sediakan oleh panitia. Ketika barisan pertama sudah masuk ke ruangan, maka barisan berikutnya akan maju mengisi bangku pertama yang kosong, begitu seterusnya dilakukan dengan sangat tertib. Selama proses vaksinasi pertama dijaga dan dibantu dari aparat keamanan.

Setelah verifikasi data, saya diarahkan ke meja skrining untuk cek tekanan darah dan menjawab sejumlah pertanyaan. Di meja yang sama, petugas lain memberikan sejumlah pertanyaan untuk memastikan saya tidak sedang mengalami penyakit berat. Pertanyaannya seputar ada tidaknya penyakit jantung, ginjal, kanker, aids, pernapasan, atau gangguan pencernaan.

Jelas, semua pertanyaan saya jawab "tidak". Selain karena tidak mengalami gejala apa pun, saya tidak ingat kapan terakhir saya medical check up. Ya, salah satu syarat penting untuk bisa mendapatkan vaksinasi ialan tubuh yang fit. Jadi, apabila tretans berencana untuk vaksin pastikan dulu tubuh dalam keadaan fit dan sudah sarapan.

Selesai vaksinasi tiba waktunya untuk menunggu surat tanda sudah divaksin, sambil menunggu selama kurang lebih 30 menit sekalian dilihat apakah ada reaksi tubuh setelah mendapatkan vaksinasi. Sambil menunggu saya isi waktu untuk memberikan informasi mengenai vaksinasi di Bangkalan, biasanya saya upload informasi di grup Facebook yang saya kelola yakni, Info Bangkalan.

Tretans bisa mendapatkan vaksinasi covid-19 di Klinik Pos Kesehatan Kodim 0829 di Jl. Veteran No. 04 Bangkalan. Dibuka setiap hari dari pukul 07.30 sampai 11.30, jangan khawatir karena vaksinasi ini gratis untuk umum. Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP ataupun KK sebagai persyaratan untuk mendaftar vaksinasi.



Untuk informasi layanan vaksinasi maupun informasi mengenai covid-19 lainnya bisa cek langsung grup facebook, Info Bangkalan. Pastikan jaringan internet tretans semua bagus supaya tidak ada informasi yang tertinggal ataupun tidak bisa diunduh.

Ngomongin soal jaringan internet, sekarang sudah ada paket GOKIL MAX dari Smartfren sudah bisa dinikmati. Paket baru ini terdiri dari jaringan telekomunikasi Smartfren yang 100% 4G LTE dan kuota besar hingga 36 GB dari siang sampai malam. Dengan kecepatan penuh dan kuota besar kamu bisa bebas mencari banyak informasi mengenai vaksinasi.

Bagi pelanggan Smartfren lainnya, masih ada kesempatan menang di Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Kedua yang berlangsung hingga 13 September 2021. Cara mengikuti Smartfren Rejeki WOW Treasure Hunt Periode kedua mudah, cukup menginstal atau memperbarui aplikasi MySmartfren, buka dan dapatkan kapal yang bisa digunakan untuk berburu harta karun dari Rejeki WOW.

Setiap kali kamu melakukan transaksi seperti isi ulang pulsa, pembayaran tagihan Pascabayar atau pembelian paket apapun, kapal akan melaju ke Pulau Harta Karun. Cukup bertransaksi dengan total akumulasi Rp 100.000 di setiap pulau, maka kamu bisa langsung mendapatkan hadiah pasti berupa bonus Pulsa dan kunci untuk membuka peti harta karun yang berisi bermacam hadiah.

Nah, untuk itu yuk segera download aplikasi My Smartfren sekarang juga. Semakin seinrg bermain maka semakin besar kesempatan kita untuk menang. Selain itu, pelanggan yang pertama kali meng-install aplikasi MySmartfren juga akan mendapatkan Bonus Kuota 5GB saat login pertama kali menggunakan jaringan Smartfren.



Tetap jaga kesehatan ya, jangan lupa untuk disiplin protokol kesehatan selama masa pandemi ini. Kita semua harus optimis masa pandemi ini bisa segera berlalu. Bijak untuk mendapatkan informasi mengenai pandemi Covid-19 dan yang paling penting jangan lupa vaksinasi, tretans.

Penerimaan Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021 di Kabupaten Bangkalan

7/11/2021 Add Comment
Menjadi PNS tentu merupakan pilihan banyak orang karna bisa mendapatkan penghasilan tetap bahkan bertambah jika naik pangkat atau golongan ditambah jaminan masa tua yang tetap mendapat uang pensiun seakan masa depan sudah terjamin jadi bukan sesuatu yang baru jika pekerjaan ini menjadi dambaan banyak orang.

Berikut adalah Informasi dan Syarat Penerimaan Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan, silahkan dicoba semoga beruntung dan bagi yang tidak lolos jangan patah semangat, coba lagi jika suatu saat ada pendaftaran CPNS dilain kesempatan.


FORMASI JABATAN YANG DIBUTUHKAN

Jumlah alokasi formasi sebanyak 1.116  dengan rincian
 
A. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 151 dengan rincian:
  1. Tenaga Kesehatan: 33
  2. Tenaga Teknis: 118
 
B. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 965 dengan rincian:
  1. Guru : 921
  2. Tenaga Kesehatan : 16
  3. Tenaga Teknis : 28
     

PERSYARATAN UMUM PENDAFTARAN PEGAWAI ASN (CPNS, PPPK GURU, PPPK NON GURU)

Berikut adalah Persyaratan umum untuk mendaftar sebagai ASN (CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru) yang perlu diketahui:

1. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi Pegawai ASN;

2. Tidak pernah dipidana dengna pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengna pidana penjara 2 tahun atau lebih;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

5. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

PERSYARATAN KHUSUS PENDAFTARAN PEGAWAI ASN DAN PPPK

 Untuk persyaratan yang lebih detail bagi Pendaftar ASN atau PPPK bisa dilihat dalam berkas yang terlampir dibawah, silahkan download.

MASA HUBUNGAN KERJA PPPK

Masa Hubungan Kerja Bagi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Guru dan Non Guru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan adalah paling singkat 1(satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang kembali sesuai Peraturan Perundang-undangan.

TATA CARA PENDAFTARAN

1. Pengumuman dan Pendaftaran Pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 dapat dilihat pada website https://sscasn.bkn.go.id/ dan http://bangkalankab.go.id/
2. Seleksi administrasi hanya berdasarkan hasil verifikasi dokumen pada laman https://sscasn.bkn.go.id/

TAHAPAN PELAKSANAAN

Pengumuman Seleksi ASN : 30 Juni - 14 Juli 2021

Pendaftaran Seleksi ASN : 30 Juni - 21 Juli 2021

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi | Masa sanggah |  Jawab Sanggah | Pelaksanaan SKD CPNS : Lihat pada laman http://bangkalankab.go.id/ dan https://sscasn.bkn.go.id/

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru : setelah pelaksanaan SKD CPNS Selesai

LAIN LAIN

1. Untuk memutus rantai penyebaran virus Corona Virus Disease (Covid-19) pelamar dapat memilih lokasi ujian kantor Regional BKN dan UPT BKN terdekat sesuai domisili. (sesuai dengan pilihan yang ada di sscasn.bkn.go.id)

2. Kepada seluruh peserta seleksi CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan dihimbau untuk senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyebaran virus Corona Virus Disease (Covid-19);

3. Seluruh tahapan pelaksanaan Penerimaan Pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun;

4. Jika peserta dinyatakan lulus pada saat melengkapi persyaratan administrasi ditemukan adanya pemalsuan dokumen dan ketidaksesuaian dengan persyaratan yang ditentukan, akan dikenai sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta secara otomatis peserta dianggap gugur;

5. Keputusan Panitia Penerimaan Pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak;

6. Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain;

7. Pemerintah Kabupaten Bangkalan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum-oknum yang mengatasnamakan Panitia, peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan Pegawai ASN;

8. Dalam hal peserta seleksi dikemudian hari terbukti ditemukan dokumen yang diunggah tidak sesuai dengan persyaratan pada saat proses seleksi dan sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi serta mendapatkan persetujuan nomor induk pegawai (NIP), maka akan dibatalkan status kepegawaiannya;

9. Pelamar wajib mengikuti perkembangan informasi yang ada di http://bangkalankab.go.id/ dan Media Sosial resmi Bangkalan Apabila terdapat perubahan sewaktu-waktu maka yang dipakai adalah informasi terakhir;

10. Panitia Penerimaan Pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 membuka helpdesk melalui https://bit.ly/HELPDESKCASN2021BANGKALAN jawaban melalui link jawaban akan disampaikan melalui medsos resmi Bangkalan;

11. Informasi lainnya berkaitan dengan Penerimaan Pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 disampaikan melalui:

a. Grup Facebook : Hotline SSCASN Bangkalan
b. Twitter : @bkpsda
c. Grup Telegram : https://t.me/Sscasn2021Bkln

Panitia tidak membuka layanan melalui telepon, whatsapp atau media lainnya selain yang disebutkan di atas. Peserta harap berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan Panitia.

DOWNLOAD FORMASI PENERIMAAN CPNS DAN PPPK 2021 BANGKALAN