Rekomendasi Objek Wisata Sejarah Yang Menarik Untuk Dikunjungi

12/28/2021
Memasuki musim liburan akhir tahun, pastinya jadi momentum yang paling ditunggu. Setelah menjalani rutinitas yang super padat, tiba waktunya bagi kamu untuk merealisasikan impian liburan dan melepas penat.

Meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi, ditambah lagi adanya kebijakan baru menghapus cuti natal dan tahun baru ini, bukan berarti kamu jadi nggak bisa rekreasi dan liburan. Bagi kamu warga Jakarta dan sekitarnya, kamu tetap bisa kok mengunjungi objek wisata terdekat yang seru dan menyenangkan.

Wisata alam, wisata budaya, atau wisata kuliner mungkin sudah terlalu mainstream nih, kamu bisa mencoba jenis wisata baru yang masih cukup jarang dilakukan. Wisata sejarah bisa jadi alternatif wisata baru yang kamu coba. Ada banyak sekali objek wisata sejarah di Jakarta yang unik dan menarik untuk dikunjungi.



Tak hanya menikmati kekayaan sejarah, beberapa diantaranya juga terintegrasi dengan wisata alam dan wisata kuliner loh.Tahukan kamu? sejarah panjang Kota Jakarta berawal dari pelabuhan Sunda Kelapa di bagian utara Jakarta. Jakarta sudah menjadi ibukota sejak era kolonial Belanda pada abad ke-16, saat itu bernama Batavia.

Berbagai zaman telah dilalui dan menyisakan nilai historis yang tersebar di seluruh Jakarta. Nilai historis tersebut dapat kita lihat dari bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak masa lalu. Beberapa bangunan bersejarah yang terkenal dan jadi ikon kota ini yaitu Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan masih banyak lagi.

Bangunan tua tersebut saat ini berkolaborasi dengan bangunan-bangunan modern yang terlihat unik. Jika kamu ingin menikmati wisata sejarah Jakarta lebih lama, kamu bisa menginap di Hotel Mercure Jakarta yang lokasinya sangat strategis. Sebelum berangkat, cek dulu rekomendasi objek wisata sejarah berikut ini ya!

Museum Sejarah Jakarta

Rekomendasi pertama adalah Museum Sejarah Jakarta atau biasa disebut Museum Fatahillah. Museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat. Bangunan museum ini awalnya digunakan sebagai gedung Balaikota yang dibangun pada masa pemerintahan VOC di Batavia.

Museum Fatahillah menyimpan koleksi mebel, perkakas rumah tangga, senjata, keramik, peta, dan buku-buku. Selain mempunyai koleksi benda bersejarah, arsitektur dan interior bangunan museum ini juga terlihat keren dengan gaya klasik. Cocok banget buat kamu yang mau berfoto dengan tema retro klasik, nih.

Museum Bahari

Rekomendasi kedua adalah Museum Bahari yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan No.1, Jakarta Utara. Pada awal pembangunannya, bangunan museum ini digunakan sebagai gudang untuk menyimpan, memilih, dan mengemas hasil bumi seperti rempah-rempah yang merupakan komoditas utama VOC.

Bangunan museum berdiri di samping muara Sungai Ciliwung. Museum Bahari menyimpan koleksi perahu tradisional berbagai bentuk dan ragam. Selain itu, terdapat miniatur kapal modern dan perlengkapan pelayaran. Terdapat juga koleksi peralatan pelaut seperti alat navigasi, jangkar, teropong, dan meriam.

Museum Bahari juga menampilkan koleksi spesimen biota laut, koleksi kartografi, matra TNI AL, dan maket Pulau Onrust. Selain kaya akan nilai sejarah, museum yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai lokasi foto prewed loh, dijamin hasilnya pasti keren dan memuaskan. Pelabuhan Sunda Kelapa

Rekomendasi selanjutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang dibangun pada tahun 1527. Pelabuhan Sunda Kelapa ini direncanakan menjadi kawasan wisata, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki luas daratan 760 hektar serta luas perairan kolam 16.470 hektar, terdiri atas dua pelabuhan utama dan pelabuhan Kalibaru.

Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki daya tarik bagi pecinta sejarah nih, sebab nilai sejarah di pelabuhan tersebut dapat dipelajari dan dinikmati melalui kegiatan perekonomian, perikanan, perdagangan, dan aktivitas lain di pelabuhan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana sunset yang menenangkan dari pelabuhan ini dan berswafoto dengan latar kapal pinisi yang keren dan megah.

Museum Wayang

Rekomendasi terakhir adalah Museum Wayang yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Museum ini menyimpan koleksi berbagai karakter dan lakon pewayangan dari berbagai daerah di Indonesia. Museum Wayang juga menampilkan koleksi wayang dan boneka dari beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, Rusia, Polandia, India, dan Kamboja.

Di sini kamu bisa belajar tentang sejarah pewayangan di Indonesia. Kita juga patut berbangga karena wayang Indonesia diakui sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata sejarah di Jakarta. Berwisata sejarah memang nggak akan cukup rasanya kalau hanya satu hari nih. Maka dari itu, kamu bisa berwisata sejarah sambil staycation di hotel terdekat. Kamu bisa mencari dan memesan hotel murah di Jakarta dengan fasilitas dan layanan terbaik melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Yuk agendakan wisata sejarah di liburan akhir tahun ini ya!


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »