Obyek Wisata Jembatan Suramadu dan Selat Madura

4/15/2016
Pulau Madura menjadi salah satu surga wisata yang ada di negeri ini. Sejak beberapa tahun terakhir ini Pulau Madura serius mengelola setiap destinasi wisata yang ada supaya bisa mendatangkan banyak wisatawan. Terbukti dengan adanya bermacam – macam objek wisata alam, wisata religi dan wisata budaya. Teman – teman pasti masih ingat dan sudah tahu akan Keindahan Pulau Gili Labak, bukan ?. Pulau Gili Labak merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Madura tepatnya di Kabupaten Sumenep. Keindahan pantai dan beningnya air laut Gili Labak menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang sudah banyak datang ke tempat ini.

Selain Gili Labak masih ada objek wisata lainnya seperti Gua Lebar, Air Terjun Toroan, Pantai Lombang, Bukit Kapur Putih Jaddih, Hutan Kera Nepa dan objek wisata alam lainnya. Beberapa objek wisata yang ada di Madura berhasil mendatangkan wisatawan dalam jumlah yang banyak. Apalagi teman – teman tidak perlu lagi kesulitan untuk bisa datang ke Madura, cukup dengan menyeberang melalui Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu sendiri selain berfungsi sebagai sarana penyeberangan dari pulau Jawa ke Madura juga bisa dijadikan sebagai objek wisata. Seperti yang pernah kita tulis dalam postingan sebelumnya, Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Hal ini tentu menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang mencoba langsung menyeberang melalui Jembatan Suramadu.


Para wisatawan menikmati indahnya Selat Madura dari atas jembatan, jika malam hari tiba suasana di jembatan semakin memukau karena lampu berwarna – warni yang ada menghiasi jembatan. Lalu bagaimana rasanya menikmati indahnya Selat Madura dan megahnya bangunan Jembatan Suramadu dari bagian bawah ?. Teman – teman pasti penasaran, beberapa waktu yang lalu kita dari Tim Gerbang Pulau Madura berkesempatan secara langsung melihat langsung bangunan jembatan dari arah bawah menggunakan perahu Cokroaminoto.

Wisata Suramadu, Wisata Baru di Bangkalan Madura


Sepertinya para pemerhati pariwisata di Madura begit antusias untuk mengembangkan secara profesional setiap tempat wisata yang ada di Madura. Terbukti dengan adanya jenis wisata baru yang ada di Madura baru – baru ini. Wisata Suramadu merupakan jenis wisata baru yang menawarkan kepada para wisatawan keindahan Selat Madura dan Jembatan Suramadu dari arah bawah. Wisata Suramadu ini akan membawa para wisatawan berlayar dengan perahu khusus yang telah di desain salah satu Profesor dari Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS ) bekerjasama dengan negara Prancis.
Perahu yang akan mengantarkan para wisatawan bekeliling selama kurang lebih satu jam ini adalah Perahu Cokroaminoto. Perahu ini bisa memuat hampir 20 orang penumpang dengan beberapa fasilitas yang disediakan seperti pelampung. Karena asih terbilang baru, Wisata Suramadu ini masih banyak membutuhkan beberapa ide maupun saran demi lebih bisa memberikan perasaaan nyaman kepada para wisatawan saat berlayar.

Namun, dengan adanya Wisata Suramadu ini menandakan bahwa Madura semakin terus berkembang pesat dalam bidang pariwisata. Memaksimalkan setiap objek wisata yang ada di pulau Garam tersebut. Sekarang para wisatawan yang datag tidak lagi bisa menikmati wisata alam dan wisata religi saja. Tapi pengalaman jenis wisata yang baru dengan sensasi perjalanan yang tidak lagi biasa dari sebelumnya.

Wisata Suramadu Menikmati Indahnya Selat Madura


Selat Madura merupakan salah satu selat yang ada di negeri ini. Selat ini yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura, meskipun tidak terlalu besar selat Madura memiliki pemandangan yang indah. Dengan adanya Jembatan Suramadu setiap wisatawan yang melewati jembatan bisa menikmati keindahan Selat Madura. Selain dari atsa jembatan kita juga bisa menikamti pemandangan Selat Madura dari arah bawah sambil melihat langsung bangunan Jembatan Suramadu.


Mendapat kesempatan berlayar dengan perahu kayu bersama teman – teman dari Polo Great Travel sangat menyenangkan. Tim Gerbang Pulau Madura, Polo Great Travel dan ASPRIM (Asosiasi Pariwisata Madura) bersama – sama menyeberang menyusuri Selat Madura. Perjalanan kita pada sore waktu itu dimulai dari Pelabuhan Timur Kamal. Sengaja berangkat pada waktu sore hari demi mendapatkan pengalaman melihat sunset dari bawah Jembatan Suramadu.

Polo Great Tour Travel yang berperan untuk memfasilitasi perjalanan paket wisata Suramadu sore itu. Dengan menaiki perahu Cokroaminoto wisatawan akan diajak berkeliling menuju bawah jembatan. Jarak dari Pelabuhan Timur Kamal menuju Jembatan Suramadu cukup jauh karena membutuhkan waktu berlayar selama kurang lebih 30 menit. Saat perjalanan kita begitu menikmati keseruan yang dirasakan pada waktu itu. Hembusan angin laut di sore hari, hempasan ombak laut yang mengantarkan perahu semakin lebih dekat dengan Jembatan Suramadu, meskipun sore itu cuaca sedikit mendung.

Dari atas perahu selama perjalanan para wisatawan juga bisa mengabadikan momen – momen seru fotografi dengan kamera handphone maupun kamera SLR. Ini pengalaman perdana Tim Gerbang Pulau Madura menaiki perahu menyusuri sebagian kecil Selat Madura dan melihat langsung Jembatan Suramadu dari arah bawah.

Sungguh, kita pun tidak bisa mnejelaskan lebih detail lagi keindahan sore hari itu yang ditawarkan. Kurang beberapa meter dari bawah jembatan para wisatawan begitu antusias untuk bisa lebih dekat lagi. Semua yang ada di atas perahu merasa sangat takjub dengan keeksotisan senja sore itu dilihat dari celah – celah bawah jembatan. Perjalanan sore itu berakhir dengan kepuasan semua wisatawan yang mengikuti, Wisata Suramadu dan Selat Madura menjadi pilihan destinasi wisata baru yang patut untuk teman – teman coba bila berkunjung ke Bangkalan - Madura.

Video Dokumentasi Wisata Jembatan Suramadu


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
18 April 2016 20.26 delete

mantap min ..akhirnya rilis juga. Oh iya namanya kapalnya yang benar HOS TJOKROAMINOTO bukan Cokroaminoto--sesuai yang terpahat di body kapalnya. Btw edit videonya pake aplikasi apa? punyaku belum di edit nih

Reply
avatar