Galeri Andhap Asor Sajian Foto Sejarah Kabupaten Sumenep

12/04/2018
Di zaman sekarang melestarikan budaya leluhur yang telah ada berabad-abad merupakan tantangan tersendiri. Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang sangat kental dengan kebudayaannya. Sampai saat ini, Keraton Sumenep masih menyimpan begitu banyak benda-benda peninggalan zaman kerajaan, baik di Museum maupun singgasana keraton itu sendiri.

Apresiasi ini tidak hanya sekedar pelestarian saja Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PRKPCK) membangun sebuah Galeri Andhap Asor di Pendopo Agung. Didalam galeri tersebut terpampang foto Sejarah Sumenep dan Berbagai Potensi Alam, Kesenian dan Budaya Khas Kabupaten Sumenep.

Kami dari Gerbang Pulau Madura berkesempatan untuk berkunjung ke Galeri Andhap Asor, melihat berbagai foto didalamnya serta mengabadikan keadaan disana dalam tulisan ini agar dibaca dan menggugah para Traveler untuk datang ke Galeri tersebut.


Galeri Andhap Asor Menyimpan Sejarah Sumenep


Galeri Andhap Asor ini dibangun di lingkungan Keraton Sumenep, sehingga para pengunjung yang datang ke lingkungan Keraton tidak hanya bisa melihat peninggalan raja-raja seperti Kereta kencana, benda pusaka, tempa pemandian puti raja atau Taman Sare. Melainkan juga bisa mengetahui sejarah para Raja Sumenep melalui foto-foto yang berada di dalam galeri dan sejarah tentang Sumenep.

Gedung Andhap Asor sendiri diresmikan oleh Bupati Sumenep yaitu Dr. KH. A. Busyro Karim M.si, pada hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-749, (31/10/18) kemarin. Gedung Andhap Asor disediakan sebagai gedung kesenian fotografi, yang menampilkan beberapa potret sejarah dan peninggalan keraton.  


Menurut Bupati Sumenep Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si , berbicara Sumenep memang sangat menarik, karena selain memiliki 126 Pulau yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni, Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki kekayaan alam dan potensi wisata yang sangat luar biasa.
Wisata yang dimiliki Kabupaten Sumenep ini, meliputi Wisata Religi, Wisata Alam dan Wisata Bahari. Bahkan, salah satu destinasi wisata Kabupaten Sumenep menjadi ikon Indonesia yakni wisata Kesehatan dengan memiliki kadar oksigen 20 persen lebih yang terletak di pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek.

Oleh karenanya pembangunan infrastruktur dan promosi terhadap sejumlah obyek wisata mulai dilakukan Pemerinath Daerah Kabupaten Sumenep, hal itu bertujuan untuk menarik minat para wisatawan baik dari wisata nusantara maupun mancanegara.


Sementara, Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya, Bambang Irianto menyebut pembangunan Galeri Andhap Asor sebagai bentuk dukungan menyukseskan program Kunjungan Wisata atau Visit Sumenep. Sebab galeri itu diinginkan menjadi salah satu objek wisata di lingkungan Keraton.

Bangunan Gedung Andhap Asor sendiri memiliki ciri bangunan yang sudah modern dengan cat warna putih. Terdapat ukiran di samping pintu yang terbuat dari kayu dengan warna coklat. Didalamnya terdapat cerita dalam bentuk foto seperti awal kedatangan leluhur, asal-mula kota Sumenep, silsilah para Adipati dan Bupati Sumenep, budaya dan tradisi masyarakat Sumenep. 

Sekarang, kalau teman-teman berencana untuk pergi ke Kabupaten Sumenep jangan sampai melewatkan untuk datang mengunjungi Galeri Andhap Asor ini. Kalian akan lebih tahu lagi mengenai sejarah Sumenep lewat foto yang ada didalamnya.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »