Tips Merencanakan Liburan Tahun Baru Dengan Mudah dan Murah

12/20/2016
Tahun baru, hampir semua orang begitu antusias untuk menyambut dan merayakannya. Momen yang hanya sekali setahun ini memang menjadi momen berharga dimana semua orang mengharapkan merayakannya secara spesial di suatu tempat. Namun, tidak semua orang bisa merencanakan momen liburan tahun baru dengan baik.

Alih-alih lancar dan menyenangkan, liburan tahun baru bisa-bisa menjadi liburan yang menyebalkan karena persiapan yang kurang matang. Apalagi jika pada acara liburan tahun baru tersebut Anda mengajak serta keluarga atau teman-teman yang jumlahnya tak sedikit. Sebagai antisipasi agar liburan tahun baru tetap menyenangkan sesuai harapan, ada baiknya apabila Anda membuat catatan mengenai apa saja yang mungkin diperlukan untuk merealisasikan liburan nanti.


Mulai dari hal paling utama hingga hal yang paling kecil yang mungkin sering Anda lupakan, namun justru juga penting. Nah, untuk memaksimalkan momen liburan agar menjadi momen yang berkualitas, maka tips-tips kali ini diharapkan dapat membantu. Berikut adalah tips merencanakan liburan tahun baru dengan mudah dan murah.

1. Menentukan Moda transportasi yang Hemat Waktu

Momen tahun baruan sudah pasti dinantikan banyak orang. Oleh karena itu, Anda tidak hanya perlu memastikan dari jauh-jauh hari akan merayakan tahun baruan nati di mana, tapi juga menentukan moda transportasi apa yang nanti digunakan.

Mengingat waktu liburan tahun baru pada umumnya hanya sebentar, bagi Anda yang berencana liburan ke tempat yang cukup jauh, maka akan lebih baik jika Anda memilih moda transportasi yang bisa menghemat waktu perjalanan, seperti pesawat, sehingga waktu liburan tidak habis untuk perjalanan saja.


Cara mudah dan murah untuk membeli tiket pesawat pun bisa Anda lakukan, contohnya seperti membeli tiket pesawat dari maskapai yang terkenal memiliki tarif rendah, seperti airasia. Maskapai tersebut termasuk salah satu maskapai yang recommended dan sering digunakan para traveler, selain karena harga tiketnya yang lebih hemat, airasia juga punya banyak pilihan destinasi. Jika ingin mengetahui apakah destinasi Anda termasuk dalam rute destinasi airasia atau tidak, Anda bisa klik di sini untuk mengeceknya.

2. Menentukan Kapan Waktu yang Baik Untuk Membeli Tiket

Bagi Anda yang berencanakan pergi berlibur menggunakan moda transportasi pesawat, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menentukan kapan waktu yang baik untuk membeli tiket. Para traveler sepakat bahwa tiket pesawat biasanya jauh lebih murah ketika jauh dari peak season. Dan, waktu yang paling baik, yaitu 6 atau 8 minggu sebelumnya. Hal ini juga berguna untuk menghindari kemungkinan Anda kehabisan tiket.


3. Memilih Tempat Wisata

Pemilihan tempat wisata sebaiknya dipikirkan baik-baik dan disesuaikan dengan bersama siapa Anda akan pergi. Jika Anda berencana pergi bersama teman-teman, mungkin Anda bisa lebih leluasa memilih tempat wisata. Berbeda jika Anda pergi bersama keluarga dan anak-anak, maka tempat wisata pun harus yang jauh lebih ramah anak.


4. Memilih Paket Pesawat dan Hotel

Tips jitu yang mungkin jarang terpikirkan adalah, Anda bisa menekan biaya liburan dengan memesan paket tiket pesawat dan hotel. Saat ini, banyak juga maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan pihak hotel. Para traveler juga banyak yang sudah menerapkan cara ini dan terbukti efektif untuk menekan biaya yang cukup banyak, bahkan bisa menghemat beberapa juta.

5. Menyiapkan Dana Berlibur Dari Jauh-Jauh Hari

Tips berikutnya adalah dengan mempersiapkan dana berlibur dari jauh-jauh hari. Entah Anda berniat berlibur dengan sederhana ataupun mewah, Anda tetap butuh mempersiapkan dananya. Maka dari itu, mulailah sisihkan dana sedikit demi sedikit untuk mencukupi rencana liburan Anda supaya Anda bisa mendapatkan liburan tahun baru yang berkualitas.

6. Memanfaatkan Jasa One Day Tour

Meskipun tujuan utamanya adalah merayakan malam tahun baru, namun Anda pasti tidak begitu saja ingin melewatkan keesokan harinya tanpa berjalan-jalan, bukan? Nah, oleh karena itu, Anda perlu bijak dalam memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk menjangkau satu objek wisata ke objek wisata lainnya.

Untuk memaksimalkan liburan tahun baru yang mudah dan murah, Anda bisa memanfaatkan paket wisata di destinasi tujuan liburan. Menggunakan paket tur bisa lebih memangkas biaya dibandingkan Anda pergi sendirian menggunakan transportasi umum untuk menjangkau setiap objek wisata.

Selain itu, biaya masuk yang diterapkan di setiap objek wisata juga biasanya menjadi lebih murah jika Anda termasuk ke dalam rombongan wisatawan. Dan, tentunya dengan memanfaatkan paket tur, Anda bisa duduk santai tanpa harus repot membawa peta dan bertanya-tanya pada warga setempat untuk bisa sampai ke objek wisata yang dituju.


7. Memanfaatkan Kartu Mahasiswa

Pernah terpikirkan bagaimana Anda bisa menghemat biaya untuk masuk ke objek wisata di kota lain ataupun di luar negeri? Para traveler banyak yang sudah mencoba cara ampuh yang satu ini, yaitu dengan meminjam kartu mahasiswa setempat. Menggunakan kartu mahasiswa biasanya menjadi cara andalan untuk mendapatkan harga diskon. Tak tanggung-tanggung, di beberapa tempat jika Anda menunjukkan kartu mahasiswa, Anda bisa saja mendapat diskon hingga 50%.


8. Membawa Barang-barang Seperlunya

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat Anda berlibur ke suatu tempat, Anda pasti tak bisa menahan diri untuk berbelanja, entah untuk diri sendiri ataupun berbelanja souvenir. Namun, Anda perlu bijak juga dalam membawa banyak barang, terutama jika Anda bepergian menggunakan pesawat.

Pesawat memiliki batas maksimal bagasi, sehingga jika Anda terlalu banyak membawa barang, bukannya hemat Anda justru bisa saja membuat ‘kantong Anda bolong’ karena harus membayar ruang bagasi untuk kelebihan beban yang Anda bawa. Maka dari itu, pikirkan juga barang penting apa saja yang sangat perlu dibawa dan mana yang tidak terlalu penting, supaya Anda tetap bisa puas berbelanja di tempat Anda berlibur.


Itulah beberapa tips merencanakan liburan tahun baru dengan mudah dan murah. Semoga Anda bisa merealisasikan liburan tahun baru yang menyenangkan dan berkualitas, serta hemat tentunya. Selamat merencanakan liburan, traveler.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »