Wisata Kuliner Cake Khas Kabupaten Sumenep

4/25/2019
Ketika sedang malas masak di rumah biasanya teman-teman pasti memilih untuk membeli makanan di luar, baik di warung maupun restoran. Kebiasaan tersebut juga kami lakukan saat sedang pergi liputan, contohnya saja saat kami sedang berkunjung ke ujung timur Pulau Madura yakni Kabupaten Sumenep.

Seperti biasa, para Tim ingin wisata kuliner yang khas dan belum pernah dicoba sebelumnya. Sampai akhirnya salah satu teman dari Sumenep dengan baik hati mengantarkan kami ke salah satu restoran yang memiliki menu unik dan sangat terkenal di Sumenep. Waktu itu kami berkesempatan mencoba Cap Jay khas dari Sumenep.

Iya, ternyata Sumenep punya kuliner yang kami bilang mirip dengan Cap Jay namanya Cake (dibaca sesuai ejaan ya). Menurut informasi yang saya peroleh Cake ini adalah salah satu makanan favorit masyarakat Sumenep dan sering dijadikan hidangan di acara pernikahan, lho. Wah, beruntung sekali saya dan suami bisa menikmati Cake tanpa tunggu undangan pernikahan dulu, hehehe.


Menikmati Cake Kuliner Sumenep yang Unik


Sore itu kami Tim Gerbang Pulau Madura memesan dua porsi Cake dan tidak membutuhkan waktu lama, Cake pun hadir dihadapin kami dan siap untuk dinikmati. Cake atau ada yang menyebutnya Nasi Pae, sepintas makanan ini mirip dengan cap cay makahan khas negeri Tiongkok. Namun sebenarnya kalau diperhatikan lagi tidak sama persis sih.

Ternyata makanan khas Sumenap ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dahulu Cake hanya dihadirkan pada saat-saat penting saja misalnya pernikahan atau acara Maulidan. Dan konon hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati sajian lezat ini. Wow, sampai begitu favorit dan istimewanya ya si Cake ini.

Cake terdiri dari irisan kentang yang sudah digoreng, bakwan udang, kacang polong, brokoli, seledri, irisan ayam kampung dan daging yang dipotong segi empat menyerupai dadu. Semua bahan di atas kemudian disiram kuah santan yang gurih dan sedikit asam. Bagi teman-teman yang suka pedas jangan khawatir, Cake akan ditambahkan cabai rebus yang harus kita giling dulu kalau ingin mencicipinya.

Hidangan ini sangat pas apabila menyantapnya ditambahkan dengan lontong, jadi mirip lontong sayur namun dengan rasa yang berbeda. Rasanya gurih, nikmat, ada sedikit manis dan disisi lain ketika mencicipi potongan itu berubah jadi gurih renyah dan bikin ketagihan. Semua kelezatan ini hanya membutuhkan Rp. 17.500 saja per piring, jadi jangan sampai terlewatkan kalau teman-teman ke Sumenep untuk mencicipi hidangan yang gurih ini.


Ada berbagai tempat wisata yang tidak boleh dilupakan bagi para wisatawan jika kebetulan sedang berkunjung ke kota Sumekar. Selain Profil kotanya yang sangat luar biasa, teman-teman bisa menikmati keindahan panorama yang tiada tara. Baik keindahan pemandangan, maupun fasilitas wisata yang dipersiapkan.

Kabupaten Sumenep bukan hanya terkenal dan kaya dengan keindahan wisata alam dan budayanya. Wisata kulinernya pun juga tidak kalah menariknya, seperti kuliner Rujak Selingkuh dan ada juga makanan tradisional masyarakat Sumenep yakni Gettas. Untuk kuliner tradisional Sumenep yang terbilang langka juga bisa coba Kue Olet, lho.

Kalau teman-teman dari luar Pulau Madura sedang berencana pergi ke Sumenep, sekarang sudah bisa cek info bus & travel Surabaya Denpasar terbaru. Seperti yang kita ketahui bersama kalau Kabupaten Sumenep terletak diujung timur Pulau Madura. Dan untuk bisa sampai ke Sumenep salah satu caranya bisa melalui jalur darat yang pastinya sangat seru.

Mulai dari menggunakan angkutan umum seperti bus, atau juga dengan menggunakan transportasi pribadi seperti mobil maupun sepeda motor. Akses jalur darat menuju Kabupaten Sumenep juga terbagi dua, melalui arah timur Kabupaten Bangkalan atau teman-teman juga bisa melintasi jalur Pantura.

Untuk teman-teman yang penasaran dengan alam Pulau Madura terutama pantai, kami sarankan untuk melintas melalui jalur Pantura. Perjalanan dari Bangkalan ke Sumenep membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Pergi wisata ke Madura sudah tidak sulit lagi, ada banyak tranportasi umum yang disediakan. Yuk, ke Madura dan selamat berwisata kuliner Cake.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »