Kue Olet, Kuliner Tradisional Langka Khas Kabupaten Sumenep

8/14/2016
Pulau Madura khususnya Kabupaten Sumenep mempunyai keragaman makanan tradisional. Baik itu makanan utama maupun makanan ringan atau snack. Bahan-bahannya juga beragam, ada yang terbuat dari beras, ketan, atau singkong. Jadi, teman-teman tidak perlu heran kalau ternyata Madura sangat kaya dengan bermacam jenis kulinernya.

Salah satu kuliner yang khas dari Sumenep adalah makanan ringan Kue Olet. Makanan yang berasal dari wilayah kecamatan Lenteng ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dipadatkan (biasanya di tampah). Kemudian pada bagian atasnya ditaburi ketan hitam, sebagai topping. Kalau di Kabupaten Bangkalan sendiri Olet ini tidak jauh berbeda dengan Lopes.


Untuk penyajiannya makanan khas Olet ini diiris atau dipotong sesuai selera, ditata di piring lalu ditambahkan parutan kelapa diatasnya. Setelah itu disiram tangguli secukupnya. Tangguli sendiri adalah olahan gula aren yang belum jadi.

Lalu kira-kira rasanya seperti apa ya? Dengan penyajian seperti lopes rasanya perpaduan antara gurih dan manis yang menyertai kenyalnya Olet singkong. Manisnya tangguli juga agak beda dengan manisnya larutan gula merah atau gula aren. Karena masih ada aroma dan sensasi aren yang kuat. Jadi rasanya unik sangat unik sekali.

Makanan ini murah meriah. Teman-teman bisa membelinya dengan harga 1000 rupiah, 2000 rupiah atau berapa saja sesuai kebutuhan. Kalau untuk satu orang saja 1000 rupiah sudah cukup sekali. Teman-teman juga bisa membeli dalam porsi yang lebih banyak misal 5000 rupiah dan bisa disantap ramai-ramai. Penjual Olet ini biasanya membungkus Olet terpisah dengan tanggulinya.


Sayangnya olet ini tidak banyak yang menjualnya, apalagi di Kota Sumenep. Jarang sekali menemukan penjual Olet. Kadang pagi-pagi di pasar sekitar Masjid Agung bisa kita temukan penjual Olet, kadang di Pasar Minggu. Namun yang pasti ada di Pasar Lenteng pada hari Minggu. Itu pun pagi sebelum jam 10. Selain hari itu belum tentu ada dan memang jarang yang menjual Olet.

Oleh karena itu jenis makanan khas yang satu ini memang bisa dikatakan sudah langka. Jika kita sedang beruntung maka teman-teman bisa menyantap Kuliner Khas Sumenep Kue Olet ini. Penasaran mau mencobanya? sudah tahu kan harus kemana?.
Pengirim Tulisan: Dian Ekawati Suryaman

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »