Fasilitas dan Lokasi Alun Alun Trunojoyo di Kabupaten Sampang

1/11/2023

Ada yang baru saat kamu berkunjung ke Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Sampang. Jadi, baru saja Pemerintah Kabupaten Sampang selesai merampungkan pembangunan alun-alun kota yang digadang-gadang menjadi ikon baru di Kabupaten Sampang. Namanya Alun-alun Trunojoyo, wah menarik ya?

Akhirnya wisata alun-alun Trunojoyo di Kabupaten Sampang akhirnya resmi dibuka untuk umum pada hari Jum’at (23/12/2022) kemarin oleh Bapak Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi. Acara peresmian alun-alun bertepatan dengan Hari Jadi ke-399 Kabupaten Sampang dengan tema "Pemulihan Ekonomi Dan Pembangunan Berkelanjutan, Didukung Sumber Daya Manusia Yang Berbudaya".

Nama Trunojoyo dipilih bukan tanpa alasan, Trunojoyo merupakan nama salah satu tokoh penting atau bisa dibilang pahlawan bagi masyarakat Madura. Nah, pada tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Sampang berinisiatif agar nama Trunojoyo bisa lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sehingga dibangunlah alun-alaun Trunojoyo yang berada tepat di tengah kota Sampang ini. 

Menikmati Wisata Alun-Alun Trunojoyo di Kabupaten Sampang

Sama seperti dengan alun-alun yang ada di Kota atau Kabupaten lainnya, alun-alun di Kota Sampang juga ditujukan untuk menjadi sarana fasilitas umum yang bisa dipakai oleh semua masyarakat Sampang maupun orang-orang yang sedang berkunjung ke kota kecil ini. Apalagi saat ini memang lagi ramainya jenis wisata alun-alun yang nyaman dipakai untuk “ngumpul”.

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah memang ada apa saja di Alun Alun Trunojoyo? Ada beberapa fasilitas yang ada sekaligus sebagai bentuk inovasi dan kreatifitas Kabupaten Sampang, seperti :

1. Ruang terbuka hijau

2. Area bermain air mancur

3. Area tempat duduk

4. Ada tiga pasang patung kerapan sapi beserta jokinya, sekilas mirip dengan patung kerapan sapi yang berada di pintung gerbang Pelabuhan Kamal Bangkalan. Dibuat mirip dengan sapi aslinya, mulai dari bentuk lekuk tubuh, otot tubuh, dan posisi tubuhnya. Sehingga jika dilihat panting ini seperti hidup.

5. Patung clurit bunto’ ajem atau patung clurit ekor ayam.

6. Tiga payung konvertibel yang terbuat dari perunggu letaknya berada di pinggir alun-alun. Payung ini bisa dibuka dan ditutup secara otomatis sama persisi seperti yang ada di Kota Madinah.

7. Toilet umum

8. Ruang kosong untuak arena kreatif yang bisa digunakan masyarakat yang berkunjung.

Untuk bisa masuk dan menikmati semua area faslitis yang ada di alun-alun Trunojoyo ini gratis alias tidak dipungut biaya. Selain itu, di sekitar alun-alun juga ramai pedagang makanan dan minuman yang berjualan. Jadi, jika teman-teman sedang berkunjung ke alun-alun di san atidak perlu khawatir soal makanan dan minuman.

Apalagi letak alun-alun yang berada di tengah kota memudahkan teman-teman untuk bisa menemukan fasilitas umum yang ada di Kabupaten Sampang mulai dari Pom Bensin, Masjid, sampai tempat makan seperti Bebek Songkem Pak Salim, Kaldu Kokot Sampang, dan masih banyak lagi tempat kuliner di Kabupaten ini.

Monumen Kerapan Sapi

Transportasi Menuju Alun-Alun Trunojoyo Kabupaten Sampang

Bagi masyarakat kota sampang sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata alun Alun Trunojoyo di Sampang. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Sampang yang ingin berkunjung transportasi menuju Kabupaten Sampang itu cukup mudah.

Beberapa sarana transportasi apa yang bisa teman-teman gunakan untuk berwisata ke Wisata Alun-Alun Trunojoyo di Sampang seperti : Mobil atau motor pribadi. Teman-teman bisa meminta panduan arah ke alun-alun Trunojoyo Sampang di Google Maps yang terpasang di smartphone atau perangkat gadget kalian. 

Payung Konvertibel

Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum. Akan tetapi jika teman-teman menggunakan kendaraan umum seperti bis umum atau angkutan lainnya juga mudah saja, teman-teman bisa berhenti di terminal bus kota Sampang atau kalau memungkinkan bisa turun di pinggir jalan kota Sampang. 

Setelah itu bisa melanjutkan dengan menggunakan ojek maupun ujek online menuju lokasi Wisata Alun-Alun Trunojoyo Sampang. Tennag saja, jaraknya tidak terlalu jauh karena luas Kota Sampang tidak terlalu luas sehingga memungkinkan teman-teman bisa dating ke setiap sudut kota tanpa harus memikirkan jarak yang jauh.


Saran dan Tips 

Saat berkunjung pastikan teman-teman sudah membawa barang-barang kebutuhan, tidak perlu terlalu banyak cukup yang penting dan digunakan saja. Salah satunya kamera atau mungkin bisa diganti dengan kamera smartphone. Karena pasti teman-teman akan mengabadikan momen-momen indah dan menarik selama berkunjung di alun-alun Trunojoyo.


Penutup

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan selama berkunjung menikmati wisata alun-alun yang baru dibangun ini. Kalau tidak bisa menjaga setidaknya tidak menyumbang kotoran apalagi kerusakan. Tetap menjaga adab sopan santun sehingga semua pengunjung yang datang sama-sama merasa nyaman juga aman.




Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »