Servis Motor Rasa Baru? Jangan Lewatkan 3 Ceklist Ini!

9/19/2023
Melakukan servis motor adalah kewajiban bagi pengguna sepeda motor. Tujuannya tidak lain supaya motor tetap awet dan enak saat digunakan. Terlebih lagi jika motornya sering dipakai untuk perjalanan jauh tentunya wajib diservis rutin dan berkala. Memang kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis motor?

Servis motor perlu dilakukan dilihat dari waktu penggunaan dan angka di speedometer, biasanya 2-3 bulan sekali. Mungkin pernah mendengar bahwa servis motor itu harus dilakukan setiap 2.000 kilometer. Namun itu berlaku untuk motor keluaran lama, sementara sepeda motor model terbaru sudah dibekali mesin canggih yang servisnya bisa dilakukan per 4.000 kilometer.

Nah, bagi kamu yang belum pernah atau jarang servis motor ke bengkel berikut ini ada tiga poin penting yang sebaiknya kamu lakukan di bengkel tentunya dengan bantuan mekanik ya.



Ganti oli

Ganti oli merupakan hal yang wajib dilakukan setiap bulan agar mesin berjalan dengan baik dan terbebas dari gangguan. Selain itu, karena fungsinya sebagai pelumas, jadi oli berfungsi melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air. Selain itu, oli juga dapat melindungi mesin agar tidak mudah berkarat. Jenis oli yang digunakan pun tidak bisa sembarangan.

Karena itu, disarankan agar kamu konsultasikan dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat dengan tipe motormu. Bukan hanya itu, kamu juga tidak dianjurkan untuk gonta-ganti merk dan jenis oli. Mengapa? Karena hal tersebut sangat berisiko merusak mesin motor kamu lho. Jadi, pastikan kamu menggunakan merk dan jenis oli yang sama sejak awal.

Servis tune up

Selain ganti oli motor matic, servis tune up juga harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui kondisi motormu.Biaya ini terbilang cukup murah kok, yaitu sekitar Rp75 ribu. Eits, tapi biaya itu hanya untuk periksa aja ya. Jadi ini belum termasuk kalau ada perbaikan atau penggantian spare part.

Akan tetapi, servis tune up ini umumnya paketan lho. Berikut ini ceklist yang biasa dilakukan oleh mekanik saat melakukan servis tune up, seperti :

• Mengecek tekanan ban.
• Mengecek kondisi atau tegangan rantai.
• Karburator dan radiator dibersihkan.
• Mengecek alat ECU dan area CVT.
• Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), flasher sen dan klakson.
• Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan.

Kampas rem

Rem merupakan salah satu spare part yang harus selalu kamu pantau kualitasnya setiap bulan. Kebayang tidak kalau kamu mengendarai kendaraan tapi remnya tidak pakem? Duh, bisa ketar-ketir sendiri di jalan karena takut menabrak sesuatu. Karena itu disarankan agar kamu rutin mengganti kampas rem setiap bulannya.

Lagipula, biaya servis motor untuk spare part yang ini tidak mahal kok bila dibandingkan dengan prioritas keselamatan kamu di jalan. Jadi pastikan kondisi rem motormu selalu oke karena ini bagian terpenting.

Bengkel Motor Kualitas Baik Selalu Harga Mahal?


Nah, setelah kamu tahu apa saja sih hal penting yang biasa dilakukan saat proses servis, sekarang pertanyaan selanjutnya ialah gimana cara pilih bengkel motor yang memiliki kualitas baik tapi memberikan harga servis yang tidak mahal? Daripada bingung, mending kamu cek di Planet Ban, deh!

Di Planet Ban sudah dikenal dengan pelayanan service yang oke, servis motor disana motor rasa baru. Jika kamu service di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Soal biaya service motor di Planet Ban tidak perlu takut mahal karena kamu bisa mendapatkan servis motor terbaik dengan harga yang terjangkau.

Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Nah, sekarang kamu tahukan sepenting apa rutin service motor itu. Jadi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 Komentar

Write Komentar
13 Oktober 2023 pukul 18.23 delete

Sudah beberapa kali servis di Planet Ban dan selalu puas sama hasilnya.

Reply
avatar
13 Oktober 2023 pukul 18.38 delete

Mantap, Gan. Palnet Ban pelayanan dan harganya memang cocok banget.

Reply
avatar
13 Oktober 2023 pukul 18.41 delete

Rutin servis motor memang bikin motor awet, apalagi kalau servisnya di bengkel yang terpercaya.

Reply
avatar
13 Oktober 2023 pukul 18.43 delete

setidaknya rutin ganti oli itu sudah bagus kok kalau mau motor kita awet.

Reply
avatar
13 Oktober 2023 pukul 18.45 delete

Sayang banget planet ban di tempat saya jauh, coba dekat bisa servis di sana.

Reply
avatar