Cara Mengatasi Mabuk Laut saat Berlayar dengan Perahu

12/02/2016
Salah satu syarat penting untuk bisa nyaman menikmati liburan adalah tubuh yang sehat dan kodisi prima. Kalau tubuh sedang tidak fit sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan wisata. Teman-teman pasti sering mendengar istilah mabuk laut maupun mabuk darat bukan ? Atau jangan-jangan pernah merasakannya langsung ?.

Bisa ditebak pasti rasanya tidak enak dan sangat mengganggu kenyamanan saat sedang liburan. Terutama jika teman-teman sedang melakukan perjalanan liburan dengan menyeberang laut dan itu membutuhkan waktu beberapa jam. Salah satunya saat teman-teman berencana berlibur ke kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep Madura, seperti ke Gili Labak dan Gili Iyang.



Berikut adalah beberapa tips sederhana dari tim Gerbang Pulau Madura untuk teman-teman yang mudah sekali terkena mabuk laut saat sedang menyeberang.

1. Makan Sesuai Porsi dan Tidak Berlebihan

Perlu teman-teman ketahui bahwa gelombang laut yang dihasilkan oleh ombak dan angin seringkali menjadi alasan seseorang mabuk laut. Hal itu otomatis membuat perut kita merasa tidak nyaman dan ingin muntah. Terlebih jika sebelum menyeberang teman-teman baru saja makan dengan porsi yang berlebihan sehingga semakin membuat perut kita terasa begah.

2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Percaya atau tidak, minuman bersoda yang diminum sesaat sebelum teman-teman akan menyeberang akan membuat perut semakin terasa mual. Goncangan yang terjadi pada perahu membuat perut juga bergoncang dan membuat minuman soda yang baru diminum keluar melalui cara yang tidak enak. Oleh karena itu, jika teman-teman ingin menyeberang laut disarankan untuk tidak minum minuman bersoda sebelumnya.

3. Istirahat Cukup

Salah satu faktor yang membuat tubuh kita semakin terasa fit saat melakukan perjalanan adalah dengan istirahat yang cukup. Sebelum berangkat temna-teman bisa tidur selama 2 – 3 jam untuk mengumpulkan tenaga agar tidak mudah terkena mabuk laut.

4. Jangan Lupa Minum Obat Anti Mabuk

Selalu memnyediakan kotak obat di dalam tas selama melakukan perjalanan liburang merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah obat anti mabuk yang biasanya banyak dicari, maklum saja mabuk laut memang bisa terjadi kepada siapa saja tidak tekecuali dengan anak kecil lho.

5. Jika Terasa Pusing Coba Lihat Laut

Saat teman-teman sudah mulai merasa pusing, mual dan sebagainya coba arahkan pandangan teman-teman untuk melihat laut. Hal ini cukup membantu mengurangi rasa pusing dan mual yang sedang kalian rasakan.

6. Jangan Pilih Tempat Duduk yang Penuh

Pemilihan tempat duduk juga bisa memberikan pengaruh pada tubuh untuk tidak mabuk laut. Disarankan agar teman-teman tidak memilih tempat duduk yang penuh dan pengap, untuk menghindari rasa mual dan pusing yang semakin menjadi. Namun, jika ternyata teman-teman mendapatkan tempat duduk yang penuh dan pengap biasakan untuk tetap tenang dan atur nafas supaya perut tidak kembali mual.

Mungkin itu saja beberapa tips sederhana namun cukup penting untuk diterapkan saat teman-teman akan melakukan perjalanan menyeberang laut. Terkena mabuk laut itu memang tidak enak dan sangat mengganggu sekali dengan semua kegiatan liburan kita. Jadi, sebelum berangkat bepergian ada baiknya teman-teman mempersiapkan stamina dan tubuh yang fit untuk menghidaari terkena mabuk laut ya.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »