Wisata Kuliner Campor Lorjuk Khas Kabupaten Pamekasan

12/28/2016
Berkunjung ke Kabupaten Pamekasan rasanya kurang lengkap jika teman-teman tidak mencoba wisata kuliner yang ada disana. Salah satunya adalah Kuliner Campor Lorjuk yang katanya hanya ada di Kabupaten Pamekasan saja tepatnya di Kecamatan Pademawu. Buat kalian yang asli berasal dari Pamekasan pasti tidak heran dengan kuliner yang satu ini bukan ?.

Tapi sebelum kami menjelaskan apa itu Campor Lorjuk ? seperti apa bentuknya dan bagimana rasanya, sekarang teman-teman harus tahu apa itu Lorjuk ?. Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura.


Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa teman-teman temukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai. Untuk bisa mendapatkan kerang bambu bukanlah pekerjan yang mudah, Kenapa ? karena butuh kesabaran, kejelian dan keahlian juga.

Campor Lorjuk sendiri kalau dilihat sekilas seperti Soto, tapi kali ini sotonya berbahan Lorjuk. Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto’) yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan tidak lupa diberi taburan Lorjuk yang sudah dimasak dibagian atasnya sebagai topping.
Kuah gurih dari Campor Lorjuk sendiri semakin khas dengan campuran petis yang juga terbuat dari kerang bambu. Petis Lorjuk sendiri cukup terkenal di tengah-tengah masyarakat Madura, rasanya yang asin dan gurih sempurna. Panganan yang satu ini biasa disediakan jika ada tamu penting yang datang karena dirasa sangat spesial.

Harga Campor Lorjuk


Ada satu rahasia yang membuat kuah Campor Lorjuk ini terasa sangat berbeda dengan kuah lainnya. Yakni air rebusan kerang bambu ( kerang kuku ) yang membuat perbedaan rasa antara soto- soto biasa dengan campor lorjuk. Setelah lorjuk sudah dipastikan bersih secara keseluruhan, kemudian direbus lagi dengan air rebusan tadi.
Untuk menambah cita rasa, lalu dicampur bersama dengan racikan bumbu lengkap secukupnya, yang terdiri dari bawang merah, cabe merah, merica, bawang putih, pala, jahe dan juga garam. Menurut penjelasan dari salah satu penjualnya, Campor Lorjuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

Harga satu porsi Campor Lorjuk ini berkisar Rp. 5.000,- sampai Rp. 7.000,- sangat murah dan terjangkau. Kami merekomendasikan panganan ini untuk teman-teman pecinta kuliner terutama kuliner dengan rasa gurih yang juara. Penasaran ? segera datang ke Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dan nikmati langsung rasa gurih dari Campor Lorjuk ini ya.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »