Wisata Taman Adipura Sumenep

2/01/2015
Jika TreTan berkunjung ke Kota Sumenep, pastikan tidak melewatkan kesempatan menyambangi Taman Adipura. Selain sebagai ikon kabupaten paling timur di Madura, taman ini juga mudah di kunjungi karena berada di jantung Kota Sumenep.

Tiap hari di tempat ini selalu ramai pengunjung. Keberadaannya di pusat kota menjadi tempat yang pas untuk melepaskan lelah dari hiruk-pikuk kota. Ia menjadi taman rekreasi dengan konsep ruang terbuka hijau. Banyak pohon rindang yang akan menyegarkan suasana. Di situ juga tersedia kursi taman yang bisa dijadikan tempat bercengkerama bersama orang terdekat.

Taman Adipura akan terlihat lebih semarak saat malam menjelang, terutama malam Minggu. Pada malam-malam tersebut banyak pengunjung yang menikmati indahnya pemandangan lampu yang menghiasi taman, juga permainan yang disediakan. Bagi TreTan yang membawa anak kecil, di situ banyak disediakan arena permainan, semisal odong-odong, sepeda motor mungil, dll. Tinggal membayar sejumlah uang, anak-anak TreTan sudah bisa menikmati permainan tersebut.

Bagi penyuka kuliner, jangan khawatir, di situ banyak sekali orang jualan. Ada rujak, jagung rebus, es buah, es kacang hijau, soto, nasi, campor dan banyak lagi. Stand pedagang kaki lima ini mengelilingi tepi Taman Adipura.

Wisata Taman Adipura Kabupaten Sumenep - Madura - Jawa Timur
Taman Adipura Sumenep (anggitaramani.blogspot.com)
Pada waktu-waktu tertentu, di tempat tersebut digelar acara yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Sumenep. Dulu, ketika (alm) KH. Abdurrahman Wahid berkunjung ke Sumenep, juga ditempatkan di situ. Tempat yang strategis membuat Taman Bunga menjadi arena yang pas menyelenggarakan acara.

Sebagai taman terbuka hijau, pengelola Taman Adipura tidak memungut karcis dari pengunjung yang datang. Jadi, TreTan tidak perlu mengeluarkan duit sepeser pun. Juga tak ada biaya karcis untuk kendaraan yang mangkal di sana.

Akses untuk sampai ke tempat tersebut sangat mudah. Jika dari terminal Bus Arya Wiraraja, arahnya ke utara. Kalau menggunakan kendaraan pribadi dan bergerak dari arah Pamekasan, ikut saja jalan kabupaten, tanpa harus ke terminal dulu. Nanti akan kelihatan taman tersebut. Jika khawatir kesasar, TreTan bisa menggunakan GPS.

LOKASI PETA GOOGLE MAPS TAMAN ADIPURA SUMENEP



Daya tarik taman ini juga disumbangkan oleh kedekatannya dengan Masjid Agung Sumenep (ada juga yang menyebut Masjid Jamik). Bangunan ini berdiri pas di sebelah barat Taman Adipura, hanya dibatasi oleh jalan kota. Arsitekturnya yang dipengaruhi oleh arsitektur China menjadikannya bahan telaah sejarah sejumlah sejarawan. Mengenai Masjid Agung Sumenep ini akan dibahas pada kesempatan yang lain.

Sekian dulu pembahasan tentang Taman Adipura Sumenep kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan TreTan tentang wisata-wisata yang ada di Kabupaten Sumenep. Selamat berwisata.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »