Obyek Wisata Tambang Bukit Kapur Arosbaya - Bangkalan

2/19/2015

Indahnya Tambang Batu Kapur di Kecamatan Arosbaya


Kecamatan Arosbaya merupakan salah satu dari banyaknya kecamatan yang berada di Kabupaten Bangkalan. Terdiri dari 18 Desa/Kelurahan dengan luas daerahnya mencapai kurang lebih 42,45 Km2 atau 4.245 Ha dengan ketinggian sekitar 4 m dari atas permukaan laut. [Wikipedia Arosbaya]

Di Arosbaya ini terdapat Pandai Besi [Pandhi : Madura] yang diolah menjadi berbagai barang kebutuhan dengan cara manual yakni ditempa menggunakan api dan dibentuk sesuai keinginan orang yang menempa besi tersebut. Namun tidak banyak warga yang berprofesi sebagai Pandai Besi, hanya beberapa saja yang yang masih bertahan.

Selain itu ternyata ada Obyek Wisata Alam Batu Kapur yang sangat keren. Beberapa bekas Tambang Batu Kapur tersebut meninggalkan corak seni pahatan yang cukup indah dan ini kemungkinan tidak disadari oleh warga sekitar bahwa apa yang mereka lakukan selama ini secara tidak langsung menciptakan obyek wisata alam yang cukup bagus. Mungkin karna sudah terbiasa berada disitu atau seringkali melihat pahatan akhirnya tidak terlalu memperhatikannya sebagai salah satu obyek wisata yang patut diperhitungkan.

Sudah banyak orang / fotografer yang mengupload hasil hunting jepretan foto Tambang Batu Kapur di Desa Buduran di media sosial seperti Instagram, facebook atau twitter selain itu tempat ini terkadang dibuat untuk Prewedding pasangan yang akan menikah dan seakan-akan berada dialam yang beda dari biasanya.

Obyek Wisata Alami Batu Kapur Arosbaya Bangkalan

Warna Batu Kapur di Desa Buduran ini sedikit berbeda dengan yang berada di Wisata Alam Batu Kapur Jaddih - Socah. Jika di Desa Jaddih berwarna dasar putih, sedangkan di Batu Kapur Arosbaya cenderung berwarna kecoklatan. Entah alasan apa yang membuat warna dasarnya berbeda apakah faktor alam atau ada perbedaan batu kapur dari segi jenis dan kekuatannya sebagai pondasi ataupun tembok rumah.

LOKASI WISATA ALAM BUKIT KAPUR AROSBAYA
Bukit Kapur ini biasa disebut Bukit Pelalangan dan terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya. Untuk bisa mencapai lokasi bukit kapur arosbaya ini cukup mudah, terutama bagi mereka yang pernah datang ke wisata religi makam para Raja Bangkalan "Air Mata Ibu" karna letaknya yang sangat dekat dengan situs religi tersebut.

TreTan bisa menggunakan Sepeda Motor atau Mobil Pribadi dan jika rombongan menggunakan Bis, parkir di area pemakaman Air Mata Ibu dilanjutkan jalan kaki menuju tambang batu kapur. Jika sampai dilokasi, tinggal tanyakan pada warga sekitar letak tambang batu kapur arosbaya.

Warga sekitar menyebut daerah tambang itu dengan "Bèdel", Mereka akan kebingungan jika TreTan menanyakan "Tambang Batu Kapur" karna istilah itu tidak terlalu Familiar.

Obyek Wisata Alam Batu Kapur Arosbaya Bangkalan - Madura - Jawa Timur

LETAK ALAMAT ATAU LOKASI PETA DIGITAL MENUJU WISATA BATU KAPUR AROSBAYA



Masih banyak tempat wisata di Bangkalan yang patut untuk dikunjungi seperti Mercusuar Peninggalan zaman Belanda, Kuliner Rujak Soto dan lain sebagainya. Segera persiapkan waktu untuk mengunjungi tempat tersebut dan tempat tak biasa lainnya di Kabupaten Bangkalan bersama keluarga, kerabat ataupun teman dekat.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 Komentar

Write Komentar
10 April 2015 16.51 delete

aman kah lokasi batu kapur arobaya ini? mengingat saya dan teman yg ingin kesini perempuan?

Reply
avatar
15 April 2015 04.48 delete

aman Mbak... soalnya disitu banyak pekerja tambang.. datang aja.. :)

Reply
avatar
28 September 2015 19.34 delete

Saya mau liputan unt transtv ke lokasi ini, mohon info atau Cp yg bisa saya hubungi, reski_rangkuty@yahoo.co.id. Reporter transtv, jkt

Reply
avatar
1 Oktober 2015 23.48 delete

Oke Mas, siap menemani.. silahkan cek e-mail.. :))

Reply
avatar
14 November 2015 00.07 delete

ada info untuk transportasi umum jika mau backpacker ke sana nggak mas? kalau dari surabaya ? bungur nanti bisa naik kendaraan umum apa aja? terima kasih...salam

Reply
avatar
16 November 2015 20.09 delete

untuk transportasi umum susah mas, mending pakek sepeda motor saja,, udah saya set lokasi GPS tinggal ikuti saja mas.. :d

Reply
avatar
Nana Purbandari
11 Desember 2015 07.26 delete

Informasi yang sangat menarik. Saya berencana ke sana 2 minggu lagi. Bisa tolong di bantu kasih arahan dari Surabaya sebaiknya berangkat jam berapa naik apa? kalau disana ada penginapan, boleh sekalian info kontaknya. Terima kasih banyak sebelumnya :)

Reply
avatar
6 Januari 2016 14.58 delete

penginapan hanya ada di Kota Bangkalan mbak..

kita sarankan pakek mobil atau sepeda motor pribadi krn tidk ada angkot menuju sana dan jaraknya cukup jauh.. :))

email aja mbak ke tretans@gmail.com

Reply
avatar