Indahnya Wisata Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep - Madura

12/27/2014
Keindahan Wisata Pantai Slopeng, Sumenep, Madura Pernahkah Anda ke Madura untuk berwisata? Ke mana saja nih ceritanya? Bangkalan? Sampang? Pamekasan? Atau Sumenep? Nah, kali ini PulauMadura.com akan berbagi tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

Sebagai pulau yang dikelilingi lautan, wisata apa lagi kalau bukan bahari. Ya, Sumenep memang memiliki banyak objek wisata bahari. Sebagian sudah dibangun infrastrukturnya, sebagian lagi masih alami, semisal di Gili Labak. Jangan khawatir, akses ke pantai yang akan kita bahasa kali ini sudah tergolong lumayan bagus dan, yang terpenting, tidak perlu menyeberang lautan karena berada di daratan Sumenep. Apa nama pantai itu? Slopeng! Nah, kenal kan? Kalau Anda googling, tulisan yang membahasnya sudah banyak. Tapi tak ada salahnya saya akan membahas lagi di sini. Hitung-hitung juga sebagai penambah referensi.


Letak Pantai Slopeng berada di Kecamatan Dasuk, Sumenep. Jarak dari jantung Kota Sumenep sekitar 21 Km ke arah barat laut. Atau sekitar 180-an Km dari Suramadu. Waktu tempuh dari Suramadu ke Pantai Slopeng sekitar 5-6 jam. Jika berangkat dari arah barat Madura, selain jalur selatan, Anda juga bisa melewati jalur sisi pantai utara (pantura). Lewat jalur tersebut waktu tempuhnya bisa lebih cepat, karena tidak perlu memutar ke pusat kota Sumenep sekaligus relatif sepi kendaraan.

Tapi, ini khusus yang membawa kendaraan sendiri. Kalau ikut angkutan umum, sebaiknya tidak menempuh jalur ini karena di situ minim angkutan umum. Tampaknya, pantai daratan Sumenep yang indah selalu ada di bagian utara. Selain pantai Slopeng ada juga pantai Lombang . Di bagian selatan kebanyakan sedikit pasirnya, hanya batu karang yang menghampar.


Pantai Slopeng terkenal dengan gundukan-gundukan pasirnya yang indah. Pasir-pasir putih terhampar sepanjang 6 kilometer. Dari atas gunungan pasir, kita bisa menikmati keindahan pantai sambil duduk-duduk santai di atas gazebo. Dari situ pula kita bisa menyaksikan beberapa fasilitas seperti kuda-kuda yang lalu lalang dikendarai oleh pengunjung yang menyewanya atau menyaksikan sampan-sampan nelayan yang sedang mencari ikan.

Sebagaimana di Pantai Lombang, pantai Slopeng juga memiliki cemara udang. Namun, jumlahnya tidak sebanyak di Lombang. Selain cemara, ada juga jejeran pohon kelapa dan siwalan. Pohon-pohon tersebut menambah indah suasana pantai. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, di situ sudah disediakan arena bermain. Ada ayunan, seluncuran, dll. Jadi, selain bisa bermain di pasir, mereka juga bisa memanfaatkan arena bermain ini.


Di situ juga sudah banyak orang yang menjual makanan Khas Madura, semisal rujak, degan, soto, dll. Anda tidak perlu khawatir kelaparan.  Oya, pada hari-hari tertentu, semisal lebaran ketupat (tujuh hari setelah lebaran Idul Fitri), di tempat tersebut biasanya ada hiburan rakyat, berupa pertunjukan musik dangdut. Artis-artis ibukota diundang untuk menghibur pengunjung. Acara ini sudah seakan menjadi ritual tahunan. Karenanya, di situ sudah dibangun pentas permanen untuk arena pertunjukan.

PETA DIGITAL MENUJU PANTAI SLOPENG DARI ARAH SURABAYA - JEMBATAN SURAMADU

Wisata Pantai Slopeng Sumenep Madura

Pada hari-hari biasa, pantai ini tergolong sepi, mungkin karena kurang promosi. Namun, suasana sepi tersebut justru membuat pantai ini enak untuk menyegarkan pikiran yang suntuk. Tak ada karcis masuk untuk hari-hari biasa. Namun pada hari libur, pengunjung biasanya dikenai karcis sebanyak Rp. 5.000. Tertarik berkunjung? Silahkan

VIDEO LIPUTAN OBYEK WISATA PANTAI SLOPENG DI KABUPATEN SUMENEP



Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »