Wisata Kuliner Tajin Sobih Khas Kabupaten Bangkalan

5/01/2016
Wisata kuliner menjadi salah satu alasan kuat mengapa Pulau Madura patut ada di dalam daftar destinasi wisata teman – teman. Selain terkenal dengan banyak ragam wisata alam, wisata budaya maupun wisata religinya. Adanya jenis makanan tradisional Madura yang bervariasi membuat daftar wisata kuliner di Pulau Garam ini semakin membuat wisatawan yang datang tidak sabar untuk mencoba langsung. Beberapa waktu yang lalu kita dari Tim Gerbang Pulau Madura menyediakan waktu khusus untuk meliput salah satu makanan tradisional khas Kabupaten Bangkalan ini. Namun, kuliner yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat Madura bukan hanya orang Bangkalan saja.

Kalau sebelumnya kita menulis tentang Wisata Kuliner Madura yang memiliki rasa asin serta gurih yang kuat seperti Soto Merah Madura, Nasi Setan dan Sewel. Kali ini kita akan mengajak teman – teman untuk mengetahui salah satu menu makanan tradisional Madura yang manis. Seperti yang banyak teman – teman ketahui bahwa makanan tradisional Madura terkenal sekali dengan rasanya yang asin.

Jadi, untuk teman – teman yang akan berkunjung ke Madura dan khawatir tidak menemukan makanan atau kuliner yang manis bisa langsung mencoba makanan tradisional ini. Namanya Tajin Sobih, salah satu makanan tradisional yang manis dari Pulau Madura. Tajin Sobih sendiri memiliki arti bubur Sobih meskipun penampilannya tidak begitu mirip dengan bubur seperti pada umumnya.


Sejarah Tajin Sobih Kuliner Khas Bangkalan


Tajin Sobih atau Bubur Sobih ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Kabupaten Bangkalan. Tepatnya berasal dari Desa Sobih Salah satu desa kecil yang terletak di Kecamatan Bangkalan. Sebagian besar penjual Tajin Sobih ini memang datang langsung dari Desa Sobih itulah mengapa dinamakan Tajin Sobih.

Tajin Sobih ini biasa dijajakan oleh ibu – ibu yang berusia lanjut dengan cara dipikul diatas kepala mereka dan dibawa berkeliling. Ketika melihat tampilan Tajin Sobih secara langsung teman – teman pasti akan langsung teringat dengan Bubur Sum Sum. Terdiri dari isian yang terbuat dari tepung ketan dan tepung terigu dengan warna dan bentuk yang bermacam – macam.

Ada tiga warna isian pada setiap porsi Tajin Sobih ini yakni warna merah muda, coklat dan putih. Ketiga varian isi Tajin Sobih ditempatkan pada panci – panci kecil yang dijadikan satu pada wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu. Diatas isian Tajin yang berwarna – warni ini kemudian disiram dengan gula merah yang sudah dimasak pekat. Campuran gula merah diatas Tajin Sobih ini yang membuat rasanya sangat manis dan tetap saja masih terasa gurih di lidah. 


Menikmati Tajin Sobih Berbungkus Daun Pisang


Makanan tradisional Bangkalan yang satu ini benar – benar masih terasa lekat nuansa tradisionalnya. Teman – teman bisa menyantap Tajin Sobih dengan bungkusan daun pisang dan sendoknya berasal dari daun pisang juga. Tajin Sobih yang manis dan gurih ini merupakan salah satu menu berbuka puasa yang banyak dicari masyarakat Bangkalan.

Tidak semua orang bisa membuat Tajin Sobih dengan rasa yang khas, resep dan cara membuat Tajin Sobih ini membutuhkan tangan yang sudah terbiasa memasaknya. Untuk harga seporsi Tajin Sobih masih sangat murah yakni 2500 rupiah. Untuk porsi yang lebih banyak teman – teman cukup membayar dengan harga 5000 rupiah saja. Sebenarnya bukan saja menyediakan Tajin Sobih biasanya juga dijual makanan tradisional lainnya seperti Lopes dan Cetter. Lopes dan Cetter ini terbuat dari tepung ketan dan tepung beras ada yang dibentuk bulat juga memanjang. Lopes dan Cetter ini juga disiram gula merah diatasnya sama seperti Tajin Sobih.


Selain dijajakan dengan cara berkeliling perkampungan, ibu – ibu penjual Tajin Sobih ini juga bisa teman – teman temukan dibeberapa daerah di Kota Bangkalan. Biasanya para penjual Tajin Sobih ini kerap berjualan di Pasar Senen Bangkalan, letaknya menuju Masjid Syaichona Cholil Bangkalan. Selain itu kita juga menset GPS tempat penjual Tajin Sobih di daerah Kecamatan Burneh Bangkalan.

Bagaimana, teman – teman penasaran untuk mencoba rasa manis dan gurih dari Tajin Sobih langsung ?. Jangan lupa segera sediakan waktu untuk berlibur ke Pulau Madura dan menikmati kuliner Kabupaten Bangkalan ini. Demikian tulisan singkat kita tentang Wisata Kuliner Tajin Sobih Khas Bangkalan. Satu hal lagi, sediakan waktu pagi untuk bisa mendapatkan Tajin Sobih ya karena para penjual Tajin Sobih ini biasa berjualan dari jam 6 pagi. Karena makanan tradisional ini salah satu favorit masyarakat Bangkalan jadi cepat habis dalam waktu sebentar. Selamat mencoba.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »