Kuliner Khas Sewel di Kecamatan Socah - Bangkalan

8/04/2015
Jika anda berkesempatan untuk berwisata ke pulau Madura tidak ada salahnya jika mencoba salah satu tempat wisata kuliner yang hanya ada disini. Tepat di desa Bargan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan ada satu tempat wisata kuliner yang sangat khas dan tidak bisa di temukan di tempat lainnya. Kuliner yang satu ini menjadi favorit masyarakat desa Bargan.

Kuliner Sewel Socah

Desa Bargan, ini tempatnya sedikit terpencil, Kecamatan Socah sendiri terletak di tengah – tengah antara Kecamatan Bangkalan dengan Kecamatan Kamal. Bila anda menggunakan Tol Suramadu anda tinggal memilih arah menuju Kamal, dengan jarak tempuh sekitar 13 km. Sedangkan bagi anda yang memilih menggunakan transportasi kapal laut, anda hanya tinggal menancap gas menempuh jarak sekitar 6 km saja.

Di kenal dengan rasanya yang gurih, renyah dan crispy membuat makanan yang akrab di sebut Sewel ini banyak di cari orang tak terkecuali mereka yang berasal dari luar desa Bargan. Sewel merupakan makanan yang berbahan baku dari tepung kanji dan campuran Udang. Bagi anda yang berasal dari daerah Jawa Barat mungkin tidak akan asing lagi melihat penampakan Sewel ini. Sewel sekilas memang mirip dengan Cireng makanan khas Jawa Barat.

Beda dengan Cireng, Sewel terkenal lebih gurih dan jauh lebih crispy. Sewel merupakan sejenis camilan yang biasa di santap dengan bumbu rujak. Rasa Sewel yang gurih, kenyal di dalam dan crispy di luarnya yang di padu dengan bumbu rujak menghasilkan rasa yang beraneka ragam ketika berada di dalam mulut anda.

Rasa udang di dalamnya sungguh terasa. Kuliner Sewel ini biasa di bandrol dengan harga yang sangat murah sekali yaitu hanya Rp. 500 per biji. Jadi, tidak heran bila banyak sekali orang yang rela untuk mengantri membeli Sewel. Sekali membeli setiap orang biasanya telah memesan dengan jumlah yang banyak sekali, minimal sekitar 50 biji pesanan. Namun, jika anda hanya ingin membeli di bawah 50 biji Sewel saja tidak ada masalah.

Bila bulan Ramadhan tiba Sewel menjadi salah satu cemilan favorit saat berbuaka puasa tiba, Sewel sangat mudah di temukan karena penjual Sewel “dadakan” selalu memenuhi jalanan kecamatan Socah.

Ada dua jenis Sewel yang bisa anda pilih ketika sedang membeli. Sewel jenis pertama di masak dengan cara langsung di goreng setelah adonan di cetak. Sedangkan Sewel jenis kedua di masak dengan cara sedikit berbeda dan porsi daging Udang di dalam adonan yang lebih banyak. Setelah adonan jadi Sewel jenis kedua ini tidak langsung di goreng melainkan di kukus terlebih dahulu, kelebihan Sewel jenis kedua ini bisa langsung anda santap setelah di kukus tanpa perlu harus di goreng lagi. Namun, bagi anda pecinta jenis cemilan crispy anda tingal meminta kepada penjual untuk di goreng lagi.

Sewel sangat cocok di santap dalam keadaan yang masih hangat di cocol dengan bumbu rujak, membuat waktu bersantai anda terasa semakin sempurna.



Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »