Obyek Wisata Pulau Gili Labak di Sumenep - Pulau Madura

8/30/2015

Wisata Pulau Gili Labak 

 

Tidak banyak orang yang tau bahwa Pulau Madura tepatnya Kabupaten Sumenep memiliki sebuah pulau kecil nan cantik. Pulau Gili Labak termasuk dalam gugusan Pulau Madura yang terletak di daerah paling ujung timur. Pulau tersebut merupakan objek wisata alam yang bisa anda masukan dalam daftar favorit destinasi wisata anda selanjutnya setelah mengunjungi Pulau Gili Iyang dengan kadar oksigen tertinggi

Untuk bisa mencapai kesana anda mungkin harus sedikit bersabar karena jarak tempuh yang cukup jauh membuat waktu perjalanan yang lumayan lama serta perjalanan yang mengharuskan anda menyeberangi laut. Namun, anda tidak perlu khawatir meskipun jarak perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan melelahkan, akses jalan menuju Kabupaten Sumenep sampai pelabuhan Kalianget sangat nyaman dan aman untuk dilalui kendaraan. Baik menggunakan kendaraan pribadi terlebih lagi menggunakan kendaraan umum karena sudah banyak kendaraan umum yang bisa mengantar anda ke tempat tujuan.

Obyek Wisata Pulau Gili Labak di Sumenep - Pulau Madura
Obyek Wisata Pulau Gili Labak - Kabupaten Sumenep

Bagi anda yang berasal dari luar Pulau Madura yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa menyeberang melalui Pelabuhan Kamal. Dari Pelabuhan Kamal anda bisa menumpang bus mini menuju Kabupaten Sumenep yang berjarak sekitar 150 km. Namun sebelum sampai di Kabupaten Sumenep perjalanan anda mungkin akan sedikit terganggu karena anda harus turun berganti bus mini di Kabupaten Pamekasan. Setelah itu anda bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan membayar tarif sekitar Rp. 25.000 sudah termasuk ganti bus mini dua kali.

Untuk anda yang ingin melalui Jembatan Suramadu dari Terminal Bungurasih Surabaya, anda bisa menumpang bus Patas dan menuju langsung ke Kalianget Kabupaten Sumenep tanpa harus berganti bus lagi. Tarif bus yang biasa dikenakan sekitar Rp. 45.000. Setelah sampai di pelabuhan Kalianget barulah anda mencari sewa perahu yang menuju Pulau Gili Labak.

Tidak ada kapal besar ataupun kapal Ferry seperti yang ada di pelabuhan pada umumnya. Anda hanya akan menggunakan perahu motor dengan ukuran yang cukup lebar dengan maksimal penumpangnya 30 orang saja. Tidak setiap waktu ada perahu motor yang siap mengantar anda, namun dengan seiring berjalan waktu apalagi sekarang Pulau Gili Labak semakin terkenal, ketersediaaan perahu motor untuk para wisatawan juga akan semakin ada. Waktu yang dibutuhkan selama penyeberangan sekitar 2 jam dengan tarif penyewaan perahu motor berkisar Rp. 400.000 - Rp. 500.000 itupun juga tergantung bagaimana anda pandai menawar harga sewa perahu.

Selain itu, untuk semakin memudahkan dan membuat perjalanan anda menuju Pulau Gili Labak terasa nyaman, anda bisa menggunakan jasa travel dengan fasilitas dan paket wisata yang ditawarkan oleh pihak travel. Saat ini juga sudah banyak jasa tour travel yang bisa anda pilih dengan penawaran harga yang sangat menarik tanpa harus merasa kebingungan lagi selama perjalanan dan tentunya jauh lebih praktis serta efisien waktu.
Selama dalam perjalanan menyeberang laut dari pelabuhan Kalianget menuju Pulau Gili Labak anda akan disuguhi oleh pemandangan laut biru, hembusan angin yang cukup kencang dan ombak laut yang menghempas perahu. Ada hal yang perlu kami ingatkan jika anda berencana untuk datang berkunjung ke Pulau Gili Labak, sebaiknya anda tidak berkunjung pada saat ombak sedang tinggi seperti pada bulan Agustus supaya perjalanan anda terasa aman juga nyaman.

Dengan luas wilayah hanya sebesar 5 hektar ini ternyata menyimpan pesona pemandangan yang sangat indah. Dengan besar pulau yang tidak terlalu luas ini pulau tersebut hanya ditinggali oleh sekitar 40 kepala keluarga. Anda pun bisa mengelilingi pulau ini cukup dengan waktu 30 menit saja apabila anda merasa penasaran dan tertarik.

Letaknya yang sedikit terpencil dan berada di paling ujung timur Pulau Madura ini mungkin akan membuat anda kesulitan menemukan sinyal handphone. Untuk bisa menemukan sinyal anda harus berdiri di tepian pantai.Walaupun begitu hal tersebut juga tidak menjamin anda bisa menemukan sinyal, sisi positifnya anda akan semakin fokus untuk menikmati keindahan Pulau Gili Labak tentunya.


Selain itu masih ada beberapa keterbatasan yang akan anda rasakan selain sulitnya menemukan sinyal handphone disini. Diantaranya adalah terbatasnya sumber mata air dan listrik di Pulau Gili Labak yang hanya menyala pada malam hari saja. Serta masih terbatasnya fasilitas – fasilitas umum yang ada seperti toilet umum, kamar mandi, ruang ganti dan penginapan.

Bagi anda yang ingin menginap, anda bisa memilih mendirikan tenda atau jika anda beruntung bisa menumpang menginap di salah satu rumah warga setempat. Di Pulau Gili Labak sampai saat ini hanya ada satu warung saja yang menjual makanan, makanan kecil dan minuman. Untuk lebih nyaman lagi anda bisa membawa bekal kebutuhan makanan dan minuman pribadi yang dibutuhkan selama menginap.

Pemandangan yang cantik nan jelita serta bentangan pasir putih, dan lautan biru yang landai mampu menyihir anda untuk tinggal berlama – lama di pulau kecil ini walaupun dengan segala keterbatasannya. Sekitar 50 meter sebelum berlabuh di bibir pantai, anda akan disuguhi dengan beningnya air laut dan gugusan terumbu karang yang sangat indah.

TOUR GUIDE WISATA PULAU GILI LABAK

Bagi anda para wisatawan yang memiliki hobi Snorkeling dan Diving menjadi pilihan Destinasi Objek Wisata Pulau Gili Labak yang sangat tepat. Ternyata pihak pengelola sudah menyediakan beberapa alat yang disewakan untuk bisa memuaskan hobi Snorkeling anda. Seperti Masker, Snorkel dan Fin, bagi anda yang tidak bisa berenang juga tidak perlu khawatir anda pun masih bisa menyewa alat pelampung atau Life Vest.

Anda harus mencoba kegiatan Snorkeling dan Diving ini selama anda berada di Pulau Gili Labak. Dengan begitu anda akan semakin merasa puas menikmati keindahan alam Pulau Gili Labak khususnya laut biru nan beningnya dengan sempurna. Beraneka ragam biota laut dan banyaknya titik terumbu karang di bawah laut menunggu untuk anda segera temui. Selama melakukan Snorkeling dan Diving diharapkan untuk berhati hati agar tidak menginjak maupun menyentuh terumbu karang agar tetap terjaga kelestariannya serta waspada terhadap binatang ubur-ubur, babi laut dan binatang berbahaya lainnya.

Letaknya yang berada di paling ujung timur dengan luas pulau yang tidak begitu besar ini menjadikan Gili Labak sebelumnya disebut dengan Pulau Tikus. Pulau indah nan cantik ini memang dipenuhi oleh tikus penyebabnya mungkin kala itu masih jarang orang yang bermukim disana. Hingga pada akhirnya pulau ini berganti nama dengan menjadi Gili Labak karena kecantikannya yang luar biasa melebihi nama sebelumnya, yakni Pulau Tikus.

Suasana pesisir pantai yang masih sangat alami lengkap dengan beraneka ragam kecantikan dan keindahan di Pulau Gili Labak ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi Pulau pribadi. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam.

VIDEO LIPUTAN WISATA PULAU GILI LABAK - KABUPATEN SUMENEP



Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »