Obyek Wisata Bukit Kapur Desa Jaddih, Socah - Bangkalan

9/06/2015
Beberapa waktu terakhir ini kawasan objek wisata alam seperti bukit menjadi destinasi yang cukup menarik. Pulau Madura sendiri khususnya Kabupaten Bangkalan memiliki beberapa objek wisata bukit, seperti Wisata Bukit Pelalangan yang berada di desa Bherbelluk Kecamatan Arosbaya.

Saat ini yang sedang menjadi perbincangan hangat adalah wisata bukit kapur Jaddih yang berada di desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Pada awalnya bukit penambangan batu kapur putih ini tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum. Kawasan bukit kapur ini lalu juga dibuka untuk masyarakat sebagai tempat wisata, namun tetap pada fungsi utamanya yakni penambangan.

Bagi anda para wisatawan yang ingin datang berkunjung khususnya yang berasal dari Pulau Madura seperti biasanya anda bisa memilih melalui Jembatan Suramadu atau Pelabuhan Kamal. Dari jembatan Suramadu anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dengan jarak yang harus ditempuh 15 km melewati pusat kota Bangkalan.
 

Sedangkan bila anda yang melewati Pelabuhan Kamal jarak yang anda tempuh lebih dekat hanya sekitar 8 km saja dengan perkiraan waktu tempuh 15 menit saja. Rute tersebut juga diperuntukkan baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Suasana wisata bukit kapur Jaddih ini cukup gersang dan matahari bersinar begitu terik pada siang hari. Hal ini berbeda dengan wisata bukit Pelalangan yang suasananya jauh lebih sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan. Namun, akan anda dapatkan rasa puas ketika mencoba mendaki kawasan bukit yang cukup menanjak dengan kendaraan pribadi anda.

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan bukit kapur Jaddih ini anda dikenakan tarif. Bagi anda yang masuk menggunakan sepeda motor tarif yang dikenakan sebesar Rp. 5000 dan bagi anda yang membawa mobil dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000.

Wisata Alam Bukit Kapur Jaddih


Kawasan bukit yang menanjak, berdebu dengan matahari yang bersinar terik memang harus anda lewati sebelum sampai ke puncak bukit. Anda pun harus berhati – hati mengendarai kendaraan selama naik menuju puncak bukit maupun ketika turun kebawah. Wisata bukit kapur masih berfungsi sebagai tempat penambangan, sehingga disana masih banyak aktivitas penambangan.

Truk – truk pengangkut kapur pun masih banyak berseliweran melewati jalanan sekitar bukit. Selama menuju puncak bukit anda bisa menikmati bekas pahatan – pahatan batu kapur berwarna putih yang membentuk menjadi ukiran indah.

Setelah sampai di puncak bukit anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah. Dari atas bukit ini juga anda bisa puas melihat keindahan kota Bangkalan. Anda juga tidak perlu lagi merasa kepanasan ketika berada di puncak bukit karena udaranya lebih sejuk serta dingin. Sederet pepohonan dan rumput hijau terhampar luas menambah keindahan bukit di bagian atas.

Keindahan pemandangan puncak bukit ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Anda bisa mengambil foto dan berselfie bersama teman maupun kerabat. Selain itu keindahan alam yang dimiliki oleh bukit kapur Jaddih tidak di sia – siakan oleh para fotografer untuk diabadikan dalam lensa kamera mereka.


Karena masih berfungi sebagai tempat penambangan, maka disini belum ada fasilitas – fasilitas umum yang bisa anda temukan. Seperti, kamar mandi, ruang ganti, tempat duduk dan lain sebagainya. Belum adanya orang yang berjualan makanan dan minuman disekitar bukit juga menjadi salah satu kekurangan.

Setelah puas menikmati kawasan bukit kapur, anda bisa turun ke bawah untuk mencoba Kolam Renang Guweh Aeng Pote. Kolam renang ini masih alami, airnya berasal dari sumber mata air sekitar yang sungguh menyegarkan. Rasa panas dan kering selama berada di atas bukit seketika menghilang ketika anda mencoba berenang di kolam renang yang masih berada satu kawasan dengan wisata bukit kapur jaddih ini.

Setelah itu mari kita terus jaga bersama keindahan dan keasrian wisata bukit kapur Jaddih dengan tidak membuang sampah sembarangan, mencoret- coret bukit atau bersikap tidak baik.

Obyek Wisata Alam Bukit Jaddih di Kec. Socah - Kabupaten Bangkalan


Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »