Obyek Wisata Alam Gua Lebar di Kota Sampang

3/11/2016
Gua menjadi salah satu pilihan destinasi wisata alam yang sangat mengasyikkan. Menikmati pemandangan alam secara langsung mampu membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dari sebelumnya. Beberapa waktu yang lalu kita dari tim Gerbang Pulau Madura berkesempatan untuk mengunjungi langsung salah satu objek wisata alam yang berada di Kabupaten Sampang. Seperti yang teman – teman tahu bahwa Sampang menyimpan banyak pilihan objek wisata, bukan hanya wisata religi saja tapi juga wisata alam. Perjalanan liputan wisata alam kita kali ini adalah salah satu Gua alam yang berada di Kabupaten Sampang.

Konon kabarnya Gua ini merupakan tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik yang berasal dari dalam maupun luar Kabupaten Sampang. Gua ini juga terpilih untuk menjadi salah satu Icon wisata Kabupaten Sampang. Pemandangan alam yang indah di dalam Gua menjadi magnet untuk menarik banyak wisatawan datang. Nama Gua ini juga cukup unik, yakni Gua Lebar.

Sejarah Gua Wisata Lebar di Sampang


Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang Gua Lebar, kita akan sedikit menceritakan tentang sejarah Gua Lebar ini. Kebetulan sekali pada waktu itu tim Gerbang Pulau Madura berhasil mewawancarai salah seorang narasumber yang asli penduduk disana. Dari beliau lah kita mendapatkan sedikit cerita sejarah mengenai Gua ini.


Dengan pemandangan alam yang begitu indah yang ditawarkan oleh Gua Lebar ternyata Gua ini merupakan Gua Buatan. Pada zaman penjajahan Belanda Gua ini menjadi tempat persembunyian mereka, Gua Lebar dibentuk dengan cara diledakkan sehingga menghasilkan cekungan yang lebar untuk bersembunyi sekaligus menyimpan persenjataan mereka.

Gua Lebar terletak di Kabupaten Sampang bagi teman – teman yang berasal dari luar pulau Madura bisa menumpang bus umum dari Terminal Purabaya Surabaya menuju Kota Sampang melalui Jembatan Suramadu. Tarif bus umum dari Terminal ke Kota Sampang sekitar 50 ribu rupiah. Teman – teman bisa turun di Terminal Kota Sampan namun masih disayangkan belum ada angkutan umum yang bisa ditumpangi untuk menuju Gua Lebar ini. Jadi, kita sarankan agar teman – teman bisa membawa kendaraan pribadi atau bisa meminjam kendaraan jika memiliki kenalan dan keluarga yang tinggal di Sampang.

Selain jalur yang telah kita sebutkan tadi, teman – teman bisa melewati jalur Pantura ( Pantai Utara ). Dari arah kota Bangkalan melanjutkan perjalanan ke utara, selama di jalan teman – teman akan disuguhi pemandangan indah pinggir pantai. Di jalur Pantura ada beberapa objek wisata alam yang masuk dalam Kabupaten Sampang, seperti Hutan Kera Nepa, Pantai Nepa dan Air Terjun Toroan.


Objek Wisata Alam Gua Lebar

Objek wisata alam Gua Lebar ini berada tepat di tengah kota Sampang, berbeda sekai dengan objek wisata alam lainnya yang kebanyakan berada di daerah pinggiran dan pedalaman. Letak geografis Gua yang sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan ini menjadi nilai lebih. Kita tidak perlu kerepotan dan kebingungan mencari letak dimana Gua berada.

Lebih tepatnya objek wisata alam Gua Lebar ini terletak di kelurahan Dalpenang kecamatan Sampang. Memiliki jarak sekitar 800 meter dari pusat kota, atau sekitar lima menit saja untuk bisa menuju kesana. Objek wisata alam Gua Lebar ini merupakan kawasan Gua yang menjorok ke dalam tanah yang berbentuk seperti cekungan dengan kedalaman kurang lebih 100 meter.


Sebelum berubah menjadi kawasan objek wisata alama, dulunya Gua Lebar ini adalah bekas tempat penambangan batu kapur. Jenis batu kapur yang ditambang di Gua ini adalah batu kapur putih, seperti yang ada di Bukit Kapur Putih Jaddih Bangkalan. Selain itu, ketika teman – teman memasuki area dalam Gua akan melihat sendiri dinding Gua seperti tebing.

Tepat berada di tengah kota dan masih dalam satu kawasan dengan Masjid Agung Sampang serta monumen Kota Sampang. Hal unik lainnya yang bisa teman – teman temukan ketika berkunjung ke Gua Lebar ini adalah di atas bentuk cekungan Gua banyak ditanami pepohonan rindang nan hijau. Jadi, ketika teman – teman berada di atas Gua akan mendapatkan pemandangan yang semakin mengagumkan.

Saat teman – teman memasuki Gua Lebar akan bertemu dengan penjaga Gua yakni Patung Sakera. Menurut informasi yang kita dapatkan dulunya patung yang menjaga Gua Lebar ini bukan patung Sakera melainkan patung Hulk. Teman – teman bisa menyusuri Gua dengan menurunin tangga buatan yang telah disediakan.


Suasana di dalam Gua Lebar ini sangat sejuk dan masih alami. Banyak pepohonan yang ada di dalam Gua, selain itu jika teman – teman merasa kelelahan ada temapt duduk untuk bersantai sejenak melepas penat. Sambil menikmati indahnya awan yang langsung terlihat di dalam Gua karena bentuk Gua yang cekung.

Menikmati Selat Madura Sunrise dan Sunset Dari Atas Gua lebar


Disekitar Gua Lebar banyak berdiri pemukiman warga setempat, ketika teman – teman berkunjung kesana mungkin akan terasa berbeda dengan objek wisata alam lainnya. Gua Lebar ini terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut dan hal ini menjadi keunikan dan kelebihan tersendiri.

Dari atas Gua Teman – teman bisa menikmati pemandangan kota Sampang dari posisi pandang sebelah timur, barat dan utara. Dari posisi pandang sebelah selatan teman – teman bisa melihat langsung Selat Madura dengan bantuan menara pantau. Objek pemandangan Kota Sampang akan semakin menarik ketika dilihat pada malam hari dengan banyaknya lampu – lampu malam yang menghiasi.

Bagi teman – teman yang menyukai keindahan sunrise dan sunset bisa datang ke Gua Lebar di pagi hari dan sore hari. Indahnya pemandangan Gua Lebar ditambah dengan keindahan sunrise dan sunset melahirkan objek wisata alam yang sungguh sempurna di pulau garam. Dari data yang berhasil dikumpulkan dinas setempat, Gua Lebar ini bisa dikembangkan menjadi wisata lainnya yakni wisata Outbond. Seperti Camp Area, rock climbing, flying fox, spider net, jogging treck, bycicle treck di daerah sekitar kawasan wisata Gua Lebar.

Di dekat Gua Lebar juga terdapat kolam pemandian umum bagi wisatawan, untuk bisa masuk ke dalam kolam pemandian teman – teman hanya cukup membayar karcis sebesar lima ribu. Selain itu dei sekitar Gua juga disediakan rumah makan, jadi teman – teman tidak lagi kebingungan mencari makanan tinggal beli saja. Untuk bisa masuk ke dalam Gua Lebar teman – teman tidak dipungu biaya alias gratis, hanya saja membayar karcis parkir sebesar dua ribu rupiah.


Tips dan Catatan Mengunjungi Wisata Alam Gua Lebar


Setelah berkunjung dam menikmati indahnya objek wisata alam Gua Lebar ini kita dari Tim Gerbang Pulau Madura memiliki tips dan catatan penting bagi teman – teman yang akan berkunjung kesana. Berikut beberapa tips dan catatan yang telah kita rangkum :

1. Jika akan berkunjung ke wisata alam Gua Lebar harap dipastikan terlebih dahulu kendaraan yang akan teman – teman gunakan terutama untuk kalian yang berasal dari luar Kabupatan Sampang karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

2. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan aman karena teman – teman akan menyusuri Gua Lebar yang menurun.

3. Ketika berkunjung pada siang hari disarankan untuk membawa payung aga teman – teman tidak kepanasan selama berada di dalam Gua. Karena beberapa spot yang ada di dalam Gua Lebar ini terbuka langsung sehingga sinar matahari bisa masuk menembus ke dalam.

4. Persiapkan bekal yang teman – teman butuhkan, meskipun disana ada rumah makan dikhawatirkan menu yang ada tidak sesuai dengan selera kalian.

5. Jangan lupa membawa air minum yang cukup supaya tidak merasa kehausan selama berada di dalam gua apalagi ketika siang hari.

6. Dimohon untuk tidak meninggakan sampah dan mengotori kawasan Gua Lebar.

Begitulah beberapa tips dan catatan yang bisa kita berikan kepada teman – teman yang akan berkunjung ke Gua Lebar. Semoga bisa bermanfaat dan membantu supaya wisata teman – teman semakin nyaman dan asyik. Selamat berwisata alam, selamat bersenang – senang ya.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »