Masjid Agung Kota Sampang di Pulau Madura

3/02/2016
Pulau Madura bukan hanya terkenal dengan sebutan Pulau Garam saja tapi juga sebagai Pulau Seribu Masjid. Rasanya julukan sebagai Pulau Seribu Masjid memang cocok disematkan untuk pulau yang berseberangan dengan Pulau Jawa ini. Jika teman-teman berkesempatan untuk main dan berkunjung ke Madura, selama perjalanan akan banyak teman-teman temukan masjid. Seperti Masjid Agung Bangkalan, Masjid Agung Pamekasan dan Masjid Agung Sumenep. Ketiga masjid ini merupakan masjid terbesar di Madura yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Madura. Kehidupan agamis memang sangat kental terasa di Madura, mayoritas masyarakat disini beragama Islam. Beberapa waktu yang lalu kita dari Tim Gerbang Pulau Madura kembali mencoba menelusuri jejak dan sejarah salah satu masjid terbesar ini Madura.

Sampang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Madura. Meskipun memiliki luas geografis yang tidak terlalu besar Sampang banyak memiliki tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat wisata alam yang ada di Sampang, seperti Air Terjun Toroan, Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa.

Tidak hanya tempat wisata alam, namun Sampang juga menawarkan tempat wisata religi yang bisa teman-teman kunjungi bi sedang berada di Madura. Banyak situs makam tokoh ulama besar bagi teman-teman yang menyukai sejarah dan ziarah. Tidak terkecuali kemegahan Masjid Agung Sampang yang berada tepat di tengah kota Sampang sebagai wisata religi.

Masjid Agung Sampang Madura

Masjid Agung Sampang


Masjid Agung Sampang tentu menjadi simbol kebanggan bagi seluruh penduduk Kabupaten Sampang. Masjid yang memiliki kubah dengan ukuran besar tepat di sebelah tengah dan menara yang menjulang tinggi, menjadi salah satu tempat aktivitas keagamaan di kota Sampang. Masjid ini juga bisa menampung jama’ah hingga 10.000 orang. Ir. Samsul Arifin sebagai arsitek yang mendesain dan membangun masjid terbesar di Sampang ini.

Berada tepat di tengah kota yakni di Jalan Pahlawan Sampang memudahkan para wisatawan dari luar Sampang untuk bisa menemukan masjid ini. Bagi teman-teman yang ingin melihat langsung kemegahan Masjid Agung Sampang ini dari akses Jembatan Suramadu bisa menumpang bus umum menju Sampang. Setelah sampai di kota Sampang teman-teman bisa turun di terminal kota dan kembali melanjutkan perjalanan menggunakan becak untuk bisa sampai ke Masjid Agung Sampang.

Untuk teman-teman yang berasal dari arah timur Madura seperti Pamekasan dan Sumenep juga bisa menumpang bus umum atau bus mini. Menuju kota Sampang dan minta turun di terminal kemudian melanjutkan perjalanan sekitar 3 km dengan becak hingga tiba di depan halaman Masjid.

Desain Bangunan Masjid Agung Sampang yang Megah


Ada satu hal yang membuat kita merasa takjub dan heran ketika pertama kali datang melihat langsung Masjid Agung ini. Berbeda dengan masjid agung yang berada di Kabupaten lainnya Masjid Agung Sampang hanya memiliki satu kubah saja. Jika masjid agung lainnya masih menggunakan beberapa kubah di atas bangunan masjid, maka hal itu tidak akan teman-teman temukan di Masjid Agung Sampang.

Kubah berukuran besar yang berwarna hijau tua ini memiliki diameter sebesar 10 meter menjadi pusat perhatian orang-orang yang melihatnya. Untuk desai depan masjid pun sederhana dengan warna dominan putih. Pintu utama sebagai akses masuk ruang utama masjid tampil dengan sangat mempesona karena terbuat dari kayu jati yang diukir begitu detail dan terlihat indah.

Perlu teman-teman tahu bahwa ternyata hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan kapan Masjid Agung Sampang ini didirikan. Namun menurut beberapa sumber menyatakan bahwa pada tahun 1977 sempat ditemukan angka 1821 di salah satu sisi bangunan masjid. Darisana lah akhirnya bisa disimpulkan bahwa Masjid Agung Sampang ini dibangun pada tahun 1821 dengan nama Masjid Jami.

Masjid Sampang

Tips dan Saran Untuk Memasuki Masjid Agung Sampang


Tips dan saran yang akan kita berikan masih sama dengan tips sebelumnya untuk masuk ke dalam masjid. Bagaimanapun masjid merupakan bangunan yang paling dijaga dan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat muslim. Untuk berkunjung kesana ada beberapa tips dari kita yang bisa teman – teman catat demi kenyamanan bersama ketika sedang berada di dalam Masjid.

1. Ketika kita berencana untuk berkunjung ke Masjid Jami' Sampang untuk melihat – lihat dan berkeliling masjid harap diperhatikan dulu hari – hari dan jam kunjungannya. Jangan datang berkunjung ketika hari Jum’at atau hari – hari besar lainnya terutama pada saat jam sholat.

2. Perhatikan dan jaga betul barang bawaan teman – teman selama berada di masjid, khawatir terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan. Masjid merupakan tempat umum yang setiap harinya tidak pernah sepi dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah.

3. Harap untuk tetap menjaga ketenangan dan kenyaman jama’ah masjid lainnya, seperti tidak berbicar dengan nada keras, tidak menghidupkan bunyi handphone ataupun gadget lainnya dan untuk teman – teman yang membawa anak kecil diharapkan bisa menjaga agar tetap tenang.

4. Bagaimanapun juga Masjid Agung Sampang ini merupakan salah satu warisan budaya yang perlu kita jaga dan lestarikan bersama sama. Untuk itu jangan sampai merusak dan mengotori apapun bagian masjid.

5. Terpenting adalah mohon jaga kesopanan dengan menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup ketika akan memasuki masjid.

Itu beberapa tips dari kita, selamat berkunjung ke Masjid Jami' Sampang di Pulau Madura.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »