Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates di Sampang

3/23/2016
Sebagai salah satu pulau yang memiliki banyak objek wisata Pulau Madura kini tidak lagi memberikan pemandangan indah dari wisata alam atau wisata religinya saja. Objek wisata buatan juga menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Sejak diresmikan beberapa waktu yang lalu Waduk Nipah menjadi salah satu objek wisata buatan yang wajib untuk teman-teman kunjungi bila sedang berada di Madura. Selain itu dengan adanya Waduk Nipah ini secara tidak langsung menandakan bahwa Madura bukanlah pulau yang panas juga gersang. Sumber perairan dari Waduk Nipah yang ada disini mampu mengairi persawahan yang ada di sekitarnya.

Meskipun adanya Bendungan Nipah ini sudah bukan hal yang baru bagi masyarakat Madura namun objek wisata Waduk Nipah masih menjadi salah satu tujuan favorit untuk berwisata selain Wisata Alam Gua Lebar. Terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya terutama disaat hari libur tiba untuk melihat keadaan disekitar waduk dan mengabadikan moment lewat kamera ponsel maupun bagi mereka yang suka spot fotografi alam menggunakan kamera DSLR.


Sejarah Pembangunan Waduk Nipah


Sama seperti dengan waduk yang ada di daerah lainnya, Bendungan atau Waduk Nipah berfungsi sebagai sarana irigasi dengan sumber perairan area persawahan disekitarnya. Pembangunan Waduk Nipah ini sudah berlangsung sejak tahun 1994. Sebenarnya rencana pembangunan Proyek Waduk Nipah sudah sangat diharapkan untuk bisa segera terealisasi mengingat fungsinya yang banyak dibutuhkan untuk warga sekitar.

Namun proses pembangunan Waduk Nipah mengalami beberapa kendala dan pengunduran waktu yang cukup lama mengingat baru tahun 2016 ini waduk resmi dibuka oleh bapak Presiden Joko Widodo tepatnya pada tanggal 19 Maret 2016. Pada tahun 1994 juga sempat ramai diberitakan tentang Tragedi Waduk Nipah Berdarah, hal ini terjadi karena pada saat pembangunan menelan beberapa korban jiwa khususnya pada proses pembebasan lahan.


Menikmati Keindahan Alam Waduk Nipah


Waduk Nipah merupakan salah satu objek wisata buatan yang ada di Pulau Madura tepatnya di Kabupaten Sampang Kecamatan Banyuates Desa Montor. Memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan masih alami yang berada di sekitarnya. Meskipun termasuk dalam objek wisata buatan namun Waduk Nipah ini tidak kalah dengan objek wisata alam lainnya.

Jika berkunjung kesana teman – teman akan disajikan pemandangan yang indah dengan hamparan bukit batu cadas. Waduk Nipah juga dikelilingi oleh pepohonan sejuk yang menjadi daya tarik alami untuk bisa menggaet wisatawan datang berkunjung. Bunyi suara aliran air yang turun dari atas waduk semakin menambah suasana tenang nan sejuk.

Disekitar waduk teman – teman juga bisa menjumpai sekumpulan kawanan monyet yang bergelantungan pada pohon – pohon yang ada di sekitar. Tenang saja, kawanan monyet ini tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu kita selama kita sebagai para pengunjung juga tidak berlaku usil pada mereka.

Waduk Nipah dengan luas sekitar 1150 hektar ini mampu mengairi area persawahan di daerah Banyuates dan Ketapang yang masih berseberangan. Untuk bisa sampai di waduk ini teman – teman bisa melalui jalan Pantura ( Pantai Utara ). Dari arah Kota Bangkalan tinggal melanjutkan perjalanan darat sejauh 65 Km menuju Kecamatan Banyuates tempat dimana waduk ini berada.

Untuk akses jalan di Pantura sendiri mulai baik dan nyaman untuk dilewati karena sedang dalam proses perbaikan. Selama di perjalanan teman – teman akan disuguhi keindahan kawasan pantai utara Madura. Waduk Nipah ini masih berada dalam satu kawasan wisata dengan Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa. Oleh sebab itu tidak heran kenapa di sekitar waduk masih banyak ditemukan sekelompok kumpulan kera.

Bagi teman teman yang berasal dari arah timur seperti Pamekasan dan Sumenep bisa menghemat waktu juga jauhnya perjalanan dengan melewati Kota Sampang langsung menuju Kecamatan Banyuates. Untuk angkutan umum, teman – teman bisa menumpang L 300 dari pertigaan daerah Barisan Kota Sampang. Selain itu, angkutan umum dari Kota Bangkalan atau dari Pelabuhan Kamal teman – teman juga bisa menumpang mobil L 300 dengan tarif normal berkisar 20 ribu.

Sebagai tambahan informasi letak Waduk Nipah ini berada di desa pedalaman yang jauh dengan pemukiman warga. Jadi teman – teman tidak perlu heran jika berkunjung ke Waduk Nipah masih jarang fasilitas umum. Namun, tidak perlu khawatir meskipun begitu keindahan panorama waduk yang dikelilingi oleh tebing tidak akan akan berkurang.

Setelah tiba di Desa Montor kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan desa selama lima menit untuk bisa sampai di objek wisata Waduk Nipah. Pemandangan alam sudah mulai terasa karena di sebelah kanan kiri jalan dipenuhi area persawahan nan hijau. Disini teman – teman akan merasa sangat nyaman dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Untuk bisa masuk ke Waduk Nipah para pengunjung cukup membayar tarif sebesar Rp. 3.000 bagi pengendara roda dua dan pengendara roda empat Rp. 30.000. Adanya tebing yang curam dan bebatuan disekitar Waduk Nipah memberi kesan artistik bagi para pengunjung yang asyik menikmatinya.


Tips dan Catatan Mengunjungi Wisata Waduk Nipah


Sebelum datang mengunjungi objek wisata Waduk Nipah kita memiliki beberpa tips dan catatan penting untuk teman – teman.

1. Mohon perhatikan kembali keadaan kendaraan yang akan teman – teman gunakan menuju objek wisata Waduk Nipah baik roda dua maupun roda empat. Karena akses jalan menuju waduk masih dalam proses perbaikan belum semua bagian teraspal dengan sempurna.

2. Bagi teman – teman yang mengunjungi objek wisata Waduk Nipah dengan menggunakan angkutan umum, kita sarankan untuk pintar menawar tarif supaya tidak terlalu mahal.

3. Pastikan juga sebelum berkunjung teman – teman berada dalam kondisi tubuh yang fit karena perjalanan menuju objek wisata Waduk Nipah cukup jauh dan lumayan melelahkan.

4. Jangan lupa membawa bekal makanan yang cukup, mengingat disekitar waduk masih belum ada fasilitas umum khususnya tempat makan yang memadai.

5. Tidak lupa juga untuk membawa air minum terutama jika berkunjung pada musim panas supaya teman – teman tidak mengalami dehidrasi.

6. Amankan barang bawaan terutama barang berharga teman – teman.

7. Dimohon untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mencorat coret dinding waduk.

Begitulah beberap tip dan catatan yang bisa kita kumpulkan untuk teman – teman jika akan berkunjung ke Objek Wisata Waduk Nipah. Meskipun Waduk Nipah termasuk dalam objek wisata buatan diharapkan untuk bersama – sama menjaga kelestarian supaya tetap terus berfungsi sampai waktu yang lama demi kebaikan kita bersama. Selamat berwisata.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »