Xotus Cafe Unik Dekat Kampus Universitas Trunojoyo Madura

9/28/2021
Nggak bisa dimungkiri, café dijadikan salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman, apalagi untuk anak zaman sekarang ini. Awalnya memang hanya untuk tempat makan dan minum, tapi sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat nongkrong. Semakin keren tempatnya, akan semakin diminati banyak orang.

Yup, sekarang bukan hanya makanan dan minumannya saja yang dilihat, tapi konsep cafenya juga nggak kalah penting. Kalau café tersebut mempunyai konsep yang Instagramable dan banyak spot-spot foto. Siap-siap saja untuk mengantri. Seperti salah satu cafe baru yang ada di Bangkalan ini.

Namanya Cerita Kopi Xotus yang terletak di Jalan Raya Telang, Perumahan Telang Indah, Telang, Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Cafe Xotus ini letaknya dekat dengan Universitas Negeri Trunojoyo jadi tidak heran kalau sebagian besar pelanggan yang datang dan nongkrong di Xotus anak-anak kampus.



Akhirnya Mencoba Nongkrong di Cerita Kopi Xotus Dekat Kampus Universitas Trunojoyo Madura


Awalnya cafe Xotus ini pernah viral melalui salah satu video fyp di Tiktok. Sejak saat itu cafe yang memiliki konsep semi outdoor dan lesehan ini menjadi perhatian banyak kalangan muda mudi di Bangkalan. Apalagi ada banyak spot foto bagus untuk bisa digunakan foto-foto dan mengambil video.

Berangkat dari pukul 10.00 pagi menjelang siang dari Bangkalan akhirnya kami pun sampai di Xotus, perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor kalau teman-teman mau pakai mobil juga bisa. Kalau dari arah kota Bangkalan kalian bisa melewati jalan poros Kamal Raya, yang dari arah Jembatan Suramadu bis mengambil jalan menuju Universitas Negeri Trunojoyo.



Setibanya di depan cafe hari sudah mulai terik, apalagi saat ini cuaca di Bangkalan sedang panas-panasnya meskipun sesekali turun hujan. Di depan cafe sudah berjejer beberapa sepeda motor yang sepertinya milik anak-anak kampus. Setelah memarkirkan kendaraan kami pun masuk ke dalam, cafenya memang bagus dengan bangunan semi outdoor didominasi warna putih dan coklat susu.

Bangunan Cafe Super Unik A La Santorini di Yunani


First impression kami saat melihat cafe Xotus ini mirip-mirip desain bangunan di Santorini. Ya meskipun kami belum pernah pergi kesana tapi coba-coba datang di cafe Xotus yang mirip dengan di Santorini cukup bikin happy. Di bagian depan cafe terdapat gerbang pintu masuk berwarna putih bertuliskan Xotus.

Masuk ke dalam sudah ada beberapa tempat duduk dari kayu dengan warna senada yakni putih dan coklat. Tidak lupa ada payung besar berwarna putih supaya tidak kepanasan saat siang hari meskipun sebenarnya tetap panas juga, tapi paling tidak terlihat estetik. Apalagi di Bangkalan sepertinya baru ada satu cafe ini saja yang punya konsep bangunan unik.



Di tengahnya diberi tanaman hijau yang membuat mata menjadi segar melihatnya, sambil menikmati bangunan dan tentu makanannya nanti. Lanjut ke dalam, pas di bagian tengah bangunan ada ruangan indoor tempat para pelanggan bisa memesan makanan, minuman maupun bila ingin duduk ngadem di dalam juga biasa asal belum penuh ya.

Kemudian kita keluar untuk menuju bagian belakang bangunan cafe, nantinya teman-teman akan melewati jalan seperti lorong di samping tempat untuk memesan makanan tadi. Buat yang masih mau duduk dengan suasana semi outdoor supaya nggak terlalu panas kalau siang hari bisa nih dicoba.

Pada bagian belakang cafe terasa lebih luas dan jangan kaget kalau siang hari hawa panasnya terasa padahal sudah disedikan dua kipas angin besar yang digantung dibagian atas. Tempatnya melingkar dan lumayan luas, di sisi sebelah kanan pojok ada spot foto yang bagus banget dengan tema pedesaan dengan setuhan alami.

Yang paling menarik adalah jika teman-teman memilih duduk di bagian belakang kalian bisa melihat langsung proses pembuatan dan penyajian makanan juga minuman di cafe Xotus ini. Lumayan kan sambil menunggu pesanan datang bisa intip-intip proses pembuatannya, lagi-lagi yang seperti ini kayaknya belum ada di cafe lain di Bangkalan.



Setelah puas melihat-lihat lantai bawah cafe sekarang saatnya untuk mengintip suasana di lantai atas cafe Xotus ini. Untuk bisa naik ke lantai atas kita akan melewati tangga yang terletak disebelah kiri bangunan tepat berhadapan dengan gerbang pintu masuk. Tangga cukup tinggi dan pada beberapa bagian kosong tepat disebelah anak tangga diberi tempat duduk yang bisa digunakan oleh pelanggan yang datang.

Di lantai atas didesain menggunakan gaya full outdoor sambil duduk lesehan dengan diberi beberapa meja, di atas sini juga disediakan layar untuk bisa menonton film. Kebayang kan pas malam hari menikmati suasana malam sambil menonton film dengan teman, pasangan maupun keluarga. Suasananya mirip-mirip di cafe Dermaga Rindu dekat pelabuhan Kamal.

Mencoba Menu Makanan dan Minuman di Xotus Cerita Kopi Bangkalan


Setelah puas mengelilingin seluruh bagian bangunan cafe tiba saatnya untuk menikmati makanan dan minuman yang sudah dipesan. Ada empat macam menu yang sudah dipesan seperti Xotus Curry, Potato Wedges, Mango Yakult dan Taro Latte. Semua harga di Xotus sangat terjangkau berkisar dari 15 K sampai 20 K saja cocok untuk kantong mahasiswa.

Xotus Curry sendiri ini merupakan daging ayam fillet yang digoreng dengan tepung dan diberi saos curry dengan rasa manis kecut tapi seger. Disajikan diatas piring ditambah nasi hangat yang pulen dan dihias dengan daun selada yang segar. Teman-teman bisa request menggunakan tambahan telur ceplok dengan tambahan harga 5 K saja.



Potato Wedges, siapa sih yang tidak suka pesan kentang goreng saat di cafe? Camilan ringan yang satu ini memang paling cocok dipesan saat nongkrong di cafe. Nah, di Xotus menu Potato Wedges ini merupakan kentang goreng yang dipotong tipis dan melebar digoreng dengan tepung lalu yang paling menarik adalah saos tomatnya yang manis, kecut pokoknya seger deh.

Untuk minumannya ada Mango Yakult dan Taro Latte yang sudah kami pesan siang itu. Mango Yakultnya segar dan tidak terlalu kecut, kalau diminum saat dingin paling enak apalagi di siang hari. Untuk Taro Lattenya agak sedikit berbeda dengan Taro Latte di tempat lain, rasanya lebih manis dan terasa campuran susunya, enak.



Xotus Cafe ini memang paham banget kalau kebanyakan pelanggannya merupakan anak muda terutama mahasiswa sekitar yang jarang sekali pegang uang cash. Jadi semua aktivitas pembayaran bisa menggunakan dompet digital yang jauh lebih praktis untuk pelanggan. Bicara soal pembayaran zaman digital begini semua urusan menjadi lebih mudah apalagi urusan mengelola keuangan tinggal pakai software akutansi semua beres.

Seperti yang kita ketahui saat sebuah cafe mulai berjalan, memastikan manajemen keuangan berjalan lancar adalah hal penting. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, tentunya akan bisa diketahui seberapa besar kekuatan keuangan yang dimiliki oleh cafe tersebut. Sehingga dengan pengelolaan uang yang benar maka berpengaruh dengan fasilitas dan pelayanan yang disediakan pihak cafe.

Well, buat teman-teman yang penasaran untuk mencoba suasana nongkrong yang nyaman dan unik bersama pasangan, teman dan keluarga dengan banyak spot foto bagus tidak ada salahnya untuk datang ke Cerita Kopi Xotus. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya untuk kenyaman dan keamanan bersama.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »