5 Lowongan Kerja Surabaya untuk Jurusan Psikologi

9/29/2021
Salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan sering menjadi rujukan para pelamar kerja adalah kota Surabaya. Di Kota Surabaya banyak berdiri industri, instansi, serta perusahaan yang maju dan sering membuka lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan Surabaya sangat beragam jenisnya.

Entah itu lowongan yang berkaitan dengan perusahaan atau sebuah instansi seperti universitas atau sekolah. Salah satu lowongan tersebut yakni yang berkaitan dengan jurusan psikologi. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia.

Lulusan dari jurusan psikologi biasanya mempelajari hal mencakup tentang pengaruh tekanan sosial, biologi, faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi cara orang dalam berpikir, bertindak, dan merasakan sesuatu. Jurusan psikologi atau aspek psikologi banyak dibutuhkan karena berkaitan dengan kesehatan mental yang seringkali dilupakan.



Apa Saja Lowongan Kerja di Kota Surabaya untuk Lulusan Psikologi?


Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

1. Human Resources Departement (HRD)

Pekerjaan yang paling umum dicari oleh lulusan jurusan psikologi adalah lowongan untuk menjadi Human Resources Departement atau yang disingkat HRD. Hal ini dikarenakan posisi sebagai HRD berkaitan dengan kemampuan yang berasal dari sebuah kepribadian.

Maka dari itu lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut karena dianggap mampu untuk menilai atau membaca kepribadian seseorang. Untuk gaji, HRD biasanya bisa menerima sekiranya 4 hingga 8 juta dalam perbulan, bahkan untuk seorang fresh graduate.

2. Psikolog

Pekerjaan selanjutnya yang juga sangat identik dengan jurusan psikologi adalah menjadi seorang psikolog. Menjadi seorang psikolog tentunya harus menangani kasus yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang.

Ada beberapa jenis psikolog yang bisa ditekuni, antara lain psikolog pendidikan, psikolog klinis, psikolog forensik, dan psikolog industri. Untuk penghasilannya, seorang psikolog bisa mendapatkan sekiranya Rp 5 - 15 juta dalam sebulan, tergantung pendidikan yang di ambil.

3. Terapis Anak

Di Indonesia, pekerjaan sebagai terapis anak masih sangat sedikit sehingga bisa sangat berpotensi untuk peningkatan karir. Pekerjaan menjadi terapis anak sangat cocok dilakukan bagi lulusan jurusan psikolog yang juga menyukai dunia media atau kesehatan.

Manfaat dari menjadi seorang terapis anak bukan hanya dari segi materil, melainkan juga dari sisi kemanusiaan karena pastinya Anda akan mendapatkan banyak nilai moral dari anak-anak luar biasa tersebut. Dan jika berbicara soal materil, seorang terapis anak bisa mendapatkan penghasilan dengan kisaran 4 hingga 7 juta dalam sebulan.

4. Dosen

Pekerja mulia berikutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan psikologi adalah menjadi seorang dosen. Selain bisa mengajar dan membagikan ilmu, seorang dosen psikologi juga berkesempatan untuk menerbitkan buku atau jurnal, dengan tujuan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, Anda harus menempuh pendidikan kembali yakni S2 atau magister. Dalam penghasilannya, seorang dosen psikologi bisa mendapatkan sekitar 7 - 15 juta dalam sebulan, tergantung pada kebijakan kampus yang menaunginya.

5. Guru Bimbingan Konseling (BK)

Masih tentang tenaga pendidik, selain dosen, lulusan dari jurusan psikologi juga bisa berkarir sebagai guru bimbingan konseling atau BK. Lowongan pekerjaan menjadi guru BK tentu banyak dibutuhkan, mengingat setiap sekolah pasti membutuhkannya.

Tujuan adanya guru BK untuk memberikan pembinaan, bimbingan, hingga bantuan kepada siswa yang bermasalah. Dalam sebulannya, seorang guru BK bisa mendapat penghasilan yang berkisar 6 juta.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »