Festival Bahari Kamal 2016 - Mengembalikan Kejayaan Pelabuhan Kamal

10/13/2016
Memiliki letak geografis yang berada di seberang Pulau Jawa menjadikan Pulau Madura sebagai salah satu kepulauan yang membutuhkan trasportasi laut untuk bisa dikunjungi. Selat Madura yang memisah dua pulau ini biasa dilalui dengan transportasi laut yang sudah dikelola oleh PT. ASDP Indonesia Ferry (PERSERO).

Pelabuhan Kamal merupakan pintu gerbang utama keluar masuk ke Pulau Madura. Pelayaran dari Pelabuhan Kamal ke Pelabuhan Ujung Surabaya ditempuh sekitar 30 menit menggunakan kapal ferry melintasi Selat Madura. Pelabuhan ini mempunyai beberapa kapal yang terkenal kecil. Bahkan lebih kecil dibandingkan dengan kapal ferry yang berada di tempat lain seperti Merak - Bakahueni ataupun Ketapang - Gilimanuk.


Kapal yang beroperasi disini pun namanya cukup unik. Contohnya KMP Jokotole, KMP Trunojoyo, KMP Potre Koneng, bahkan KMP Selat Madura 1 dan 2. Kebanyakan nama dari kapal tersebut berasal dari nama tokoh terkemuka di Pulau Madura. Namun sejak Jembatan Suramadu resmi dibuka pada tahun 2009 Pelabuhan Kamal mengalami penurunan yang sangat tajam.

Hampir semua masyarakat Madura menggunakan akses Jembatan Suramadu sebagai tempat penyeberangan menuju Pulau Jawa maupun sebaliknya ke Pulau Madura. Dari beberapa kapal besar, kini hanya tinggal belasan kapal yang berukuran kecil. Meski sudah sepi, pihak ASDP tetap akan mengoperasikan pelabuhan ini meski harus menurunkan tarif kendaraan dan penumpang.

Festival Bahari Kamal 2016 Wujud Mengembalikan Kejayaan Pelabuhan Kamal


Tidak bisa dipungkiri lagi menurunnya penggunaan transportasi kapal penyebrangan di Pelabuhan Kamal memberikan banyak dampak buruk kepada beberapa sektor yang ada di sekitar pelabuhan yang pernah berjaya di masanya ini. Misal saja, Pelabuhan Kamal yang biasanya selalu ramai padat dengan penumpang sekarang sepi dan hampir tidak ada penumpang.

Pedagang makanan dan minuman sudah hampir tidak kelihatan lagi menjajakan dangannya disana, selain itu transportasi menuju Kecamatan Kamal otomatis menjadi sepi dan jarang. Kalaupun ada karena beberapa penumpang yang akan menuju kampus Universitas Negeri Trunojoyo yang berada dalam satu jalur dengan Pelabuhan Kamal.

Dengan sepinya Pelabuhan yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangkalan ini tercetus ide untuk mengadakan Festival Bahari Kamal 2016. Tidak tanggung-tanggung festival ini didukung sepenuhnya oleh semua lapisan masyarakat mulai dari Bupati, Dinas Terkait, Para pemerhati pariwisata dan tentunya masyarakat sekitar.

Akan ada beberapa kegiatan umum yang akan dilaksanakan demi terwujudnya festival terbesar ini. Rencananya Jadwal Festival Bahari Kamal 2016 akan dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 17 November 2016. Selain itu cakupan pengunjung yang diharapkan adalah se-Jawa Timur sampai Indonesia. Semua orang bisa secara bebas menonton dan menikmati festival ini.


Daftar Kegiatan dalam Perayaan Festival Bahari Kamal 2016 :

FESTIVAL :
- Festival Lampion
- Gowes Bahari Kamal
- Festival Bakar Ikan
- Festival Seni Bahari Kamal
- Festival Lomba Layang-Layang
- Festival Perahu Tradisional ( Hias )
- Kentongan Bambu / Tok Tok Bambu

BAZAR :
- Jajanan dan Makanan Khas Kamal
- Kerajinan dan Karya Seni Khas Bangkalan

PAMERAN :
- Pameran Foto Pelabuhan Kamal Dari Masa ke Masa
- Pameran Produk Olahan Bahari

LOMBA :
- Lomba Mewarnai Tingkat Tk dan SD / sederajat
- Lomba Menggambar Tingkat SMP dan SMA / Sederajat
- Lomba Essai SMA / Sederajat dan Mahasiswa
- Lomba Fotografi untuk Jurnalis serta umum
- Lomba Fashion Bahari
- Lomba Duta Bahari
- Lomba Balap Perahu Tradisional
- Lomba Kambing Cantik
- Lomba Mancing Diatas Perahu
- Lomba Power Speed Boat

Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan diatas bisa menghubungi :

Sekretariat : Kantor ASDP Pelabuhan Kamal
Contact Person I : 0821-3175-9777 ( Bapak Deni )
Contact Person II : 081-230-416-86 ( Ibu Anita )

Dengan adanya Festival Bahari Kamal 2016 ini diharapkan bisa mampu mengembalikan kejayaan Pelabuhan Kamal. Bukan hanya itu saja, para penumpang bisa kembali menggunakan fasilitas transportasi laut yang ada di Pelabuhan Kamal. Bagi teman-teman jangan lupa untuk ikut berpartisipasi maupun hadir dalam perhelatan akbar ini.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »