Bahasa Patenisasi ala Orang Madura

10/11/2016
Bukan hanya kaya dengan objek wisatanya tapi Pulau Madura memiliki kekayaan budaya serta beberapa kebiasaan dari masyarakatnya yang patut teman-teman ketahui. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu hal yang membuat suku Madura mudah dikenal dan diingat oleh banyak orang adalah logat bicara dan gaya bahasanya.

Apalagi logat bicara orang Madura sendiri menjadi salah satu logat yang sudah dikenal oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Setiap kali mendengar orang Madura bicara pasti sudah bisa ditebak dengan mudah. Nah, kali ini teman-teman harus tahu juga kalau bukan hanya logat bicara yang menjadi keunikan tapi juga beberapa bahasa yang digunakan sehari-hari oleh orang Madura sendiri.


Salah satu kebiasaan unik tapi mungkin sedikit aneh dari orang Madura adalah sering membuat singkatan ketika menyebutkan nama orang, nama tempat maupun nama benda. Selain itu juga ternyata mereka memiliki beberapa bahasa “Paten” yang sering digunakan sehari-hari. Berikut adalah beberapa bahasa “Paten “ yang jika teman-teman membacanya akan merasa lucu.


1. "Orèngngah a-Honda-an de' dejeh.."
(Ternyata Merk Yamaha)

2. "Patè'en Sanyo jiyah mon pol.."
(Merk Shimizu)

3. "Mellèh Akua Club kalla, gebey tamoy"
(Merk Club)

4.  "Sikat ngangghuy Odol"
(Merk Pepsodent, Odol adalah sebuah merk Pasta Gigi zaman Belanda)

5. "Nyassa ngangghuy Rinso"
(Merk So Klin atau Daia)

6. "Mat Pelor mangkat ngangghuy Mercy"
(Merk Honda Civic)

7. "Ngebey Sarimi kalla!"
(Merk Mie Sedap)

8. "Nompa' Colt de' sampang"
(Padahal Nompa' Mobil L300)


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »