Pesona Wisata Air Terjun Batu Raja Manitan di Galis - Bangkalan

9/01/2016
Objek wisata alam menjadi pilihan tepat bagi teman-teman yang suka dengan tempat sejuk dengan pemandangan yang tidak jarang mengagumkan. Beberapa waktu yang lalu Tim Gerbang Pulau Madura bersama Blogger Plat-M dan Komunitas My Trip My Adventure Bangkalan berkesempatan untuk mengunjungi langsung salah satu objek wisata yang ada di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Kali ini tempat wisata yang kami datangi masih jarang mendapat kunjungan dari wisatawan karena memang belum dikenal luas.

Air Terjun Batu Raja Manitan yang berada di Kecamatan Galis ini menjadi salah satu surga wisata alam yang wajib teman-teman sempatkan mampir. Sebenarnya untuk objek wisata alam berupa air terjun masih sangat jarang ditemukan di Pulau Madura terutama untuk wilayah Kabupaten Bangkalan sendiri. Kalau untuk wilayah Kabupaten Sampang teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan Air Terjun Toroan di Kecamatan Banyuates bukan?.


Nah, air terjun Manetan Batu Raja ini berbeda dengan air terjun Toroan karena tidak berhadapan langsung dengan laut lepas. Selain itu disekitar air terjun Manetan masih banyak ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang rindang dan sangat sejuk. Kawasan air terjun yang terletak di Kecamatan Galis ini memiliki suasana yang masih sangat tenang karena berada jauh dari jalanan yang bising.

Menikmati Indah dan Alami Air Terjun Manetan


Saat pertama kali menjejakkan kaki di kawasan air terjun Manetan Batu Raja ini teman-teman pasti tidak akan sabar lagi untuk bisa bermain-main air disana. Aliran air yang tidak terlalu deras dan aman untuk bisa bermain-main di air terjun. Bukan hanya itu saja, air yang ada di air terjun Manetan Batu Raja ini cukup bening dan dingin.

Bagi teman-teman yang sudah penasaran untuk bisa bermain-main di dekat air terjun tidak perlu khawatir lagi karena aman. Disana juga kalian bisa berenang sekaligus bermain air, sambil duduk santai bersender pada batu besar yang ada di air terjun. Aliran air yang jatuh dengan deras pasti membuat teman-teman merasa tenang berada di sekitar air terjun ala Desa Manetan ini.


Batu Raja atau batu besar yang menjadi tempat aliran air cukup aman untuk dipijaki. Teman-teman tidak perlu takut licin saat mendaki ke atas karena bebatuan yang ada disana tidak ada lumut yang tumbuh. Jadi, teman-teman bisa bersenang-senang sepuasnya di salah satu objek wisata alam yang sangat indah dan menyejukkan tersebut.

Selain itu dengan adanya objek wisata alam berupa air terjun di Madura menandakan bahwa pulau yang terkenal dengan hasil garamnya ini bukanlah pulau gersang. Untuk bisa masuk ke dalam teman-teman tidak dipungut biaya alias gratis karena tempat wisata ini masih belum tersentuh oleh pemerintah daerah setempat.

Terlihat juga dari minimnya fasilitas umum yang bisa digunakan para wisatawan ketika berkunjung kemari. Hanya ada warung-warung masyarakat setempat yang bisa teman-teman manfaatkan untuk mengisi perut yang lapar saat setelah puas bermain di air terjun. Meskipun masih minim fasilitas umum tapi jangan khawatir dengan pemandangan alam yang indah sekali di air terjun Manetan.

Namun sebelum teman-teman bisa menikmati aliran air terjun yang begitu menyegarkan, teman-teman akan disambut dengan pemandangan alam yang tidak kalah indah lainnya. Kalian akan melewati perbukitan dengan padang ilalang yang penuh rerumputan. Akses jalan ini hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor saja.


Letak Kecamatan Galis sendiri berjarak sekitar 50 km di arah timur kota Bangkalan. Meskipun jaraknya lumayan jauh tapi teman-teman tidak perlu khawatir untuk bisa sampai kesana. Karena akses jalan yang baik dan aman akan membuat perjalanan teman-teman menjadi semakin tenang.Untuk transportasi umum hanya ada sampai Kecamatan Galis saja, oleh sebab itu kami menyarankan teman-teman menggunakan kendaraan pribadi khususnya motor.

Bagi teman-teman yang berada di luar Madura bisa melewati akses Jembatan Suramadu lalu setelah tiba di pertigaan Tangkel ambil jalan membelok kanan ke arah Kabupaten Sampang. Sebenarnya ada sebuah angkutan umum yang bisa teman-teman gunakan untuk bisa sampai kesana, yakni bus mini dan bus antar kota. Namun sayangnya, angkutan umum tersebut hanya bisa mengantar teman-teman sampai Galis saja.

Bagaimana? Sekarang teman-teman tidak perlu khawatir lagi jika ingin berwisata di Pulau Madura terutama wisata alamnya. Bagi teman-teman yang suka berpetualang alam Air Terjun Batu Raja ini cocok sekali untuk memuaskan keinginan kalian untuk sekedar Wisata atau Foto Prewedding.

VIDEO AIR TERJUN BATU RAJA - BANGKALAN




Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »