Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan

2/16/2016
Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) pasti ada di setiap daerah masing – masing di Indonesia tak terkecuali di Pulau Madura. Kali ini Tim Gerbang Pulau Madura akan sedikit mengulas tentang salah satu RSUD yang ada di Madura tepatnya di Kabupaten Bangkalan. RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu, rumah sakit ini merupakan satu – satunya rumah sakit umum yang ada di di kota Bangkalan. Letaknya yang berada di kota memudahkan banyak pasien untuk datang berobat, pasien yang datang tidak hanya dari kota Bangkalan saja, banyak yang berasal dari luar kota Bangkalan.

RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu terletak di jalan Pemuda No. 2 Bangkalan, atau tepat berhadapan dengan SMA Negeri 1 Bangkalan. Untuk bisa menuju kesana banyak angkutan umum yang memiliki rute menuju rumah sakit. Jika teman – teman berasal dari luar kota Bangkalan khususnya dari daerah timur seperti Sampang, Pamekasan dan Sumenep bisa ikut angkutan umum seperti bus mini dan turun di pertigaan Junok.

Dari pertigaan Junok ini, teman – teman bisa berjalan sedikit menuju arah barat sekitar 300 meter. Jika tidak ingin jalan kaki, bisa juga naik becak yang banyak berkumpul di sekitar pertigaan Junok mencari pelanggan. Tarif becak dari pertigaan Junok sekitar Rp. 5.000, teman – teman juga bisa menawar tarifnya.


RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu ini juga sering menjadi rujukan pasien rumah sakit dari beberapa puskesmas yang ada di kecamatan Bangkalan maupun dari luar kecamatan Bangkalan. Selain itu, RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu juga sering menjadi rujukan RSUD dari luar Kabupaten Bangkalan. Hal ini menandakan bahwa fasilitas perawatan, tim dokter beserta perawat yang ada di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu cukup lengkap.

Sejarah RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu

Jauh sebelum berganti nama menjadi RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu, rumah sakit ini bernama Militaire Hospital pada zaman penjajahan Jepang. Rumah sakit ini sempat dikuasai oleh tentara Belanda ( NICA ) selama dua tahun ( 1945 – 1947 ). Kemudian pada tahun 1949 rumah sakit dikembalikan kepada pemerintah Indonesia setelah adanya pengakuan kedaulatan Republik Indonesia dari pemerintah Kerajaan Belanda.

Penyerahan ini secara teknis dilakukan oleh pihak militer Belanda kepada TNI yang diwakili oleh Mr. R.A.A Moh. Zis Tjakraningrat selaku Bupati Bangkalan saat itu. Sejak rumah sakit Militaire Hospital diserahkan ke Indonesia namanya diganti menjadi Rumah Sakit Bangkalan dan Dr. Sitiawan Kartosoedirdjo ditetapkan menjadi kepala rumah sakit waktu itu.

Lokasi rumah sakit Bangkalan awalnya berada di Jalan Mayjend Sungkono atau di belakang pendopo Bupati Bangkalan. Kemudian pada tahun 1959 Bupati Bangkalan Mr. R.A.A Moh. Zis tjakraningrat merelokasi rumah sakit ke lokasi yang baru yakni di Jalan Pemuda Bangkalan dengan status “Type D” pada tahun 1987. Kemudian di tahun 1999 rumah sakit umum daerah Bangkalan berubah nama menjadi Rumah Sakit Prof. DR. Sitiawan Kartosoedirdjo, hal tersebut dilakukan sebagai tanda penghormatan untuk DR. Sitiawan Kartosoedirdjo yang pernah menjabat sebagi kepala rumah sakit dan beliau adalah satu – satunya dokter yang berasal dari Madura.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2005 Rumah Sakit Prof. DR. Sitiawan Kartosoedirdjo berubah status menjadi rumah sakit "Type B" Non Pendidikan. Akhirnya pada tahun 2009 Rumah sakit resmi berubah nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Syamrabu atau kepanjangan dari Syarifah Ambami Rato Ebu.


Tampilan Baru Gedung RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu

Sudah hampir sekitar satu bulan terakhir ini masyarakat Bangkalan dibuat tertegun melihat desain exterior gedung RSUD Syamrabu yang baru selesai direnovasi. Jika sebelumnya gedung rumah sakit berbentuk lama dan kuno, sekarang gedung rumah sakit sudah berubah menjadi mewah. Dengan pelayanan rumah sakit yang juga mengalami kemajuan demi kenyamanan para pasien.

RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu merupakan satu – satunya rumah sakit yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangkalan. Gedungnya yang bersih dan mewah tidak lagi memberi kesan yang menakutkan, ditambah dengan banyaknya lampu – lampu yang menyinari gedung baik siang maupun malam hari.

Sekarang masyarakat Bangkalan dan sekitarnya tidak perlu lagi berobat jauh – jauh ke luar daerah karena RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu bisa menjadi pilihan pertama untuk pergi berobat. Selain gedung yang bersih nan mewah, instalasi – instalasi yang ada di dalam RSUD Syamrabu juga mengalami pembaruan dan untuk lahan parkir kendaraan juga cukup luas.

Disekitarnya juga tersedia beberapa fasilitas umum, seperti warung atau kantin makan, mini market, tempat ATM dan sebagainya. Pemerintah daerah Kabupaten Bangkalan nampaknya begitu serius dan profesional memberikan fasilitas – fasilitas umum pada masyarakatnya salah satunya dengan adanya RSUD Syamrabu ini.

Berikut kita sertakan alamat lengkap dan No Telepon Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan:
Alamat : Jalan Pemuda Kaffa No.9, Kec. Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia.
Telepon : +62 31 3095088


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »