Obyek Wisata Monumen Bebas Tributa di Kabupaten Bangkalan

8/09/2016
Tidak jauh berbeda dengan pemandangan pusat kota yang ada di tiga Kabupaten lain di Madura, Kabupaten Bangkalan memiliki pemadangan yang sama. Bila diperhatikan lebih jauh lagi biasanya untuk tatanan kota terdiri dari Pendopo, Taman Kota, Masjid Agung dan Monumen. Belum lama ini pemerintah setempat telah resmi membuka satu-satunya taman kota yang ada di Bangkalan yakni Taman Paseban.

Taman Paseban sempat diberitakan sebagai icon kota Bangkalan karena memiliki icon berbentuk salak. Seperti yang banyak diketahui kalau Kabupaten yang terletak di ujung barat Madura ini memang terkenal sekali dengan produksi buah salaknya. Dalam tulisan ini Tim Gerbang Pulau Madura akan mengangkat salah satu monumen yang ada di Kota Bangkalan.



Monumen Bebas Tributa, Monumen Kebanggaan Masyarakat Bangkalan


Monumen ini dikenal dengan sebutan Monumen Bebas Tributa, letaknya tepat di tengah Kota Bangkalan. Dekat dengan pendopo dan Taman Paseban, keberadaan monumen ini memang menjadi kebangaan semua masyarakat yang ada disana. Bangunan monumen kota ini merupakan prasasti yang diberikan oleh provinsi Jawa Timur yang memuat pernyataan pemberian untuk semua masyarakat Bangkalan.

Seperti namanya Monumen ini dijadikan sebagai simbol pengharapan Bapak Gubernur Jawa Timur pada masa itu yakni Soelarso. Bertujuan untuk mendorong masyarakat luas agar mendukung terwujudnya masyarakat Bangkalan yang bebas dari buta aksara, buta pengetahuan dan buta keterampilan atau pekerjaan. 


Sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai lambang program pemerintah provinsi Jawa Timur saja namun sama seperti Monumen Arek Lancor yang ada di Kabupaten Pamekasan, Monumen Bebas Tributa ini didirikan untuk memperindah letak Kota Bangkalan sendiri. Bangunannya sempat menjalani renovasi dan dipasang jam kota yang bisa dilihat oleh semua orang yang sedang melintas disekitarnya.

Letaknya juga berada tepat di perempatan kota dan hal tersebut memudahkan semua orang untuk bisa melihatnya dari bermacam arah ruas jalan. Untuk bisa sampai ke Monumen Bebas Tributa ini teman –teman wisatawan maupun Backpacker bisa langsung menuju pusat kota Bangkalan dari arah perempatan Tangkel Suramadu.



Untuk bisa sampai di pusat kota sudah tersedia banyak angkutan umum yang bisa teman-teman gunakan jika sedang tidak membawa kendaraan pribadi. Namun kami sarankan untuk membawa kendaraan pribadi dikhusukan untuk motor supaya teman-teman bisa berkeliling kota Bangkalan dan melihat langsung dengan bebas.

Di Kota Bangkalan sendiri ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi selain Monumen Bebas Tributa ini seperti Taman Paseban, Masjid Agung Bangkalan, Stadion Gelora Bangkalan, Pumara (Pusat Makanan Rakyat), Taman Rekreasi Kota dan yang paling menjadi favorit sebagian besar para kaum muda disini adalah Bangkalan Plaza.

Jadi tunggu apalagi, sempatkan untuk berkeliling Kota Bangkalan yang kecil namun indah dan ramah ini. Teman-teman juga bisa berfoto di dekat Monumen sebagai kenang-kenangan namun diharapkan


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »