Wisata Taman Paseban di Kota Bangkalan

1/22/2016
Taman kota menjadi salah satu icon kebanggaan setiap daerah tak terkecuali dengan kota Bangkalan. Untuk kesekian kalinya taman kota Bangkalan mengalami revitalisasi, kali ini jelas tampilannya lebih indah dan rapi. Taman kota Bangkalan yang juga disebut dengan Taman Paseban ini berada tepat di tengah kota berhadapan dengan Masjid Agung Bangkalan dan bersebelahan dengan Gedung Rato Ebu.

Belum rampung diselesaikan dan masih dalam proses tapi taman Paseban sudah mampu menarik hati pengunjung untuk datang. Terbukti ketika kita dari Tim PulauMadura beberapa kali datang untuk melakukan liputan dan banyak sekali pengunjung yang datang. Untuk sekedar menikmati keindahan taman Paseban maupun duduk bersantai menikmati fasilitas umum yang ada di sana.

Tetap mengusung konsep yang sama yakni penuh warna sesuai dengan logo kota Bangkalan sendiri, Bangkalan Ceria.  Di setiap sudut taman banyak sekali ditemukan desain dan pemilihan warna yang berwarna – warni, meskipun penuh warna Taman Paseban didominasi oleh warna merah dan kuning. Pemilihan corak warna yang digunakan juga senada dengan warna Stadion Gelora Bangkalan.

Taman Paseban Bangkalan

Letaknya yang sangat strategis dan mudah ditemukan ini juga dilewati jalur angkutan umum. Bagi teman – teman yang berasal dari luar kota Bangkalan, Taman Paseban berjarak sekitar 7 km saja dari pertigaan Tangkel Suramadu. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi juga kendaraan umum. Dibuat demikian agar semakin memudahkan pengunjung untuk datang ke taman ini.

Jika teman – teman masih ingat di postingan kita sebelumnya tentang Indahnya Taman Paseban di Kota Bangkalan, di dalam postingan tersebut kita menjelaskan bahwa lokasi taman yang bersebelahan dengan lapangan Tenis. Sekarang, lapangan Tennis dibongkar dan di ganti perluasan taman dengan tambahan dua kolam air lengkap beserta air mancur dihiasi lampu berwarna – warni. Luas taman sekarang menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Di Taman Paseban telah dilengkapi juga tempat pedagang kaki lima yang berjualan makanan dan minuman. Ada fasilitas umum seperti kamar mandi baik untuk pria dan wanita serta halaman parkir sepeda motor yang cukup luas. Untuk bisa datang kesana teman – teman tidak dikenakan biaya masuk hanya cukup membayar tarif parkir.

Banyak pengunjung dari luar Pulau Madura dan dari luar kota Bangkalan yang telah datang untuk mencoba menikmati keindahan taman Paseban. Letaknya yang berhadapan tepat dengan Masjid Agung Bangkalan yang menjadi persinggahan bagi para wisatawan menarik hati mereka untuk mampir sebentar ke taman.

Dari pagi hari, sore hari sampai malam hari pun Taman Paseban tidak pernah sepi dari pengunjung atau bahkan kehilangan pengunjung. Setelah mengalami perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas di dalamnya taman ini semakin menjadi salah satu tempat favorit bagi warga kota Bangkalan sendiri.


Selain menghabiskan waktu untuk duduk – duduk atau menemani buah hati bermain di taman kota, Taman Paseban ini mendadak menjadi spot foto bagi para fotografer. Mereka tertarik dengan keindahan dan warna – warna taman yang sepertinya cocok dengan tema pemotretan. Bukan hanya para fotografer profesional, namun taman juga tidak luput dari serbuan teman – teman muda mudi yang gemar berfoto selfie. Mereka tidak mau ketinggalan juga menikmati indahnya taman sambil berselfie.

Selain desain taman yang unik, pemilihan warna yang penuh dengan variasi ditambah juga banyaknya pepohonan hijau yang sengaja ditanam oleh pihak pengelola agar taman semakin terasa rindang dan sejuk. Di sebelah pojok belakang taman ada sebuah tempat seperti gazebo yang berukuran cukup luas untuk bisa dijadikan tempat duduk – duduk bersantai selain tempat duduk yang berada dekat dengan area penjual makanan dan minuman.

Melejitnya keindahan Taman Bungkul di Surabaya dan taman – taman kota ditempat lainnya menjadi inspirasi dan pemacu semangat pemerintah Bangkalan untuk merevitalisasi ulang Taman Paseban menjadi lebih cantik dan indah lagi. Warga Bangkalan semakin dibuat nyaman dengan adanya fasilitas umum yang semakin menarik untuk dikunjungi ini.


Jadi, semakin hari kota Bangkalan tidak lagi menyuguhkan wisata religi yang sudah terkenal seIndonesia atau wisata kuliner bebeknya yang menjadi salah satu tujuan untuk wisatawan datang berkunjung. Namun, wisata taman kota sudah bisa menjadi tujuan baru bagi para wisatawan untuk datang ke Bangkalan.

Ada beberapa tips dan saran yang telah kita kumpulkan untuk teman – teman yang ingin datang berkunjung kesini, berikut :

1. Setiap pengunjung diharapkan untuk berperilaku sopan dan baik ketika berada di Taman Paseban, tidak melakukan hal – hal buruk.

2. Jangan lupa membawa kamera agar bisa berfoto – foto di taman, ada banyak sekali spot di dalam taman yang cocok digunakan untuk berfoto.

3. Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota Bangkalan bila kebingungan mencari Taman Paseban tinggal mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan.

4. Mari jaga kebersihan dan kelestarian Taman Paseban bersama dengan tidak mencorat – coret fasilitas taman dan membuang sampah sembarangan

Segera datang ke Pulau Madura dan kunjungi Taman Paseban Bangkalan untuk sekedar santai maupun melepas penat bersama teman ataupun keluarga.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »