Cara Mengatasi Bagian Tubuh yang tertusuk Bulu Babi

1/24/2016
Melakukan snorkeling dan diving merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan bila kita berwisata ke pantai. Seperti pantai Gili Labak yang memiliki keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona. Ekosistem terumbu karang dan ikan ikan kecil yang berada di dalam lautnya tidak pernah gagal merayu para wisatawan untuk turun menyapa dan melihat langsung.

Bahkan bisa jadi banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pantai Gili Labak ataupun pantai yang memiliki banyak terumbu karang lainnya hanya untuk snorkeling juga diving. Walaupun ketika melakukan dua aktivitas tersebut kita tetap harus berhati – hati, teman – teman tau Bulu Babi atau landak laut ?. Bulu Babi adalah salah satu binatang laut yang suka sekali berada di sekitar terumbu karang.

Bulu Babi atau Landak Laut yang banyak ditakuti oleh penyelam banyak ditemukan di terumbu karang yang bagus, air yang sudah tercemar atau di perairan yang dangkal. Biasanya anggota tubuh kita yang kerap tertusuk duri Bulu Babi adalah kaki dan tangan.

Bentuk dan warna hitamnya memang membuat kita merasa penasaran dan bahakan tidak menyadari keberadaannya. Namun, Bulu Babi ini menjadi binatang yang harus kita waspadai pada saat berada di dalam laut. Di bagian luar tubuh binatang ini banyak duri – duri yang kapan saja bisa menggores bahkan menusuk anggota tubuh kita khususnya kaki pada saat snorkeling atau diving.

Meskipun ukuran duri Bulu Babi ini terbilang kecil ternyata jika tertusuk mampu membuat kita merasa sakit, panas dan nyeri yang hebat. Banyak para wisatawan yang sedang asyik snorkeling tidak menyadari sedang tertusuk duri Bulu Babi ini karena efek rasa sakitnya yang tidak bisa langsung dirasakan, namun lama – kelamaan rasa sakit dan nyeri akibat tusukan durinya akan semakin terasa.

Reaksi awal yang akan dialami oleh tubuh yang tertusuk duri Bulu Babi adalah bentol – bentol disertai warna kulit yang berubah menjadi kemerah – merahan dan tentunya rasa sakit yang tidak tertahankan. Rasanya ingin sekali mencabut duri yang ada di dalam tapi hal itu percuma untuk dilakukan karena duri Bulu Babi ini mengandung kalsium yang tinggi sehingga memilik tekstur yang mudah patah.

Berniat untuk mencabut durinya malahan semakin menambah sulit untuk dikeluarkan, Kalau begitu harus bagaimana ? teman – teman tidak perlu panik. Meskipun begitu tetap saja tidak boleh terlambat memberikan pertolongan pertama. Jika dibiarkan lama duri Bulu Babi yang berada dalam tubuh akan menyebar luas yang bisa membuat tubuh kita meriang bahkan bila sudah parah dapat mengakibatkan kematian.

Cara Mengatasi bagian Tubuh yang tertusuk Bulu Babi

Cara Mengatasi Bulu Babi 

Cara mengatasi anggota tubuh yang terkena tusukan duri Bulu Babi dengan memukul bagian yang tertusuk menggunakan batu, menyiramnya dengan cuka atau juga bisa menyiramnya dengan air seni. Langkah pertama ialah memukul dengan keras bagian tubuh yang tertusuk menggunakan batu tujuannya adalah agar duri Bulu Babi hancur setelah itu teman – teman bisa menyiram cuka atau air seni.

Menyiram bagian tubuh yang tertusuk duri Bulu Babi dengan air seni memang merupakan tradisional namun cara ini ampuh dan sudah terbukti pada banyak orang yang pernah tertusuk duri Bulu Babi. Air seni mengandung amonia yang dapat menetralkan racun yang terdapat pada duri Bulu Babi.

Tips agar terhindar dari tertusuk bulu babi


1. Karena Bulu Babi banyak ditemukan di perairan yang dangkal, diharapkan ketika sedang menyelam di perairan yang dangkal teman – teman harus berhati – hati.

2. Berusaha sebisa mungkin untuk tidak menyentuh terumbu karang, karena selain dikhawatirkan akan dapat merusak terumbu karang tersebut juga teman – teman tidak menyadari keberadaan Bulu Babi disekitarnya.

3. Ketika melihat Bulu Babi usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang saat menyelam.

Demikian beberapa cara mengatasi bagian tubuh yang tertusuk duri Bulu Babi juga tips dan saran agar tidak tertusuk duri Bulu Babi selama menyelam atau snorkeling. Semoga bermanfaat dan tetap nikmati keindahan alam bawah lautnya serta jangan lupa untuk berhati – hati selalu.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »