Obyek Wisata Bukit Pelalangan di Arosbaya - Bangkalan

8/28/2015

Wisata Alam Bukit Pelalangan


Kalau anda pernah tau atau bahkan sempat datang berkunjung ke Arizona yang terletak di Amerika Selatan. Bagaimana kalau kami ajak anda semua untuk datang melihat langsung “Arizona di Pulau Madura” ?. Anda pasti tidak percaya kalau di Pulau Madura terdapat sebuah objek wisata yang hampir menyerupai Arizona.

Jika di Arizona sana terkenal dengan bukit yang gersang namun sangat eksotis dan indah. Disini anda bisa menikmati sensasi wisata bukit lengkap dengan sejuknya suasana hutan yang masih alami. Objek wisata bukit Pelalangan ini merupakan salah satu alternatif destinasi wisata anda yang sangat menarik selain pantai, pegunungan maupun kuliner.

Bukit Pelalangan Arosbaya

Terletak di desa bherballuk, kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan dan masih dalam satu kawasan dengan Objek Wisata Religi Pesarean Rato Ebu. Tidak sulit untuk bisa sampai ke wisata bukit Pelalangan ini dan akses jalannya pun nyaman digunakan bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dari Pelabuhan Kamal anda hanya cukup mengemudikan kendaraan anda menuju arah kota Bangkalan setelah itu dilanjutkan ke kecamatan Arosbaya yang berjarak sekitar 15 km. Bagi anda yang melewati Jembatan Suramadu anda tinggal menuju Kota Bangkalan kemudian kecamatan Arosbaya. Setelah tiba di kecamatan Arosbaya anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju Pesarean Rato Ebu atau bisa juga bertanya ke warga sekitar.

Dengan menggunakan kendaraan umum dari arah Pelabuhan Kamal anda bisa naik L 300 dengan ongkos sekitar Rp. 15.000. Kemudian turun di pertigaan lampu merah Kecamatan Arosbaya dan kembali naik angkutan umum menuju Pesarean Rato Ebu. Bila anda melewati Jembatan Suramadu rute dan angkutan umum yang akan anda juga sama seperti bila dari arah Pelabuhan Kamal.

Bila sebelumnya masih tidak ada tarif masuk ataupun tarif parkir di wisata bukit Pelalangan ini, sekarang anda dikenakan tarif parkir saja. Untuk sepeda motor sebesar Rp. 3.000 dan untuk mobil anda harus membayar tarif parkir sebesar Rp. 20.000 saja.

Objek wisata bukit Pelalangan ini sebenarnya adalah bekas tambang batu kapur yang telah lama ada dan sampai sekarang dijadikan warga sekitar untuk menambang batu yang digunakan sebagai bahan bangunan. Sisa pahatan warga yang ada di bukit tidak sengaja membentuk sebuah relief yang sangat cantik. Selain itu warna bukit Pelalangan berbeda dengan bukit lainnya, bukitnya berwarna emas kecoklatan.

Bukan karena tempat ini adalah sebuah bukit anda tidak perlu khawatir akan merasakan cuaca yang panas seperti di wisata Bukit Kapur Jaddih. Di Bukit Pelalangan ini ditumbuhi oleh banyak tumbuhan paku dan dikeliling pepohonan rindang yang sangat senjuk.

Dari Pesarean Rato Ebu menuju Bukit Pelalangan ini anda akan melewati jalan kecil yang sedikit naik turun juga berkelok. Jarak yang ditempuh tidak jauh, sekitar 800 meter selama perjalanan anda akan disuguhi deretan rumah warga setempat dan hutan – hutan kecil yang sejuk dipandang mata.

Masuk ke dalam kawasan bukit, jalan pun mulai sedikit curam diharapkan anda untuk terus berhati – hati karena jalan di dalam bukit yang naik turun namun tetap asyik untuk dijelajahi. Sekumpulan kaum ibu maupun bapak yang sedang serius memahat batu juga akan anda temukan.

Wisata bukit Pelalangan ini menjadi destinasi wisata favorit juga menjadi salah satu surga spot mengambil foto bagi para fotografer atau yang hanya ingin berselfie saja. Bukan hanya itu saja, bukit Pelalangan ini dijadikan sebagai salah satu spot menarik untuk mengambil foto Pre Wedding yang cukup keren. Jadi, anda jangan terkejut bila ditengah – tengah perjalanan menyusuri bukit ada pasangan calon pengantin yang sedang berfoto.

Semakin ke dalam anda akan di suguhi pemandangan yang semakin menakjubkan pula, di dalam bukit juga terdapat beberapa gua yang bisa anda masuki. Bekas pahatan warga yang berbentuk persegi panjang dan kotak – kotak semakin menambah eksostis bukit Pelalangan ini. Selain gua, di dalam bukit juga banyak ditemukan tebing – tebing dengan kedalaman yang berbeda – beda ukurannya dengan warna hampir kecoklatan tidak seperti batu kapur lazimnya yang berwarna putih seperti yang berada di Wisata Bukit Kapur Desa Jaddih.

Sudah bisa dipastikan setiap sudut di dalam bukit memiliki keindahan tersendiri yang mampu membuat anda tersihir dan bisa berlama – lama menikmatinya. Namun sayangnya masih belum ada fasilitas – fasilitas umum yang terdapat di sekitar bukit, seperti toilet, musholla, tempat ganti pakaian atau tempat penjual makanan dan minuman.

Wisata Bukit Pelalangan ini sungguh masih sangat alami dan masih belum mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat. Mungkin dikarenakan pemerintah daerah setempat masih konsen dengan wisata religi Pesarean Rato Ebu. Oleh karena itu kami tetap terus mengajak dan menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan, keharmonisan dan keasrian bukit Pelalangan bersama.

VIDEO LIPUTAN WISATA BUKIT PELALANGAN AROSBAYA



Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »