Restoran Terbaik di Bangkalan Rumah Makan Tera' Bulan

7/24/2022
Terkenal dengan kuliner bebeknya ternyata di Bangkalan Madura ada satu rumah makan yang wajib dikunjungi dan menu yang disajikan bukan cuma bebek. Rumah Makan Tera' Bulan yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia Tera' Bulan atau Bulan purnama. Rumah makan ini diam-diam berhasil menjadi rujukan rumah makan favorit banyak orang saat datang berkunjung ke Bangkalan.

Terbukti, pengunjungnya pun beragam mulai dari masyarakat biasa, artis, turis lokal, ulama, turis mancanegara bahkan Presiden pun pernah datang berkunjung menikmati beragam menunya yang terbilang unik dan variatif. Pada daftar menu terdapat beberapa nama menu yang menarik dan bisa bikin penasaran salah satunya Gurami Tera' Bulan.
 

Pemilik rumah makan yakni HM. Gunawan Wibisono merupakan pecinta kuliner yang bisa dibilang sudah hafal dengan beragam jenis makanan. Beliau juga turun tangan langsung dalam mengurus semua hal tentang menu yang disajikan, mulai dari menyiapkan resep, mengolah makanan hingga saat memilih koki yang handal dalam menyajikan setiap hidangan di rumah makannya. 
 
Bagi masyarakat Bangkalan, Tera' Bulan sudah sangat dikenal karena bisa dibilang rumah makan ini merupakan salah satu rumah makan kelas premium yang ada di Bangkalan. Terletak di Jalan Raya Ketengan no. 69 Bangkalan dan masih satu arah dengan beberapa tempat kuliner terkenal salah satunya adalah Bebek Sinjay.
 

Menikmati Beragam Kuliner Enak di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Meskipun dikepung dengan bermacam rumah makan yang menyajikan menu kuliner bebek namun nyatanya, Tera' Bulan tidak pernah kalah pamor dan tetap menjadi salah satu tujuan wisata kuliner para wisatatawan yang berkunjung ke Bangkalan. Banyaknya foto bersama orang penting yang terpajang di dalam rumah makan Tera' Bulan sudah menandakan kalau tempat kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.
 

Resmi dibuka pada 27 September 2010 sampai sekarang menjadi bukti eksistensi rumah makan yang terkenal dengan ragam menu ikan guraminya yang enak sekali. Bagi kamu pecinta kuliner seafood terutama ikan gurami wajib mencoba menu Gurami Tera' Bulan yang selalu menjadi primadona karena sering dipesan.
 
Bukan cuma Gurami Tera' Bulan saja tapi juga ada menu Gurami Mayonaise, Gurami Telur Asin, Sate Gurami, Sup Gurami dan yang paling unik adalah Steak Gurami yang empuk. Disana juga tersedia menu Bebek Bengal, Bebek Goreng, Sate Bebek, Sate Jamur, Sate Kerapan, Sate Sakera, Tumis Kangkung, dan Cah Baby Kailan.
 


Untuk menu minumannya juga beragam mulai dari Es Degan, Es Cincau, Aneka jus buah seperti alpukat, jambu merah, apel, dan masih banyak lagi. Untuk dessertnya sendiri ada Coconut Jelly dan Fruit Cocktail Puding. Tentunya masih banyak jenis menu makanan dan minuman yang tersedia dengan harga yang terbilang bersahabat di kantong.
 
Di Tera' Bulan kamu juga akan menemukan beberapa menu khas makanan Bangkalan yakni Topa' Ladeh dan Soto Madura yang kuahnya merah dan dari daging. Topa' Ladeh merupakan makanan khas yang disajikan orang Bnagkalan setiap ada perayaan besar seperti hari Raya Idul Fitri, Lebaran Ketupat sampai acara resmi dan sakral.
 
Menurut Bapak Gunawan, menu Topa' Ladeh ini kerap dicari dan dipesan pelanggan yang asli orang Bangkalan namun sudah lama tinggal di luar Bangkalan karena rindu masakan khas Bangkalan. Jadi, bisa dibilang Tera' Bulan bukan hanya menyajikan menu makanan nusantara tapi menu khas Bangkalan juga tersedia.
 
Topa' Ladeh sendiri terdiri dari irisan ketupat janur yang disiram dengan kuah berwarna merah kecoklatan yang teksturnya kental terasa sekali aroma kelapa karena bahan dasarnya memang terbuat dari kelapa. Di kuahnya terdapat irisan daging, empal sampai usus. Untuk sayurnya sendiri ada kacang panjang dan potongan buah manisa atau pepaya muda.
 
Kalau beruntung, kamu bisa mencoba menu Topa' Ladeh ini rasanya gurih dan cocok sekali untuk yang suka makanan berkuah. Disantap saat waktu sarapan ataupun makan siang juga bisa. Di rumah makan Tera' Bulan, kamu akan dimanjakan dengan beragam menu yang unik, variatif dan pastinya enak untuk disantap.
 

Fasilitas dan Pelayanan di Rumah Makan Tera' Bulan Bangkalan

Untuk jam buka rumah makan Tera' Bulan mulai buka dari pukul 9 pagi dan tutup pukul 10 malam. Setiap hari selalu buka dan tidak ada hari libur, jadi kalian bisa sesuka hati datang untuk menikmati berbagai hidangan menu makanan dan minuman yang tersedia di sana selama rumah makan masih buka.

Kalau dilihat dari luar bangunan rumah makan ini seperti bangunan rumah yang direnovasi menjadi tempat makan yang nyaman untuk disinggahi. Tidak terlalu mewah tapi fasilitas yang tersedia di dalamnya lengkap dan pastinya bersih. Ruang makan dengan ukuran besar modern dan berAC.
 
 
Yang paling khas dan unik adalah koleksi lukisan yang dipanjang di hampir setiap dindingnya. Konon, semua lukisan yang dipajang merupakan hasil karya dari salah seorang seniman Bangkalan dengan nilai seni yang tinggi. Kebetulan Bapak Gunawan selaku pemilik rumah makan dikenal pecinta kesenian Madura.
 
Di dalam juga terdapat ruangan khusus untuk merokok yang terletak di sebalah kiri bangunan. Ada ruang untuk meeting, ruang VIP, Mushola dan toilet yang semuanya bersih serta sangat nyaman. Area parkir di depan rumah makan bisa digunakan untuk sepeda motor, mobil bahkan bus juga bisa.
 

Untuk para wisatawan dari luar Bangkalan juga bisa sekalian membeli oleh-oleh khas Bangkalan seperti aneka macam kerupuk, petis Madura dan aneka jajanan riangan untuk dijadikan bekal saat perjalanan pulang. Bahkan Batik Madura juga tersedia di rumah makan Tera' Bulan. 
 
Sehingga tidak heran kalau pada tahun 2015 Presiden Joko Widodo pernah mampir di restoran terbaik di Bangkalan yakni Tera' Bulan. Bahkan disana juga menjadi rujukan tempat makan bagi para petinggi negara saat mengadakan acara di Bangkalan. Kalau ingin mengadakan acara tau sewa ruangan di Tera' Bulan juga bisa, tinggal reservasi saja.
 
 
Rumah makan Tera' Bulan benar-benar menggambarkan rumah makan dengan suasana Madura Bangkalan namun dikemas lebih modern. Untuk pelayanannya sangat juara, mulai dari penyambutan pelanggan di pintu masuk, saat memesan menu, penyajian hidangan, sampai pelanggan keluar dari pintu rumah makan semuanya terbaik.
 
Mungkin ini salah satu rahasia yang membuat rumah makan ini tetap dikenal dan menjadi favorit sampai belasan tahun.Semua pelanggan yang datang dilayani dengan sangat baik dan sepenuh hati oleh para karyawan. Bahkan pelanggan yang datang jika beruntung bisa disapa dan disambut langsung oleh pemiliknya. 
 
Suasana yang nyaman dan tenang, seperti sedang makan di rumah sendiri. Karyawannya juga tidak segan untuk datang saat dipanggil maupun sigap saat melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan. Itu kenapa rumah makan Tera' Bulan ini dibilang rumah makan premium yang ada di Bangkalan, kamu tidak akan rugi saat berkunjung kesana.

Lokasi Restoran Terbaik di Bangkalan RM. Tera' Bulan

 
Nah bagi kamu yang ingin mencoba berbagai makanan khas dan unik didalamnya, langsung saja datang ke Jl. Raya Ketengan No. 69 atau klik tautan dibawah ini via Google Maps dan segera rasakan sensasi masakan yang beda dari biasanya.




Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »