Berikut Sederet Manfaat Kamera Pengintai di Sekolah

10/03/2022
Kamera pengintai CCTV yang ada di sekolah menjadi representasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Keberadaannya memang tidak dirasa perlu, sampai ada kejadian yang menyebabkan kita berpikir, kalau saja ada kamera di sekolah, tentu hal-hal yang tidak diinginkan tersebut bisa dicegah. Itulah sebabnya banyak sekolah kini memasang CCTV.

Kegunaan Kamera Pengintai CCTV di Area Sekolah


Menjaga ketertiban sekolah bisa dilakukan dengan adanya satpam dan guru piket. Tapi Sekolah yang besar dan luas membuat tugas pengawasan yang diberikan pada beberapa tenaga pengajar dan satpam jadi terasa berat. Pemasangan CCTV di Sekolah bermanfaat untuk melakukan pemantauan di area sekolah beserta benefit lainnya.

Source : Pexels


1. Bagian dari Sistem Keamanan

Banyaknya pemberitaan tindak kejahatan atau pelanggaran lainnya di Sekolah, membuat beberapa institusi pendidikan memutuskan memasang CCTV di beberapa area. Lab komputer, pintu gerbang, lorong kelas dan lain sebagainya menjadi lokasi ideal untuk bisa memantau Sekolah baik dari bagian dalam maupun luar.

Satpam Sekolah bisa memantau sekolah dari parkiran sampai kelas-kelas tanpa harus berkeliling Sekolah untuk melakukannya. Dengan demikian, tugas satpam jadi lebih mudah dan tentu lebih bisa diandalkan karena semua kejadian bisa terekam dengan jelas.

2. Pengawasan Ujian

Kamera CCTV juga bisa dipakai untuk mengawasi ujian. Pengawas memiliki keterbatasan dan hanya bisa melihat kecurangan ketika terjadi di depan matanya. Tapi dengan adanya CCTV di ruang kelas, maka bisa dilihat apakah ada gerakan mencurigakan yang menjadi indikasi pelanggaran ujian. Siswa juga jadi lebih disiplin dan tertib khususnya saat ujia. Mereka tidak ingin bermasalah karena terbukti mencontek atau memberikan jawaban saat ujian.

3. Media Mendisiplinkan Siswa

Siswa yang sering terlambat, melakukan tindakan bully dan perilaku buruk lainnya bisa terlihat pada kamera pengintai. Hal ini tentu bisa ditindaklanjuti dengan membawa bukti rekaman CCTV. Sekolah dapat memanggil orang tua dan siswa dan membicarakan mengenai perilakunya. Karena ada bukti kuat, tentu Sekolah jadi lebih mudah untuk mendisiplinkan siswa, khususnya bagi mereka yang melakukan pelanggaran.

4. Pemantauan Perilaku Siswa di Sekolah

CCTV dengan IP camera atau Internet Protocol camera, menggunakan kabel LAN atau UTP dan bisa dihubungkan langsung ke internet sehingga bisa diakses dari mana saja. Jadi, CCTV bisa di pasang di luar ruangan, lorong tanpa kesulitan atau membuat Sekolah dipenuhi dengan jalur kabel.

Pemantauan perilaku Siswa di Sekolah bisa terpantau bukan hanya dalam kelas saja. Bisa saja ketika telat masuk sekolah atau pergi sebelum Sekolah selesai yang tertangkap dari CCTV yang ada di area parkiran atau dekat pintu gerbang.

5. Menghindari Tindak Kejahatan

Menghindari lebih baik daripada menyelesaikan masalah. Ini adalah manfaat lain adanya kamera CCTV di Sekolah. Siswa jadi segan untuk melanggar aturan karena bisa mendapat tindak pendisiplinan dari sekolah.

Orang lain yang ingin melakukan tindakan kejahatan seperti membobol Sekolah juga akan mengurungkan niatnya karena melihat adanya sistem CCTV di Sekolah. Ada banyak kasus tidak menyenangkan yang bisa dihindari dengan adanya beberapa kamera CCTV terpasang di area-area tertentu di Sekolah.

6. Memeriksa Situasi Setelah Sekolah Selesai

CCTV juga bisa dipakai untuk memeriksa kondisi sekolah setelah anak-anak pulang. Bisa untuk memeriksa adakah orang dalam Sekolah sebelum pintu gerbang ditutup. Dengan demikian, pemantauan jadi lebih mudah daripada harus berkeliling dari kelas ke kelas dan bangunan sekolah lainnya.

CCTV dari Hikvision, Tepat Untuk Pengawasan Sekolah


Sekolah dapat mempercayakan sistem kamera pengintai dari Hikvision ColorVu yang pas untuk pemasangan di berbagai lokasi. Kamera CCTV Hikvision mengadopsi teknologi canggih yang memberikan hasil rekaman yang jernih sehingga dapat mengenai siswa, guru dan petugas Sekolah lainnya dengan mudah. Berikut adalah beberapa keunggulan dari paket CCTV Hikvision ColorVu yang membuatnya menjadi opsi terbaik untuk Sekolah.

Source : Pexels


1. Informasi Warna Sesungguhnya

Masalah terbesar dari hasil rekaman CCTV adalah gambarnya yang tidak jelas. Tapi dengan kamera Hikvision ColorVu, render warnanya akurat dan hasil rekaman terlihat jelas dan tajam. Hal ini didukung dengan kinerja CCTV yang luar biasa bahkan pada lingkungan dengan cahaya rendah. Jadi, pengawasan bisa dilakukan siang dan malam dengan kualitas optimal.

2. Detail Lebih Banyak

Umumnya CCTV menghadirkan tampilan hitam dan putih yang tidak merepresentasikan warna sesungguhnya dalam kehidupan nyata. Kamera CCTV Hikvision ColorVu merekam informasi warna dengan jelas serta disertai dengan lebih banyak detail. Ini adalah teknologi yang lebih baik daripada pencitraan hitam dan putih yang kerap ditemukan pada paket CCTV.

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Keuntungan memakai kamera dari Hikvision ColorVu yang paling utama adalah visualisasinya yang optimal. Hal ini didukung dengan kecerahan seimbang berkat Apertur super F1.0 yang stabil dan handal. Hasil rekaman akan jernih dan bisa dilihat dengan jelas. Sensor lanjutan yang menjadi fitur pendukungnyA menjamin perenderan yang realistis.

Jadi, Satpam atau petugas Sekolah lainnya tidak akan mengalami kesulitan berarti memantau seisi Sekolah melalui layar monitor. Itulah berbagai manfaat dari kamera pengintai Hikvision ColorVu yang didukung dengan IP camera handal untuk berbagai pemakaian. Mari kita jaga ketertiban dan keamanan Sekolah dengan memasang kamera CCTV di beberapa tempat sekitar Sekolah.

Bila dipasang sesuai dengan tempatnya, maka Sekolah dapat terpantau secara optimal. Baik pihak Sekolah, orang tua maupun siswa akan terbantu. Kegiatan belajar-mengajar akan jadi lebih terarah dan terpantau dengan baik.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »