Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas Wisata Goa Soekarno - Sumenep

10/29/2021
Menyusuri panjangnya jalan pantai utara atau pantura mengawali perjalanan panjang kami di hari Sabtu pagi itu. Kali ini Kabupaten Sumenep menjadi tujuan liputan wisata setelah beberapa lama harus vakum karena masa pandemi. Goa Soekarno terpilih menjadi tempat wisata pertama Tim Gerbang Pulau Madura di Sumenep.

Perjalanan panjang menyusuri pantai utara Madura menghabiskan waktu sekitar 3 jam, memang cukup jauh bila dibandingkan melewati jalan pantai selatan. Meskipun jauh tapi pemandangan pantai utara Madura sungguh indah, sepanjang perjalanan kami disuguhi bermacam pantai yang ada di 4 Kabupaten di Madura yang saling terhubung.

harga tiket wisata goa soekarno sumenep


Mulai dari indahnya pantai Tlangoh di Bangkalan hingga pantai Lombang di Sumenep yang bisa teman-teman nikmati saat melewati jalur pantura Madura. Di beberapa titik teman-teman akan melewati perkampungan pinggir pantai, macetnya jalan karena ada pasaran sampai akhirnya tiba di Kabupaten Sumenep.

Goa Soekarno Destinasi Wisata Baru di Sumenep 


Setelah menempuh perjalanan panjang selama kurang lebih 3 jam akhirnya tim kami tiba di destinasi wisata pertama yakni Goa Soekarno. Letaknya di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Tempat wisata ini baru dibuka pada tanggal 8 Juni 2019 beberapa bulan sebelum masa pandemi hadir.

Selama berada di Goa Soekarno kami ditemani oleh salah satu pengurusnya. Waktu kami datang cuaca di Sumenep cukup panas, belum masuk ke dalam Goa rasanya sudah hampir tidak kuat menahan cuaca panasnya tapi ternyata saat kami masuk ke dalam Goa yang merupakan salah satu Goa terbesar di Indonesia ini keadaan malah sebaliknya.

Udara di dalam Goa lumayan sejuk, semilir angin yang masuk dari celah-celah batu membuat udara serasa dingin dan tidak membuat gerah. Menurut penjelasan dari pengurus Goa kalau saat ini wisatawan yang berkunjung berkurang drastis semua karena efek dari PPKM beberapa waktu lalu.

Jika sebelumnya setiap hari tempat wisata ini menerima ribuan tamu wisata yang datang, tapi sekarang pengunjung yang datang bisa dihitung dengan jari. Meskipun begitu pihak pengelola wisata tetap optimis kalau Goa Soekarno akan kembali dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik dari dalam negeri hingga wisatawan luar negeri seperti biasanya.

Fasilitas Goa Soekarno di Sumenep


Keeksotisan stalagtit dan stalagmit semakin diperindah dengan lighting yang memukau ditambah dengan cahaya matahari yang masuk melalui lubang sedang diatap terowongan yang menyoroti seperti lampu panggung. Bagi yang suka foto-foto jangan sampaikan lewatkan menggunakan lorong Goa yang Instagramable.

Setelah lelah berkeliling Goa yang lumayan luas tersebut, pengunjung dan wisatawan yang datang bisa mencoba menikmati makanan dan minuman yang ada di kafe bawah tanah Goa Soekarno. Bukan hanya bisa menikmati sajian makanannya tapi ada juga live musik menemani, asyik kan?

Bagi pengunjung yang merokok, pihak pengelola juga sudah menyediakan rongga besar yang dijadikan area khusus untuk pengunjung yang ingin merokok. Agar bau asap tidak sampai terkurung dan mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Goa Soekarno buka dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00, goa ini tutup pada hari Jumat.

Sejarah Singkat Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep


Asal mula dinamakan Goa Soekarno bukan karena Presiden Soekarno yang pernah berkunjung atau menetap di Goa tersebut. Melainkan karena almarhum Soekardi, seorang musafir yang tinggal di goa ini dulunya adalah penggemar berat Presiden Soekarno. Sehingga terdapat banyak sekali foto Soekarno di dalam goa, oleh karena itu mereka menyebutnya dengan Goa Soekarno.

Bahkan kalau teman-teman berkesempatan untuk masuk ke dalam Goa ada patung Presiden Soekarno. Selain itu di dekat patung tepatnya di bagian belakang merupakan tempat menetapnya almarhum Soekardi. Tepat di celah Goa yang berukuran agak besar dan ditutupi dengan kain merah sebagai tirai.

Lokasi Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep


Penasaran ingin datang langsung ke Goa Soekarno? Tenang saja, semua orang bisa sampai ke tempat wisata ini baik dengan menggunakan sepeda motor, mobil maupun bus mini. Kebetulan untuk teman-teman dari luar kota atau dari luar Madura yang ingin ke sana kami sarankan untuk tidak menggunakan bus besar karena akses jalan masuk dari jalan besar ke dalam hanya bisa dilewati kendaraan selain bus besar.

Dari pusat kota Sumenep teman-teman membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk bisa tiba di Goa Soekarno. Bagi wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten Sumenep jangan lewatkan untuk menggunakan jalur pantai utara Madura. Dari arah Suramadu tepatnya di Tangkel ambil arah kiri menuju Kota Bangkalan kemudian lanjut ke Arosbaya.

Jika mengambil arah kanan berarti melewati jalur pantai selatan Madura. Jangan kaget biasanya kalau berkunjung di akhir pekan kalian akan bertemu beberapa titik pasaran yang mungkin membuat jalan menjadi macet. Pastikan juga untuk selalu menggunakan Google Maps sebagai penujuk arah.

Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan Destinasi Wisata Goa Soekarno di Sumenep


Karena pernah dikunjungi ribuan wisatawan per harinya, fasilitas di Goa ini cukup lengkap salah satunya lahan parkir yang luas baik bagi wisatawan yang menggunakan sepeda motor, mobil maupun bus mini. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2000 dan untuk mobil maupun mini bus Rp. 5.000 saja.

Lalu, untuk tiket masuk Goa Soekarno per orang dikenakan biaya Rp. 15.000 saja. Harga yang sangat terjangkau untuk bisa masuk ke tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan cerita sejarah yang mengagumkan. Pecinta Presiden Soekarno rasanya sayang sekali jika melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Di dalam Goa teman-teman bisa bebas menikmati keindahan Goa, mulai dari ambil foto, rekam video, sampai sekadar duduk-duduk di kafe bawah tanah yang ada di dalam Goa. Tenang saja, buat yang tidak bisa jauh-jauh dari smartphone jaringan internet semua aktivitas kalian di media sosial tetap stabil dengan Smartfren.

Sinyal internet Smartfren selalu stabil dimanapun teman-teman berada, belum lagi yang membuat semakin betah menjadi pengguna Smartfren banyaknya promo dan hadiah yang diberikan. Bulain ini ada Program Mystery Box #OktoBERHADIAH dan untuk bisa ikut programnya teman-teman bisa dowload dulu aplikasi MySmartfren.



Setiap melakukan pembelian paket dan bermain gamenya kalian bisa mendapatkan smartpoin yang diberikan kepada pelanggan dalam bentuk poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah menarik. Semakin aktif menggunakan Smartfren maka kesempatan untuk menukarkan hadiah semakin besar.

Pihak pengelola Goa sendiri memberikan aturan protokol kesehatan yang ketat bagi semua pengunjung yang mau masuk ke dalam Goa. Mulai dari cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan memastikan pengunjung dan pengelola sudah mendapatkan vaksin. Semua dilakukan demi kebaikan dan kenyamanan bersama di masa pandemi ini.

Jadi, buat teman-teman yang ingin datang ke Goa Soekarno segera atur jadwal bersama sanak saudara, sahabat maupun pasangan. Pastikan untuk selalu berlaku dan berpakaian sopan serta perhatikan kebersihan lingkungan sekitar Goa supaya Goa tetap terjaga keasriannya sampai anak cucu nanti.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »