Pusat Baju dan Kain Batik Asli Madura Peri Kecil di Bangkalan

6/17/2019
Bukan hanya terkenal sebagai salah satu daerah penghasil garam dan Wisata Budaya Kerapan Sapi. Madura memiliki banyak hal yang sangat luar biasa yang masih terjaga kelestariannya, salah satunya adalah Batik Madura. Teman-teman sudah tahu belum tentang kekayaan dari Batik Madura?.

Siapa yang bisa mengira kalau Batik Madura banyak diminati dan populer di kalangan konsumen lokal dan internasional. Dengan bentuk dan motif yang khas, batik Madura khususnya batik tulis memiliki keunikan sendiri di mata konsumen. Berbagai gaya yang unik dan bebas, dan juga sifat pribadi produksinya dilakukan di unit, masyarakat Madura masih mempertahankan produksi tradisional, yang ditulis dan diolah dengan cara tradisional.

Pusat Oleh Oleh Kain Batik Madura Peri Kecil - Bangkalan

Merah, kuning, dan hijau muda, itulah warna ungulan batik madura. Untuk menciptakan warna khas yang indah itu, para pengrajin menggunakan bahan pewarna alami atau disebut soga alam. Misalnya warna merah yang dihasilkan dari buah mengkudu dan tingi. Warna biru diperoleh dari daun tarum.

Dan untuk warna hijau diciptakan dari kulit mundu ditambah dengan tawas. Efek terang atau gelap yang dihasilkan bergantung pada lamanya perendaman kain itu sendiri, bisa 3 bulan bahkan hingga 1 tahun. Makin lama kain direndam, maka akan semakin tahan lama dan gelap pula warna yang akan dihasilkan.

Bicara soal primadona Batik Madura adalah  Batik Gentongan. Disebut gentongan karena proses pembuatannya melalui proses perendaman warna dalam gentong. Pengrajin batik akan mencelup-celupkan kain batik yang telah digambar kedalam gentong dan mendiamkannya selama 24 jam, lalu mengulang mencelup-celupkannya lagi. Hal ini dilakukan selama enam bulan sampai satu tahun.

Pusat Oleh Oleh Baju Batik Asli Madura Peri Kecil

 

Gerai Peri Kecil Pusat Baju dan Batik Asli Madura

Di Kabupaten Bangkalan terdapat banyak pengrajin dan pengusaha batik Madura salah satunya yang bisa teman-teman temui di Batik Peri Kecil Madura yang terletak di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Batik Peri Kecil ini bisa menjadi pilihan teman-teman untuk melihat langsung koleksi kain batik Madura dengan berbagai macam jenisnya.

Di Batik Peri Kecil terdapat koleksi batik Madura baik klasik maupun kontemporer. Di sana juga tersedia produk yang bisa teman-teman pilih seperti kain batik, baju batik, dan turunannya seperti taplak meja. Salah satu produk unggulan yang ada ialah batik untuk anak-anak dan batik tulis Madura.

Selain itu, tidak diragukan kualitas Batik yang ada di Rumah Perih Kecil karna disana sama sekali tidak menjual batik Printing dan semua asli Batik Tulis Madura mulai dari Bangkalan seperti Batik Tanjung Bumi, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Harga yang ditawarkan untuk Batik Madura sendiri bervariasi dari yang biasa atau murah sekitar Rp. 55.000,- sampai dengan harga yang paling mahal dengan kualitas yang jauh lebih bagus dari batik biasa dengan kisaran harga Rp. 4.000.000,-

Galeri Kain dan Baju Batik Khas Madura Peri Kecil Bangkalan

Bukan hanya menyediakan produk dari batik saja, namun di Batik Peri Kecil juga tersedia Camilan Khas Madura, Perlengkapan Baju Sakera, Kaos Khas Madura, dan Aksesoris Khas Madura. Tidak sekedar melihat dan membeli koleksi batik saja, tetapi teman-teman juga bisa mengikuti pelatihan membatik secara gratis, terutama bagi sekolah yang ingin mengedukasi mengenai batik.

EDUKASI TENTANG KAIN BATIK ASLI MADURA


Saat berkunjung ke Gerai Batik Peri Kecil Madura teman-teman akan disambut sekaligus dilayani oleh pegawai yang sudah paham mengenai Batik Madura sendiri. Sambil melihat dan membeli batik kita bisa tanya-tanya mengenai batik Madura baik sejarah, pembuatan, maupun makna dari tiap-tiap motif batik yang ada.

Para pembeli di Batik Peri Kecil berasal dari seputaran Jawa Timur, ada juga pembeli yang berasal dari luar negeri dengan perantara tour guide maupun tamu kampus. Selain mendapatkan Batik, mereka juga diberi Pemahaman dan Edukasi berbagai macam Batik Madura.

Lokasi Baju Batik Asli Madura Peri Kecil di Bangkalan

Gerai Batik Peri Kecil buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi dan tutup pada pukul 20.00 malam. Beralamat lengkap di Jalan Raya Tunjung No. 57 Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan atau tepat di belakang gedung Polsek Burneh. Kalau dari arah Sampang maupun pertigaan Tangkel Suramadu berjarak sekitar 1,5 Km.


Kalau teman-teman sedang berkunjung ke Pulau Madura tepatnya Kabupaten Bangkalan bisa langsung sempatkan waktu untuk melihat dan membeli berbagai koleksi Batik Madura di Batik Peri Kecil untuk dipakai sendiri ataupun oleh oleh untuk keluarga maupun teman.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »