Obyek Wisata Instagramable di Gua Soekarno - Sumenep

6/07/2019
Semakin terbukti kalau Madura memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang cocok untuk disinggahi. Salah satu objek wisata di, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, adalah Gua Soekarno. Letaknya di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep. Jaraknya hanya sekitar 40-45 menit dari pusat kota Sumenep.

 

Berbagai Fasilitas Menarik Wisata Gua Soekarno

Bila berwisata di sana dijamin bakal membius teman-teman. Gua Soekarno merupakan gua alami yang selama ini terbengkalai, kini menjadi objek wisata cantik tanpa mengurangi kealamian gua. Wisatawan yang datang akan diajak masuk ke lorong kecil sebelum akhirnya tembus ke ruangan gua pertama yang sangat luas dengan lubang di bagian atas yang membuat ruangan lebih terang.

Gua ini terbilang sangat luas, sekitar 3.000 meter persegi. Jelajahi pelan-pelan, nikmati keindahan yang pasti membuat tangan ingin menjepretkan kamera. Setiap ruangan dihubungan dengan lorong-lorong kecil. Stalagmit dan stalagtitnya masih terjaga. Beberapa lubang di atap gua membuat ruangan terang, dan pada jam tertentu sinar matahari menerobos membuat pemandangan kian mempesona.

Fasilitas umum yang bisa teman-teman temui di sekitar Gua Soekarno seperti kamar mandi umum, Musholla, spot untuk selfie dan yang paling menarik di dalam Gua terdapat sebuah kafe. Kafe yang berada di dalam Gua buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam, keunikan dari Gua Soekarno menjadi daya tarik bagi para pengunjung kafe.


Syaiful Anwar pengelola Gua Soekarno bercerita bahwa, dulu gua tersebut pernah jadi rumah sepasang suami isteri pengagum presiden pertama Indonesia, Soekarno. Namun, setelah suami isteri meninggal, guanya kosong. Akhirnya kamu lakukan pembenahan supaya layak menjadi objek wisata dan bisa membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.

Baca juga: Obyek Wisata Gua Kuning - Kangean

Banyak poster-poster Soekarno yang bisa teman-teman temukan saat memasuki Gua Soekarno ini. Salah satu ruang di dalam Gua  akan dibangun perpustakaan yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu sarana edukasi untuk pengunjung dan anak-anak sekitar. Di areal luar gua yang luasnya sekitar 2.000 meter persegi, dibangun lapangan parkir dan tempat di mana penduduk sekitar bisa ikut membuka kios makanan dan suvenir.

Spot Instragamable yang menarik di Gua Soekarno - Sumenep

Sebagai tambahan informasi untuk teman-teman, Gua Soekarno ini akan menggelar soft launching hari sabtu 8 Juni 2019 besok. Jadi, bagi teman-teman yang berada di Sumenep maupun teman-teman yang akan pergi ke Sumenep  jangan lupa untuk menyempatkan waktu datang berkunjung ke Gua Soekarno.


Satu info lagi yang tidak kalah penting, Obyek wisata ini banyak memiliki spot instagramable siap menjadi objek foto terindah untuk teman-teman unggah di media sosial masing-masing bahkan bisa juga untuk foto prawedding disana dengan memanfaatkan berbagai sudut gua yang cukup menarik.

Seperti biasa kami berpesan untuk tetap jaga kebersihan dan kesopanan selama berwisata. Mari bersama menikmati sekaligus menjaga salah satu wisata alam, supaya Gua Soekarno juga bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Selamat berwisata.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »