Meriahnya Festival Kirab Budaya di Kabupaten Bangkalan

12/10/2018
Upacara pembukaan Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kota Bangkalan 487 tahun 2018, yang diggelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bertempat di depan Pendopo Agung Bangkalan Jalan Letnan Abdullah Bangkalan. Rabu (24/10/2018). Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini diikuti 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan tersebut berlangsung meriah.

Dari masing-masing peserta menampilkan budaya lokal yang dimiliki oleh daerah tersebut. Beberapa kostum dikenakan oleh para peserta dari berbagai kalangan termasuk lembaga instansi pemerintah yang diwakilali oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk dari berbagai kecamtan di Wilayah Bangkalan.


Kegiatan ini bertujuan utama untuk mengekspose dan mengapresiasi kembali kekayaan nilai-nilai budaya daerah sekaligus melestarikan budaya yang telah diwariskan nenek moyang. Serta memperkenalkan budaya yang nyaris punah tersebut terhadap generasi muda. Sehingga dikhawatirkan lambat laun warisan leluhur ini akan hilang di telan masa.

Kirab Budaya resmi dibuka oleh Bupati Bangkalan yakni Bapak RK Abd Latif Amin Imron (Ra Latif). Beberapa atraksi menarik ditampilkan dalam moment ini mulai dari karawitan (gamelan), upacara adat Istiadat Pengantinan, Rokat Tasek, Melake’en Somor, parade pakaian batik buatan pengrajin Batik Tanjung Bumi, Bangkalan, sampai pada penampilan beberapa kesenian musik tradisional yakni Ul Daul dari Kecamatan Konang.

Dengan diadakannya tradisi ini dari segi ekonomi masyarakat Bangkalan lebih meningkat karena selain memperkenalkan budaya-budaya daerahnya Kota Bangkalan juga bisa mempromosikan Pariwisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Bangkalan sendiri maupun masyarakat dari luar Bangkalan.


Pagelaran kirab budaya sangat penting untuk diadakan dalam menyambut hari jadi kota Bangkalan. Sebab, hari jadi merupakan sejarah hari lahir kabupaten Bangkalan. Dan dalam perjalanannya juga tidak lepas dari budaya. Selain itu hal tersebut dilakukan lantaran benyaknya potensi budaya dan wisata yang sangat beragam di Kota Dzikir dan Shalawat.

Selain kirab budaya Disbudpar kabupaten Bangkalan dalam rangkaian hari jadi kota Bangkalan ini juga menggelar festival 1001 menu bebek khas Bangkalan. Jadi, jangan sampai kelewatan mengikuti semua gelaran kegiatan dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Bangkalan.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »