Obyek Wisata Betoh Cangge - Pulau Gili Iyang - Sumenep

12/16/2015
Pulau Gili Iyang sepertinya tidak habis – habisnya membuat para wisatawan merasa betah berada berlama – lama disana. Setelah puas menikmati sejuknya Spot Oksigen di Batu Sponge, Eksotisnya Gua Mahakarya dan pemandangan indah dari Pantai Ropet, kita dari Tim PulauMadura masih dimanjakan dengan salah satu destinasi terakhir yakni Betoh Cangge.

Kita melanjutkan perjalanan menuju Betoh Cangge dengan kendaraan yang sama, dorkas. Ternyata di Gili Iyang ini sama sekali tidak ada transportasi seperti mobil yang ada hanya sepeda motor dan dorkas. Padahal jalan yang kita telusuri di Gili Iyang cukup panjang sekitar 10 km, walaupun belum semua tempat bisa kita datangi.


Dengan dipandu warga sekitar akhirnya sampailah di sebuah jalan yang akan mengantarkan kita pada tujuan sesungguhnya. Melewati jalan yang juga banyak ditanami pohon Jati serta udara yang cukup panas. Setelah tiba di ujung jalan kita masih harus sedikit turun dengan melewati beberapa anak tangga yang dibuat dari bambu.

Tebing Betoh Cangge di Pulau Gili Iyang

Betoh Cangge merupakan sebuah tebing dekat lautan yang sangat indah dan mempesona. Walaupun sedikit curam dan extrim tetap saja tidak sedikitpun menyurutkan langkah kita untuk bisa menyusurinya. Deburan ombak yang menghantam bebatuan, semilir angin dan kicauan burung yang berterbangan di lautan lepas seakan menghipnotis semua wisatawan yang datang kesana.

Dari atas tebing Betoh Cangge ini kita bisa dengan sangat puas memandangi hamparan lautan yang begitu mengagumkan. Laut biru yang menghempas perahu nelayan membuat suasana disana sulit untuk bisa dilupakan. Inilah salah satu surga tersembunyi yang ada di Pulau Madura, Madura tak lagi dikenal sebagai daerah panas nan gersang melainkan sebuah Pulau yang menyimpan begitu banyak surga dunia.


Bagi teman – teman yang menyukai wisata extrim datang saja ke Betoh cangge. Untuk bisa menyusuri semua spot di Betoh Cangge ini kita juga harus berjalan merambat sambil berpegangan ke batu yang berlubang. Kalau yang masih takut jangan melihat ke arah bawah terus saja fokus untuk bisa melewatinya dan tentu saja harus extra hati – hati.

Salah – salah memilih pijakan kaki dan pegangan tangan kita bisa terpelosok jatuh. Meskipun wisata kali ini sedikit membahayakan tapi sungguh keindahan yang akan kita dapatkan tidak bisa diganti dengan yang lainnya. Tidak semua wisatawan yang datang bisa melewati beberapa spot extrim disini. Jadi, persiapkan mental teman – teman sebelum datang menyusuri Betoh Cangge.

Tebing Curam wisata Betoh Cangge - Pulau Gili Iyang

Seperti biasa, ada beberapa saran yang akan kita berikan untuk teman – teman jika ingin berwisata di Betoh Cangge.

1. Persiapkan kondisi tubuh yang fit karena spot di Betoh Cangge sangat menantang.

2. Gunakan pakaian yang mampu menutupi tubuh secara baik, sinar matahari ketika musim panas sungguh sedikit tidak bersahabat.

3. Perhatikan jenis alas kaki yang seperti apa yang akan digunakan kesana, utamakan yang kuat dan aman. Jangan memakai alas kaki yang dasarnya berbahan licin.

4. Bawa barang – barang yang dibutuhkan saja agar tidak membuat kita merasa kerepotan ketika memanjat dan turun ke tebing.

5. Jaga secara betul kamera mapupun handphone atau benda berharga kita saat sedang berada di tebing.

6. Karena masih belum berpagar jangan terlalu dekat dengan tepian tebing.

Setiap spot di Betoh Cangge ini memang extrim tapi tidak boleh membuat teman – teman takut untuk melewatinya. Selalu fokus dan berhati – hati, jaga kesopanan serta kelestarian Objek Wisata Betoh Cangge ini. Selamat berwisata dan selamat bersenang – senang, jangan lupa juga untuk selfie dengan spot terbaik disana.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »